Kucing Birman

Gambar Kucing Birman Lucu

Kucing Birman – Hai guys, kamu pecinta dan pengagum kucing? Sudah berapa banyak hari ini memutar video kucing atau mencari foto kucing lucu. Banyak ya pasti, menghibur bukan tingkah laku kucing? Gak heran sih guys, kucing memang salah satu hewan berbulu yang menggemaskan.

Hewan berbulu yang satu ini memang sudah menjadi favorit manusia untuk dijadikan peliharaan ya guys. Gak Cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia. Nah, kamu yang sedang gemas dengan kucing, punya niat untuk adopsi kucing gak?

Kalau mau adopsi, mau adopsi Jenis apa? Kucing itu banyak loh guys jenisnya, dan kali ini, aku bakal bahas satu ras kucing yang mungkin agak asing di telinga kalian yang pecinta kucing baru, yakni Kucing Birman.

Kucing Birman ini termasuk kucing yang asal usulnya masih simpang siur guys. Tapi, gak bisa dipungkiri kalau kucing ini termasuk kucing yang menawan karena memiliki warna mata biru.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui tentang si Birman ini, kamu bisa simak artikel aku ini ya guys.

Di sini nanti aku bakal bahas tentang sejarah kucing birman, tentang Ciri kucing birman tuh apa saja, juga cara merawat kucing birman ini bagaimana, juga bahas yang lainnya juga guys.

Gak Cuma itu, buat kamu yang ingin adopsi dan bertanya, apakah kucing birman dijual? Apa benar kucing birman untuk dijual? Yap dijual kok guys, banyak yang jual kucing birman, bahkan banyak yang jual kucing birman murah.

Untuk itu, aku bakal kasih bayangan harga kucing birman nih buat kamu. Jadi, kamu bisa memperkirakan budget kamu untuk adopsi kucing unik yang satu ini.

Gak usah lama-lama guys, langsung saja kamu simak ulasan aku di bawah ini.

Baca Juga:

Sejarah Kucing Birman

Birman1
Birman1

Nah guys, sebelum masuk lebih dalam ke pembahasan Kucing Birman ini, kita perlu tahu dulu nih guys sejarahnya si kucing birman ini. Biar nanti, pas kamu mau adopsi, kamu tahu asal usul kucing yang kamu pelihara. Oke langsung saja ya.

Kucing Birman adalah kucing yang asal-usulnya masih simpang siur guys. Masih menjadi perdebatan dan tanda tanya.

Ada yang bilang kucing ini berasal dari Prancis, ada yang mengatakan kalau kucing ini dari Burma alias Myanmar. Tapi kalau kita tengok ke wikipedia, mereka membedakan antara kucing Birman dan kucing Burma.

Menurut wikipedia dan beberapa sumber artikel kucing, Kucing Birma ini dipercaya berasal dari Prancis.

Sejarahnya, dulu pada tahun 1919 dua orang kebangsaan Prancis, Auguste Pavie dan Gordon Russel diberi sepasang kucing ras Birma dari pendeta di kuil atas tanda terima kasih karena dua orang Prancis ini telah membantu pendeta-pendeta di kuil.

Yang mana kucing betina tersebut bernama Sita sedang dalam keadaan hamil. Sayangnya, dalam perjalanan si kucing jantan mengalami kematian guys. Jadi tinggal Sita seekor yang kemudian melahirkan anak kucing bernama Poupée de Madalpour.

Nah, pada tahun 1925, ada salah satu organisasi pendaftaran kucing di Prancis, mengakui kucing ras Birman ini sebagai ras dengan nama Sacré de Birmanie. Tapi, seperti yang aku katakan tadi guys, asal-usul Birman ini masih simpang siur. Pengakuan ras ini pun masih diragukan.

Hingga pada tahun yang sama, ada yang menganggap Kucing ras Birman ini berawal dari sepasang kucing birman jantan (Orloff de Kaabaa) yang dikawinkan dengan Birman betina (Xenia de Kaabaa).

Namun, pada PD II ras ini mengalami kepunahan, dan hanya satu pasang yang selamat dari resesi PD II tersebut.

Finally, pada tahun 1966, Kucing ras Birman ini akhirnya mendapat pengakuan dari Inggris guys dan pada tahun 1967, Birman kembali diakui rasnya oleh asosiasi kucing yang ada di Amerika serikat.

Selain sejarah yang memperdebatkan asal-usul kucing birman, ada sebuah legenda juga guys tentang munculnya Kucing Birman ini.

Dulu ada sebuah kuil yang dibangun oleh orang Khmer di Brima, kuil tersebut bernama Lao-Tsun. Tujuan pembangunan kuil ini untuk memuja dewi Tsun Kyan Se, yang dipercaya memilki manik mata berwarna biru safir.

Kemudian, datanglah seorang pendeta bernama Mun-Ha ke kuil tersebut yang diketahui bersahabat dengan kucing bernama Sinh seekor kucing berwarna putih. Hingga suatu insiden terjadi dan membunuh si pendeta.

Lalu si kucing putih ini meletakkan kakinya di atas Mun Ha sambil menghadap ke patung dewi Tsun Kyan Se. Lantas bulunya pun langsung berubah menjadi putih keemasan dan matanya pun berubah menjadi biru safir seperti mata sang dewi.

Namun, setelah 7 hari, kucing itu mati. Sejak saat itu, masyarakat percaya, jika ada kucing yang mati dikuil, dipercaya akan ada arwah pendeta yang menemani si kucing tersebut.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Kucing Birman

Birman2
Birman2

Nah, kamu sudah tahu ya guys sejarah panjang si Kucing Birman ini, kalau kamu ingin mengadopsinya sebagai hewan peliharaan.

baiknya kamu harus paham mengenai ciri-ciri si Birman, biar gak keliru dengan kucing yang mungkin rupanya mirip dengan Birman. Bagaimana ciri-cirinya? Berikut aku uraikan:

1. Tubuh Berukuran Sedang

Birman ini memiliki ukuran tubuh yang tidak kecil, tidak pula besar guys, berat tubuhnya hanya sekitar 4-6 kg saja guys. Meski memilki tubuh berukuran sedang, tubuh Birman ini cukup berotot lho guys.

2. Ciri Mata

Kucing Birman memiliki mata oval yang besar, serta memiliki manik mata berwarna biru safir.

3. Warna Kucing Birman 

Nah, kucing Birman ini memiliki warna pola colorpoint, gelap pada wajah, telinga, ekor dan kaki. Bagian kepala, leher, dada, perut, juga punggung berwarna putih agak abu-abu. Sedangkan untuk bagian tubuhnya memilki warna bulu yang lebih pucat.

4. Ciri Bagian Kaki

Bagian cakar dan jari kaki berwarna putih namun tidak melebihi pergelangan kaki, Jadi seolah-olah tengah mengenakan kaos kaki putih. Selain itu, Kucing Birman ini memiliki kaki yang kuat.

5. Ciri Bagian Kepala

Kucn=ing yang satu ini memiliki kepala yang bulat dan lebar. Pada bagian hidung, kucing Birman memiliki lekukan. Ukuran telinganya sedang dan melengkung pada bagian ujungnya.

6. Ciri Bulu

Memilki bulu yang sangat halus dan tebal. Untuk ukuran bulu kucing birman itu ada di antara sedang hingga panjang.

7. Karakteristik

Kucing Birman, memiliki karakteristik atau sifat penurut dan jinak. Dia juga merupakan kucing yang cerdas dan aktif. Birman ini mudah untuk dilatih juga guys. Selain itu, kucing yang satu ini, amat suka dipeluk. Pelukkan sang majikan biasanya akan menenangkan di Birman ini.

Nah, itu ya guys ulasan aku tentang ciri-ciri kucing Birman. Sebelum membeli, kamu harus memastikan kucing tersebut, benar-benar kucing birman atau bukan. So, diingat ya ciri-cirinya.

Baca Juga:

Harga Kucing Birman

Birman4
Birman4

Harga kucing Birman, dianggap tidak terlalu mahal jika dibanding dengan kucing Miane Coon, atau persia.

Nah, bagi kamu yang berminat mengadopsi kucing birman ini, berikut aku bakal kasih tahu daftar harganya ya guys. Daftar harga ini tidak pasti, karena bergantung toko atau penjualnya ya guys.

1. Kucing Birman Kaskus

Pertama Kucing Birman Kaskus ini memilki harga adopsi sekitar 2 juta rupiah untuk kucing birman berumur 0,5 bulan.

2. Kucing Birman Kitten Asli

Harga untuk Kucing Birman Kitten Asli dibanderol dikisaran 5,4 sampai 8 jutaan untuk kucing Birman berumur 2,5 bulan.

3. Kucing Birman Indonesia

Harga untuk Kucing Birman Indonesia dapat kamu adposi dengan harga dikisaran 5,5 sampai 8 jutaan untuk kucing Birman berumur 3 bulan.

4. Kucing Birma Himalaya

Selanjutnya harga Kucing Birman Himalaya dapat kamu adposi dengan harga dikisaran 3,8 jutaan untuk kucing Birman berumur 4 bulan

5. Kucing Birman Pedigree Murah

Kucing Birman Pedigree ini artinya adalah kucing birman yang telah memiliki sertifikat kejelasan atas asal-usul keturunannya. Harga untuk jenis yang satu ini yakni 8,6 jutaan untuk kucing Birman yang berumur 4,5 bulan.

6. Kucing Birman Anakan Betina

Anakan betina ini, bisa kamu adopsi dengan harga 6,7 jutaan untuk kucing birman berumur 5 bulan.

7. Kucing Birman Malaysia

Ada pula Kucing Birman Malaysia, harga pinang Kucing Birman yang satu ini, kamu perlu menyiapkan uang sekitar 6 juta sampai 8,5 juta untuk kucing birman berusia 6 bulan.

8. Kucing Birman Seal Point

Harga untuk Kucing Birman Seal Point dapat kamu adposi dengan harga dikisaran 8 jutaan untuk kucing Birman berumur 8 bulan.

9. Kucing Birman Dewasa Jantan

Untuk mengadopsi Kucing Birman jenis ini kamu membutuhkan uang sekitar 12 juta untuk kucing birman dewasa jantan berumur 1 tahun.

10. Kucing Birman Blue Point

Blue pint ini harganya sama dengan jenis Kucing Birman Dewasa jantan, yakni berada pada kisaran 12 jutaan.

Harga tersebut bisa berbeda-beda ya guys di setiap toko atau marketpalce satu dengan yang lainnya.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Birman

Birman3
Birman3

Guys, kalau kamu sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing Birman ini, kamu juga harus memperhatikan cara merawatnya.

Agar kucing ini tetap terjaga kesehatannya. Merawat kucing dengan baik adalah bentuk kamu bertanggung jawab atas keputusan kamu untuk merawat kucing birman ini guys. So, disimak ya uraian aku tentang cara merawat kucing Birman kali ini.

1. Mandi

Cara merawat yang pertama yakni memandikannya guys. Kamu harus rajin-rajin nih memandikan Kucing Birman ini agar selalu bersih sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Aku sarankan ya guys, kamu memandikan kucing kamu menggunakan air hangat. Air hangat ini bisa berfungsi sebagai pelepas bulu-bulu yang mati. Selain itu, akan membuat tubuh kucing kamu semakin bersih.

Untuk memandikannya, kamu gunakan saja shampoo kucing, banyak kok yang jual. Jangan terlalu kasar ya menggosok tubuhnya, ini bisa membuat dia kesakitan nanti. Berikan sentuhan lembut pada saat memandikannya, biar kucingnya gak stress.

2. Kebersihan Kandang

Hal yang paling penting kamu perhatikan adalah kebersihan kandang guys. Kamu harus rajin-rajin membersihkan kandang si kucing. Agar dia terhindar dari penyakit kucing.

Gak Cuma itu, coba deh kamu kasih kotak pasir untuk dia buang air, sehingga kotorannya pun tidak akan membuat kandang menjadi kotor. Kamu juga bisa memberikan mainan-maianan kecil untuk si kucing bermain di kandangnya.

3. kebersihan Kuku dan Bulu

Nah guys, kalao kamu merawat kucing, kamu juga harus memperhatikan kebersihan kuku dan kukunya ya.

Untuk bulu, kamu bisa menyisirnya setiap hari, agar bulu si kucing tidak gampang rontok dan gimbal. Kalau kamu rajin menyisir bulu kucing Birman ini, bulunya pun akan menjadi halus sehingga pasa saat dimandikan pengaplikasian shamponya juga mudah.

Untuk kuku, kamu juga harus mengguntingnya setiap minggu ya guys. Ini untuk menghindari kuku kucing menjadi panjang dan melukai siapaun yang sedang mengajaknya bermain.

4. Kebersihan Muka

Eistt gak Cuma manusia lho yang harus memperhatikan kebersihan muka, tapi kucing juga. Kamu sebagai majikan, harus rajin ya membersihkan muka kucing Birma nantinya. Hal ini bertujuan untuk membersihan sudut-sudut mata yang biasanya kotor ya guys.

Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa basahi lap, dan baru deh lap basah tadi kamu gunakan untuk apa ya  terserah.

5. Kebersihan Telinga

Gak Cuma muka dan mata ya guys yang harus kamu bersihkan, tapi telinga juga. Kamu harus rajin membersihkan telinga si kucing secara rutin. Sangat dianjurkan untuk membersihkan telinga setiap minggunya guys.

Untuk pembersihan telinga, kamu bisa menggunakan kain. Air untuk membasahi air, baiknya merupakan air hangat dan campuran cuka. Abis itu, baru deh siap kamu gunakan untuk membersihkan si kucing.

6. OlahRaga

Yang butuh olah raga gak Cuma manusia ya guys, ternyata kucing juga butuh olah raga agar dia tidak obesitas. Untuk itu, kamu juga harus memperhatikan asupan si kucing Birman ini, biar nutrisinya terpenuhi dan tidak berlebihan

7. Perawatan Gigi.

Kucing memiliki gigi-gigi yang tajam ya guys. Yap, karena kucing ini memang masuk ke dalam hewan karnivora, jadi gak heran kalau giginya tajam. Nah, guys kamu kasihan gak sih kalau kucing birman kamu mengalami sakit gigi dan radang gusi?

Kasihan kan? maka dari itu, kamu perlu memperhatikan kesehatan gigi kucing birman ini agar tidak mengalami penyakit mulut yang aku sebutkan tadi. Kamu bisa membawanya ke dokter hewan sesekali untuk memeriksa giginya.

Baca Juga:

Makanan Kucing Birman

Birman6
Birman6

Setiap kucing sebenarnya membutuhkan asupan makanan yang sama antara satu dengan yang lain. sama-sama harus lengkap nutrisinya, mulai dari karbohidrat, lemak, asam, lemak, vitamin, protein, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang baru saja meminang Kucing burma sebagai kucing peliharaan kamu, kamu perlu tahu nih, gimana sih pola makan Kucing birman ini. Berikut aku jelaskan.

Jadi guys si Birman ini memilki kebiasaan makan yang cukup unik. Kucing ini, ternyata membutuhkan lemak yang cukup banyak lho guys. Lemak ini, digunakannya untuk memanjangkan pertumbuhan bulu si Kucing.

Kamu perlu memberinya makanan selain cats foos demi memenuhi kebutuhan lemak kucing ini. Tapi biasanya, ada beberapa merk makanan kucing yang memang kebutuhan asupan nutrisinya sudah disesuaikan dengan jenis kucing, salah satunya Royal Canin.

Tapi, sesekali kamu juga perlu memberinya daging mentah untuk dua kali dalam seminggu. Kamu bisa memberikan daging mentah ini pada kucing yang berusia 12 minggu hingga 6 bulan.

Kucing ini memang membutuhkan lemak yang banyak, tapi bukan berarti kamu boleh memberinya susu sapi. Jangan ya, jangan kasih susu sapi.

Nah, itu dia ya guys, ulasan aku tentang Kucing Birman kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *