Jenis-Jenis Kucing Lengkap

Jenis Jenis Kucing

Jenis Kucing – Ada yang suka sama kucing tidak nih, guys? Yups, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan ya, guys. Maka enggak heran  banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Kalau kamu gimana, apakah ada niat untuk memelihara kucing? Atau malah jangan-jangan kamu sudah memelihara kucing, dan berniat menambah momongan jenis kucing ras? Nah, di artikel kali ini, aku mau bahas macam macam jenis kucing yang tentunya menjadi  jenis jenis kucing peliharaan, nih guys.

Mulai dari jenis jenis kucing di Indonesia, terus jenis kucing kampung langka, jenis jenis kucing angora, jenis jenis kucing Persia, dan sebagainya. Pokoknya aku akan bahas berbagai macam jenis kucing, serta memberitahu nama jenis kucing, dan tentunya memberikan informasi seputar jenis jenis kucing dan harganya.

Langsung aja deh, ke pembahasan kita, guys.

Jenis-Jenis Kucing dan Harga

Sama seperti hewan lainnya, kucing pun memiliki beragam jenisnya, nih guys. Enggak hanya beragam jenis saja, tapi juga memiliki beragam harga juga, lho. Bahkan ada juga jenis kucing mahal yang harganya tidak main-main, lho guys. Bisa saja harganya sampai puluhan bahkan ratusan juta. Wahhh harganya aja udah mahal banget ya, gimana harga perawatannya?

Pasti lebih mahal juga guys. Ya, meskipun harnganya bisa dibilang mahal, tapi tetap saja ada yang mau memilihara binatang yang gemas ini, mungkin kamu minat untuk pelihara salah satu jenis kucing termahal. Tapi siap-siap uang yang banyak ya, guys.

Seperti janji aku, aku akan mengulas jenis kucing dan harganya. Mulai dari kucing yang bisa dibilang  harganya cukup murah sampai kucing yang harganya, mahal. Oke, deh dari pada makin penasaran, mending langsung saja disimak ulasan dari aku berikut ini.

1. Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Seperti namanya, jenis kucing Maine Coon ini berasal dari Maine, Amerika Serikat. Oh iya, guys katanya juga jenis kucing satu ini merupakan ras atau jenis kucing yang menjadi nenek moyang dari jenis kucing angora dan kucing hutan Norwegia.

Kalau dilihat sekilas memang Maine Coon ini hampir mirip juga dengan kucing hutan Norwegian, guys. Oh iya, kucing ini pun memiliki ukuran tubuh yang besar dibanding jenis kucing lainnya, guys.

Salian itu bulu kucing ini pun sangat lebat dan panjang, jadi tambah gemes deh, dengan kucing satu ini. Untuk harga kucing Maine Coon bergantung ya, guys.

Harganya pun bisa sampai Rp7.000.000,00 untuk kucing Maine Coon dewasa.

2. Kucing Hutan

Kucing Hutan
Kucing Hutan

Nah, semua kucing  yang hidup di alam liar atau hutan merupakan jenis kucing  hutan, guys. Jadi sebenarnya kucing hutan ini bukan kucing peliharaan, guys. Meski, begitu ada beberapa jenis kucing hutan yang dapat menjadi jenis kucing peliharaan.

Tapi  sebaiknya jangan memelihara jenis  kucing  hutan liar, ya guys. Sebab kebanyakan kucing hutan memang cenderung tidak jinak. Berikut yang bukan termasuk jenis kucing ternak kesayangan adalah atau kucing hutan antara lain African Golden Cat, African Wildcat, Andean Mountain Cat, Asian Goldem Cat, Black-Footed Cat, Bobcat.

Jenis-jenis kucing hutan liar tersebut juga sudah terancam punah, guys. Jadi jika menemukan kucing liar, memang sebaiknya dibiarkan saja.

Oh iya, macan, harimau, dan citah juga termasuk jenis-jenis kucing besar yang hidup di alam liar.

3. Kucing Anggora (Turkish Angora)

Kucing Anggora Turkish Angora
Kucing Anggora Turkish Angora

Selanjutnya ada jenis kucing Anggora. Yups, kucing satu ini memang menjadi kucing peliharaan yang cukup populer, ya. Kucing satu ini memiliki bulu yang lebat dan panjang, serta memiliki daun telinga yang panjang.

Oh iya, kucing satu ini merupakan ras kucing domestik, serta kucing Anggora diperkirakan berasal dari Ankara, Turki. Kucing satu ini pun memiliki sifat yang ramah serta mudah beradaptasi, jadi enggak heran banyak yang mulai mengadopsi kucing ini.

Nah, untuk jenis kucing Anggora asli dihargai jutaan mulai dari Rp1.500.000,00-Rp7.000.000,00. Tapi jika anggora hasil kawin silang, bisanya harganya lebih murah, guys.

Untuk Anggora X Persia bisa dihargai sekitar Rp500.00,00 – Rp2.500.000,00.

Tapi ada juga Anggora dengan kualitas yang bagus dapat dihargai sampai ratusan juta.

4. Kucing Himalaya

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya

jenis kucing Himalaya juga menjadi kucing yang dapat kamu pelihara, guys. Kucing Himalaya ini adalah kucing hasil persilangan antara kucing Persia dan kucing Siam.

Kucing Himalaya, memiliki tubuh yang sama seperti kucing Persia, tapi pola warna bulu mirip dengan kucing siam, guys. Untuk harganya mulai dari Rp800.000,00 – Rp25.000.000,00.

5. Kucing Siam

Kucing Siam
Kucing Siam

Berikutnya ada jenis kucing siam. Nah, kucing ini merupakan kucing dari Thailand (Thai Cat). Kucing ini memiliki bulu yang pendek, kucing ini pun mudah dikenal dengan corak bulunya yang khas.

Selain itu, kucing ini termasuk kucing yang sangat lincah, dan mudah beradaptasi.

Biasanya kucing satu ini dihargai sekitar Rp300.000,00 – Rp2.500.000,00.

6. Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian
Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian adalah kucing dengan bulu pendek yang lincah. Ya, kucing satu ini memang gemar sekali melompat dan sangat aktif. Sebab habitat asli kucing ini adalah lembah yang curam. Kucing satu ini berasal dari lebah Nil, Mesir.

Kata-katanya di Mesir, perdagangan kucing ini sangat dilarang.  Nah, bagi kamu yang tinggal di Indonesia, tentu bisa memelihara kucing ini.

Untuk harga, kucing Abyssinian dibandrol dengan harga sekitar Rp8.000.000,00 – Rp17.000.000,00.

7. Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair
Kucing American Shorthair

American Shorthair merupakan jenis kucing berbulu pendek. Kucing ini masih keturunan dari kucing bulu pendek eropa dan kucing bulu pendek Britania raya.

Kucing ini memiliki badan yang besar, dan kaki lurus yang pendek. Meskipun demikian, kucing  ini adalah kucing yang ceria, dan pintar sekali dalam berburu.

Nah, untuk harganya, American Shorthair dibandrol dengan harga sekitar Rp1.200.000,00 – Rp2.000.000,00.

8. Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold

Kucing menggemaskan selanjutnya adalah Scottish Fold. Kucing satu ini memiliki ciri utama pada telinganya yang terlipat ke arah depan.

Kucing satu ini juga memliki wajah bulat yang super menggemaskan, jadi tak heran jika kucing ini sangat digemari oleh pecinta kucing.

Harga kucing ini, mulai dari sekitar Rp2.500.000,00 – Rp25.000.000,00.

9. Kucing Birma

Kucing Birma
Kucing Birma

Kucing Birma ini sering sekali disebut sebagai kucing sahabat dari para biksu di Myanmar.  Kucing ini pun memiliki cerita lagenda yang cukup terkenal, seperti bisa berubah  warna menjadi kuning keemasan, dan masih banyak cerita lagenda yang menyelimuti kucing Birma ini.

Namun kucing ini, sekarang  ini lebih terkenal berasal dari prancis. Birma memiliki bulu sedang yang lebat dan halus. Serta kucing ini pun mudah diajak bermain.

Di pasaran Indonesia, kucing ini biasanya dihargai sekitar Rp3.800.00,00 – Rp12.000.000,00.

10. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll

Seperti namanya, jenis kucing Ragdoll satu ini memang memiliki sifar seperti boneka kain. Yups, benar sekali jika kamu mengangkat kucing ini, maka sang kucing akan pasrah layaknya boneka kain.

Wahh, lucu banget ya, guys! Oh iya, kucing  ini pun termasuk ke jenis kucing besar, guys. Untuk jenis murni dari kucing ini memiliki mata biru  cerah yang cantik.

Untuk harga kucing ini adalah sekitar Rp1.000.000,00 – Rp30.000.000,00.

11. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx
Kucing Sphynx

Kalau dilihat sekilas memang kucing ini seperti tidak memiliki bulu. Tapi sebenarnya kucing ini masih tetap memiliki bulu, namun bulunya memang begitu tipis.

Meskipun tak terlihat lucu seperti kebanyakan kucing pada umumnya, tapi kucing ini tetap bisa menjadi kucing peliharaan yang eksotis dan menarik. Meskipun wajahnya sangar dan jauh dari kesan lucu, tapi ternyata kucing  ini sangat ramah, lembut dan suka mencari perhatian.

Meskipun tanpa bulu,  kucing Sphynx termasuk kucing mahal dengan harga bisa mencapai Rp35.000.000,00, guys.

12. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Nah, selanjutnya ada jenis kucing abu abu yaitu Russian Blue. Jenis kucing Russian Blue memiliki bulu warna abu-abu kebiruan yang sangat indah.

Kucing ini memiliki bulu yang pendek dan tebal, dengan warna mata kucing berwana hijau yang mempesona. Jika dilihat kucing ini memang terlihat memiliki badan yang besar, tapi ternyata badan besar ini diciptakan dari bulunya yang tebal.

Yups, bisa dibilang Russian Blue memiliki ukuran tubuh yang kecil dan relatif sedang.

Untuk kucing Russian Blue asli dihargai seharga Rp38.000.000,00.

13. Kucing Burmese (Burma)

Kucing Burmese Burma
Kucing Burmese Burma

Kucing Burmese atau Burma memiliki tampilan bulu yang menutupi sekujur tubuhnya. Kucing ini pun memiliki bentuk wajah yang bulat, serta warna mata kuning keemasan.

Corak bulu kucing ini pun sangat unik jika dibanding kucing lainnya, hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri dari kucing yang satu ini.

Karena bulunya yang pendek, menjadikan perawatan Burmese pun tak ribet.

Kucing satu ini bisa mencapai harga Rp14.000.000,00 – Rp22.000.000,00.

14. Kucing Exotic Shorthair

Kucing Exotic Shorthair
Kucing Exotic Shorthair

Nah, kamu pasti penasaran dengan jenis kucing Garfield? Yups, Garfield ini menjadi salah satu karakter kucing dari film Garfield yang sangat populer.

Kamu perlu tahu bahwa Garfield merupakan jenis kucing Exotic Shorthair. Kalau dilihat sekilas, memang Exotic Shorhair ini memiliki bentuk muka yang mirip dengan kucing Persia.

Tapi Exotic Shorthair memiliki bulu yang cenderung pendek.

Jika kamu fasn berat Garfield, maka kamu bisa membeli kucing ini dengan kisaran harga Rp2.000.000,00 – Rp20.000.000,00.

15. Kucing Norwegian Forest

Kucing Norwegian Forest
Kucing Norwegian Forest

Nah, ada juga kucing Norwegian Forest atau kucing hutan Norwegian. Tanang, meskipun namanya kucing hutan, tapi kucing ini termasuk kucing yang sangat ramah.

Jadi aman untuk kamu pelihara. Kalau dilihat sekilas, kucing satu ini hampir mirip dengan Maine Coon. Sebab memang masih kerabat dekat dengan Maine Coon, guys. Nah, kucing Norwegian Forest ini memiliki tampilan yang sangat anggun dengan bulu yang lebat dan panjang.

Selain itu kucing ini juga memiliki ukuran badan yang besar.

Oh iya, kucing ini juga pandai sekali memanjat. Kucing ini bisa mencapai harga sekitar Rp10.000.000,000.

16. Japanese Bobtail

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail

Kucing ini berasal dari Jepang, guys. Seperti namanya kucing ini pun memiliki ekor bundel yang pendek. Uniknya, tiap ekor bundel dari kucing ini berbeda-beda satu sama lain.

Keunikan lain dari kucing Japanese Bobtail adalah memiliki kaki belakang yang lebih panjang dibandingkan dengan kaki depannya. Kucing ini sangat aktif dan pintar.

Kucing ini bisa mencapai harga Rp5.000.000,00.

17. Bombay Cat

Kucing Bombay
Kucing Bombay

Kucing dengan warna hitam yang elegan dan menawan ini, memang terlihat seperti jenis kucing kampung biasa. Tapi siapa sangka, ternyata kucing ini termasuk kucing peranakan yang paling langka, guys.

Nah, kucing ini juga terbilang cukup pintar, dan sangat mudah dilatih. Bombay cat juga sangat suka dibelai, jadi pastikan kamu selalu membelai kucing ini.

Untuk harganya adalah sekitar Rp5.000.000,00 – Rp25.000.000,00.

18. Balinese Cat

Balinese Cat
Balinese Cat

Guys, jangan salah meskipun namanya Balinese Cat, tapi kucing ini bukan jenis kucing di Indonesia atau berasal dari Indonesia. Asal muasal nama Balinese dikarenakan kucing ini anggun dan ramah seperti penari Bali.

Nah, kamu harus tahu bahwa kucing ini hampir mirip dengan kucinh Siam. Balinese Cat juga berasal dari Thailand sama seperti kucing Siam.

Kucing ini memiliki corak warna bulu yang sama seperti kucing Siam, tapi Balinese Cat memiliki bulu yang lebih panjang.

Balinese sangat aktif, cerdas, dan ramah, serta sangat penyayang. Jadi cocok banget untuk dijadikan hewan peliharaan.

Untuk harganya, tidak jauh beda dengan harga kucing Siam.

19. Munchkin Cat

Munchkin Cat
Munchkin Cat

Berikut ada kucing super imut bernama Munchkin cat. Yups, kucing ini memiliki kaki pendek yang manjadinya terlihat sangat lucu dan imut.

Nah, kaki pendek mereka inilah yang menjadikan mereka begitu populer di kalangan pecinta kucing. Munchkin cat ada yang memiliki bulu yang pendek ada juga yang memilki bulu panjang yang anggun.

Biar pun kaki mereka pendek, tapi Munchkin cat tergolong kucing yang sangat lincah dan suka melompat ke sana kemari.

Jika kamu ingin memeliharanya, lebih baik biarkan mereka tetap berada di dalam rumah, sebab Munchkin cat bisa menjadi sasaran empuk bagi kucing atua hewan yang lebih besar.

Harga jenis kucing Munchkin bisa mencapai Rp7.500.000,00.

20. Siberian

Siberian Cat
Siberian Cat

Seperti namanya, kucing Siberian ini berasal dari Siberia, Rusia. Oh iya, banyak sekali yang mengira kucing ini sama seperti kucing Persia.

Tapi kalau kamu lihat dengan teliti, kedua kucing tersebut memiliki tampilan yang jauh berbeda. Jadi, jangan salah membedakan ya, guys. Nah, kucing Siberian ini juga memiliki bulu yang lebat dan panjang, jadi pastikan kamu dapat merawat bulu indahnya.

Kucing Siberian relatif pendiam, tapi suara meongnya begitu khas dan manis. Oh iya, kucing ini pun terkenal lambat dalam pertumbuhan, butuh sekitar 5 tahun sampai mencapai usia dewasa pada kucing ini.

Kucing ini bisa mencapai harga sekitar Rp25.000.000,00.

21. Devon Rex

Devon Rex
Devon Rex

Ada juga kucing Devon Rex yang merupakan jenis kucing berbulu pendek yang berasal dari Inggris. Yups, bulu pada kucing ini memang sangat pendek dan terlihat agak keriting, jadi akan cocok untuk kamu yang alergi dengan bulu kucing.

Oh iya, kucing ini pun memilki julukan yang unik, seperti kucing peri dan ada juga yang memberi julukan kucing alien.

Hal ini karena kucing ini memang memiliki daun telinga yang panjang dan lebar, mirip seperti daun telinga para peri gitu deh, guys.

Karena bulunya yang pendek, perwatan kucing satu ini tidak begitu merepotkan, guys. Devon Rex juga sangat aktif.  Harga kucing ini bisa mencapai Rp6.000.000,00.

22. Manx Cat

Jika kebanyakan kucing memiliki ekor ada yang panjang dan pendek, tapi Maxn Cat ini merupakan jenis kucing dari Inggris yang tidak memiliki ekor, guys.

Yups, bisa dikatakan kucing ini memang unik, ya guys. Untuk tampilannya, Manx cat ini tidak jauh berbeda dengan kucing kampung pada umumnya.

Cuma emang enggak punya ekor saja. Nah, Manx cat yang tidak memiliki ekor ini disebabkan oleh mutasi genetik, guys. Jadi gen tanpa ekor lebih dominan, jika dibandingkan dengan gen normal pada kucing umumnya.

Oh iya, guys jangan sembarang mengawinkan kucing yang satu ini, ya. Sebab jika Manx cat memiliki dua gen ekor pendek bisa mengakibatkan keguguran bahkan mati.

Meskipun tanpa ekor, harga kucing ini bisa mencapai Rp52.000.000,00.

23. Savannah Cat

Savannah Cat
Savannah Cat

Jika dibandingkan dengan kucing yang lainnya, kucing Savannah ini memiliki tampilan yang lebih gagah dan terlihat begitu kuat. Selain itu kucing ini pun merupakan kucing dengan tubuh terpanjang jika dibanding kucing pada umumnya.

Kucing ini memiliki corak bulu yang khas dengan totol. Hampir mirip dengan kucing Bengal yang memiliki totol pada bulunya. Tapi kalau kamu lihat dengan seksama, malah kucing ini memiliki tampilan seperti macan tutul.

Meskipun kucing satu ini terlihat sangar, tapi Savannah ini sangat ramah serta tentunya jinak untuk dipelihara.

Namun, sayangnya Savannah cat memiliki harga yang sangat fantastis, yaitu bisa sampai Rp300.000.000,00. Yang paling murah saja sekitar Rp15.000.000,00.

24. Egyptian Mau

Egyptian Mau
Egyptian Mau

Kucing satu ini bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit, sebab kucing Egyptian Mau atau Mau Mesir ini dapat berlari dengan sangat cepat, guys. Egyptian Mau ini pun memiliki corak tutul yang khas dengan warna bulu abu-abu keperakan.

Kucing satu ini terkenal selalu ingin tahu, tapi akan sangat jaga jarak dengan orang asing. Serta kucing ini tergolong sebagai kucing yang aktif dan lincah.

Sebenarnya kucing satu ini belum begitu populer di Indonesia, jadi mungkin agak susah mencari Egyptian Mau di Indonesia.

25. Oriental Shorthair

Oriental Shorthair
Oriental Shorthair

Oriental Shorthair menjadi kucing peliharaan yang pas untuk kamu. Sebab kucing ini sangat aktif dan menjadi kucing yang tampil dengan penuh percaya diri. Selain itu kucing ini juga akan akrab dengan semua anggota keluarga kamu, tapi kucing ini cukup berisik.

Yups, Oriental Shorthair memang sering mengeong tanpa alasan. Seperti namanya kucing ini memang memiliki bulu yang pendek dengan badan yang tinggi.

Jika berjalan, Oriental Shorthair terlihat seperti berjinjit. Selain itu kucing ini memiliki telinga yang panjang dan lebar, guys.

Wajah mereka pun berbentuk segitiga dengan moncung yang maju. Harga kucing ini sekitar Rp800.000,00 – Rp2.500.000,00.

26. Ocicat

Ocicat
Ocicat

Ada juga kucing dengan tutul bernama Ocicat. Yups, kucing ini memang terlihat seperti kucing liar yang khas dengan tutulnya.

Tapi, kucing ini tidak memiliki keturunan dari kucing liar hutan. Sebab Ocicat adalah kucing keturunan Siam, Abyssinian, dan American Shorthair.  Kucing ini memiliki mantel bulu yang pendek tapi tentunya mampu menutupi semua permukaan kulit mereka.

Ocicat sangat ramah kepada orang baru atau tamu.

Kucing ini juga sangat tidak suka sepi, jadi pastikan kamu memiliki hewan peliharaan lain jika akan memelihara Ocicat.

27. American Bobtail

American Bobtail
American Bobtail

Jika tadi ada Japanese Bobtail, sekarang ada juga American Bobtail, guys. Sama seperti Japanese, American Bobtail ini pun memiliki ekor bundel yang pendek.

Tapi kedua jenis kucing tersebut memiliki tampilan yang beda. Untuk American Bobtail relatif memiliki bulu yang lebih panjang, guys. Terutama bulu pada bagian lehernya.

Kucing ini juga sangat suka bermain, bahkan mereka sangat pandai dalam permainan menyembunyikan barang. Yups, American Bobtail dapat benar-benar mencari sampai berjam-jam barang yang disembunyikan.

Kucing ini pun sangat ramah kepada anak kecil, jadi kalau kamu memiliki adik kecil akan sangat pas sekali memelihara kucing American Bobtail ini.

Kucing ini dihargai sekitar Rp10.000.000,00.

28. Tonkinese Cat

Tonkinese Cat
Tonkinese Cat

Tonkinese  adalah kucing dari hasil persilangan Burma dan Siam. Jadi jangan heran jika kucing ini memiliki tampilan yang serupa dengan kedua kucing tersebut.

Kucing satu ini sangat senang sekali jika diberi perhatian, makanya kucing Tonkinese suka sekali mencari perhatian dari pemiliknya.

Kucing ini pun termasuk kucing yang cerewet, mereka tidak sungkan mengeong kepada pemiliknya dengan suara lantang. Tonkinese cat pun sangat siku keramaian.

Nah, untuk harganya adalah sekitar Rp9.000.000,00.

29. Selkirk Rex

Selkirk Rex
Selkirk Rex

Guys, ternyata ada juga loh kucing yang memiliki bulu keriting yang unik. Yups, Selkirk Rex menjadi salah satu kucing dengan bulu keritingnya yang unik dan tampak begitu eksotis.

Jika dilihat, bahkan bulu kucing ini malah terlihat seperti domba, lho.

Karena bulunya yang keriting inilah menjadikan bulu Selkirk Rex cenderung mudah kusut. Jadi kamu Perlu selalu memandikan kucing ini minimal 2 minggu sekali. Selain menggemaskan dengan bulu keriting nya, Selkirk Rex juga menjadi kucing yang sangat manja.

Jadi siap siap deh, untuk selalu mengelus dan berada di samping Selkirk Rex.

Harga kucing ini dibanderol sekitar Rp10.000.000,00.

30. Turkish Van

Turkish Van
Turkish Van

Selain Anggora, ada juga Turkish Van yang juga berasal dari Turki. Memang tampilannya hampir mirip sih, dengan kucing Anggora.

Tapi Turkish Van cenderung memiliki bulu yang cenderung lebih pendek. Kucing Turkish Van memang cocok sekali dibuat peliharaan, sebab kucing ini sangat ramah dan penuh sayang, mereka bahkan bisa rukun dengan hewan peliharaan lainnya, dan juga ramah dengan anak-anak.

Turkish Van juga memiliki tubuh yang bongsor alias besar.

Kucing ini harganya mulai dari Rp2.000.000,00.

31. American Wirehair

American Wirehair
American Wirehair

American Wirehair menjadi jenis kucing dengan bulu yang unik. Yups, meskipun bulu kucing ini cenderung pendek, tapi kucing ini pun memiliki bulu yang keriting dan tebal, serta kuat.

Tapi meskipun kuat, bulu kucing ini mudah rontok. Jadi jangan terlalu sering menyisir bulu kucing ini, ya guys. Kucing ini pun memiliki banyak warna corak bulu.

Kucing ini dihargai dengan Rp2.000.000,00 – Rp10.000.000,00.

32. LaPerm

LaPerm
LaPerm

LaPerm juga merupakan kucing dengan bulu yang unik. Yups, bulu dari kucing ini keriting dan terlihat kusut, tapi tetap menggemaskan.

Namun, ketika kecil, kucing ini memiliki bulu yang sangat pendek bahkan tidak terlihat keriting. Kucing ini cenderung akan mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi, tapi kucing ini tetap akan sangat ramah dan jinak kepada orang lain.

Selain itu kucing ini juga tergolong sangat aktif serta responsif.

Harga kucing ini mulai sekitar Rp5.000.000,00.

33. Singapura cat

Singapura cat
Singapura cat

Yups, kucing satu ini memang berasal dari Singapura, guys. Singapura cat memiliki mata yang bundar dengan tubuh kecil yang menggemaskan, selain itu warna bulu kucing ini pun begitu solid.

Oh iya, Singapura cat tidak menyukai keramaian dan suara gemuruh, jadi sebisa mungkin jangan bawa mereka ke tempat ramai.

Sebab bisa saja malah menjadikan mereka stress.

Untuk harganya sekitar Rp6.000.000,00 – Rp9.000.000,00.

34. Korat

Korat
Korat

Korat bisa dibilang sebagai kucing yang memiliki pendengaran, penciuman, dan penglihatan yang luar biasa. Kucing ini pun sangat lembut dan ramah, serta tak terlalu suka suara yang berisik dan kasar. Jadi perlakukan dia dengan baik, ya guys.

Oh iya, sebisa mungkin jangan pernah meninggal Korat sendiri, guys. Sebab Korat termasuk kucing manja yang tak bisa jauh dari pemiliknya.

Namun, katanya di negara asalnya Thailand, kucing ini termasuk langka.

Harga kucing Korat sekitar Rp9.000.000,00.

35. Somali Cat

Somali Cat
Somali Cat

Somali Cat merupakan jenis kucing yang masih berkerabat dekat dengan kucing Abyssinian. Meskipun masih kerabat dekat, Somali cat memiliki bulu yang cukup panjang dibandingkan Abyssinian.

Hal unik dari kucing ini anatar lain hampir setiap jenis kucing ini memiliki dahi dengan simbol seperti huruf M. Tampilan kucing ini pun mirip rubah.

Somali  adalah kucing yang super rusuh alias sangat aktif, jadi siap-siap rumah mu bisa saja berantakan.

Untuk kitten dari kucing ini dibanderol harga sekitar Rp 14.000.000,00 – Rp 21.000.000,00.

36. Burmilla

Burmilla
Burmilla

Jenis kucing Burmilla memiliki dua jenis, pertama ada yang berbulu panjang dan ada juga yang berbulu pendek. Bulu kucing ini memiliki wanar yang mengkilap yang menjadi salah satu daya tariknya.

Kucing Burmilla tergolong kucing yang tenang dan dapat berjalan dengan anggunnya. Kucing ini biasanya hanya ditemukan di Inggris.

Jadi kalau mau beli kamu harus mengimpornya dari Inggris.

Harganya bisa mencapai Rp16.000.000,00.

37. Toyger

Toyger
Toyger

Toyger merupakan kucing dengan corak bulu yang unik menyerupai belang pada harimau. Toyger merupakan kucing dengan otot yang kuat, serta bahu yang tinggi.

Kucing ini pun sangat suka dengan air. Kucing ini cenderung akan pendiam jika bersma orang asin, dan akan aktif jika dilatih oleh pemiliknya.

Selain itu kucing ini juga sangat cerdas, guys.

Harga kucing ini bisa mencapai Rp26.000.000,00.

38. Oriental Longhair

Oriental Longhair
Oriental Longhair

Salah satu jenis kucing ini adalah kucing Javanese. Kucing ini memiliki badan yang oriental dengan bulu panjang yang anggun.

Kucing satu ini adalah kucinh yang aktif, mereka bisa saja mengikuti ke mana pun pemiliknya pergi. Kucing satu ini juga sangat suka tempat tinggi, guys.

Kucing ini memiliki harga sekitar Rp6.000.000,00.

39. Snowshoe Cat

Snowshoe Cat
Snowshoe Cat

Kucing ini terlihat memakai kaos kaki dengan warna seputih salju. Corak bulu dari kucing ini pun sangat unik, jadi enggak heran banyak yang ingin memiliki Snowshoe cat sebagai hewan peliharaannya.

Untuk perawatan kucing cantik ini tidak begitu sulit, sedikitnya kamu hanya perlu memandikannya sekitar 1-2 kali saja dalam seminggu.

Oh iya, kucing ini juga sangat senang jika diperhatikan.

Di pasaran kucing ini biasanya dibandrol dari harga Rp2.000.000,00 – Rp14.000.000,00.

40. Colorpoint Shorthair

Colorpoint Shorthair
Colorpoint Shorthair

Dengan tubuh rampingnya, Colorpoint Shorthair memang terlihat begitu menawan dan anggun. Selain ramping, kucing ini memiliki daun telinga yang lebar dan besar, serta wajah mirip baji.

Oh iya, kucing ini adalah hasil persilangan antara kucing Siam dan kucing American Shorthair. Kucing ini sangat butuh perhatian dan tidak suka diabaikan.

Harga Colorpoint Shorthair sekitar Rp7.000.000,00 – Rp12.000.000,00.

41. Havana Brown

Havana Brown
Havana Brown

Merupakan kucing ras super langka yang akan susah sekali kamu temukan di Indonesia. kucing satu ini memiliki keunikan di bagian wajah atau kepalanya. Yups, jika kamu perhatikan, Havana Brown memiliki moncong ke depan yang unik dan beda dari kucing lainnya.

Kucing ini, memiliki bulu yang pendek dan berkilau, jadi akan terlihat sangat cantik dan mempesona.  Havana Brown sangat tenang, ramah dan mampu bersahabat dengan siapa saja, bahkan bayi sekali pun.

Harga kucing ini bisa dibandrol dari harga Rp8.000.000,00 – Rp16.000.000,00.

42. Pixie-bob

Pixie bob
Pixie bob

Kucing Pixie-bob memiliki asal usul yang katanya sangat misterius. Tapi banyak yang meyakini bahwa kucing ini tercipta dari perkawinan yang terjadi secara alami dari kucing domestik liar dengan kucing hutan Amerika. Pixie-bob memiliki lapisan bulu ganda.

Jadi maksudnya ada lapisan bulu yang panjang dan ada juga yang pendek. Tubuh mereka bisa dibilang gempal dan cukup berotot dengan ditutupi oleh bulu wolly yang halus. Jika kamu ingin mengadopsi jenis kucing ini, maka sikatlah bulunya seminggu sekali.

Kucing ini sangat cerdas, dan suka bermain, serta selalu ingin tahu.

Kucing ini bisa dihargai Rp8.000.000,00 – Rp21.000.000,00.

43. Peterbald

Peterbald
Peterbald

Peterbald juga merupakan kucing yang tak memiliki bulu. Selain tak memiliki bulu, kucing ini pun sangat unik dengan bentuk muka yang kecil, ramping, panjang dengan telinga yang besar.

Besar telinganya pun bisa sama dengan kepalanya, guys. Meskipun, Peterbald terlahir dengan bulu, tapi seiring berjalannya dengan waktu, bulu dari kucing ini akan rontok secara alami.

Peterbald juga sangat suka bermain, jadi cocok untuk kamu yang sedang mencari hewan peliharaan.

Tapi harga kucing ini cukup mahal. Yups, harganya bisa sampai Rp45.000.000,00.

44. Cymric

Cymric
Cymric

Cymric masih termasuk ras kucing Manx. Karena hal itulah, Cymric tak memiliki ekor. Meskipun, tanpa ekor kucing ini tetap menggemaskan, terlebih lagi kaki kucing ini sangat kuat sehingga mereka sangat pintar melompat.

Kucing satu ini sangat tenang, tidak mudah marah, dan sangat penyayang.

Jadi sangat pas dan mudah akrab dengan anak-anak.

45. British Shorthair

British Shorthair
British Shorthair

Selanjutnya ada British Shorthair yang merupakan kucing berbulu pendek dari Britania. Tampilan bulu kucing ini tampak mewah dan mempesona dengan wajah bulat dan mata bulat yang super menggemaskan.

Namun, kucing ini tidak begitu aktif, sehingga kucing British Shorthair mudah gemuk. Jika kamu dapat merawat dengan baik, maka kucing ini dapat hidup sampai 20 tahun, lho.

Kalau dilihat sekilas British Shorthair tampak mirip dengan Scottish fold, bedanya hanya di bagian telinga.

Harga kucing ini bisa mencapai Rp30.000.000,00.

46. Ragamuffin cat

Ragamuffin cat
Ragamuffin cat

Berikutnya ada Ragamuffin cat yang merupakan kucing berbulu panjang yang cantik dan begitu mewah.  Meskipun begitu, perawatan mereka tak begitu sulit.

Kamu bisa menyikat bukunya 1-2 kali dalam seminggu. Kucing ini mudah bosan, jika kamu tak memperhatikannya. Jadi pastikan selalu beri waktu untuk kucing ini.

Kucing ini bisa mancapai harga Rp12.000.000,00.

47. American Curl

American Curl
American Curl

Kucing ini memiliki keunikan yang menonjol pada telinganya. Telinga kucing ini menggulung ke arah luar. Telinganya ini dihasilkan dari mutasi genetik alami.

Berbeda dari kucing lain, American Curl tidak terlalu suka disentuh atau dielus.

Kucing ini bisa mencapai harga Rp17.000.000,00.

48. Cornish Rex

Cornish Rex
Cornish Rex

Cornish Rex merupakan kucing berbulu sangat pendek serta keriting yang sangat unik. Meskipun, bulu kucing ini pendek tapi Cornish Rex bisa tampil dengan sangat elegan.

Jadi jangan heran jika banyak juga peminat dari kucing ini. Kucing ini tidak memiliki lapisan bulu pelindung, jadi bulu kucing akan cepat berminyak.

Jika sudah berminyak, maka kamu harus segera memandikan Cornish Rex, guys. Oh iya, kucing ini pun sangat sensitif dengan suhu panas atau dingin yang ekstrim.

Harga kucing Cornish Rex bisa mencapai Rp3.000.000,00 – Rp7.000.000,00.

49. Chartreux

Chartreux
Chartreux

Chartreux memiliki tampilan yang sangat mirip dengan British Shorthair. Kucing satu ini memiliki sifat sangat lembut, bahkan sangat toleran kepada hewan peliharaan lainnya.

Chartreux juga memiliki reputasi berburu yang sangat baik.

Oh iya, karena sangat mirip dengan British Shorthair, Asosiasi kucing seluruh dunia Inggris menolak pengakuan terhadap kucing ini. Wahh sayang sekali yaa.

50. Kucing Persia

Kucing Persia
Kucing Persia

Nah, selaian Anggora, jenis kucing Persia pun sangat populer di Indonesia. Jenis kucing Persia memang sangat cocok dijadikan hewan peliharaan dengan bulu panjang super menggemaskannya.

Selain itu, wajah Persia pun sangat menggemaskan dengan hidung yang pesek. Meskipun kebanyakan kucing Persia memilki bulu panjang, tapi ada juga jenis kucing persia medium short hair atau berbulu sedang atau pendek.

Yups, bisa dibilang jenis kucing persia medium ini memang berbulu pendek tapi tetap menggemaskan, guys.

Ada juga jenis kucing persia termahal dengan kisaran harga Rp44.000.000,00.

51. Kucing Bengal

Kucing Bengal
Kucing Bengal

Jenis kucing Bengal juga menjadi hewan peliharaan yang akan sangat lucu dan aktif, guys. Karena hasil persilangan dari kucing hutan, Bengal memang memiliki corak tutul yang khas seperti kucing hutan.

Bengal juga merupakan kucing yang ramah dan tentunya jinak jika dipelihara. Kucing ini sangat pintar dan mudah paham jika kamu ajarkan trik-trik permainan.

Meskipun cukup langka, banyak sekali yang berminat untuk memelihara kucing Bengal ini. Kucing Bengal bisa mencapai harga Rp44.000.000,00.

Jadi itu dia 51 jenis kucing dan harga. Kamu tertarik tidak untuk mengadopsi salah satu dari kucing tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *