Kucing Colorpoint Shorthair

Colorpoint Shorthair

Kucing Colorpoint Shorthair – Sebagai pecinta kucing, kamu tahu tidak bahwa ada kucing yang kembar dengan ras kucing Siam? Yups, benar sekali kalau kucing Colorpoint Shorthair adalah kucing yang memiliki tampilan mirip dengan kucing Siam, lho guys.

Jadi, tertarik tidak untuk memelihara kucing Colorpoint Shorthair? Oh iya, agar makin jelas tentang kucing ini, aku mau bahas mengenai segala hal dari  Colorpoint Shorthair ini, guys.

Aku mau bahas tentang sejarah kucing Colorpoint Shorthair, lalu bahas tentang ciri-ciri kucing Colorpoint Shorthair, aku juga akan memberikan informasi mengenai harga Colorpoint Shorthair, tak ketinggalan pula aku akan memberikan informasi seputar cara merawat Colorpoint Shorthair.

So, buat kamu yang seorang cat lovers maka wajib banget untuk baca artikel ini sampai terakhir, ya guys! Sepertinya kita harus langsung saja memulai pembahasan kita kali ini tentang kucing Colorpoint Shorthair. Yuk, disimak!

Baca Juga:

 Sejarah Kucing Colorpoint Shorthair

Sejarah Kucing Colorpoint Shorthair
Sejarah Kucing Colorpoint Shorthair

Guys, sebelum ku jelaskan tentang sejarah kucing ini, aku mau jelaskan dulu maksud corak kucing Colorpoint. Jadi, corak kucing itu ada banyak, ada warna Solid, lalu Bicolor, Tricolor, Colorpoint, Tortioseshell, dan ada juga Tipped.

Nah, untuk maksud warna kucing Colorpoint adalah kucing yang memiliki warna lebih gelap pada bagian tubuh tertentu, seperti di bagian wajah, lalu cakar, atau pun di ekornya, guys. Ini sekadar informasi dasar saja, ya. Mungkin di antara kamu ada yang belum tahu, guys.

Oke, kita mulai sejarah kucing Colorpoint Shorthair. Sejarah kucing ini bisa dibilang cukup singkat dan jelas, guys.

Jadi, kucing Colorpoint Shorthair adalah kucing Siam yang memiliki warna berbeda (non tradisional). Para peternak kucing merasa tertarik dengan warna dari kucing Siam yang memiliki warna bulu yang berbeda ini.

Akhirnya, para peternak mulai mengembangkan trah kucing ini. Mereka mengawin silangkan kucing Siam dengan Kucing berbulu pendek Amerika yang memiliki warna red tabby.

Tujuannya adalah agar menemukan ras kucing dengan warna baru. Nah, percobaan para peternak akhirnya berhasil.

Dari keberhasilan itu, pada tahun 1964, TICA mendaftarkan ras kucing ini dan menyatakan bahwa Colorpoint Shorthair adalah kucing dengan ras terpisah dari kucing Siam.

Selain TICA, Colorpoint Shorthair juga sudah terintegrasi di CFA, guys. Oke itu dia sejarah singkat dari trah kucing Colorpoint Shorthair, guys.

Jadi makin tahukan tentang kucing ini? Masih mau tahu tidak tentang kucing ini?? Kalau masih mau tahu, lanjut saja ke pembahasan berikutnya yuk, guys!

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Colorpoint Shorthair

Ciri ciri Kucing Colorpoint Shorthair
Ciri ciri Kucing Colorpoint Shorthair

Meskipun si Colorpoint Shorthair memiliki tampilan yang mirip dengan si kucing Siam, tapi pasti ada hal berbeda dari kucing yang satu ini, guys.

Nah, agar kamu tahu bedanya kucing Colorpoint Shorthair dengan kucing Siam, maka kamu perlu tahu ciri-ciri dari kucing Colorpoint Shorthair ini, guys. Oke, aku udah mengumpulkan berbagai informasi mengenai ciri kucing Colorpoint Shorthair. Disimak saja yuk, guys!

1. Bentuk Muka

Guys, si Colorpoint Shorthair ini membentuk muka yang sangat segitiga, moncong serta hidungnya bisa dibilang sangat mancung. Telinga mereka pun cukup lebar dan panjang, serta runcing di bagian atasnya. Mata mereka sangat indah dengan bentuk mirip kacang almond.

2. Postur Tubuh

Si Colorpoint Shorthair ini adalah kucing yang memiliki tubuh yang sedang. Mereka bahkan terlihat sangat ramping yang membuat mereka begitu elegan saat berjalan.

Colorpoint Shorthair memiliki ekor yang panjang dan juga meruncing. Karena tubuhnya yang kecil ini, mereka termasuk kucing yang sangat lincah.

3. Bulu

Nah, pada bagian bulu ini yang menjadi pembeda, antara kucing Siam dan kucing Colorpoint Shorthair.

Jika Siam memiliki warna bulu yang lebih gelap, maka Colorpoint Shorthair memiliki bulu dengan warna merah dengan kombinasi cream, dan ada juga merah dengan kombinasi warna lalic.

Nantinya, semakin dewasa, warna dari Colorpoint Shorthair akan semakin gelap. Yups, seperti namanya, jelas ukuran bulu si Colorpoint Shorthair adalah pendek. Bulu mereka akan halus dan mengkilap, jika kamu bisa merawatnya dengan baik.

4. Mata

Nah, mata Colorpoint Shorthair terkenal sangat indah dengan warna mata biru yang dapat membuat kamu terpesona. Mata birunya ini begitu menggemaskan, guys. Jadi siap-siap jatuh cinta dengan kucing Colorpoint Shorthair.

5. Sifat atau Kepribadian

Mereka termasuk ras kucing yang ingin selalu tahu, termasuk jika ada tamu yang datang ke rumah. Mereka ingin tahu tentang tamu tersebut, jadi mereka tidak akan lari saat ada tamu berkunjung ke rumah mu.

Mereka termasuk kucing yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan juga hewan peliharaan lainnya. Yang menarik, si Colorpoint Shorthair adalah kucing yang cerdas, lincah dan sangatlah suka untuk bermain.

Jadi pastikan kamu bisa memberikan waktu untuk bersama kucing Colorpoint Shorthair yang kamu miliki. Yups, si Colorpoint Shorthair memang sangat suka menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tapi kamu harus tahu, jika Colorpoint Shorthair sangat tidak suka kamu abaikan, apalagi kalau sampai kamu tinggalkan dalam waktu lama. Mereka bisa menjadi stres bahkan agresif jika kamu abaikan, guys.

Oh iya, si kucing manja ini pun termasuk kucing yang sangat cerewet, mereka akan sangat menuntut untuk diperhatikan oleh pemiliknya.

Karena hal tersebut lah, Colorpoint Shorthair sangat cocok untuk kamu yang memang memiliki waktu luang lebih banyak, untuk dapat bisa menghabiskan waktu bersama sang kucing.

Guys, itu dia beberapa ciri ciri kucing Colorpoint Shorthair. Jadi, apakah karakteristik si kucing ini cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu?? Ya, kalau kamu memiliki banyak waktu luang, bisa jadi kucing ini akan sangat cocok.

Tapi akan sangat disayangkan, jika kamu tak memiliki waktu luang yang banyak, mungkin kamu bisa mencari ras kucing lain untuk dijadikan hewan peliharaan.

Oke, selanjutnya aku mau bahas tentang harga kucing Colorpoint Shorthair, guys. Siapa tahu di antara kamu udah ada yang tertarik dengan kucing ini, dan ingin segera beli kucing Colorpoint Shorthair. Nah, mari ke pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Harga Kucing Colorpoint Shorthair

Harga Kucing Colorpoint Shorthair
Harga Kucing Colorpoint Shorthair

Guys, sebelum beli kucing Colorpoint Shorthair, maka ada baiknya kamu cari tahu harga kucing ini. Untuk mempermudah kamu dalam cari harga kucing Colorpoint Shorthair, maka kamu bisa mencari tahu melalui mesin pencarian di internet, guys.

Nah, aku juga tadi udah sempet cari tahu harga dari Colorpoint Shorthair, lho. Tapi memang agak susah mencari informasi harga Colorpoint Shorthair di Indonesia. Mungkin pamor kucing ini masih kalah dari kucing Siam, Himalaya, Anggora, dan Persia.

Tapi untungnya aku menemukan satu artikel yang bahas harga kucing Colorpoint Shorthair 2020. Tertulis bahwa harga kucing Colorpoint Shorthair di kisaran harga Rp7.000.000,00 – Rp12.000.000,00. Wow, jelas bukan harga yang murah, ya guys.

Tapi tentunya, harga ini bergantung dengan kualitas kucing tersebut, guys. Nah, jika yang campuran bisa saja harganya lebih murah, guys.

Itu saja sih, informasi yang aku dapat dari harga kucing Colorpoint Shorthair, guys. Kalau ingin beli maka kamu bisa siapkan uang terlebih dahulu. Kalau emang belum ada uang, kamu bisa nabung dulu, kok.

Setelah bahas harga, kira-kira bahas apa lagi, ya?? Gimana kalau bahas cara perawatan kucing Colorpoint Shorthair?? Setuju?? Kalau setuju, langsung cuss ke pembahasan berikutnya.

Baca Juga:

 Cara Merawat Kucing Colorpoint Shorthair

Cara Merawat Kucing Colorpoint Shorthair
Cara Merawat Kucing Colorpoint Shorthair

Guys, sebagai kucing yang memiliki bulu pendek, jelas merawat si Colorpoint Shorthair tak seribet mengurus kucing yang memiliki bulu yang panjang. Nah, agar lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan berikut

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Pertama jelas, kamu harus rajin membersihkan tubuh sang kucing. Untuk itu, kamu bisa memandikan kucing Colorpoint Shorthair. Tapi nih, Colorpoint Shorthair adalah kucing yang sangat tidak suka air, jadi kamu bisa saja kewalahan saat memandikan kucing ini, guys.

Bahkan mungkin saja kamu akan dicakar saat berusaha memandikan sang kucing. Jadi hati-hati, ya guys. Nah, agar makin wangi, bersih, dan sehat maka kamu bisa menggunakan shampo khusus kucing, guys.

Keramasi kucing dengan perlahan saja agar kucing bisa rileks. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan area telinga kucing dengan rajin, agar telinga kucing tetap bersih dan tidak terjadi penumpukan kotoran yang berlebih.

Kamu juga harus membersihkan area mata kucing dengan air hangat. Usap secara perlahan saja, ya guys. Oh iya, area mulut kucing tidak boleh ketinggalan untuk kamu bersih juga, guys. Jadi jika memang kamu bisa, maka gosoklah gigi kucing kamu agar bersih dari sisa makanan.

Sebab nih, sisa makanan yang dibiarkan saja di mulut, dapat membuat sakit gigi dan gusi kucing. Satu lagi, kamu bisa potong kuku kucing.

2. Merawat Keindahan Bulu

Guys, meskipun kucing ini memiliki bulu yang pendek, tetapi kamu harus tetap menyisir bulu kucing. Kamu bisa menyisir bulu kucing sebanyak dua minggu sekali saja. Dengan menyisir bulu dengan rutin, maka kamu dapat mencegah bulu-bulu rontok jatuh ke lantai.

Jika dirawat dengan benar, maka bulu kucing akan terlihat bagus, bersih dan mengkilap.

3. Berikan Makanan yang Tepat

Sejatinya, makhluk hidup memang membutuhkan yang namanya makanan untuk sumber energi mereka. Untuk itu, kamu juga perlu memberikan makanan kucing Colorpoint Shorthair dengan baik dan benar.

Kamu perlu memastikan bahwa makanan yang kamu berikan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Selain itu, kamu harus memberikan makanan dengan porsi yang pas. Tidak boleh kurang atau bahkan berlebihan.

Berikanlah makan sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Kamu bisa menggunakan merk pakan kucing apa saja yang sudah ada di pasar. Lebih baik, pilih pakan kucing kering untuk pemberian jangka panjang.

Oh iya, kamu juga harus memberikan minum yang segar, bersih, dan matang untuk kucing kamu.

4. Mengajak Bermain

Seperti kata aku sebelumnya, bahwa si Colorpoint Shorthair adalah kucing lincah dan sangat suka bermain. Maka dari itu, sebagai pemilik kucing ini, kamu harus bisa meluangkan waktu kamu untuk mengajak sang kucing bermain.

Sesekali ajarkanlah trik permainan yang mengasah otak. Yups, bisa dibilang kalau si Colorpoint Shorthair adalah kucing yang cerdas, mereka bisa belajar dengan cepat apapun yang kamu ajarkan.

Intinya sih jika ingin memelihara Colorpoint Shorthair, maka kamu harus punya banyak waktu untuk memberikan perhatian kepada sang kucing.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Nah, kamu juga wajib sekali untuk menjaga kebersihan kandang kucing. Jadi, bersihkan kandang kucing secara rutin, agar kucing nyaman saat berada di kandangnya.

Kandang yang bersih pun dapat membuat kucing terhindar dari berbagai penyakit, dan tentunya membuat mood kucing bagus. Selain kandang, bersihkan juga peralatan makan kucing, mulai dari alat makan, minum, kemudian mainan kucing, dan alas tidur kucing.

Box pasir kucing juga wajib kamu bersihkan, ya guys.

6. Berikan Vitamin

Agar makin sehat, kamu bisa berikan juga vitamin ke kucing kamu, guys. Pemberian vitamin dapat membuat daya tahan tubuh kucing meningkat. Jangan khawatir, pemberian vitamin untuk kucing termasuk mudah. Jadi, kamu bisa campurkan vitamin ke makanan atau pun minuman kucing.

7. Cek kesehatan

Nah, selain memberikan vitamin, kamu juga perlu untuk selalu cek kesehatan kucing kamu. Kamu bisa ajak kucing ke dokter hewan untuk mengecek kesehatannya dan untuk melakukan pemberian vaksin ke kucing kamu.

Yups, pemberian vaksin itu penting untuk kucing, agar kucing tak mudah terkena virus yang sering menyerang kucing, guys. Jadi jangan disepelekan, ya guys.

Gimana cara merawat si Colorpoint Shorthair ini bukanlah hal yang sulit kan, guys?? Yups, cara merawat kucing ini, tentunya enggak jauh beda dari perawatan kucing lainnya. Tapi mungkin agak susah dimandikan saja, guys.

Sebagai pemilik yang baik, kamu juga harus bisa merawat kucing kamu dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Ingat, kucing juga makhluk hidup yang akan sakit hati jika kamu perlakukan kasar.

Untuk itu, jangan bentak atau berlaku kasar seperti memukul, atau menendang kucing kamu. Perlu kamu tahu juga, jika perawatan kucing itu tidak murah. Yups, bisa dibilang perawatan kucing cukup mahal.

Jadi, pastikan kamu memiliki kondisi keuangan yang baik, agar dapat memenuhi segala kebutuhan Colorpoint Shorthair.

Nah, gimana udah mulai tertarik dengan ras kucing Colorpoint Shorthair ini? Sebelum membulatkan tekad untuk beli kucing Colorpoint Shorthair, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang masalah kesehatan kucing Colorpoint Shorthair.

Ke pembahasan berikutnya dulu, yuk guys.

Baca Juga:

Masalah Kesehatan Kucing Colorpoint Shorthair

Masalah Kesehatan Kucing Colorpoint Shorthair
Masalah Kesehatan Kucing Colorpoint Shorthair

Sebagai kucing yang memiliki darah keturunan kucing Siam, maka bisa saja masalah kesehatan kucing Siam juga diwariskan kepada kucing Colorpoint Shorthair.

Masalah kesehatan yang bisa terjadi di kucing Colorpoint Shorthair, antara lain adalah penyakit Amiloidosis, penyakit asma, kelainan jantung kongenital, lalu masalah mata juling, Sindrom hyperesthesia, Limfoma, Nystagmus, dan juga Kondisi gastrointestinal.

Untuk itu, sebelum membeli kucing ini, kamu pastikan bahwa si kucing yang akan kamu adopsi adalah anakan kucing yang sehat, guys. Kamu bisa tanyakan masalah kesehatan kepada penjual atau peternak kucing Colorpoint Shorthair, guys.

Sejauh ini, belum ada ditemukan masalah kesehatan lain dari kucing ini, guys. Oh iya, kucing Colorpoint Shorthair dapat bertahan hidup sampai kurang lebih 12 tahun, asal kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Semua tentang kucing Colorpoint Shorthari udahaku bahas, saatnya aku pamit. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat bagi kamu yang tertarik dengan kucing Colorpoint Shorthair, atau pun bagi kamu yang seorang cat lovers. Sampai jumpa, dan semoga bisa bertemu lagi. Daahh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.