Kucing Cornish Rex

Kucing Cornish Rex Cattery

Kucing Cornish Rex – Hai cat lover, bagaimana harinya? Sudahkah bercengkrama dengan kucing hari ini? Atau sudah berapa kali menonton video lucu kucing-kucing yang memang menggemaskan? Banyak ya pasti. Gak heran kok guys, karena kucing memang menggemaskan. Kucing merupakan salah satu hewan berbulu yang saat ini kepopulerannya semakin hari semakin meningkat.

Meskipun banyak orang yang kurang suka kucing, tapi tidak sedikit pula yang mengagumi hewan berbulu ini. Hingga si kucing ini dinobatkan menjadi hewan yang paling sering digunakan untuk hewan peliharaan lho. Gak cuma di Indonesia, tapi di dunia juga.

Kamu termasuk orang yang ingin adopsi kucing ga? Kalau iya, jenis ras kucing apa yang kamu ingini untuk dijadikan peliharaan? Kalau masih bingung, aku kasih saran ras kucing unik nih guys, yakni Ras kucing Cornish Rex.

Sudah tahu belum ras Cornish Rex ini? Atau baru mendengar namanya sekarang? Atau sudah pernah dengar tapi belum paham betul? Yap! Tepat sekali kamu menemukan artikel aku kali ini. Karena di sini nanti aku bakal kasih kamu info mengenai ras kucing Cornish Rex ini guys. aku bakal jelasin semua tentang Cornish Rex.

Aku bakal jelaskan mengenai sejarah Cornish Rex, tentang ciri ciri Cornish rex, sifat-sifatnya, dan masih banyak lagi.

Gak cuma itu, buat kamu yang ingin adopsi Cornish Rex ini aku bakal sediakan informasi mengenai harga jual kucing Cornish rex. Aku bakal kasih tau kamu perkiraan harga Kucing cornish rex yang beredar di Indonesia. Nah, misal kamu udah fix ingin mengadopsi Cornish rex ini, aku bakal kasih tips buat cara merawat si Cornish Rex.

So, bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk mengetahui informasi tentang cornish rex, langsung saja ya guys kamu simak urian aku berikut ini.

Sejarah Kucing Cornish Rex

Sejarah Cornish Rex
Sejarah Cornish Rex

Guys, kalau kamu ingin tahu banyak tentang ras kucing yang satu ini, kamu harus pahamin dari sejarahnya dulu nih.

Dari sejarah kamu bisa mengetahui asal usul Cornish Rex, bisa mengetahui di mana mereka pertama kali di temukan, bagaimana proses pengembang biakan dan pendaftarannya ke federasi kucing hingga diakui.

Dari sejarah kamu bakal tahu banyak deh pokoknya. Jadi, jangan diskip ya baca sejarahnya, berikut uraianya ya.

Mengenai sejarahnya, ras kucing ini dulunya berasal dari kota yang berna Cornwall di Inggris sana. Perlu kamu ketahui, kota tersebut juga merupakan kota lahirnya raja Arthur.

Sejarah Cornish Rex ini dimulai ketika pada tahun 1950 ada seekor anak kucing yang lahir dengan bulu keriting. Anak kucing keriting tersebut lahir dari kucing ras American Shorthair yang bernama Selena.

Nah, si Selena ini, pada waktu itu melahirkan 5 anak kucing dan hanya satu di antara lima anakan itu yang memiliki rambut atau bulu keriting yang ajak panjang.

Akhirnya pada saat itu anakan kucing keriting ini diberikan nama ras Kalibunker.

Kalibunker ini merupakan nama awal mula, sebelum ras ini diganti namanya menjadi Cornish Rex. Nama Kalibunker diberikan karena anakan kucing keriting tersebut merupakan anak kucing yang paling menonjol di antara yang lainnya.

Sampai saat ini, tidak ada yang tahu, siapa ayah dari si Kalibunker ini guys. Pemeriksaan genetik pada kucing Kalibunker ini mengatakan bahwa ras Kalibunker merupakan ras kucing hasil mutasi genetik spontan dari si American Shorthair, layaknya mutasi genetik spontan pada ras kucing Scottish Fold.

Gak hanya sampai situ guys, sejarah si Cornish Rex ini masih berlanjut. Sejarahnya berlanjut ketika ada sebuah peternakan bernama Ennismore yang melakukan percobaan untuk menghasilkan anak kucing dengan jenis yang sama dengan anakan kucing keriting.

Mereka mencoba mengawinkannya satu sama lain. Pada percobaannya, peternakan Ennismore ini mendapatkan keberhasilan dan sukses. Perkawinan sejenis ini, menghasilkan keturunan yang pada saat itu, keturunannya dinamakan Poldhu dan Lamorna Cove.

Hingga pada akhirnya, kedua ras ini lah yang dinobatkan menjadi asal usul maraknya ras Cornish Rex di masyarakat.

Banyak yang tertarik dengan ras ini. Melihat bahwa banyak orang yang suka akan ras yang unik ini, akhirnya dua kucing tadi si Lamorna Corve dan Poldhu diekspor ke Amerika Serikat dengan seluruh anak-anaknya. Di Amerika Serikat, kucing ras ini kemudian dikembang biakan kembali. Hingga pada tahun 1963, akhirnya ras ini diakui oleh CFA (Cat Fanciers’ Association).

Ciri-Ciri Kucing Cornish Rex

Ciri Ciri Cornish Rex
Ciri Ciri Cornish Rex

Setiap ras kucing itu memiliki ciri-cirinya masing-masing guys. Antara ras satu dengan yang lainnya pasti beda. Ciri-ciri ini lah yang memudahkan kita untuk bisa mengenali mereka. Begitupun Cornish Rex ini, mereka juga memiliki beberapa ciri-ciri yang membuat mereka terlihat berbeda dengan ras kucing lainnya. Kalau kamu ingin adopsi si Cornish Rex ini kamu harus paham nih ciri-cirinya biar nantinya kamu gak keliru dengan ras kucing yang mirip dengan mereka.

Apa saja ciri-cirinya? Yuk diintip uraian aku di bawah ini.

1. Ciri Pada Tubuhnya

Pertama kita lihat dulu ciri-ciri tubuh di Cornish Rex ini. Ras kucing ini merupakan salah satu ras kucing yang masuk dalam golongan kucing berspesies tubuh kecil.

Ukuran tubuh mereka memang kecil guys jika dibandingkan dengan ukuran tubuh ras yang lainnya. Tubuh mereka ini ramping jika kamu lihat dari berbagai sisi.

Tapi jangan salah, meskipun Cornish Rex ini merupakan kucing dengan perawakan kecil dan ramping, tubuh mereka ini atletis dan sangat kuat lho!

2. Ciri Pada Kepalanya

Selanjutnya adalah ciri pada kepalanya. Perlu kamu ketahui, kepala setiap ras kucing memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Nah.

Untuk Cornish Rex ini, mereka memiliki kepala yang berukuran sangat kecil. Bentuk kepala mereka terlihat seperti bentuk segitiga dengan moncong kucing yang menonjol.

3. Ciri Pada Telinganya

Selain kepala dan tubuh, telinga juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa kamu gunakan untuk membedakan ras kucing satu dengan yang lain.

Bahkan beberapa ras kucing telinga ini dijadikan sebagai nama rasnya. Untuk ras Cornish ini sendiri, mereka memiliki telinga yang cukup besar dan meruncing ke atas.

4. Ciri Pada Matanya

Dibanding dengan ukuran kepala yang kecil, mata ras kucing ini justru terilahat besar guys. Bentuk mata yang bulat yang hampir sempurna, membuat kucing ini terlihat lebih menawan.

5. Ciri Pada Dagunya

Ada yang unik nih guys dari si Cornish Rex ini, yakni pada dagu. Dagu mereka ini sering sekali disebut sebagai dagu Romawi. Penyebutan ini diberikan karena bentuk dagunya ramping dan terlihat kuat.

6. Ciri Ekornya

Ekor setiap ras kucing, memiliki bentuk dan ukuran yang beda-beda gus, ada yang panjang, pendek, bahkan curly. Nah, untuk si Cornish Rex ini mereka rata-rata memiliki ekor yang panjang dan memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi.

7. Ciri Pada Bulunya

Yap guys! Bulu Cornish Rex ini sangatlah khas dan berkarakter. Dari bulu ini kita bisa dengan jelas mengenali si Cornish Rex ini. Ras ini memiliki bulu yang cukup unik. Bulu mereka pendek dengan tekstur yang keriting.

Nah, itu ya guys beberapa ciri-ciri yang ada pada ras kucing Cornish Rex ini. Selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah sifat dari kucing ras ini guys. Berikut aku bakal jelaskan.

Sifat-Sifat Kucing Cornish Rex

Sifat sifat Cornish Rex
Sifat sifat Cornish Rex

Kamu ingin adopsi si Cornish Rex ini? Kamu perlu tahu dan paham juga mengenai sifat-sifat ras kucing yang satu ini nuh guys.

Biar kamu gak salah memberi perhatian ke mereka. Karena bagaimanapun sifat kucing satu dengan yang lain itu berbeda, termasuk ras kucing ini. Maka dari itu, kamu gak boleh nih skip uraian aku di bawah ini, yuk di cek!

1. Ramah

Jika kebanyakan ras kucing acapkali jutek dan terkesan tidak ramah terhadap manusia baru ataupun hewan yang lain, berbeda dengan Cornish Rex ini guys.

Mereka memiliki sifat ramah kepada kebanyakan orang. So, kalau kamu memelihara Cornish Rex ini, jangan takut dia cepat stress karena hadirnya orang baru, justru mereka suka berkenalan dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Suka Cari Perhatian

Kucing mana yang tidak suka mencari perhatian tuannya? Banyak ya. Nah, kalau Cornish Rex ini, merupakan salah satu ras kucing yang suka banget cari perhatian majikannya nih guys.

Mereka gak akan segan-segan mengganggu aktifitas kamu hanya untuk mendapatkan perhatian dari  kamu. jadi, guys, jangan lupa kasih mereka perhatian ya!

3. Agak Nakal

Guys, kalau kamu pelihara ras kucing yang satu ini, kamu harus was-was ya, karena Cornish Rex ini agak sedikit nakal nih guys. Kamu harus selalu kunci semua lemari kamu ya, kalau tidak mereka bisa masuk ke dalam lemari dan mengacak-acak isinya.

4. Penyayang

Sudah gak asing ya guys kalau hewan peliharaan itu bisa sayang banget sama tuanya. Nah si Cornish Rex ini begitu. Mereka sangat mencintai pemiliknya.

Kalau kamu memberikan kasih sayang dan perhatian kepada mereka, mereka akan membalasnya lebih dari yang mereka terima.

5. Manja

Banyak ya guys ras kucing yang memiliki sifat manja terhadap majikannya. Salah satunya Cornish Rex ini. Mereka sangat manja kepada tuannya.

Mereka suka sekali jika digendong dan dipangku oleh majikannya. Jadi, jangan heran kalau mereka suka tiba-tiba menguyel-uyel kamu.

6. Aktif

Kalau kamu suka dengan kucing kalem dan tidak banyak tingkah, agaknya salah guys kalau kamu milih Cornish Rex sebagai kucing peliharaan kamu.

Karena kucing ini sangat susah sekali diam, mereka tipikal kucing yang tidak bisa diam di dalam kandang pun rumah. Mereka juga sangat berisik guys. Eongan mereka cukup keras layaknya kucing siam.

7. Energic

Sifat ini akan terus ada meskipun usia mereka terus bertambah guys. Mereka akan terus aktif dan terus bisa berbaur dengan yang lain.

Mereka juga akan terus patuh dan sayang kepada pemilikinya.

8. Bisa berakrobat

Kalau kamu ingin melihat hiburan, kamu bisa mengandalkan si ras kucing yang satu ini. Kenapa? Karena mereka bisa berakrobat guys layaknya anjing.

Sudah pasti ya, mereka bisa memberi kamu penghiburan.

9. Anti Alergi

Kamu atau keluarga kamu ada yang alergi terhadap bulu kucing? Tenang guys, kalau kamu adopsi si Cornish Rex ini bakal aman kok.

Ras ini punya sifat anti alergi.

Bulunya yang tipis tidak akan membuat alergi kamu atau keluarga kamu kambuh. Hal ini dikarenakan tubuh si kucing mengandung Allergen di dalamnya.

Itu ya guys, sifat-sifat dari Cornish Rex yang bisa aku uraikan.

Harga Kucing Cornish Rex

Harga Kucing Cornish Rex
Harga Kucing Cornish Rex

Oke guys kalau kamu emang berniat untuk adopsi si Cornish Rex ini, pasti kamu sudah cari-cari tentang info harga dari ras ini kan ya? Gimana? Sudah dapat? Kalau belum kamu bisa cek di sini nanti.

Gak heran ya guys kalau kucing domestik yang sering dijadikan peliharaan seperti itu harganya mahal. Bahkan ada yang menyentuh harga ratusan juta. Hal ini dikarenakan kucing-kucing domestik seperti ini memiliki ciri khas dan keunikannya yang bisa menjadi harga jual suatu ras kucing.

Kendati mahal, tak membuat pencinta kucing urung untuk mengadopsinya. Karena bagaimanapun kesenangan dan kepuasan hati lebih penting dibanding dana yang dikeluarkan ya guys.

Kalau kamu memang berniat mengadopsi Cornish Rex ini, kamu harus menyiapkan dana sekitar 4 juta sampai 8 juta rupiah ya guys.

Dari beberapa informasi yang aku dapat, perkiraan harga si Cornish Rex ini, memang antara itu. Dan harga di atas belum termasuk vaksin kucing dan perawatan yang lainnya ya.

Cara Merawat Kucing Cornish Rex

Cara Merawat Kucing Cornish Rex
Cara Merawat Kucing Cornish Rex

Setelah kamu fix mengadopsinya, tentu hal yang harus kamu lakukan adalah merawatnya dengan baik dan benar ya guys. Kamu juga harus jadi majikan yang bertanggung jawab terhadap hewan piaran kamu.

Kalau kamu merawatnya dengan baik dan benar, mereka juga akan tubuh dan berkembang dengan baik.

Merawat kucing Cornish Rex ini tidak sulit guys. Beberapa orang bahkan mengatakan, kalau merawat kucing ras ini sangatlah mudah.

Karena pada dasarnya mereka adalah ras kucing yang penurut. Bulu yang pendek juga tambah mempermudah kamu untuk merawatnya. Nah, berikut beberapa tips dari aku untuk merawat si kucing Cornish Rex ini. Disimak ya?

1. Mandikan

Sudah hal wajib ya guys kalau kamu memelihara kucing, hal yang harus kamu perhatikan dalam perawatannya adalah, memandikan si kucing.

Ini agar kucing terhindar dari berbagai macam bakteri, kuman, dan jamur. Gak Cuma itu, memandikan kucing dengan shampoo kucing, bisa menghindarkan kucing dari kutu.

Kamu bisa memandikan si Cornish Rex ini Satu bulan sekali sudah cukup.

Tapi kalau dia sering main di luar, kamu harus memandikannya seminggu sekali ya guys.

2. Menyisirnya

Meskipun bulu Cornish Rex ini tipis, kamu tetap harus menyisirnya ya, biar bulu keritingnya tidak menjadi gimbal.

Selain itu, menyisir ini, bisa merontokkan bulu cornish rex yang mati. Kamu bisa menyisirnya 2 minggu sekali ya.

3. Berikan Makanan Sesuai Nutrisi

Selain menjaga kebersihan tubuhnya, kamu juga harus memperhatikan asupan makanannya ya guys. Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisinya.

Makanan si kucing harus lengkap nutrisinya meliputi omega 3, mineral, protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan lain-lainnya. Tapi ingat, jangan berikan makanan yang berlebihan agar tidak obesitas ya!

4. Potong Kuku

Oh iya guys, mengingat Cornish Rex ini termasuk kucing yang nakal dan aktif, kamu harus rajin untuk memotong kukunya nih guys.

Biar pada saat main, kuku tersebut tidak melukai kamu ataupun merusak barang-barang di rumah kamu. Kamu bisa memotong kukunya seminggu sekali ya.

5. Menggosok Gigi

Menggosok gigi ini, sangat penting kamu lakukan. Agar, gigi si kucing tidak terdapat karang yang bisa menyebabkan gigi cepat keropos. Kamu bisa menggosok giginya setiap hai ya, kalau tidak sempat, seminggu sekali juga sudah cukup.

Demikian ya guys ulasan aku tentang Cornish Rex kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *