Kucing Egyptian Mau

Egyptian Mau

Kucing Egyptian Mau – Buat para penyka kucing, sudah tak asing lagi ya kalau bertemu kucing asing di jalan. Kebanyakan dari mereka pasti akan menghampiri, memberinya usapan, bahkan makanan.

Kamu termasuk pecinta kucing tidak? Kalau iya, kamu tahu gak sih kalau kucing itu telah masuk ke dalam daftar hewan yang paling sering di gunakan oleh manusia sebagai hewan peliharaan.

Yap! Gak bisa dipungkiri lagi sih ya guys kalau kucing memang hewan yang menggemaskan dan lucu jika dipelihara. Kucing itu di bagi dua jenis guys, domestik dan liar.

Yang masuk dalam golongan domestik lah yang legal kamu  pelihara. Salah satunya kucing Egyptian Mau atau Mau mesir.

Sudah tahu belum tantang Egyptian Mau aku bakal kasih informasi lengkap tantang salah satu ras kucing ini nih guys.

Jadi kalau kamu mau kenalan lebih jauh dengan Egyptian Mau kamu wajib banget nih guys simak ulasan aku di artikel ini. Jangan diskip pokoknya atau kamu bakalan nyesel.

Di sini nanti, aku bakal kasih tahu kamu tentang sejarah Egyptian Mau, tentang ciri ciri kucing Egyptian Mau, sifat Egyptian Mau, dan masih banyak lagi tentang Egyptian Mau yang bakal aku ulas di sini.

Buat kamu yang berminat untuk mengadopsi kucing ini, kamu pasti cari-carikan info tentang adakah yang jual kucing Egyptian Mau? Atau Berapa sih harga Egyptian Mau?

Nah, tepat banget kamu temuin artikel ini guys, karena aku juga bakal kasih tahu kamu perkiraan Harga Kucing Mau Mesir ini.

Gak Cuma itu, aku juga bakal kasih tahu kamu gimana cara merawat kucing ini dengan baik dan benar.

So, tunggu apa lagi? Kalau kamu minat dengan kucing yang satu ini, kamu langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga:

Sejarah Egyptian Mau

Egyptian Mau
Egyptian Mau

Oke guys, yang pertama kita lihat dulu yuk sejarah si Egyptian Mau ini. Dari sejarah ini nantinya kita dapat tahu asal usul dia dari mana, di mana pertama kali dia ditemukan, bagaimana perkembangbiakannya, dan masih banyak lagi.

So, kalau ras kucing ini adalah ras incaran kamu, kamu harus tahu sejarahnya nih guys. langsung saja, cekidot!

Egyptian Mau atau kucing mau mesir ini merupakan salah satu dari ratusan ras kucing yang dianggap sebagai ras kucing alami tertua yang pernah ada di muka bumi ini.

Kucing ini guys, dikenal sebagai kucing domestik yang dapat berlari dengan cepat. Kecepatan larinya bisa menembus 36 mph atau sekitar 58 km/jam.

Dibanding ras kucing yang lain, ras ini adalah ras kucing yang larinya paling cepat. Bahkan, ras American Shorthair yang terkenal akan kecepatan larinya pun kalah, mereka hanya bisa berlari dengan kecepatan 31 mph atau 50 km/jam.

Ada suatu ciri khas yang dimiliki oleh ras kucing ini, yakni mereka memilki bulu dan kulit yang menyerupai macan tutul. Sayangnya guys, mau mesir ini ternyata masuk dalam daftar kucing langka.

Pada tahun 2006, hanya sekitar 6.700an ekor yang terdaftar di CFA (Cat Fanciers’ Association) sehingga Egyptian Mau Rescue Organization telah membentuk tugas yang mamiliki tujuan untuk menjaga kestabilan populasi kucing mau mesir ini guys.

Kenapa ras kucing ini perlu dijaga populasinya? Karena ras kucing ini dianggap sebagai ras kucing yang memegang peranan dalam kebudayaan Mesir Kuno guys. Jadi dulu sejarahnya begini.

Egyptian Mau atau Kucing Mau Mesir ini merupakan kucing yang dipercayai sebagai kucing berketurunan kucing liar Afrika.

Proses domestikkannya agar tak jadi liar itu cukup lama, sekitar 2000 tahun, mulai dari 4000 sampai 2000 SM. Nah, sekitar tahun 2000 SM ini lah kucing Egyptian Mau dianggap memegang banyak peranan kebudayaan Mesir Kuno.

Dulu, Egyptian Mau ini sering sekali digunakan untuk berburu burung guys. Ras kucing satu ini juga sering terlihat pada ukiran dinding di sebuah kuil yang digambarkan sedang berburu di daerah rawa dengan menggigit burung di mulutnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa Hieroglif Mesir tertua adalah heiroglif yang bergambar kucing Egyptian Mau yang konon diketahui dibuat pada sekitar tahun 2200 SM.

Tahu gak guys, kalau Egyptian Mau atau Kucing Mau Mesir ini dikenal juga sebagai dewa lho. Makannya ras kucing yang satu ini sering dipuja oleh orang Mesir Kuno. Pada Zaman itu pula, ada sekitar 20 dewa dewi yang dipercayai oleh orang Mesir Kuno dan 20 dewa dewi itu berupa kucing.

Oleh karenanya, banyak bermunculan mitos-mitos yang berhubungan dengan kucing ini guys. Konon katanya, jika ada kucing yang mati pemilik kucing tersebut beserta keluarganya harus mencukur alis sebagai tanda berduka.

Kemudian, kucing yang mati tersebut dijadikan mumi lalu dimakamkan. Gak Cuma itu, ada hukuman sadis juga di Zaman Mesir Kuno, siapapun yang menyakiti bahkan membunuh kucing, maka orang itu akan dikenakan hukuman mati.

Sebelum tahun 2006, ternyata ras mau mesir ini, juga pernah mengalami ancaman kepunahan guys. Mereka terancam punah pada saat terjadi Perang Dunia II. Tapi, untungnya ada seorang bernama Nathalie Troubetskoy yang menyelamatkan ras ini.

Dia adalah seorang putri Rusia yang diasingkan. Natahlie ini, mendapat kucing ras mau mesir dari seorang anak kecil pada saat dirinya di Italia. Sedangkan anak kecil itu mendapatkan kucing ras Egyptian Mau dari seorang diplomat.

Mulai dari situlah Nathalie penasaran dan mulai berusaha menggali lebih dalam informasi tentang si Egyptian Mau ini.

Dia juga memiliki tekad untuk mengembangbiakkan ras kucing mau mesir ini. Hingga semua ras Egyptian Mau yang ada adalah kucing-kucing yang telah dikembangbiakan oleh Nathalie ini.

Kemudian, pada tahun 1957 ras ini untuk pertama kalinya ikut kontes kucing di Amerika Serikat. Dan pada tahun 1979 CFA mau mengakui ras kucing Egyptian Mau ini.

Nah, itu ya guys sejarah dan mitos yang ada di kucing Egyptian Mau ini. Setelah kamu tahu sejarah Egyptian Mau sekarang kamu baca ya Ciri-ciri Egyptian Mau di bawah ini.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Egyptian Mau

Egyptian Mau
Egyptian Mau

Udah gak aneh lagi ya guys kalau setiap ras kucing memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu dengan yang lain. Nah, untuk mengenali Egyptian Mau, kamu bisa lihat Ciri-ciri Egyptian Mau yang aku uraikan di bawah ini.

1. Corak Tubuhnya

Egyptian Mau ini memiliki corak tubuh yang hampir mirip seperti cheetah guys. Mereka memiliki totol-totol dan garis hitam di seluruh tubuhnya. Selain totol dan garis hitam, ada pula warna lain yang menutupi tubuhnya, yakni warna abu-abu.

2. Ukuran Tubuh

Kalau ukuran tubuhnya nih guys, Egyptian Mau ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar. Tubuhnya berukuran sedang dengan badan yang tegap dan kekar. Jadi terlihat agak gagah gitu guys, mirip cheetah.

3. Kakinya

Beberapa kucing memiliki panjang kaki yang berbeda ya guys untuk kaki depan dan belakangnya. Begitu pula dengan Egyptian Mau ini. Mereka memiliki kaki belakang yang terlihat lebih panjang dari kaki depannya.

Kaki belakangnya pun memiliki kulit tipis dan cukup lentur yang ada di sekitaran perut hingga kaki belakangnya. Karena bentuk kaki belakang yang lebih panjang ini guys, Egyptian Mau bisa berlari kenjang layaknya Cheetah.

4. Kepala

Untuk ciri Kepalanya, Egyptian Mau ini terlihat sedikit lonjong. Bahkan di bagian mulut dan hidungnya, hampir mirip dengan bentuk kucing kampung Indonesia. Mereka memilki telinga yang lumayan panjang, bentuknya pun agak besar dari pangkal hingga ujungnya.

5. Mata

Setiap kucing memiliki bentuk mata dan warna mata yang berbeda-beda ya guys. Ini bisa menjadi ciri-ciri juga untuk ras kucing satu dengan yang lain. Untuk Egyptian Mau ini, pada umumnya mereka hanya memiliki satu warna dasar mata yakni kehijauan.

6. Tanda Khusus

Kalau kamu amati, Egyptian Mau ini memiliki tanda khusus berupa garis hitam pada dahinya, yang berbentuk pola huruf “M”. Pola ini bisa kamu jumpai pada Egyptian Mau yang masih berusia muda.

7. Warna Pada Bulunya

Setiap kucing, gak Cuma punya satu warna bulu ya guys, bermacam-macam, nah Egyptian Mau ini juga, mereka punya warna tubuh yang di antaranya  perak, tembaga, asap, hitam, dan biru.

Itu ya Ciri-ciri Egyptian Mau mau. Sekarang bagi kamu yang ingin adopsi si Egyptian Mau ini, kamu bisa tengok dulu nih guys sifat-sifat Egyptian Mau, biar kmau punya gambaran gimana nanti dia pas dipelihara.

Baca Juga:

Sifat Egyptian Mau

Egyptian Mau2
Egyptian Mau2

Nih guys, aku kasih tau, kalau setiap kucing itu punya sifat dan kepribadiannya masing-masing. Sifat ini, bisa kamu jadikan tolak ukur untuk menimang-nimang ingin memelihara kucing apa lho guys.

Karena dari sifat ini, kamu bisa tahu, apakah kucing ini cocok buat kamu atau tidak. oke deh, sekarang kamu bisa simak nih uraian aku tentang sifat Egyptian Mau di bawah ini.

1. Suaranya Unik

Kamu pasti tahu kan bagaimana suara kucing itu? Nha, si Egyptian Mau ini memiliki meongan yang unik lho guys. Suara mereka konon katanya mirip dengan jangkrik dan hyena. Penasaran gak kaya apa? Kalau penasaran kamu bisa adopsi ras ini, dan dengar suara setiap hari.

2. Bertingkah Laku Unik

Pertama melihat Egyptian Mau apa yang kamu pikirkan guys? seram karena seperti cheetah? Garang karena memiliki totol seperti jaguar? Eitssss jangan salah, kucing ini sama kaya kucing domestik lainnya kok guys, mereka lucu dan menggemaskan.

Satu tingkah unik si Egyptian Mau adalah, ketika mereka merasakan senang, Mau mesir ini bakalan menggerak-gerakkan kaki belakangnya ke atas dan ke bawah, layaknya sedang menari. Menggemaskan ya?

3. Penandaan Wilayah yang Unik

Ada lagi nih guys yang unik dari kcuing Egyptian Mau ini. Jika beberapa kucing menandai wilayahnya dengan melakukan penyemprotan urin, Egyptian Mau juga sama, tapi hal yang unik, penyemprotan Egyptian Mau tidak mengeluarkan urin guys.

4. Sensitif Terhadap Perubahan Suhu

Dibanding kucing yang lain, Egyptian Mau ini sangat sensitif guys dengan perubahan suhu yang ada. Hal ini dikarenakan, suhu tubuh Kucing Mau Mesir ini lebih tinggi dibanding kucing ras lain.

5. Sensitif Terhadap Obat Bius

Selain sensitif terhadap suhu, Egyptian Mau juga sensitif terhadap yang namanya obat bius guys.

6. Usia Kandungan

Setiap ras kucing, memiliki masa mengandungnya masing-masing. Untuk Egyptian Mau ini, mereka memiliki masa mengandung selama kurang lebih 73 hari.

Ini membuktikan bahwa masa mengandung Egyptian Mau ini lebih lama dibanding masa mengandung ras kucing lainnya yang hanya sekitar 65 sampai 67 hari saja.

Nah, itu tadi merupakan sifat-sifat dari Egyptian Mau yang bisa aku uraikan ya guys.

Baca Juga:

Harga Egyptian Mau

Egyptian Mau3
Egyptian Mau3

Bagai kamu yang ingin mengadopsi kucing Egyptian Mau ini pasti sudah cari-cari dong ya harga Egyptian Mau berapa, biar punya gambaran dana yang harus kamu siapkan.

Aku juga bakal kasih kamu perkiraan harga si manis Egyptian Mau ini nih guys, biar kamu bisa siapin budgetnya mulai dari sekarang.

Karena kucing Egyptian Mau ini harganya gak murah. Sepertinya memang sudah biasa ya guys, kucing-kucing domestik ini memiliki harga yang fantastis. Belum lagi perawatannya.

Di Indonesia sendiri, mungkin masih agak jarang ya yang jual, makananya, mencari info harga kucing ini tidak mudah guys. Kalau kamu benar-benar ingin adopsi dan tau harga pasti, kamu bisa mengunjungi langsung tempat peternakan kucing Egyptian Mau yang ada di sekitar kamu.

Jika merujuk pada suatu situs, harga Egyptian Mau ini berkisar diangka 8,5 juta rupiah guys. Buat kamu yang ingin adopsi, siapkan uang kurang lebih segitu ya. Karena harga itu bisa berubah kapanpun.

Baca Juga:

Cara Merawat Egyptian Mau

Egyptian Mau5
Egyptian Mau5

Kalau kamu serius merawat Egyptian Mau ini, kamu juga harus memperhatikan bagaimana cara merawat Egyptian Mau ini dengan benar. Kamu harus jadi majikan yang bertanggung jawab ya guys, biar kucing Egyptian Mau ini bisa terus sehat. Untuk Cara merawatnya sebagai berikut.

1. Beri Vaksin

Meskipun Egyptian Mau ini merupakan kucing yang relatif sehat, tidak memiliki genetik yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada si kucing.

Tapi kamu tetap harus memperhatikan kesehatannya secara berkala ya guys. Agar kucing ini memiliki harapan hidup yang panjang.

2. Mandikan Rutin

Kendati kebanyakan kucing takut akan air, kamu tetap harus memandikannya ya guys. Mandikan paling tidak 2 minggu sekali menggunakan shampo kucing ya, biar si kucing terhindar dari jamur, kutu, dan penyakit yang lain.

3. Beri Makan yang Sesuai

Semua kucing sebenarnya makanannya sama. Sama-sama harus kamu perhatian nutrisinya, seperti omega 3, lemak, asam lemak, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Tapi ingat, jangan berikan makanan secara berlebihan, karena bisa mengakibatkan obesitas untuk si kucing.

4. Jangan Biarkan Berkeliaran

Kalau ingin mengajaknya bermain, sebaiknya kamu beri tali ya guys, biar mereka ada terus dalam pantauan kamu. Jangan biarkan kucing Egyptian Mau ini berkeliaran apa lagi berburu.

Karena hal itu bisa membuat si kucing rentan terkena bakteri dan kuman yang bisa membuat mereka mengalami masalah kesehatan. Jadi kamu harus benar-benar menjaga si Egyptian Mau agar tidak keluar tanpa ada kamu.

5. Potong Kuku

Untuk keamanan kamu dan anggota keluarga, baiknya kamu rutin untuk memotong kukunya. Supaya saat mengajaknya bermain, kuku si kucing tidak melukai kamu atau anggota keluarga lain.

Nah, itu ya guys, info mengenai Egyptian Mau yang bisa aku uraikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *