Kucing Havana Brown

Havana Brown

Kucing Havana Brown – Kucing memang salah satu hewan menggemaskan yang pernah ada ya guys. Bahkan hewan ini merupakan hewan kesayangan salah satu Nabi lho.

Meski banyak yang kurang suka dengan kucing karena alergi terhadap bulunya, tak lantas membuat kucing ini tersingkirkn dari daftar hewan yang mengemaskan. Dan sekarang ini, seolah kucing sedang memiliki pamor lebih nih guys.

Banyak orang yang kini berbondong-bondong membawa makanan kucing, untuk diberikan kepada kucing liar. Gak sedikit pula yang ingin mengadopsinya. Mungkin kamu salah satu orang yang ingin mengadopsi kucing.

Tapi kamu sudah memutuskan belum ingin adopsi kucing apa. Karena memang ras kucing banyak sekali guys. Salah satunya Havana Brown.

Sudah tau Havana Brown belum? Atau baru saja mendengar ada ras yang satu ini? Penasaran gak? Yap! Kalau kamu penasaran atau memang sengaja mencari info tentang kucing Havana brown ini.

Tepat banget nih kamu nemuin artikel ini. Karena di sini aku bakal kupas tuntas informasi tentang si Havana brown cat ini.

Aku bakal ulas tentang sejarah Havana Brown, tentang ciri ciri kucing Havana Brown, tentang sifat Havana brown, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mengadopsi kucing havana brown aku bisa kasih tahu kamu tentang informasi harga terbarunya nih guys. Aku juga bakal kasih tahu kamu gimana cara merawatnya, biar mereka bisa tumbuh dengan baik.

So, kalau kamu penasaran tentang Kucing Havana ini, disimak baik-baik ya ulasan aku kali ini. Cekidot!

Baca Juga:

Sejarah Havana Brown

Sejarah Havana Brown
Sejarah Havana Brown

Nah guys kalau kamu ingin mengenal jauh si Havana Brown ini, dimulai dari kamu membaca sejarahnya ya.

Dari sejarah ini kamu bisa tahu asal usul kucing Havana, kamu bisa tahu siapa sih yang dulunya menemukan ras ini, dan bagaimana perkembangbiakannya sampai ras ini kemudian terkenal. So, langsung aja nih kamu baca sejarahnya ya!

Kucing Havana tau banyak yang mengenalnya Havana Brown ya guys, mereka merupakan salah satu ras kucing yang asalnya dari Asia Tenggara.

Bahkan masyarakat Thailand percaya kalau ras kucing ini dapat memberikan perlindungan untuk majikannya dari segala kejahatan. Sehingga ras Havana ini menjadi begitu populer di Thailand dan semakin populer sekarang ini.

Havana ini dikenal luas mulai tahun 1980. Pada tahun itu ras kucing havana ini dikenal melalui pameran kucing, nah ras ini dipamerkan di sana guys. Pameran itu bernama Pameran Moniker. Nah, di sana ras kucing Havana memenangkan pameran dalam kategori Moniker swiss moutan cat.

Sejak kemenangannya di pameran itu, Havana brown ini dilirik oleh para peternak kucing. Tak sedikit peternak yang tertarik untuk mengembang biakannya guys. Mereka tertarik mengembang biakan ras ini untuk kemudian dikomersilkan.

Tapi, ternyata dulu usaha para peternak untuk mengembang biakan Havana dengan warna cokelat dan persis dengan kucing awalnya, itu tidak mudah. Hanya sedikit peternak yang berhasil melahirkan ras dengan ciri sangat persis.

Kesulitan mengembang biakkan ras kucing ini membuat asosiasi kucing siam Inggris, pada tahun 1920 memberikan statement yang mengatakan bahwa ras Havana ini sudah tidak menarik dan tidak diminati lagi.

Hingga pada tahun 1950, peternak kucing di Inggris tergugah dan merasa harus kembali mencari cara untuk mendapatkan gen warna cokelat yang dominan.

Cara yang dipakai oleh para peternak untuk mewujudkan ambisinya itu salah satunya adalah mengawinkan  kucing hitam pendek dengan ras kucing siam yang memiliki warna cokelat.

Di tahun 1998 guys, beberapa organisasi international melakukan sebuah aksi darurat untuk menyelamatkan populasi kucing ini guys. Karena perlu kamu ketahui, bahwa ras ini sempat diabaikan.

Upaya penyelamatan ras ini dilakukan dengan cara mengawin silangkan ras Havana dengan kucing domestik lain yang memiliki warna hitam ataupun smoke. Usaha persilangan ini pun menghasilkan peluang mengeluarkan ras yang lebih otentik.

Setelah percobaan tersebut, mulailah banyak peternak mulao melakukan metode yang sama untuk menghasilkan kucing havana brown yang sesuai dengan silsilah.

Di samping itu, sejarah lain menyebutkan, kalau kucing Havana ini dulunya pertama kali dikembang biakan di Inggris pada tahun 1890. Dan selama terjadi perang dunia I dan II, ras kucing ini sempat terabaikan.

Hingga pada tahun 1950, para peternak dan pecinta kucing di Inggris, melakukan pengembang biakkan ras ini. Program pengembang biakan ras Havana ini dilakukan oleh beberapa orang dari berbagai wilayah, di antaranya Mrs.

Armitage Hargreaves, Mrs. Munroe Smith, The Barroness von Ullmann, Mrs. Elsie Fisher, dan juga Mrs. Judd.

Setelah perjuangan pengembang biakan oleh para penggemar kucing ini, akhirnya terbentuk juga genetik kucing dengan warna cokelat yang sempurna, hingga pada akhirnya di tahun 1959, ras ini berhasil diakui secara resmi oleh CFA (Cat Fanciers Association).

Nah itu ya guys ulasan aku tentang sejarah si kucing Havana ini. Gimana? Sudah paham kan? Sekarang kamu pahamin nih guys ciri-ciri kucing Havana di bawah ini. Cekidot!

Baca Juga:

Ciri-Ciri Kucing Havana Brown

Ciri Ciri Kucing Havana
Ciri Ciri Kucing Havana

Setelah kamu paham akan sejarahnya, sekarang, aku bakal kasih paham kamu, tentang ciri-ciri ras kucing yang satu ini.

Mengetahui ciri-ciri sebuah ras kucing, sangat penting guys, karena dengan paham ciri-cirinya, kamu bisa dengan mudah mengenali kucing yang satu ini. Bagaimana sih ciri-ciri kucing yang satu ini. Langsung aja ya, kamu baca ulasan aku di bawah ini!

1. Ciri Tubuhnya

Pertama lihat dulu yuk guys ciri Havana Brown pada tubuhnya. Tubuh Havana Brown ini tidak besar, mereka berukuran sedang tapi cukup tinggi. Kalau kamu perhatikan postur tubuh Havana brown cat ini seperti kucing ragdoll tau birtish shorthair.

Untuk berat badan si Havana Brown ini, hanya sekitar 2,7 sampai 5,4 kilogram saja guys. Buat kamu yang suka kucing tak terlalu kecil atau besar, Havana cat ini bisa kamu jadikan pilihan untuk kamu pelihara guys.

2. Ciri Pada Kepalanya

Kedua, kita lihat ciri-ciri kepala Havana Cat ini guys. Mereka memiliki kepala yang berukuran sedang. Struktur kepalnya hampir menyerupai bentuk segitiga. Ras Havana Brown ini memiliki dagu yang unik guys.

Mereka memiliki bentuk dagu persegi. Satu lagi keunikan dari bagian kepalanya, yakni moncong Havana Brown ini agak ke depan guys. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana uniknya ras kucing yang ini?

3. Mata Havana Brown

Kamu tentu sudah tak asing lagi ya guys kalau warna dan bentuk mata kucing itu berbeda beda setiap rasnya. Dan itu sering kali menjadi salah satu keunikan dari seekor kucing. Nah, si Havana ini juga punya mata yang indah loh guys sebagai salah satu cirinya.

Mereka memiliki warna mata hijau cerah. Di mana warna mata ini kontras dengan warna kulitnya yang cokelat. Sehingga ketika dilihat, akan sangat menawan.

4. Ciri Bulu Kucing Havana Brown

Ada lagi nih guys ciri unik dari si ras kucing manis ini, yakni dari segi bulu. Mereka memiliki bulu yang pendek tetapi halus.

Gak cuma itu guys, bulu pendek si Havana Brown ini juga terlihat berkilau. Bulu berkilau ini menjadikan mereka terlihat sangat memukau, gak heran ya, dulu mereka menerima penghargaan di kali pertama mereka diperkenalkan ke khalayak.

5. Warna Havana Brown

Dari namanya sudah jelas ya guys, kalau kucing ini memiliki warna cokelat. Tapi sayangnya warna cokelat yang cantik ini merupakan genetik yang tidak dominan.

Hal ini lah yang membuat usaha para pengembang biak dalam proses mengawin silangkan si Havana Brown ini sering gagal menghasilkan generasi kucing Havana yang memiliki warna cokelat kayu.

6. Telinganya

Telinga setiap ras kucing itu berbeda beda ya guys, ada yang kecil, besar, menekuk, atau yang lainnya. Nah, untuk kucing ini, mereka memiliki bentuk telinga yang besar, lebar, juga meruncing ke atas.

7. Ciri Ekornya

Ada lagi yang bisa membedakan ras kucing satu dengan yang lainya, yakni ekornya guys. Kalau si Havana ini, memiliki ciri ekor panjang dan lurus.

Nah guys, itu ya ciri-ciri dari Havana Brown yang bisa aku uraikan. Sekarang biar lebih paham, kamu ketahui juga ya sifat si kucing cokelat satu ini. Berikut ulasannya untuk kamu.

Baca Juga:

Sifat-Sifat Kucing Havana Brown

Sifat Sifat Kucing Havana Brown
Sifat Sifat Kucing Havana Brown

Setelah kamu tahu ciri-ciri si Havana  ini, saatnya kamu ketahui juga nih guys sifat dari ras kucing ini. Memahami sifat si kucing ini sangat penting. Karena memang ras kucing satu dengan yang lain itu memiliki sifat yang berbeda-beda guys.

Kalau kamu berniat mengadopsi kucing Havana Brown ini, kamu wajib paham nih guys persifatan mereka, biar nanti kamu gak salah perlakuan ke mereka.

So, apa saja sifat yang dimilikisi kucing Havana Brown ini? Berikut aku uraikan.

1. Aktif

Sifat yang pertama yang harus kamu tahu nih guys, mereka itu merupakan salah satu ras kucing yang aktif. Kalau kamu punya banyak waktu luang, kamu bisa nih adopsi mereka. kamu bisa mengajaknya main dan mereka akan sangat antusias guys.

2. Sedikit Nakal

Karena mereka aktif, mereka ini agak sedikit nakal guys. Agak rewel juga kalau mereka sedang ingin mencari perhatian sang majikannya.

Mereka kerap kali memukul atau menyakar-nyakar barang di dekatnya untuk menarik perhatian kamu nih guys. Jadi biar mereka gak terlalu nakal beri perhatian lebih ya!

3. Cerdas

Selain nakal dan aktif, mereka ini juga termasuk kucing yang masuk dalam golongan ras kucing yang cerdas. Mereka bisa dengan cepat mengenali sang majikan lho guys.

Gak Cuma itu, kalau kamu sering mengajaknya main, kamu bisa nih kasih mereka permainan untuk mempelajari trik-trik tertentu dan mereka akan dengan mudah paham.

4. Senang Bermain

Ini berkaitan dengan sifat aktifnya mereka guys. Mereka sangat suka sekali bermain, jadi kamu harus menyediakan beberapa permainan nih biar bisa mereka mainkan. Kamu wajib banget menyediakan bola, tikus tikusan, tali, atau mainan yang lain.

5. Mudah Bergaul

Bila kebanyakan kucing memiliki sifat penakut dan pemalu terhadap manusia, berbeda dengan kucing yang satu ini guys, mereka mudah sekali bergaul dengan siapapun. Dengan manusia, bahkan dengan hewan lain, seperti anjing, ayam, dan yang lainnya.

Ras kucing Havana Brown ini juga sangat ramah terhadap anak-anak guys, mereka tidak akan terusik  dengan kehadiran anak-anak seperti kebanyakan ras kucing yang mana mereka tidak suka anak-anak.

6. Penyayang dan Penurut

Banyak yang mengatakan kalau kucing ini mirip dengan perilaku Anjing guys, saking penyayangnya mereka terhadap sang majikan. Mereka akan setia mengikuti pemilikinya ke manapun.

Ras kucing ini juga termasuk ras kucing yang penurut lho guys, mereka akan selalu menurut untuk diminta mengambil barang. Mereka akan mengambilnya dan membawanya ke kamu dengan mulutnya. Lucu ya!

7. Berisik

Kalau kamu gak suka dengan kebisingan, kayaknya kamu gak cocok deh guys pelihara ras kucing Havana Brown ini.

Karena mereka ini sangat berisik. Mereka bisa mengeong sepanjang hari. Terlebih kalau mereka sudah berada apa titik birahinya, sudah dapat dipastikan mereka akan lebih berisik dari biasanya.

8. Suaranya Lembut

Nah guys, meskipun si Havana Brown ini berisik, ternyata mereka memiliki suara yang lembut lho guys. Jadi, mungkin eongan mereka bisa sedikit teredam karena suaranya yang lembut ini.

Itu ya guys sifat sifat dari Havana Brown. Gimana? Pahamkan? Jadi, kalau kamu ingin adopsi, kamu sudah tahu gambaran gimana si Havana ini ketika kamu rawat.

Baca Juga:

Kucing Havana Brown Cat Price

Havana Brown Cat Price
Havana Brown Cat Price

Bagi kamu yang ingin mengadopsi kucing Havana Brown ini, kamu pasti sedang mencari-cari mengenai info harga si kucing ini.

Mencari info harga kucing memang penting ya guys, biar nantinya kamu bisa memiliki patokan untuk mengumpulkan uang yang nantinya kamu gunakan untuk mengadopsi ras ini.

Karena memang guys, harga kucing domestik yang sering dipelihara seperti ini itu tidak murah. Tidak heran juga.

karena setiap ras kucing memiliki keunikan masing-masing yang membuat mereka bisa dijual dengan harga mahal. Bahkan banyak kucing domestik yang harganya sampai ratusan juta lho guys.

Meskipun mahal, gak sedikit juga mereka yang rela membayarnya hanya demi kucing favorit mereka. nah, untuk kucing Havana Brown ini, harganya juga mahal guys. Mengingat kucing ini merupakan kucing langka di dunia gak heran kalau harganya mahal.

Bahkan di Indonesia sendiri nih guys, kucing ini sangat sulit ditemui. Jadi, kalau kamu mau adopsi, mungkin bisa kamu adopsinya dari luar negeri.

Untuk info harga yang aku dapat, Havana Brown ini di jual sekitar 8 juta sampai 16 juta rupiah guys. Itu belum biaya perawatan dan lain-lain ya. Jadi siapkan saja dana segitu ya guys!

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Havana Brown

Cara Merawat Kucing Havana Brown
Cara Merawat Kucing Havana Brown

Oke guys, kalau kamu memang sudah fix banget ingin adopsi kucing Havana Brown ini, kamu harus memperhatikan juga ya guys bagaimana cara merawatnya. Berikut aku kasih beberapa tips cara merawatnya.

  • Mandikan

Cara merawat kucing yang baik yakni, kamu harus rajin memandikannya ya, cukup dua minggu sekali saja. Kalau mereka sering bermain di luar, kamu bisa memandikannya seminggu sekali ya guys, biar mereka tetap sehat dan terhindar dari jamur dan kutu.

  • Vaksin

Biar kucing Havana Brown kamu sehat selalu, kamu harus rajin juga memvaksinnya ya guys, biar terhindar dari berbagai penyakit.

  • Potong Kuku

Kucing ini merupakan kucing yang nakal dan aktif, jadi, kamu harus rajin-rajin memotong kukunya ya guys, biar, sofa, pintu, atau barang-barang milik kamu tidak rusak mereka cakari.

Nah, demikian ya guys informasi tentang Havana Brown cat yang bisa kamu uraikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *