Kucing British Shorthair

British Shorthair

Kucing British Shorthair – Guys, mau tahu enggak, selain kucing Anggora dan Persia, ada juga kucing British Shorthair yang enggak kalah populer. Yups, British Shorthair juga menjadi kucing yang sangat populer, lho guys. Sebab kucing ini enggak kalah menggemaskan dari ras kucing lainnya. Serius deh, si British Shorthair adalah kucing yang memiliki badan bulat dan mata bulat yang begitu lucu. Mau tahu tentang segala hal mengenai kucing ini tidak, guys? Tenang ya, aku akan bahas kucing ini kok, guys. Mulai dari sejarah kucing British Shorthair, lalu aku juga akan bahas ciri-ciri kucing British Shorthair, harga kucing British Shorthair pun akan aku bahas, dan tak lupa juga aku mau bahas tentang cara merawat kucing British Shorthair.

So, buat kamu yang cat lovers dan ada niatan untuk memelihara kucing ini, maka wajib banget simak artikel kali ini sampai selesai. Oke deh, kita mulai ya, pembahasan pertama kita kali ini!

Sejarah Kucing British Shorthair

Sejarah Kucing British Shorthair
Sejarah Kucing British Shorthair

Dipercayai jika British Shorthair adalah ras kucing yang udah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Bisa dibilang jika British Shorthair adalah kucing ras tertua, guys.

Dulunya, British Shorthair adalah kucing pekerjaan. Yups, mereka dipekerjakan untuk mengusir hama tikus di ladang pertanian bangsa Romawi. Sebagai kucing pekerjaan, maka jelas mereka bukanlah kucing yang dipelihara.

Oleh karena itu, si British Shorthair harus mencari makan sendiri dan tinggal di luar rumah, serta terus berkembang biak tanpa ada pengawasan. P

opulasi British Shorthair pun mulai berkembang pesat. Setelah bangsa Romawi pergi dari Inggris. Kucing British Shorthair pun semakin banyak dan terus berkembang.

Nah, di akhir tahun 1800-an, para cat lovers atau penggemar kucing di Inggris mulai menyadari jika si British Shorthair adalah kucing yang menarik. Mereka beranggapan jika si British Shorthair adalah kucing yang tampak indah, serat memiliki tingkah laku yang unik.

Mereka pun mulai memelihara kucing British Shorthair sebagai hewan peliharaan di rumah. Bahkan nih, sekitar tahun 1871 telah diadakan kontes kucing British Shorthair, guys.

Kucing ini mulai dikenal di masyarakat luas, bahkan penggemar kucing British Shorthair di Inggris sempat membuat fans club untuk sang kucing, yang bernama British Cat Club.

Tapi lambat tahun, populasi British Shorthair menurun terkalahkan oleh pamor kucing Persia dan kucing Siam. Belum lagi setelah itu, terjadi perang Dunia II.

Hal ini mengakibatkan populasi British Shorthair mulai terancam. Akhirnya,  untuk menyelamatkan ras British Shorthair, kucing ini mulai dikawin silangkan dengan ras kucing Persia.

Di tahun 1980, CFA mulai mengakui keberadaan ras kucing ini. Lalu TICA, merevisi standar ras ini pada tahun 1993. Nah, sekarang ini British Shorthair menjadi kucing yang populer kembali, guys.

Saking populernya, si British Shorthair sudah pernah menjadi bintang iklan untuk Whiskas. Yups, seperti yang kamu tahu, jika Whiskas adalah merk pakan kucing yang terkenal.

Selain model iklan, si British Shorthair merupakan kucing yang menjadi model untuk peran Cheshire Cat yang ada di film animasi terkenal, yaitu Alice in Wonderland. Waaah, keren banget ya, si British Shorthair ini, guys.

Gimana makin tertarik tidak untuk memelihara kucing British Shorthair?

Pasti makin tertarik ya? Nah, sebelum adopsi Kucing British Shorthair, ada baiknya kamu tahu tentang ciri-ciri kucing ini, guys. Yuk, ke pembahasan berikutnya, guys!

Ciri-ciri Kucing British Shorthair

Ciri ciri Kucing British Shorthair
Ciri ciri Kucing British Shorthair

Guys, sebenarnya jika kamu perhatikan, si British Shorthair adalah kucing dengan tampilan mirip dengan Scottish fold. Tapi yang membedakan hanya bagian kuping saja. Yups, si Scottish Fold memiliki kuping yang terlipat ke bagian depan.

Oh iya, selain sering dibilang mirip dengan Scottish Fold, si British Shorthair juga sering dibilang mirip dengan Russian Blue.

Bisa dibilang kalau warna bulu yang paling terkenal dari si British Shorthair adalah warna abu-abu.

Nah, British Shorthair dengan warna bulu abu-abu inilah yang sering dibilang mirip dengan Russian Blue, yang juga memiliki warna bulu abu-abu kebiruan.

Namun, sebenarnya si British Shorthair tak hanya tampil dengan warna abu-abu saja. Yups, British Shorthair memiliki banyak warna.

Bahkan ada British Shorthair golden atau yang memiliki warna keemasan.

Ya, meski memiliki kesamaan dengan kucing Scottish Fold dan Russian Blue, tapi ada juga ciri khas dari kucing British Shorthair.

Aku udah menyiapkan berbagai informasi mengenai ciri ciri kucing British Shorthair, guys. Nah, berikut adalah ciri kucing British Shorthair.

1. Bentuk Muka

Guys, bisa dibilang jika kucing ini adalah kucing bulat yang menggemaskan. Yups, British Shorthair memiliki kepala bulat dengan pipi yang penuh serta sangat chubby, dagu mereka pun bulat, guys.

Leher mereka juga pendek, guys. Selain itu, mata mereka terlihat besar dan bulat, dengan hidung yang pesek. Pasti kamu bakalan gemas banget dengan kucing ini, deh.

2. Postur Tubuh

Selain kepalanya yang bulat, tubuh mereka juga tampak gempal, bulat, dan sangat berisi. Mereka juga memiliki kaki yang pendek, yang bisa membuat kamu makin gemas saja.

Tapi tetap saja, di bagian dada mereka terdapat cukup banyak otot. Oh iya, berat si British ini bisa mencapai 10 kg untuk jantan, dan sekitar 7 kg untuk betina, guys.

3. Bulu

Guys, sebenarnya si British ini tak hanya tampil dengan versi Shorthair, tapi ada juga versi longhair, lho. Ya, yang membedakan cuma bulunya saja.

Selebihnya memiliki ciri yang hampir sama. Tapi karena kita lagi bahas yang versi Shorthair, maka kita bahas si British Shorthair saja ya, guys.

British Shorthair adalah kucing dengan bulu pendek yang sangat lembut dan terlihat begitu tebal atau sangat penuh.

Nah, seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa si British Shorthair memiliki beragam variasi warna selain warna abu-abu. Jadi ada warna golden, putih, hitam, dan ada juga yang Colorpoint.

Tapi nih, warna golden atau emas masih menjadi warna yang paling menarik. Yups, bisa dibilang kalau British Shorthair golden adalah jenis kucing British Shorthair yang paling banyak diminta, guys.

4. Mata

Seperti yang aku bilang, si British Shorthair adalah kucing yang memiliki mata yang besar dan bulat. Biasanya warna mata mereka adalah kuning.

Tapi saat masih kecil atau masih kitten, si British Shorthair memiliki warna mata biru, guys. Nah, warna mata mereka akan berubah seiring bertambahnya usia.

Jadi jangan kaget, jika warna mata kucing British Shorthair kamu berubah, dari biru ke kuning. Sebab itu adalah hal yang normal.

5. Sifat atau Kepribadian

Si British Shorthair adalah kucing yang kalem dan pendiam. Tapi jika sudah dekat dengan seseorang atau pemiliknya, maka si British Shorthair akan sangat manja.

Mereka bukanlah tipe kucing yang banyak menuntut untuk selalu diperhatikan. Bahkan mereka juga bisa menghibur dirinya sendiri.

Meskipun begitu, di British Shorthair tetap sangat senang jika bisa menemani pemiliknya. Kucing British Shorthair juga bukanlah tipe kucing yang hiperaktif.

Mereka lebih senang jika rebahan di lantai. Jadi, kamu mungkin akan sangat jarang melihat mereka bertengger di atas kulkas, guys.

Ya, meski begitu, si kucing British Shorthair adalah kucing yang cerdas. Coba saja ajarkan trik atau permainan yang dapat mengasah otak, maka mereka akan cepat belajar dan menyelesaikan permainan yang kamu berikan, guys.

Kepribadian yang kalem ini menjadi si British Shorthair bisa menjadi kucing yang cocok untuk kamu pelihara.

Nah, itu dia beberapa ciri kucing British Shorthair. Jadi, sudah adakah rasa tertarik untuk memelihara kucing British Shorthair ini, guys?

Sepertinya sih, si kucing British Shorthair lucu, ya guys. Jadi bakalan seru nih, kalau kamu bisa merawat kucing British Shorthair.

Untuk itu, bagi kamu yang tertarik dengan kucing ini, aku udah menyiapkan informasi harga kucing British Shorthair, guys. Yuk, langsung saja simak ulasannya.

Harga Kucing British Shorthair

Harga Kucing British Shorthair
Harga Kucing British Shorthair

Guys, jangan kaget ya, jika kucing British Shorthair harga termasuk mahal. Yups, harganya bisa puluhan juta untuk yang kitten, guys.

Si British Shorthair memang termasuk kucing termahal, guys. Jadi jangan heran ya, jika harga kucing ini bisa sangat mahal. Nah, tadi aku sempat cari harga jual kucing British Shorthair 2020, guys.

Aku agak kaget juga sih, dengan harga jual British Shorthair yang sangat mahal. Nah, agar kamu tidak penasaran dengan harga, aku kasih rinciannya berikut ini, guys.

  1. Kucing British Shorthair ras asli dijual dengan harga sekitar Rp28.000.000,00. Nah, ini untuk usia sekitar 6 bulan, guys.
  2. Harga British Shorthair usia 8 bulan (indukan), bisa dibandrol harga sekitar Rp30.000.000,00.
  3. Kitten British Shorthair untuk usia 2 bulan dibandrol dengan kisaran harga Rp25.000.000,00. Lalu untuk kitten atau anakan British Shorthair usia 3 bulan, dibandrol dengan harga Rp20.000.000,00.
  4. Kucing British Shorthair asli usia 6 bulan, bisa dibandrol dengan harga Rp15.000.000,00
  5. Kucing British Shorthair betina dengan usia 1 tahun, bisa dibandrol dengan harga Rp7.000.000,00. Lalu untuk yang jantan usia 1 tahun, bisa dibandrol dengan harga Rp3.500.000,00.
  6. Harga kucing British Shorthair bicolor atau dua warna dengan usia 2 bulan, bisa dihargai dengan harga Rp17.000.000,00.
  7. Harga kucing British Shorthair mix Persia dengan usia 5 bulan, dihargai dengan harga Rp850.000,00.
  8. Harga kucing British Shorthair golden untuk yang anakan, dibandrol dengan harga sekitar Rp15.000.000,00 – Rp25.000.000,00. Nah untuk yang umur 5 – 12 bulan atau lebih dari 12 bulan, dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp35.000.000,00 – Rp50.000.000,00.

Kira-kira itu dia harga adopsi kucing British Shorthair, guys. Cukup mahal, ya guys. Jadi masih tertarik untuk memelihara kucing ini tidak? Nah, kalau emang uang kamu kurang, kamu bisa adopsi kucing British Shorthair mix Persia.

Sebab harganya lebih terjangkau, guys. Harga si British Shorthair jelas bergantung dengan kualitas sang kucing, ya guys.

Oke deh, jika sudah tahu harganya, mari ketahui juga cara menjaga kucing British Shorthair. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Cara Merawat Kucing British Shorthair

Cara Merawat Kucing British Shorthair
Cara Merawat Kucing British Shorthair

Nah, agar kucing British Shorthair yang kamu miliki sehat, bersih, dan cantik, maka kamu harus bisa merawat si British Shorthair dengan baik dan benar, guys.

Mungkin Merawat kucing bisa jadi hal yang cukup merepotkan dan menguras waktu. Tapi itu bukan masalah bagi kamu yang seorang cat lovers. Nah, untuk lebih jelasnya mari disimak saja ulasan berikut ini, guys.

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Guys, agar kucing kamu selalu bersih, maka kamu perlu memandikan kucing kamu. Tentunya memandikan kucing harus dengan shampo khusus kucing, guys.

Dengan begitu, kucing kamu akan dapat terhindar dari kutu. Jangan lupa untuk bersihkan area mulut kucing. Gunakanlah sikat gigi yang memiliki bulu pendek dan lembut, agar tidak melukai sang kucing.

Kamu juga bisa gunakan odol khusus kucing, guys. Sikat gigi dengan bersih, ya guys. Agar mulut kucing bersih dari sisa makanan.

Selain mulut, kamu juga perlu bersihkan telinga kucing kamu, guys. Bersihkan dengan kapas bersih, dan bersihkanlah secara perlahan saja.

Nah, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan bagian mata kucing. Untuk itu, bersihkan juga area mata dengan air hangat. Oh iya, kuku juga penting untuk kamu perhatikan, guys. Potong kuku kucing jika sudah panjang.

2. Menjaga Keindahan Bulu

Agar terlihat makin cantik, kamu harus bisa merawat keindahan bulu kucing. Jadi sikat atau sisirlah bulu kucing. Agar bulu kucing bersih, bebas dari bulu yang rontok, dan tentunya agar bulu tidak menggumpal atau kusut, guys.

Kalau tampilan kucing kamu cantik dan bulunya mengkilap, pasti kamu akan betah untuk selalu berdekatan dengan kucing kamu ini, guys.

3. Memberikan Makanan yang Tepat

Perlu kamu ketahui, jika si British Shorthair adalah kucing yang bisa dibilang mager alias malas gerak. Makanya, si kucing ini mudah sekali terkena obesitas, guys.

Jika demikian, maka kamu harus benar-benar memperhatikan makanan kucing British Shorthair. pastikan kamu memberikan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, omega 3&6, serta lemak.

Makanan yang cocok untuk kucing ini adalah ikan tuna, ikan salmon, dan daging merah. Nah, coba saja cari merk makanan yang memang sesuai untuk kebutuhan si kucing British Shorthair.

Banyak kok, merk makanan yang bisa kamu temukan dan cocok untuk si British Shorthair. Seperti merk Royal Canin, Whiskas, dan sebagainya.

Berikan makanan sebanyak 2-3 kali saja selama satu hari. Jangan lupa juga berikan minuman yang segar, bersih, dan pastinya minuman yang sudah matang.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Kamu juga perlu untuk membersihkan kandang kucing kamu, guys. Yups, bersihkan kandang kucing kamu ini penting, guys.

Sebab kandang yang bersih akan membuat mood kucing selalu baik, dan tentunya kucing tidak akan gampang sakit. Selain kadang, bersihkan juga peralatan kucing, guys.

Salah satunya adalah selalu membersihkan box pasir tempat buang kotoran kucing. Yups, ini penting, sebab kucing tidak akan senang jika box pasirnya kotor.

Bahkan kucing bisa enggan buang kotoran di box pasir yang kotor.

Untuk itu, selalu sediakan box pasir yang bersih. Tak usah terlalu banyak memberikan pasir, cukup 2 inchi saja.

5. Berikan Vitamin

Agar kucing kamu makin sehat dan enggak gampang sakit, maka kamu bisa memberikan vitamin kucing kepada si British Shorthair.

Vitamin kucing dapat dicampurkan ke dalam minuman dan juga makanan kucing.

6. Cek Kesehatan

Mungkin ini yang sering diabaikan oleh pemilik kucing. Nah, si British Shorthair juga perlu penanganan dokter hewan.

Jadi sebisa mungkin kamu harus bawa kucing British Shorthair ke dokter hewan dengan rutin. Cek kesehatan diperlukan untuk mengontrol kesehatan kucing. Jadi, kucing tidak akan gampang sakit.

7. Ajak Bermain

Ya, meski kucing ini adalah kucing yang mager, tapi tetap saja kamu perlu memberikan perhatian khusus untuk kucing kamu ini.

Jadi sesekali ajaklah kucing kamu untuk bermain bersama, guys. Kamu bisa ajarkan permainan puzzle, atau permainan lainnya yang dapat mengasah otak kucing, guys.

Jadi itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat British Shorthair. Mungkin sampai di sini pertemuan kita. Aku pamit, dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *