Kucing Burmese

Burmese4

Kucing Burmese – Hai kalian para pecinta kucing! Gimana? Sudah berapa kali buka video kucing, atau cari-cari gambar kucing atau bahkan sudah bermain dengan kucing-kucing peliharaan kamu?

Gemas ya? Memang guys, hewan berbulu yang satu ini bisa dikatakan hewan yang menggemaskan dan lucu.

Entah dari tingkah lakunya atau ciri fisiknya. Gak heran, kucing sudah menjadi hewan peliharaan favorit manusia di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sudah tahu kan kalau kucing tuh banyak jenis dan rasnya? Kalian tahu ras kucing apa saja nih guys? Anggora? Persia? Kucing kampung? Sudah tahu belum kalau ada ras kucing yang bernama Kucing Burmese?

Belum tahu ya? Atau sudah pernah dengar tapi belum paham ini ras kucing apa dan dari mana? Oke guys, kalau kamu memang belum tahu, aku bakal kasih tahu nih, biar kalian paham dan ilmu kalian tentang perkucingan tidak sebatas anggora dan persia saja.

Di sini nanti aku bakal bahas sejarah kucing Burmese, bahas apa saja sih jenis kucing burmese itu? Ada jenis-jenisnya gak?

Buat kamu yang ingin beli kucing burmese, pasti kamu bertanya-tanya, kucing burmese untuk dijual gak? Kalau untuk dijual, harga kucing burmse berapa, mahal tidak? Nanti aku bakal jawab di bawah ya.

Aku juga bakal kasih tahu kamu, sifat kucing burmese ini guys. Oh iya satu lagi, aku bakal kasih tahu kamu makanan kucing burmese ini. Langkap pokoknya! Jadi jangan diskip-skip ya!

Oke guys, langsung aja ya kamu simak pembahasan aku tentang ras kucing Burmese kali ini. Cekidot!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Burmese

Kucing Burmese Burma
Kucing Burmese Burma

Nah guys, sebagai perkenalan terhadap kucing ini, kamu perlu tahu dulu nih sejarah Kucing Burmese. Biar kamu tahu, asal-usul kucing ini tuh dari mana dan bagaimana. Langsung aja yuk disimak uraian aku tentang sejarah kucing Burmese ini.

Kucing Burmese ini merupakan salah satu ras kucing dari Burma guys. Tahu Burma gak? Burma itu nama lain negara Myanmar. Dulu negara tersebut bernama burma sebelum akhirnya berganti dengan nama Myanmar.

Kucing ini ada dua ras, Burmese British dan Burmese American. Kucing ras ini, pertama kali berasal dari kisah padah tahun 1930.

Dulu di tahun tersebut, seorang dokter dari San Francisco bernama Joseph Thompshon mengimpor kucing dari Burma (Myanmar). Kucing tersebut adalah kucing betina yang memiliki warna bulu cokelat tua yang bernama Wong Mau.

Pada saaat itu, di Amerika belum ada ras kucing yang sama dengan ras yang Wong Mau miliki. Nah, untuk perkembangbiakannya, dilakukanlah persilangan Wong Mau dengan ras Kucing Siamese.

Dari persilangan tersebut, lahirlah anakan kucing dengan ras baru yang memiliki karakter dominan ke arah karakter kucing Siamese.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa Wong Mau ini bukanlah kucing ras Burmese melainkan berasal dari ras Tokninese.

Karena jika Wong Mau ini merupakan kucing ras Burmese, semua anak-anak hasil persilangan dengan Siamese seharusnya adalah ras Tonkinese dengan pattern atau pola warna mink. Dari hal itu lah, Wong Mau ini dikenal sebagai ras kucing Tonkinese yang pertama.

Perkembangbiakannya tak hanya sampai situ guys. Setelah persilangan tersebut, ras kucing pola mink itu disilangkan lagi dengan ras kucing yang sama.

Akhirnya setelah memiliki beberapa keturunan, kucing mink x kucing mink ini, menghasilkan anakan kucing dengan 3 sifat warna berbeda dan gen stabil. Sejak 1936 itulah, kucing burmese ini di kenal di Amerika.

Pada tahun 1947, kucing ras Burmese ini untuk pertama kalinya diakui keberadaan rasnya oleh CFA (Cat Fanciers’ Associaton).

Namun, pada tahun yang sama di bulan Mei, CFA mencabut pengakuannya terhadap kucing ras Burmese tersebut, karena ada kesalahan pada pola pengembangbiakan pada ras Burmese ini.

Karena pada saat itu, bukannya mempertahankan kemurnian rasa Burmese, kebanyakan orang malah berusaha meningkatkan populasi ras ini dengan menggunakan ras kucing Siamese.

Tapi, pada tahun 1954, CFA kembali mengakui ras Burmese tersebut.

Tapi, pada saat itu, kucing Burmese Cuma punya warna sable aja nih guys. Hingga pada awal 1960an, Ras Kucing Burmese ini mulai berkembangbiak dan menghasilkan warna bulu yang berbeda-beda.

Dan untuk pertama kalinya, padah tahun 1947, kucing ras Burmese ini diimpor ke Inggris dari Amerika Serikat.

Dan pada tahun 1952, GCCF (Govering Council of the Cat Fancy) di Inggris mengakui akan keberadaan Burmese ini guys.

Mereka menyebutnya dengan British Burmese. Sampai, pada tahun berikut-berikutnya, ada tiga penamaan ras Burmese yang diakui yakni American Burmese, British Burmese, dan Burmese itu sendiri guys.

Nah, itu dia ya guys, sejarah mengenai di kucing Burmese ini. Lalu ada gak sih jenisnya? Untuk Jenisnya ya tadi itu guys ada tiga American Burmese, British Burmese, dan Burmese. Perbedaan ketiganya ini terletak pada pola yang ada di bulunya.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Kucing Burmese

Burmese1
Burmese1

Setelah paham sejarah Kucing burmese, sekarang, kamu harus tahu juga nih guys, ciri-ciri yang dimiliki oleh si Burmese ini. Apa saja ciri-cirinya? Berikut aku uraikan ya guys, disimak baik-baik, biar kamu yang ingin adopsi kucing burmese tidak keliru dengan kucing lainnya nanti.

1. Ciri Pada Kepala

Pertama kita lihat dulu nih guys, ciri-ciri kucing Burmese pada bagian kepalanya. Bentuk kepalanya bulat, dilihat dari sisi manapun, kepala si Burmese ini terlihat bulat guys. Begitupun matanya, ras ini memiliki bentuk mata yang bulat juga.

Warna mata kucing Burma biasanya kuning bahkan mendekati emas. Untuk ciri telinga sendiri, mereka memilki telinga yang berukuran sedang, dengan pangkal lebar dan ujung yang tidak terlalu meruncing. Telinganya pun juga terlihat sedikit agak condong ke depan.

2. Ciri Pada Tubuhnya

Selanjutnya kita ke bagian agak  bawah nih guys yakni tubuhnya. Kucing Burmese memiliki badan yang berukuran sedang, tidak terlalu besar ya. Di badannya yang sedang itu mereka cukup berotot dan bersisi. Untuk berat badannya sekitar 4 sampai 6 kilogram.

Pejantan kucing ini biasanya memiliki bobot dan tubuh yang lebih besar dari betinanya. Namun, baik pejantan atau betinanya sama-sama memilki dada tegap dan punggung yang datar.

Bentuk ekornya, Kucing Burmese ini memilki ukuran yang sedang dan lurus.

3. Kaki dan Telapaknya

Setiap kucing, memiliki panjang kaki yang beda-beda nih guys. Kucing burmese ini memilki bentuk kaki yang proposional dengan ukuran tubuhnya.

Sedangkan untuk telapak kakinya, burmese ini memiliki telapak kaki yang bulat dengan lima jari pada kaki depan dan empat jari pada kaki belakang.

4. Tekstur Bulu

Bulu pada kucing berbeda antara satu dengan yang lain guys. Ada yang panjang ada juga yang pendek.

Nah, untuk si Burmese sendiri, dia memiliki bulu pendek yang melekat pada tubuhnya. Tekstur bulunya seperti satin dan terlihat mengkilap. Kucing ras ini pun sering kali dianggap sebagai kucing hipoalergenik.

5. Warna Bulu

Ada berbagai macam bulu kucing burmese yang bisa kamu temui di antaranya, biru, champagne, tortoiseshell, cinnamon, lilac, cream, fawn, platinum, merah, chocolate, dan sable.

Nah, itu ya guys ciri-ciri dari si Kucing Burmese ini. Selanjutnya, aku bakal uraikan nih sifat-sifat si Burmese ini. Berikut uraiannya ya guys.

Baca Juga:

Sifat Kucing Burmese

Burmese2
Burmese2

Sebelum kamu adopsi kucing Burmese, kamu harus tahu nih guys sifat-sifat burmese. Biar nantinya kamu gak salah memperlakukan mereka. Biar mereka juga semakin nyaman dan nurut sama kamu. Apa saja sifatnya? Yuk langsung ada dicek di bawah ini.

1. Manja dan Penyayang

Kucing sepertinya memang memilki jiwa penyayang ya ke majikannya, termasuk kucing burmese ini. Mereka memilki sifat penyayang sekaligus manja.

Mereka ini manja banget guys, mereka gak bisa hidup sendirian. Mereka biasanya akan selalu mengikuti majikannya atau orang rumah ke mana-mana.

Burmese ini termasuk kucing yang selalu mencari celah agar mereka bisa masuk ke dalam pangkuan kamu atau tidur di ranjang kamu.

Dan perlu kamu ketahui, kalau kamu sering meninggalkanya di rumah sendirian, kucing ini akan menjadi kucing yang tidak patuh lho guys, jadi jangan sering-sering ya ninggalin burmese ini sendiri di rumah.

2. Banyak Tingkah

Kucing Burmese digolongkan dalam kucing yang ceria dan periang, karena mereka sering kali bertingkah di depan manusia. Tapi kayanya memang sudah sifat alami kucing ya guys untuk menghibur manusia.

Mereka akan sangat antusias sekali jika kamu sang majikan mengajaknya bermain untuk mengambil sesuatu atau sering disebut ferching.

Tapi jika kamu lagi malas bermain dengan si manis satu ini, kamu cukup mengamatinya dalam duduk, karena kucing ini akan berulah dan menghibur kamu dengan sendirinya.

3. Cerdas

Kucing ini termasuk kucing yang cerdas guys. Mereka gampang sekali untuk dilatih dalam berbagi hal, contohnya untuk mengambilkan suatu barang.

4. Keras Kepala

Kucing Burmese ini agak keras kepala guys sayangnya. Mereka cerdas, tapi kalau mereka telah menemukan suatu kesenangan dan menurut mereka itu sangat menarik, merak akan sulit kamu panggil untuk mendekat ke arah kamu.

Mereka akan asik dengan mainan yang mereka temukan sendiri. Mereka juga dikenal sedikit berisik guys. Kucing burmese ini akan mengeong untuk memberikan sinyal perasaan mereka pada waktu-waktu tertentu, misal sendang lapar atau yang lainnya.

5. Termasuk Kucing Indoor

Satu lagi nih guys sifat si Kucing burmese. Kucing ini termasuk kucing Indoor, kucing yang biasanya di dalam rumah terus menerus, kurang suka bermain di luar rumah. Kucing jenis ini sangat bergantung pada majikannya banget guys.

Sifat bertahan hidup mereka sangat payah. Jika mereka tidak sengaja kabur dari rumah, kemampuan hidup mandiri si Burma ini ada di bawah rata-rata.

Kemungkinan kucing ini tidak akan bertahan lama di luaran sana. So, kamu harus tetap memperhatikan si Burmese ini ya guys biar mereka tidak hilang.

Itu ya guys ulasan aku tentang sifat Kucing Burmese tadi. Nah sekarang kamu bisa tengok nih harga belia atau adopsi kucing Burmese ini.

Baca Juga:

Harga Kucing Burmese

Burmese5
Burmese5

Kalau kamu ingin serius mengadopsinya nih guys, kali ini aku bakal kasih tahu kamu beberapa daftar harag untuk kamu lihat.

Dengan daftra harga ini, kamui bisa memilki bayangan dana berapa yang akan keluar jika kamu memutuskan untuk mengadopsi kucing yang satu ini guys. Jadi, kamu bisa nabung juga nihuntuk menyesuaikan budgetnya.

Berikut daftar harga yang bisa aku simpulkan dari beberapa sumber ya!

Dari uraikan di atas, kamu tentu sudah tahu dong beberapa keunggulan dari kucing Burmese ini. Tadi di atas juga sudah aku uraikan lengkap ya, tentang ciri juga sifatnya yang menggemaskan.

Jadi, tidak usah heran jika banyak orang yang rela membayar mahal demi mengadopsi kucing burmese ini. Kalau kamu ingin mengadopsi kucing ini, Kucing burmese harganya cukup mahal juga guys ternyata.

Ras kucing Burmese ini bisa kamu milki dengan kamu menyiapkan uang sekitar 7 juta rupiah sampai 9 juta rupiah guys.

Tentu ini merupakan harga yang fantastis ya untuk masyarakat Indonesia. Belum lagi perwatan untuk kucing burmese ini. jadi, pastikan kamu memilki budget lebih untuk adopsi kucing yang satu ini ya guys.

Namun, di suatu sumber, mengatakan kalau harga Kucing Burmese ini berada pada kisaran harga yang lebih fantastis lagi, yakni 14,8 juta rupiah sampai 22,3 juta rupiah guys, mahal banget ya! Untuk Burmese Kitten atau anakannya saja, harganya sudah mahal guys.

Kalau kamu ingin adopsi kitten Burmese, kamu harus menyiapkan uang sebesar 8,9 juta rupiah sampai 14,8 juta rupiah agar bisa meminang si Burmese kitten ini.

Harga kucing ini, akan semakin mahal kalau memilki warna yang spesifik guys. Selain itu, kalau si Burmese memilki sertifikat keturunan yang jelas, tentu harganya juga semakin fantastis guys. So, siapkan budget yang lebih lagi ya!

Memilki sifat hipoalergenik, membuat kucing ini harus memilki treatmen khusus guys. Jadi, kamu juga harus menyediakan budget untuk kesehatannya jika benar-benar ingin mengadopsi si Burmese ini.

Baca Juga:

Makanan Kucing Burmese

Burmese4
Burmese4

Oke guys, kalau kamu tertarik untuk memelihara kucing yang satu ini, kamu perlu memperhatikan asupan nutrisinya ya.

Sebenarnya semua kucing itu makanannya hampir sama guys. Sama-sama harus diperhatikan asupan proteinnya, asam lemaknya, lemaknya, mineral, vitamin, karbohidrat, dan lain-lain.

Karena ini kucing Indoor, kamu bisa memberinya makanan kucing yang khusus kucing Indoor ya guys, kamu bisa memberikan Royal Canin yang sudah terkenal sebagai makanan kucing yang banyak direkomendasikan.

Atau kamu juga bisa menggunakan makanan kucing dengan merek Kis-Kis yang nutrisinya sudah diseimbangkan dengan kebutuhan si Burmese.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Burmese

Burmese6
Burmese6

Perawatan kucing Burmese sebenarnya cukup mudah guys dibanding kamu merawat kucing persia atau anggora. Apa saja yang perlu kamu lakukan? Berikut ya diperhatikan!

1. Memandikan

Meskipun kucing ini kucing indoor, kamu tetap harus memilki jadwal untuk memandikannya guys. Paling tidak kamu mandikan kucing ini satu minggu sekali. Biar kucing Burmese ini terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan jamur.

2. Memotong Kuku

Demi keamanan diri kamu nih guys, kamu harus rajin juga memotong kuku si Burmese, biar nantinya saat main, kukunya yang tajam tidak melukai kamu atau orang lain.

3. Treatment Khusus

Setiap hewan atau manusia yang memilki sifat hipoalergenik, harus membutuhkan treatment khusus nih guys. Nah, kamu juga harus memperhatikan itu ya, gak apa-apa keluar biaya untuk treatmentnya. Biar kucing kamu selalu sehat dan sejahtera.

Nah, itu ya guys ulasan aku tentang Kucing Burmese kali ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *