Kucing American Curl

American Curl

American Curl – Guys, sebagai pecinta kucing, kamu suka kucing yang seperti apa?? Yang bulunya panjang?? Bulu pendek?? Atau yang memiliki tampilan yang unik? Nah, aku mau kasih tahu kamu, kalau ada jenis kucing yang memiliki bulu panjang, dan pendek, serta tampilannya sangat unik, guys. Penasaran tidak dengan kucing yang aku maksud? Jadi, kali ini aku mau bahas kucing American Curl. Yups, si American Curl ini memiliki dua varian bulu. Jadi ada yang pendek dan ada juga yang panjang.

Terus uniknya di mana?? Nah, uniknya ini di bagian telinga, guys. Telinga American Curl ini melengkung atau terlipat ke arah keluar, guys.

Unik banget kan bentuk telinganya, guys. Dengan telinga yang tak biasa tersebut, si American Curl tetap terlihat begitu menggemaskan.

Mau tahu lebih banyak tentang si kucing American Curl ini? Jika mau tahu, kamu harus stay di artikel ini.

Sebab aku mau bahas tentang sejarah kucing American Curl, lalu bahas ciri-ciri kucing American Curl, ada juga informasi mengenai harga kucing American Curl, serta tidak ketinggalan pula pembahasan mengenai cara merawat kucing American Curl.

Yuk, ke pembahasan pertama kita kali ini, guys!

Sejarah Kucing American Curl

Sejarah Kucing American Curl
Sejarah Kucing American Curl

Seperti kata aku, jika kucing ini memiliki telinga yang melengkung ke arah luar, atau biasa disebut dengan kucing telinga ikal. Telinga ini didapatkan akibat mutasi genetik alami.

Jadi, memang tidak ada campur tangan manusia.

Cerita sejarah kucing American Curl cukup menarik untuk disimak.

Jadi, awal mulanya keluarga Ruga, yaitu Joe dan Grace Ruga tidak sengaja menemukan dua kitten yang tersesat.

Dua kucing ini memiliki bulu yang panjang dan halus. Satu berwarna hitam, dan yang satunya berwarna putih dan hitam. Si hitam diberi nama Shulamith, sedangkan yang hitam putih diberi nama Pandan.

Namun, sayangnya si Panda menghilangkan, serta kurang jelas juga apakah si Panda ini memiliki bentuk telinga yang ikal.

Tapi yang jelas si Shulamith adalah kucing berbulu hitam panjang dengan telinga ikal.

Nah, si kucing Shulamith inilah yang menjadi nenek moyang dari kucing American Curl saat ini.

Beberapa bulan setelah itu, Shulamith melahirkan anak dengan telinga ikal yang persis seperti induknya.

Hingga akhirnya, pada tahun 1983, para peternak berusaha untuk mengembangbiakan kucing American Curl ini.

Dalam pengembangannya, tidak terlalu sulit sebab gen telinga ikal pada kucing ini sangat dominan.

Dengan demikian, meskipun hanya ada kucing dengan satu gen salinan telinga ikal, tetap ada peluang besar untuk menghasilkan keturunan dengan telinga ikal.

Karena keunikan si American Curl ini, kucing ini jadi sangat populer dalam waktu yang singkat.

Selain itu, American Curl juga diakui oleh TICA pada tahun 1988.

Jelas ini adalah waktu yang singkat. Selain TICA, CFA juga sudah mengakui ras kucing American Curl di tahun 1993.

Itu dia sejarah singkat dari American Curl si kucing telinga ikal yang berasal dari Amerika. Kamu perlu tahu juga, bahwa sampai sekarang si American Curl adalah kucing yang sangat populer, lho.

Nah, kira-kira apakah kamu juga tertarik dengan kucing American Curl? Pasti kalau kamu udah sempat melihat kucing ini, pasti juga akan sangat gemas dan tertarik untuk memeliharanya.

Tapi sebelum beli kucing American Curl, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri kucing American Curl.

Nah, aku udah mengumpulkan berbagai informasi mengenai ciri-ciri dari kucing American Curl. Langsung saja deh, simak ulasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing American Curl

Ciri Ciri Kucing American Curl
Ciri Ciri Kucing American Curl

Ciri utama dari kucing ini adalah telinga yang ikal atau melengkung ke bagian luar. Yups, benar sekali telinga kucing ini berbanding terbalik dengan telinga kucing Scottish Fold.

Selain ciri pada telinganya, jelas masih ada lagi beberapa ciri ciri kucing American Curl ini, guys. Mau tahu engga informasi lebih lanjut mengenai ciri kucing American Curl? Nah, berikut ini adalah ciri kucing American Curl. Silakan disimak, guys!

1. Bentuk Muka

Si kucing lucu ini, memiliki bentuk muka yang mirip seperti baji, dengan bentuk mata yang mirip kenari. Nah, yang unik memang bagian telinga kucing ini.

Jadi saat lahir sampai umur 10 hari, telinga kucing ini akan lurus seperti kucing pada umumnya, guys.

Nah, setelah 10 sampai 4 bulan telinga kucing akan mulai mengalami pelengkungan. Seiring berjalannya dengan waktu, telinga kucing ini akan makin keras.

Guys, kamu tetap saja harus berhati-hati saat memegang telinga kucing ini, sebab jika terlalu kasar memegang telinga sang kucing, maka bisa saja ada kemungkinan tulang telinga kucing patah.

2. Postur Tubuh

Kucing American Curl adalah kucing dengan ukuran sedang. Tapi, tubuh mereka termasuk panjang. Dengan tulang yang berukuran sedang, menjadikan si American Curl menjadi kucing yang tidak terlalu kuat.

Oh iya, kebanyakan mereka memiliki ekor yang cukup panjang.

3. Bulu

American Curl memiliki bulu yang sangat halus dan juga tebal. Seperti yang aku bilang kucing ini memiliki varian bulu pendek dan bulu panjang. Ada banyak corak dan warna bulu si kucing lucu ini, guys.

4. Mata

Mata kucing ini unik seperti kenari. Ada banyak juga variasi warna mata dari kucing ini, seperti warna Aqua, Hijau, Emas, Kuning, dan juga ada Orange.

5. Sifat atau Kepribadian

American Curl adalah kucing yang penuh kasih sayang, ramah, serta lembut. Mereka bisa sangat jinak, penurut, dan bisa sangat manja kepada pemiliknya.

Tapi, si American Curl tidak terlalu suka jika kamu peluk, guys. Jadi biarkan saja mereka duduk di samping kamu dan menemani kegiatan kamu.

Atau jika kamu ingin, kamu bisa memangkunya saja, guys. Selain itu, mereka bisa dengan mudah untuk beradaptasi dengan hewan peliharaan lainnya.

Serta yang menarik, mereka dapat akrab dengan anak-anak, lho.

Tapi kamu harus tahu juga, si American Curl tidak terlalu suka jika kamu tinggal lama. Jadi luangkan waktu untuk bermain bersama kucing kamu ini, guys.

American Curl juga menjadi kucing yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan juga termasuk kucing yang cerdas.

Ras ini tak banyak bicara atau mengeong, sehingga kucing ini tak begitu berisik. Cocok untuk kamu yang tak suka hal-hal yang berisik.

Si American Curl juga terkadang akan menyambut kamu saat pulang ke rumah. Mereka pun ramah kepada para tamu yang datang ke rumah.

Gimana, kucing American Curl jelas sangat ideal sekali kan untuk dijadikan hewan peliharaan? Tentunya, dong! Untuk itu, ayo guys adopsi kucing American Curl, dan tentunya cari tempat jual kucing American Curl.

Oh iya, sebelum itu, yuk cari tahu dulu harga dari kucing American Curl ini, guys. Langsung deh, simak saja ulasan mengenai harga kucing American Curl.

Harga Kucing American Curl

Harga Kucing American Curl
Harga Kucing American Curl

Kalau kamu tertarik dengan kucing ini, maka cari tahu dulu harga dari kucing ini, guys.

Kamu bisa saja cari tahu harga kucing dengan mendatangi langsung tempat jual kucing American Curl, atau bisa juga dengan mencari tahu lewat internet, guys.

Nah, di artikel ini pun aku akan memberi tahu informasi mengenai harga kucing American Curl di Indonesia, guys. Oke, tadi aku sempat cari tahu tentang harga dari kucing ini.

Kucing ini memiliki harga yang sangat beragam. Bisa dibilang, jika harga jual kucing ini bergantung dengan kualitas sang kucing tersebut.

Tadi aku sempat menemukan harga American Curl yang di jual di OLX.

Nah, di situ ada banyak sekali penjual yang menjual jenis kucing American Curl dengan berbagai kualitas, umur, dan variasi bulu.

Nah, tertulis jika American Curl dijual dari mulai harga Rp3.000.000,00 – Rp7.000.000,00.

Jika kamu berminat, bisa langsung saja kunjungi situs jual beli kucing American Curl OLX atau situs jual beli online OLX.

Tapi tadi aku juga menemukan suatu artikel yang membahas tentang harga kucing American Curl. Nah, di artikel tersebut, tertulis jika harga American Curl bisa sampai Rp17.000.000,00, guys.

Ya, ini kembali lagi dengan kualitas si kucing. Kalau kucing American Curl ras asli, maka harganya memang bisa sangat mahal, guys.

Kalau sudah mix atau kucing American Curl mix, harganya memang relatif murah, ya guys.

Ya, kalau dibandingkan dengan harga kucing American Shorthair, jelas lebih mahal harga kucing American Curl, guys. Ya, setiap kucing memang memiliki keunikan masing-masing.

Jika kamu belum sanggup beli American Curl, maka bisa beli kucing American Shorthair terlebih dahulu, guys. Kan keduanya sama-sama berasal dari Amerika, guys. Hehehe.

Oke deh, setelah udah bahas sejarah, ciri-ciri, dan bahkan harga, sekarang giliran bahas cara merawat kucing American Curl. Yuk, disimak dulu cara merawat American Curl berikut ini, guys.

Cara Merawat Kucing American Curl

Cara Merawat Kucing American Curl
Cara Merawat Kucing American Curl

Jadi, jika kamu sudah ada berkomitmen memelihara kucing, maka kamu harus memelihara sang kucing dengan baik. Jangan terlantar kucing kamu.

Sebab kucing juga makhluk hidup yang harus kamu rawat dengan baik. Oke deh, aku akan menjelaskan tentang cara merawat kucing American Curl.

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Guys, kucing juga butuh mandi, meskipun kamu tak harus memandikan kucing ini tiap hari, tapi tetap saja saat si kucing dirasa kotor maka kamu harus segera memandikannya.

Nah, agar makin bersih, kamu perlu memandikan kucing dengan shampo khusus untuk bulu kucing. Selain mandi, bersihkan juga bagian telinga kucing kamu.

Kamu bisa membersihkan telinga kucing dengan kapas atau kain basah. Bersih secara perlahan saja, agar tidak terjadi iritasi dan hal lainnya yang dapat mengganggu kesehatan telinga kucing.

Selain telinga bersihkan juga bagian mulut kucing. Nah, untuk itu gosoklah gigi kucing dengan sikat dan odol khusus kucing.

Menggosok gigi jelas diperlukan untuk kucing, agar mulut dan gigi bebas dari sisa makanan. Lalu, potong kuku kucing jika dirasa sudah panjang.

2. Menjaga Keindahan Bulu

Nah, merawat keindahan bulu kucing ini, bergantung dengan panjang bulu. Jika kamu memelihara American Curl dengan bulu pendek, maka kamu bisa menyisir atau menyikat bulu seminggu sekali saja untuk mengangkat bulu yang rontok.

Nah, jika kamu memelihara American Curl berbulu panjang, maka kamu bisa menyisir bulunya seminggu dua kali.

Hal ini agar bulu kucing tidak kusut, menggumpal, dan agar bulu yang rontok tidak berceceran di lantai rumah.

3. Memberikan Makanan yang Tepat

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan makanan kucing sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Pastikan juga makanan kucing yang kamu berikan mengandung berbagai kebutuhan nutrisi kucing, seperti vitamin, omega 3&6, Protein, lemak dan nutrisi lainnya.

Nah, omega 3&6 ini penting untuk menjaga bulu kucing tetap kuat atau agar tidak mudah rontok. Ada banyak merk pakan kucing yang beredar di pasaran.

Jadi pilih saja merk pakan kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing kamu. Pastikan juga air minum yang kamu berikan untuk kucing kamu adalah air bersih, dan sudah matang.

4. Menjaga Kebersihan kandang

Nah, selanjutnya kamu juga harus membersihkan kandang kucing kamu, guys. Agar kucing nyaman saat di kandang.

Oh iya, selain kandang kamu perlu bersihkan peralatan kucing seperti alat makan, minum, alas tidur, dan yang penting harus bersihkan box pasir kucing juga.

Jika box pasir bersih maka kucing akan nyaman ketika buang kotoran.

5. Mengajak Bermain

Ini hal yang penting juga, guys. Yups, kamu harus meluangkan waktu dan mengajak kucing kamu untuk bermain bersama kamu.

Hal ini penting, sebab dengan sering menghabiskan waktu bersama, maka akan terjalin ikatan yang kuat antara kamu dan kucing kamu.

Selain itu, American Curl juga tidak suka jika terlalu lama kamu tinggal, guys.

6. Cek Kesehatan

Agar kucing makin sehat, kamu harus rutin untuk cek kesehatan kucing ke dokter hewan. Yups, ini termasuk hal yang penting dan sebaiknya jangan diabaikan.

Cek kesehatan diperlukan untuk mengontrol kesehatan kucing, jadi jika ada kucing kamu sakit akan cepat ditangani. Pemberian vaksin ke kucing juga diperlukan, ya guys.

7. Berikan Vitamin

Kamu juga bisa memberikan vitamin kepada kucing kamu, agar si kucing lebih sehat dan tidak mudah sakit, guys.

Vitamin kucing dapat kamu campurkan dengan makanan atau minuman kucing.

Nah, mudah sekali kan untuk merawat kucing American Curl ini, guys.

Oh iya, sebagai pemilik kucing, maka kamu harus bisa memperlakukan si kucing ini dengan penuh kasih sayang dan juga kelembutan.

Jangan bentak atau bahkan sampai berbuat kasar, seperti menendang atau memukul kucing kamu, ya guys. Sebab si kucing dapat menjadi stres jika diperlukan dengan tidak baik.

Kamu juga perlu tahu tentang masalah kesehatan si kucing American Curl ini, guys.

Berikut aku akan berikan informasi mengenai masalah kesehatan si kucing American Curl. Disimak, ya guys.

Masalah Kesehatan Kucing American Curl

Masalah Kesehatan Kucing American Curl
Masalah Kesehatan Kucing American Curl

Ras kucing asli American Curl adalah ras kucing yang sehat, dan tak memiliki masalah kesehatan genetik tertentu.

Tapi, American Curl cukup sensitif di bagian telinganya.

Jadi, karena bentuk telinga si kucing yang melengkung ke atas, maka bisa jadi ada individu American Curl yang dilahirkan dengan saluran telinga yang sempit.

Jika demikian, saluran yang menyempit dapat menyebabkan saluran telinga infeksi yang bisa berkelanjutan. Maka dari itu, kamu perlu memastikan bahwa si kucing American Curl kamu tidak mengalami masalah tersebut.

Selain itu, selalu rajinlah cek kesehatan telinga kucing setiap minggunya, untuk mencegah atau mendeteksi masalah telinga yang bisa terjadi pada sang kucing American Curl.

Agar lebih paham tentang hal tersebut, maka kamu bisa konsultasi ke dokter hewan mengenai masalah kesehatan pada telinga kucing American Curl.

Nah, itu dia penjelasan singkat dari aku mengenai kucing American Curl, guys. Udah cukup jelas kan, guys.

Semoga penjelasan kali ini, bisa bermanfaat bagi kamu semua, terutama kamu yang cat lovers atau pun kamu yang tertarik dengan kucing American Curl ini.

Sekian dari aku, dan sampai jumpa lagi, guys! Semoga bertemu di lain waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *