American Shorthair

American Bobtail Shorthair

American Shorthair, Kucing yang Pintar Berburu – Hallo, cat lovers, coba tebak aku mau bahas ras kucing apa? Benar sekali, aku mau bahas kucing American Shorthair! Di Indonesia, jenis kucing ini juga termasuk kucing yang populer untuk dipelihara oleh para pecinta kucing.

Nah, kalau kamu penasaran tidak sama ras kucing yang satu ini? Tenang, aku udah menyiapkan berbagai informasi menarik mengenai kucing imut yang satu ini, guys.

Mulai dari sejarah, ciri-ciri sanga kucing, kemudian aku juga akan menyiapkan daftar harga kucing American Shorthair, lalu cara merawat kucing.

Jadi kalau kamu pecinta kucing atau cat lovers wajib banget ikutin pembahasan aku ini sampai akhir. Ya, siapa tahu kamu akan tertarik untuk memelihara kucing super lucu ini. Jadi simak dulu pembahasan dari aku dari awal sampai akhir, ya guys!

Oke, kita mulai pembahasan kita kali ini tentang kucing imut satu ini.

Baca Juga:

Sejarah Kucing American Shorthair

American Bobtail Shorthair
American Bobtail Shorthair

Sebagai cat lovers sejati, seperti kamu juga perlu tahu tentang sejarah kucing ini, guys. Seperti namanya, kucing ini emang kucing yang bulunya pendek dan ditetapkan sebagai kucing yang berasal dari Amerika.

Tapi, awalnya kucing American Shorthair ini dibawa dari benua Eropa ke benua Amerika sekitar tahun 1620. Wahh, udah lama sekali ternyata ya, guys. Ternyata ras kucing ini udah ada sejak ratusan tahun yang lalu, guys.

Kamu kalah tua nih, dengan ras kucing American Shorthair. Hehehe.

Oh iya, nama kucing ini juga mengalami beberapa perubahan, lho. Nah, pada mulanya kucing ini hanya bernama Bulu Pendek (Shorthair) sekitar tahun 1960.

kemudian berubah menjadi Bulu Pendek Domestik pada tahun 1966, dan berubah lagi sampai sekarang menjadi American Shorthair, guys.

Pada awalnya juga kucing ini, digunakan untuk memburu tikus. Sebab memang kemampuan berburu kucing ini sangat hebat, guys. Tapi sekarang, American Shorthair hanya dijadikan sebagai kucing hias atau kucing peliharaan biasa saja.

Namun, memang tidak menutup kemungkinan juga, kamu masih bisa mengandalkan insting berburu dari kucing ini untuk mengusir tikus di rumah kamu, guys.

Informasi penting juga buat kamu, guys. Kucing bulu pendek Eropa dan ras kucing bulu pendek Britania Raya adalah nenek moyang dari kucing American Shorthair.

Serta pada tahun 1906, kucing American Shorthair sudah mulai diakui oleh berbagai organisasi pendaftaran kucing di dunia, mulai dari CFA dan FIFe. Jadi American Shorthair udah menjadi ras kucing tersendiri, guys.

Itu dia sekilas sejarah dari kucing ini, guys. Jadi intinya kucing American Shorthair adalah kucing yang asalnya dari Amerika dan memiliki bulu yang pendek, guys. Udah sedikit paham ya, dengan kucing ini.

Gimana tertarik tidak untuk beli kucing ini? Eits, jangan buru-buru mencari  tempat kucing American Shorthair dijual, Sebab aku belum selesai memberikan informasi lain tentang kucing ini. Yuk, ke pembahasan berikutnya dulu, guys.

Baca Juga:

Ciri-ciri kucing American Shorthair

American Shorthair43
American Shorthair43

Selain bulunya yang pendek, kucing peliharaan ini tentunya memiliki ciri atau karakteristik lain. Kira-kira apa saja ciri ciri kucing American Shorthair?

Nah, aku udah merangkum beberapa ciri dari kucing ini, guys. Jadi yuk, disimak ulasannya berikut ini, agar kamu makin paham dan yakin untuk merawat kucing yang satu ini, guys.

1.     Bentuk wajah

Guys, aku jamin kalau kamu melihat kucing ini, pasti kamu akan  berkata ‘imut sekali’ atau ‘kucing yang begitu menggemaskan’. Sebab kucing ini memiliki bentuk wajah bulat dengan mata bulat yang lucu banget dan super menggemaskan.

Akan sangat sulit untuk menolak pesona imutnya, guys. Nah, bentuk mukanya juga bisa dibilang cukup datar, dengan telinga yang tidak terlalu besar. Wajahnya juga terkesan begitu polos dan menyenangkan untuk selalu dipandang.

2.     Ciri Badan

Meskipun, terlihat super imut dengan wajah bulatnya, tapi ternyata kucing ini memiliki badan yang berotot, lho guys.

Jadi bagian bahu, dada, dan kaki mereka memiliki otot yang membuat kucing ini menjadi kucing tangguh dan kuat, dan menjadikan kucing ini memiliki badan yang gempal yang berisi otot.

Kucing ini juga enggak terlalu tinggi sebab kaki mereka bisa dibilang pandek. Tinggi kucing ini biasanya hanya sekitar 45-50 cm saja.

Untuk panjang tubuh biasanya sekitar 35 cm saja. Wahh kelihatannya emang kucing ini imut banget, ya guys. Oh iya, kucing ini juga memiliki berat badan yang sedang, biasanya berat badanya hanya sekitar 3 – 5kg saja, guys.

3.     Warna dan Corak  Bulu

Ada banyak warna bulu yang dimilikia olej Ras kucing ini, guys. Jadi warna bulu dari kucing American Shorthair ini mulai dari warna coklat, krem, hitam, biru, keabu-abuan, merah, emas, chincilla dan sebagainya, guys.

Selain warna bulunya yang beragam, corak buku dari kucing ini pun cukup banyak dan tentunya unik, guys.

Seperti pola tabby, smoke, calico, shaded, dan ada juga pola kulit penyu, guys. Warna dan corak bulu kucing inilah yang bisa menjadi daya tarik utama dari sang kucing, guys.

4.     Sifat

Nah, sekarang giliran aku mau bahas ciri yang tidak kasat mata atau sifat dari kucing ini. Kucing ini dikenal memiliki kepribadian yang ramah, dan sabar terhadap hewan peliharaan lainnya, seperti anjing. Kucing ini pun memiliki sikap ceria, pintar, serta cukup kepo alaias selalu ingin tahu.

Oh iya, kucing American Shorthair ini pun sangat toleran terhadap anak-anak. Jadi tak masalah jika kucing ini hidup berdampingan dengan anak-anak. Selain sifat American Shorthair yang menyenangkan,

kucing ini pun memiliki kesehatan yang baik dan dikenal dengan kucing yang memiliki umur panjang. Umur kucing ini bisa mencapai 12 tahun, guys. Oh iya, kucing ini baru memasuki masa dewasa pada sekitar umur 3-4 tahu.

Nah, itu dia beberapa ciri dari kucing super imut ini. Enggak heran deh, jika kucing ini emang menjadi salah satu kucing yang banyak diminati oleh pecinta kucing untuk dijadikan hewan peliharaan.

American Shorthair dengan bulu pendek yang halus emang cocok sekali untuk kamu jadikan hewan peliharaan, guys! Terlebih jika kamu kurang suka dengan kucing bulu pendek. Bisa nih, menjadikan American Shorthair sebagai pilihan utama kamu untuk dipelihara.

Kamu tertarik tidak untuk merawat kucing imut yang  kuat ini? Pasti ada yang udah mulai menyiapkan uang agar bisa segera membeli kucing ini. Nah, kira-kira harga kucing American Shorthair di Indonesia berapa, ya? Yuk, ke pembahasan berikutnya dulu, guys.

Baca Juga:

Harga Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair

Memang nih, sebelum kamu beli kucing, kamu juga perlu melakukan survei tentang kucing yang akan kamu beli, guys. Kamu bisa melakukan survei dengan melihat harga jual dari kucing ini.

Untuk mengetahui harga pasaran kucing ini, kamu dapat mencari atau browsing di internet terlebih dahulu.

Jadi ketikan saja kata kunci seperti, Kucing American Shorthair jual dengan harga, atau kucing American Shorthair dijual,  tempat jual anakan kucing American Shorthair, kucing American Shorthair harga dan sebagainya.

Oh iya, harga kucing American Shorthair juga biasanya bergantung juga dengan wilayah. Jadi bisa saja harganya beda-beda di setiap daerah. Nah, agar menemukan jawaban yang lebih spesifik lagi, kamu bisa memulai browsing di internet sesuai dengan tempat tinggal kamu.

Misal dengan kata kunci, jual kucing American Shorthair jogja, jual kucing American Shorthair Surabaya, atau bisa juga jual kucing American Shorthair Jakarta. Di setiap daerah pun mungkin ada juga peternakan kucing American Shorthair, guys.

Kalau kamu tahu alamat dari peternakan tersebut, tinggal datangi saja dan gali berbagi informasi tentang kucing American Shorthair.

Tadi aku udah sempet cari-cari harga kucing ini di pasaran Indonesia, guys. Bisa dibilang harga kucing ini cukup mahal, guys. Sebab memang, penjual atau perternak kucing ini masih cukup jarang, tapi peminatnya lumayan banyak.

Untuk harga jual anakan kucing American Shorthair yang betina bisa dibandrol dengan harga Rp2.000.000,00, guys. Itu pun masih umur 3 bulan.

Untuk yang jantan lebih murah nih, yaitu sekitar Rp1.400.000,00, untuk usia sekitar 5 bulan. Jika kamu ingin harga yang lumayan murah, kamu bisa mencari American Shorthair dengan usia 2,5 bulan.

Biasanya untuk umur 2,5 bulan dibandrol dengan harga Rp1.300.000,00. Tapi bisa juga kamu menemukan anak kucing American Shorthair betina dengan harga Rp3.900.000,00 – Rp6.000.000,00.

Termasuk harga yang mahal ya, guys. Jadi akan sangat sulit untuk kamu yang mencari harga kucing American Shorthair murah.

Ya, meski mahal alias tidak murah, bagi pecinta kucing sejati biasa tak masalah untuk mengeluarkan uang cukup banyak hanya untuk membeli dan merawat kucing ini. Nah, mungkin kamu juga tertarik untuk merawat kucing ini.

Ini aku kasih tahu deh, mengenai cara merawat kucing super imut yang berotot satu ini. Ya, mungkin saja suatu hari kamu sanggup untuk membeli kucing super menggemaskan yang satu ini. Oke, deh ini dia cara merawat American Shorthair.

Baca Juga:

Cara  Merawat Kucing American Shorthair

American Shorthair6
American Shorthair6

Kalau kamu udah pernah merawat kucing sebelumnya, maka merawat si American Shorthair ini bukanlah hal yang sulit. Yups, bisa dibilang merawat kucing berbulu pendek yang satu ini tidak jauh beda dengan merawat kucing bulu pendek lainnya.

Jadi jangan bingung ketika kamu mulai merawat kucing ini, ya guys. Untuk lebih jelasnya adalah seperti berikut ini.

1.     Menjaga Kebersihan Kucing

Agar kucing kamu tetap sehat dan terlihat cantik, kamu perlu wajib menjaga kucing kamu tetap bersih. Dimulai dari rajin memandikan kucing, menjaga kebersihan kuping dan mulut juga.

Tapi jangan terlalu sering memandikan sang kucing, jadi kamu hanya perlu memandikannya sebulan sekali saja.

Untuk gosok gigi, kamu pun bisa melakukannya sebulan sekali juga, guys. Gosok gigi perlu dilakukan untuk membuang sisa makanan yang ada di mulut. Sebab mulut yang kotor dapat merusak gigi kucing, dan membuat gigi sang kucing cepat copot atau tanggal.

2.     Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang kucing juga perlu kamu bersihkan, guys. Sebab kandang yang bersih akan membuat mood kucing kamu selalu baik.

Sehingga kucing tidak mudah stres. Selalu ganti pasir kucing juga ya, guys. Agar kucing kamu selalu nyaman untuk buang air besar dan kecil. Selain itu, agar rumah kamu tak berbau kotoran kucing, guys.

3.     Merawat Bulu

Merawat bulu kucing juga penting, guys. Dengan bulu yang sehat, maka kucing kamu juga akan terlihat selalu cantik. Karena kucing ini adalah kucing berbulu pendek, jadi kamu tidak perlu meluangkan waktu ekstra hanya untuk merawat keindahan bulu kucing.

Kamu bisa menyisir bulu American Shorthair seminggu sekali saja guna mencegah bulu mati berceceran di lantai rumah kamu, guys. Bulu kucing American Shorthair juga udah cukup mengkilap, guys.

Jadi menyisir dirasa udah cukup untuk merawat bulu kucing ini. Menyisir juga membuat bulu mati kucing terangkat, sehingga akan membuat pertumbuhan bulu baru sang kucing lebih cepat.

4.      Memberikan Makanan yang Seimbang

Makanan American Shorthair juga enggak jauh beda dengan makanan kucing lainnya, guys. Kamu bisa memberikan makanan atau pakan basah atau pun kering.

Tapi perlu diingat, bahwa kucing ini termasuk sangat suka makan, jadi pastikan kamu memberikan makanan yang cukup untuk sang kucing. Jangan kurang apalagi sampai berlebihan dalam memberikan makanan. Sebab kucing ini juga cepat sekali untuk gemuk.

Perlu kamu tahu, bahwa obesitas bisa juga terjadi ke kucing ini. Untuk itu jadilah pemilik yang pintar dengan selalu membaca komposisi makanan di balik kemasan makanan kucing.

Atau bisa juga kamu konsultasi dengan dokter mengenai takaran makanan yang pas untuk kucing American Shorthair kamu.

Oh iya, terkadang ada beberapa merk makanan kucing yang menyediakan berbagai jenis makanan kucing sesuai dengan ras kucing.

Nah, jika kamu memang menemukan makanan yang sesuai dengan ras kucing American Shorthair, maka kamu bisa untuk mencobanya, guys. Sebab makan yang sesuai jelas telah diformulasikan khusus untuk ras kucing tertentu seperti American Shorthair, guys

5.     Membawa ke Dokter

Guys, selayaknya manusia kucing kamu juga perlu sesekali dibawa ke dokter untuk cek kesehatan. Terlebih jika sang kucing sakit, maka kamu harus segera membawanya ke dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Jangan asal dalam memberikan obat untuk ucing kamu yang sakit ya, guys.

6.     Ajak Kuncingmu Bermain

Perhatian khusus, seperti sesekali mengajaknya bermain juga wajib kamu berikan untuk sang kucing. Dengan mengajak bermain, maka akan terjalin juga hubungan yang erat antara kamu dengan sang kucing.

Nah, si American Shorthair ini juga senang sekali jika kamu aja bermain, guys. Terutama permainan yang mengasah otak, seperti bermain puzzle, bermain petak umpet, dan berbagai permainan lainya.

Kamu juga dapat memberikan atau mengajarkan trik-trik permainan agar kucing kamu semakin pintar, guys.

Guys, jadi itu dia beberapa cara merawat kucing American Shorthair. Kamu tertarik tidak untuk merawat kucing ini? Jika tertarik maka selain mempersiapkan uang untuk membeli kucing American Shorthair, kamu juga perlu uang ekstra juga untuk kebutuhan sang kucing.

Yups, merawat kucing memang tidak mudah dan tentunya membutuhkan biaya ekstra. Bisa saja dalam sebulan kamu mengeluarkan uang lebih dari 200 ribu rupiah hanya untuk satu kucing kamu, guys.

Semua keputusan merawat kucing ada di kamu, yang paling penting kamu bisa merawatnya sang kucing dengan baik.

Serta jangan pernah menyiksa kucing kamu, perlakukan kucing seperti anggota keluarga kamu sendiri dan sayangi kucing kamu. Oke, itu dulu pembahasan dari aku mengenai jenis kucing American Shorthair yang super lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *