Kucing Chartreux

Kucing Chartreux

Kucing Chartreux – Kamu tahu tidak ada kucing yang tampilannya mirip banget dengan kucing British Shorthair, lho. Aku tidak sedang berbohong, kok. Kalau tidak percaya, mari simak ulasan aku kali ini tentang jenis kucing Chartreux. Susah sekali penyebutan namnya, ya guys. Yups, kucing Chartreux ini adalah kucing yang memiliki tampilan seperti kucing British Shorthair.

Nah, di kesempatan kali ini aku mau bahas tentang sejarah kucing Chartreux, lalu aku juga mau bahas ciri ciri kucing Chartreux, mungkin juga aku bisa memberikan informasi harga kucing Chartreux di Indonesia, serat tentunya ada juga pembahasan mengenai cara merawat kucing Chartreux.

So, untuk kamu yang cat lovers, wajib merapat dan  pantengin terus artikel ini sampai kelar, ya guys!

Oke, ke pembahasan pertama kita kali ini, yuk!

Sejarah Kucing Chartreux

Sejarah Kucing Chartreux
Sejarah Kucing Chartreux

Chartreux ini merupakan kucing domestik yang asalnya dari Prancis, guys. Seperti yang aku bilang sebelumnya, si Chartreux ini kucing yang mirip sekali dengan kucing British Shorthair, yang berasal dari Inggris.

Meskipun keduanya memiliki tampilan yang sangat mirip, tapi sejarah kedua kucing ini berbeda, guys.

Sejarah dari kucing Chartreux ini, erat kaitannya dengan agama. Jadi, sekitar tahun 1500-an, kucing berwarna smoke blue yang sangat cantik dibawa ke daerah Prancis.

Kucing ini berasal dari Timur Tengah. Kucing smoke blue tersebut atau kucing Chartreux, dikembangkan secara masif oleh para biarawan Charthusian.

Lokasi pengembangbiakan terjadi  di dekat Paris.

Ras kucing Chartreux pernah hampir hilang atau hampir punah, saat Perang Dunia II.

Tapi karena dedikasi para peternak kucing, maka mereka peternak kucing berhasil memulihkan jumlah populasi kucing Chartreux ini.

Sekitar tahun 1970-an, kucing Chartreux pertama kali diimport ke Amerika Serikat. sekitar tahun 1987, organisasi internasional mulai melakukan registrasi untuk mendaftar ras kucing ini.

Chartreux sudah terintegrasi di TICA fan CFA. Meskipun, organisasi pendaftran kucing di Inggris menolak keberadaan ras kucing ini, yang dikarenakan Chartreux sangat mirip dengan kucing British Shorthair.

Guys, itulah sejarah singkat dari kucing Chartreux. Gimana, mulai tertarik tidak dengan kucing Chartreux ini? Kalau cuma baca sejarah sih, mungkin tak akan terlalu membuat kamu tertarik dengan kucing ini, ya.

Nah, untuk itu aku mau kasih tahu ciri-ciri dari kucing Chartreux ini. Ya, siapa tahu habis membaca ciri-ciri kucing Chartreux, kamu jadi tertarik dengan si kucing lucu ini. Oke, langsung saja ke pembahasan berikutnya.

Ciri-ciri Kucing Chartreux

Ciri ciri Kucing Chartreux
Ciri ciri Kucing Chartreux

Guys, tentunya di Chartreux ini memiliki karekteristik khusus yang membedakan ras kucing ini, dengan ras kucing lainnya.

Untuk itu, agar semakin kenal dengan ras kucing Chartreux ini, mari simak saja beberapa ciri khas kucing Chartreux berikut ini.

1. Bentuk Muka

Bentuk muka kucing ini bulat, dan tulang pipinya terlihat terangkat serta penuh. Jika kamu perhatikan, muka atau wajah si Chartreux ini terlihat seperti tersenyum.

Sebab, Chartreux memiliki tulang rahang yang sedikit berbeda dari kebanyakan kucing pada umumnya. Bagian matanya berbentuk oval. Telinga kucing ini berbentuk segitiga, dan meruncing di bagian atasnya.

2. Postur Tubuh

Terlihat si Chartreux adalah kucing yang sangat kuat. Tubuh sedang, tapi terlihat gempal dan dipenuhi oleh otot. Struktur tulang mereka pun kuat, dan juga tebal.

Serat bagain dada mereka dipenuhi dengan otot. Tapi Chartreux bukanlah kucing yang tinggi, mereka terlihat begitu bulat dengan kaki pendek. Chartreux terlihat sangat menggemaskan.

3. Bulu

Bulu pendek Chartreux memiliki lapisan bulu ganda. Ketebalan bulu bergantung dengan usia, iklim dimana si kucing ini tinggal, dan juga jenis kelamin kucing.

Kucing ini memiliki warna smoke blue yang indah, dan hampir mirip seperti kucing Russian Blue, dan kucing British Shorthair abu-abu.

Tapi bagian Bagian luar dari mantel bulu kucing Chartreux, berwarna perak yang terkesan dioleskan secara tipis-tipis. Sehingga terjadi gradasi warna.

Hidung mereka memiliki warna abu-abu, serta bagian bibir memiliki warna biru. Oh iya, paw atau telapak kaki kucing ini berwarna merah tua.

4. Mata

Si Chartreux memiliki mata oval dengan berbagai variasi warna. Mulai dari emas, orange, serta hijau. Jelas ini berbeda dari warna mata si British Shorthair yang cenderung memiliki warna mata kuning.

5. Sifat atau Kepribadian

Kucing Chartreux adalah kucing yang sangat menyenangkan dan ideal sekali untuk kamu pelihara. Sebab kucing ini  tenang, serta sangat setia kepada pemiliknya.

Tak hanya itu, si Chartreux adalah kucing yang penuh kasih sayang, ramah, dan terkenal dengan sifat toleransinya yang tinggi.

Bisa dibilang mereka sangat mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lainnya, serta mereka cenderung lebih mengalah.

Kamu juga tak usah terlalu sering memberi perhatian kepada kucing ini, tapi sesekali si kucing Chartreux akan datang ke pada kamu dan mengajak kamu untuk bermain.

Sebanarnya, si Chartreux tak terlalu suka berbicara atau mengeong, mereka lebih suka menunjukkan keberadaannya dengan tingkah laku. Sesekali kucing ini dapat bertingkah sangat konyol, dan sangat lugu. Kamu juga perlu tahu, jika si Chartreux suka d

engan kegiatan tidur siang. Jadi, jangan ganggu mereka jika sedang tidur siang. Ya, meski mereka bukan kucing yang pemarah.

Mereka sangat suka dielus di bagian dagu dan juga kepala kucing. Mereka akan sangat menghargai kamu sebagai pemiliknya.

Kucing Chartreux juga merupakan kucing yang cerdas, coba saja sesekali meminta mereka untuk mengambilkan barang.

Pasti mereka akan paham. Selain sifatnya yang sangat cocok dijadikan hewan peliharaan, ternyata si Chartreux adalah kucing yang pandai berburu.

Oh iya, ada juga cerita yang menyebutkan jika ada kucing Chartreux yang setia, dan menunggu pemiliknya pulang sampai akhir hayatnya.

Kalau melihat dari kepribadian kucing ini, jelas si Chartreux adalah kucing yang sangat ideal untuk kamu jadikan hewan peliharaan, ya guys.

Jadi gimana, apakah kamu tertarik dengan si Chartreux yang  setia dan ramah ini?? Kalau tertarik, bisa sekali untuk kamu langsung adopsi kucing Chartreux ini, guys.

Tapi, kamu harus tahu dulu harga dari kucing Chartreux. Yuk, ke pembahasan selanjutnya dulu, guys.

Harga Kucing Chartreux

Harga Kucing Chartreux
Harga Kucing Chartreux

Jadi sebaiknya memang kamu harus cari tahu dulu Chartreux harga atau harga jual kucing Chartreux. Nah, kamu bisa saja mendatangi langsung tempat jual kucing yang ada di daerah kamu.

Tapi bisa juga sih, cari tahu harga kucing Chartreux melalui internet.

Sayangnya, tadi aku udah sempat cari tahu harga kucing Chartreux. Namun, pencarian ku tidak membuahkan hasil.

Padahal tadi aku sempat menggunakan kata kunci harga kucing Chartreux di Semarang, tapi tetap saja hasilnya nihil. Malah yang muncul adalah harga dari kucing British Shorthair, guys.

Sayang sekali ya, guys. Padahal si Chartreux itu kucing yang ideal sekali untuk dijadikan hewan peliharaan.

Maka dari itu, aku lebih menyerankan kamu untuk langsung mendatangi tempat jual beli kucing yang ada di kota atau daerah tempat tinggal kamu, guys.

Kalau beruntung, pasti kamu bisa mendapatkan si kucing lucu Chartreux ini.

Maaf ya, aku tidak dapat menemukan informasi mengenai harga kucing Chartreux di Indonesia. Padahal, kamu udah penasaran sekali dengan harga kucing Chartreux.

Yaudah, sebagai permintaan maaf dari aku, maka aku akan memberikan informasi mengenai cara merawat kucing Chartreux ini, guys.

Ya, mungkin saja di antara kamu sudah menemukan tempat jual kucing Chartreux ini, atau di antara kamu sudah ada yang mendapat kucing Chartreux yang sangat menggemaskan ini.

Yuk, deh langsung disimak saja ya, ulasan selanjutnya, guys!

Cara Merawat Kucing Chartreux

Cara Merawat Kucing Chartreux
Cara Merawat Kucing Chartreux

Perawatan kucing Chartreux tentunya sangat diperlukan, agar kucing kamu ini tetap terlihat bersih, cantik, dan pastinya sehat. Nah, ini dia cara merawat kucing Chartreux

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Yang pertama, jelas kamu harus bisa menjaga kebersihan tubuh kucing ini, guys. Kamu bisa saja memandikan kucing ini.

Tapi ingat, jangan terlalu sering memandikan sang kucing. Kamu bisa memandikannya ketika si kucing memang terlihat kotor, atau pun saat kucing sudah bau.

Nah, karena bulunya yang tebal, maka pastikan kamu mengeringkan bulu kucing dengan benar, guys. Sebab jika bulu kucing dibiarkan basah dalam waktu yang lama, maka bisa membuat kucing kamu sakit.

Selain mandi, kamu juga harus bisa membersihkan telinga kucing. Bersihkan saja dengan kapas bersih atau kain basah.

Bersihkan secara perlahan dan rutin. Lalu, kamu juga perlu membersihkan mulut dan gigi kucing. Kamu bisa menggunakan sikat khusus kucing untuk menggosok giginya.

Pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela giginya.

Oh iya, kamu juga harus bisa membersihkan bagian mata kucing dengan air hangat, lalu potong kuku kucing jika sudah panjang.

2. Merawat Keindahan Bulu

Nah, kamu juga perlu waktu ekstra untuk merawat bulu kucing Chartreux yang tebal ini, guys. Ya, sebanarnya di waktu-waktu biasa merawat bulu kucing ini tidak sulit. Kamu bisa menyisirnya seminggu sekali saja.

Tapi jika waktu musim semi atau kemarau tiba, maka kamu harus ekstra sabar merawat bulu kucing ini. Sebab biasnya bulu Chartreux akan rontok dalam jumlah yang banyak, guys.

Untuk itu, tingkatkan intensitas penyisiran bulu kucing. Jika biasanya seminggu sekali, maka kamu bisa menyisir bulu sebanyak dua kali dalam seminggu. Oh iya, jika terdapat kutu, maka kucing perlu diberikan obat kutu, guys.

3. Berikan Makanan yang Tepat

Agar kucing kamu sehat, dan memiliki tenaga, maka jelas kamu harus memberikan makanan kepada kucing Chartreux milik kamu, guys.

Berikanlah makanan yang memang mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing kamu, guys. Kamu bisa memberikan merk pakan kucing apa saja yang beredar di pasaran Indonesia.

Baca juga informasi gizi yang ada di belakang kemasan pakan kucing yang kamu beli, guys. Oh iya, jangan terlalu banyak dalam memberikan makanan untuk kucing kamu. Sebab Chartreux juga termasuk kucing yang mudah terkena obesitas.

Nah, obesitas ini dapat memperpendek hidup kucing kamu, lho guys. Jadi, cukup berikan makanan kucing sebanyak 2-3 kali saja dalam sehari, untuk kucing kamu ini.

Jika, diperlukan kamu bisa saja konsultasi dengan dokter hewan mengenai takaran makanan yang pas untuk si Chartreux ini. Berikan juga minuman segar, bersih, dan matang kepada si Chartreux ini, ya guys.

 4. Ajak Bermain

Meskipun bukan kucing yang selalu menuntut kamu, tapi kamu juga harus meluangkan waktu untuk sesekali bermain bersama Chartreux.

Sebab, terkadang si Chartreux akan mengajak kamu bermain, jadi turuti saja kemauan dari kucing ini, guys. Agar kucing kamu makin pintar, maka Kamu juga bisa mengajarkan beberapa trik yang dapat mengasah otak sang kucing.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Selain kebersihan kucing, kamu juga harus bisa menjaga kebersihan kandang kucing kamu, guys. Sebab, dengan kandang yang bersih, maka mood kucing kamu akan selalu bagus.

Selain itu, kandang bersih juga dapat membuat kucing terhindar dari berbagai penyakit.

Oh iya, bersihkan juga peralatan kucing, seperti alat makan, alat minum, mainan, serat tentunya alas tidur yang sering digunakan si kucing.

Bersihkan juga, box pasir kucing, dengan rajin mengganti pasir.

6. Memberikan Vitamin

Kucing juga butuh vitamin, lho guys. Yups, vitamin kucing ini dibutuhkan untuk membuat daya tahan kucing kuat alias agar kucing tidak gampang sakit, guys.

Jangan khawatir, vitamin kucing dapat kamu temukan di pet shop di daerah tempat tinggal kamu, atau bisa juga beli secara online.

Nah, untuk memberikan vitamin kepada kucing Chartreux, kamu hanya perlu mencampurkan saja vitamin ke makan atau minuman sang kucing, guys.

7. Cek Rutin kesehatan Kucing

Selain pemberian vitamin, kamu juga perlu untuk cek rutin kesehatan sang kucing. Ya, meski kucing tidak sakit, tapi tetap saja kamu harus cek kesehatan sang kucing.

Hal ini agar kamu dapat mengontrol kesehatan kucing, dan bisa mendeteksi dini masalah penyakit yang ada pada kucing kamu.

Sehingga, penanganannya akan cepat. Oh iya, konsultasikan dengan dokter hewan masalah pemberian vaksin kepada kucing Chartreux kamu, guys.

Oke itu dia beberapa tips atau cara merawat kucing Chartreux, guys. Merawat si manis Chartreux tidak lah susah, kan guys? Jadi, jangan bingung lagi untuk mengurus si Chartreux ini, guys.

Oh iya, kamu juga harus merawat kucing dengan rasa ikhlas. Sebab dengan ikhlas, kamu akan dapat bisa merawat kucing dengan penuh kasih sayang, dan kelembutan.

Serta pastinya tidak akan merasa terbebani dengan segala hal yang harus kamu berikan kepada kucing kamu, guys.

Kamu perlu tahu, jika biaya merawat kucing, bisa sangat mahal, guys. Yups, bisa saja dalam sebulan kamu harus menghabiskan sekitar satu juta atau bahkan lebih, hanya untuk perawatan kucing kamu.

Nah, makanya penting untuk memastikan kondisi keuangan kamu stabil dan aman. Agar kamu bisa memberikan segala hal yang dibutuhkan kucing kamu.

Sebelum aku pamit, aku mau kasih tahu masalah kesehatan kucing Chartreux. Lanjut yuk, ke pembahasan berikutnya

Masalah Kesehatan Kucing Chartreux

Masalah Kesehatan Kucing Chartreux
Masalah Kesehatan Kucing Chartreux

Sebenarnya, si Chartreux adalah kucing yang sehat, dan sejauh ini belum ada masalah kesehatan genetik yang melekat pada si Chartreux.

Tapi tetap saja, kucing Chartreux bisa terkena virus yang sering menyerang para kucing. Makanya, ada baiknya kamu cek rutin kesehatan kucing, dan berikan vitamin juga untuk kucing kamu.

Nah, si Chartreux adalah kucing yang dapat hidup sekitar 13 tahun, lho guys. Asal kamu bisa menjaganya dengan baik dan benar.

Oke deh, itu dulu pembahasan tentang si manis Chartreux. Semoga saja ulasan tentang si Chartreux kali ini, dapat bermanfaat, ya guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *