Kucing Himalaya

Kucing Himalaya

Kucing Himalaya – Selain kucing Anggora dan Persia, kamu tahu jenis kucing peliharaan apa lagi, guys? Kalau jenis kucing Himalaya, kamu tahu enggak guys?

Mungkin jenis atau ras kucing satu ini cukup asing ya, di telinga kamu? Nah, agar bisa berkenalan dengan kucing ini, kamu bisa sekali menyimak ulasan aku kali ini.

Jadi di ulasan artikel aku kali ini, aku mau membahas salah satu jenis kucing yang juga cocok dijadikan sebagai kucing peliharaan. Kucing tersebut adalah kucing Himalaya.

Penasaran tidak sama kucing Himalaya? Aku akan bahas berbagai hal dari kucing Himalaya, mulai dari ciri kucing Himalaya, sifat kucing Himalaya, cara merawat kucing Himalaya, harga kucing Himalaya,

kucing Himalaya asli, dan masih banyak lagi deh, guys! Jadi ikuti pembasahan seru dari aku kali ini tentang Kucing Himalaya.

Ayo, dimulai pembahasannya guys.

Baca Juga:

Sejarah Kucing Himalaya

Sejarah Kucing Himalaya
Sejarah Kucing Himalaya

Untuk menambah informasi untuk kamu sebagai pecinta kucing, maka aku akan menjelaskan terlebih dahulu tentang sejarah kucing Himalaya. hasil perkawinan dari Persai dan Siam menghasilkan kucing Himalaya.

Yups, memang kalau dilihat dari bentuk muka, kucing ini mirip dengan kucing Persia, tapi corak bulunya mirip dengan kucing siam.

Meskipun hasil persilangan, tapi secara sah pada tahun 1957, kucing Himalaya telah terdaftar sebagai kucing dengan rasa beda dari kucing Persia atau pun siam, guys.

Nah, kamu perlu tahu juga bahwa kucing Himalaya juga sering disebut atau dipanggil dengan julukan Himmie. Hal ini dikarenakan memang masih satu jenis dengan kucing Persia, ya guys.

Selain itu, dulunya kucing Himalaya pun bernama atau sering disebut dengan kucing Himalaya Persia.

Eh, tapi ada beberapa juga yang masih memasukan ras kucing Himalaya ke dalam kelompok Standar Kelompok ras Persia, guys. Sebab ras Himalaya memang mirip banget sama ras Persia.

Bahkan ada juga yang menyebutkan jika Himalaya adalah versi lain dari kucing Persia, guys.

Gimana, nih udah mulai paham kan dengan sejarah dari kucing menggemaskan satu ini, guys? Dari sedikit sejarah yang aku sampaikan, sekarang kamu udah mulai paham kan, kenapa kucing ini memiliki tipe wajah dan badan seperti kucing Persia,

tapi corak bulu seperti kucing Siam? Yups, benera bangat karena memang kucing ini keturunan dari kedua ras tersebut, ya guys. Untuk lebih jelasnya, mengenai ciri ciri kucing Himalaya, yuk kita lanjut ke pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Kucing Himalaya

Ciri Ciri Kucing Himalaya
Ciri Ciri Kucing Himalaya

Setiap ras kucing jelas memiliki ciri atau karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Nah, karakteristik inilah yang bisa kamu gunakan untuk membedakan setiap ras kucing yang ada di dunia.

Ya, meskipun terkadang ada ras kucing yang sangat mirip dengan ras kucing lainnya, tapi tentunya masih ada sedikit perbedaan antara kedua ras tersebut. Sama nih, dengan ras kucing Himalaya.

Meskipun mirip dengan kucing Persia dan Siam, tapi pasti ada hal lain yang membedakan kucing satu ini. Apa saja kira-kira ciri dari kucing Persia? Simak deh, ulasan berikut ini mengenai karakter kucing Himalaya

1.     Bentuk Tubuh

Untuk bentuk tubuhnya, kucing satu ini mirip dengan kucing Persia. Mulai dari bentuk tubuh yang cenderung bulat, dengan kaki pendeknya. Tapi enggak, jarang juga kamu bisa menemukan kucing Himalaya dengan tubuh langsing, tinggi, serta lincah.

Ya, karena memang selain keturunan kucing Persia, kucing Himalaya pun masih keturunan kucing Siam. Kucing Siam sendiri memiliki bentuk tubuh kecil, langsing, dan cukup lincah.

2.     Bulu

Untuk bulu dari kucing ini, memang mirip dengan kucing Persia yang memiliki bulu yang panjang dan lebat.

Tapi corak bulu atau warna bulu dari kucing Himalaya ini, memiliki corak seperti kucing Siam. Yups, bisa dibilang corak bulu dari kucing ini memiliki karakteristik color point.Mirip banget deh, dengan corak color point pada kucing siam.

Nah, untuk warna bulu color pointnya juga beda-beda, ada yang abu-abu, ada yang cokelat kehitaman, krem, krem kemerahan, dan juga cokelat.

3.     Bentuk Wajah

Untuk bentuk wajah dari kucing ini, dibagi menjadi dua, guys. Pertama ada bentuk wajah doll face, dan kedua adalah ultra face.

Bedanya apaan nih? jadi untuk doll face ini adalah bentuk muka yang bisa dibilang agak pesek jika kamu lihat dari samping. Sedangkan untuk ultra face adalah memiliki hidung yang sangat pesek jika dilihat dari samping, guys.

4.     Sifat

Selain bentuk fisik, kucing Himalaya pun memiliki ciri yang tidak kelihatan secara kasat mata. Yups, sama seperti kucing lainnya, kucing Himalaya pun memiliki sifat. Umunya, Himalaya bersifat tenang, mampu bersosialisasi dengan siapa saja, dan pintar.

Meskipun agak tenang, tapi tetap saja kucing ini akan senang sekali jika kamu ajak untuk bermain, guys. Kucing Himalaya pun cukup ramah, jadi sangat pas dijadikan hewan peliharaan.

5.     Kesehatan

Kalau masalah kesehatan, kucing  Himalaya ini bisa dibilang cukup bagus. tapi ada penyakit keturunan di kucing Himalaya. Penyakit turunan tersebut adalah Polycystic Kidney Disease (PKD). Secara gampangnya sih, penyakit tersebut adalah  penyakit kista pada ginjal, guys.

Untuk gejalanya adalah berat badan turun dengan drastis, kucing depresi berkepanjangan, dehidrasi, tidak memiliki nafsu makan, dan sering buang air kecil. Sayangnya, sampai detik ini belum ada juga obat untuk penyakit ini, guys.

Nah, itu dia ciri atau karakteristik dari kucing Himalaya, guys! Jadi udah bisa kan mengenali kucing Himalaya? Nah, kalau belum jelas maka bisa deh, kamu cari foto kucing Himalaya atau gambar kucing Himalaya di internet.

Pasti akan banyak sekali gambar dari kucing Himalaya. Mulai dari kucing Himalaya coklat, kucing Himalaya hitam, kucing Himalaya putih dan mungkin juga kamu menemukan kucing Himalaya short hair alias kucing himalaya bulu pendek.

Jadi gimana berniat memelihara kucing Himalaya tidak, guys? Tapi kira-kira kucing Himalaya harganya berapa ya? Penasaran dengan harga kucing Himalaya? Langsung deh, aku kasih tahu harga kucing Himalaya berikut ini, guys.

Baca Juga:

Harga Kucing Himalaya

Harga Kucing Himalaya
Harga Kucing Himalaya

Nah, guys biasanya harga kucing Himalaya bisa saja beda-beda, begantung dengan jenis, umur, serta tentunya kualitas dari kucing Himalaya itu sendiri. Bisa juga di satu daerah dengan daerah lainnya, pun beda harga, guys.

Jadi mungkin harga jual kucing Himalaya Semarang berbeda dengan harga jual kucing Himalaya Jogja dan tentunya berbeda juga harga jual kucing Himalaya Jakarta.

Untuk lebih jelasnya dari harga jual Himalaya, kamu bisa mencari tahu dulu lewat internet. kamu bisa masukan kata kunci jual kucing Himalaya Candung (jika kamu tinggal di Bandung), harga kucing Himalaya anakan (anak kucing Himalaya),

kucing Himalaya harga, harga kucing Himalaya kampung (jika ingin beli kucing himalaya mix kampung), harga kucing Himalaya Persia, harga kucing Himalaya 2018, harga kucing Himalaya 2017 dan sebagainya yang berhubungan dengan harga dari kucing Himalaya.

Nah, aku tadi juga udah sempat cari-cari mengenai harga kucing Himalaya dari berbagai jenis di pasaran, guys. Nah, jadi ada jenis Himalaya yang mahal yaitu kucing Himalaya peaknose. Harga kucing Himalaya peaknose bisa mencapai Rp3.000.000,00 untuk usia yang 4 bulan, guys.

Selain peaknose, ada juga kucing Himalaya seal point yang harganya bisa mencapai Rp650.000,00 untuk usia 3 bulan.

3 bulan ini jelas masih dibilang bayi atau kitten, ya guys. Ada juga harga Himalaya shorthair atau harga Himalaya berbulu pendek. Meskipun bulunya pendek, tapi ternyata harganya bisa sampai Rp1.800.000,00 untuk usia 3 bulan

Untuk  kucing himalaya kampung atau mix kampung bisa ratusan ribu saja. Cocok untuk kamu yang cari anak kucing Himalaya murah harga 300rb.

Oh iya, kucing Himalaya asli biasanya matanya biru, guys. Untuk harga kucing Himalaya mata biru adalah bisa sekitar Rp1.200.000,00. Tapi ini juga bergantung dengan kualitas, umur dari Himalaya itu sendiri ya, guys.

Untuk kucing Himalaya biasa atau asli bisa dibandrol dengan harga Rp1.000.000,000. Tapi ini untuk harga anak kucing Himalaya yang usianya baru 2 bulan. Nah, untuk kucing himalaya mix Persia, harganya termasuk mahal, yaitu bisa mencapai Rp2.000.000,00.

Oh iya guys, harga kucing himalaya betina dan jantan saja berbeda, lho. Nah, kalau saran aku sih, jika kamu ingin beli kucing Himalaya.

kamu bisa mendatangi langsung saja toko kucing atau pet shop yang di kota kamu, untuk tahu lebih dalam mengenai harga kucing Himalaya jantan dan betina.

Sebab seperti yang aku bilang bahwa, biasanya harga kucing di setiap daerah pun mengalami perbedaan dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Jadi carilah harga kucing yang memang sesuai dengan lokasi kamu berada. Jika di Surabaya, maka cari jual kucing himalaya di Surabaya.

Satu lagi, jika kamu baru pertama kali memelihara kucing , khususnya kucing Himalaya, maka saran aku lebih baik untuk memelihara kucing Himalaya yang umurnya sudah 3 bulan ke atas.

Sebab nih, bayi kucing Himalaya atau anak kucing himalaya baru lahir, memerlukan perawatan ekstra. Terlebih lagi jika kamu memeliharanya tanpa induk.

Nah, itu dia jenis jenis Kucing Himalaya dan harganya, guys. Jadi kamu tertarik tidak untuk memelihara kucing yang satu ini? Kalau tertarik simak dulu deh, ulasan berikutnya mengenai cara merawat kucing Himalaya.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Himalaya

Cara Merawat Kucing Himalaya
Cara Merawat Kucing Himalaya

Merawat kucing Himalaya, tidak jauh beda dengan merawat kucing pada umumnya, jadi ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk merawat kucing Himalaya.

1.     Perhatikan Kebersihan Kandang

Nah, agar kucing kamu nyaman tinggal bersama kamu, maka kamu perlu membuat kandang kucing yang nyaman dan tentunya hangat untuk sang kucing. Selain itu, pastikan untuk selalu rajin membersihkan kandang kucing.

Hal ini agar kucing terhindar dari berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Selain dapat membuat kucing selalu sehat, kandang yang bersih pun dapat membuat mood kucing selalu baik.

2.     Sediakan Pasir Kucing

Nah, selanjutnya kamu juga perlu menyediakan pasir kucing untuk tempat kucing buang air besar dan kecil. Pastikan juga kamu selalu rajin mengganti pasir kucing tersebut, ya guys. Agar kucing kamu nyaman juga saat buang air besar dan kecil.

3.     Perhatikan Kebersihan Tubuh Kucing

Selain kandang, kamu juga harus rajin membersihkan badan kucing kesayangan kamu, guys. Pastikan kamu rutin memandikan kucing Himalaya mu, ya guys.

Gunakanlah shampo khusus untuk kucing ya, guys. Jika kamu masih belum berani memandikan kucing kamu, kamu bisa membawanya ke pet shop untuk dimandikan.

4.     Rawat Kuku

Kamu juga harus rajin merawat kuku kucing kamu. Jadi pastikan kamu selalu memotong kuku kucing kamu, ya guys.

5.     Merawat Bulunya

Nah, selanjutnya agar bulu kucing kamu tetap terjaga keindahannya, kamu perlu merawat bulu kucing kamu. Kamu bisa menyisirnya dengan lembut sehabis mandi, dan pastikan setelah mandi kamu mengeringkan bulu kucing kamu dengan benar.

6.     Sikat Giginya

Selain bulu, kamu juga perlu menyikat gigi kucing Himalaya kamu. Sebab biasanya kucing juga mengalami masalah atau penyakit pada bagian mulut dan giginya, guys.

Kamu perlu rutin menggosok gigi kucing kamu. jangan sampai ada sisa makana tertinggal dan menjadikan gigi kucing kotor.

Tidak ribet kan, guys? pasti kamu bsia merawat dengan baik. Nah, untuk makananya, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Baca Juga:

Makanan Kucing Himalaya

Kucing Himalaya
Kucing Himalaya

Makanannya enggak jauh beda dengan makanan kucing peliharaan pada umumnya, kok guys. Untuk itu, sebagai adopter yang baik, kamu perlu mempertimbangkan nutrisi pada makanan kuicng Himalaya kamu, guys.

Kamu bisa memberikan makanan kering atau basah yang penuh nutrisi dan gizi yang sesuai untuk kucing kamu.

Jika untuk kitten atau anak kucing kamu bisa memberikan makanan sehari 5 kali. Dengan jumlah sekitar 5 gram dalam  persajian.

Nah, untuk kucing yang sudah berumur 6 – 8 bulan, kamu bisa memberikan makanan 3 kali dalam sehari. Dengan jumlah 30 gram persajiannya, guys. jika kucing udah makin dewasa, maka kamu bisa memberikan tambahan makanan, tapi tetap sesuaikan dengan porsi mereka, ya guys.

Sebab kucing pun dapat mengalami obesitas. Tentunya obesitas tidak baik untuk kucing kamu. jadi tetap jaga pola mankan snaga kucing, jangan samapia kucing kamu mengalami obesitas, ajak dia bermaian agar tidak malas-malasan dan bisa membakar lemak di tubunya.

Sering diajak bermain, maka akan semakin dekat juga kamu dengan sang kucing

Gimana, guys jadi tambah semangat enggak nih, buat memelihara kucing Himalaya? Oh iya, aku mau kasih rincian juga biaya pengeluaran untuk satu kucing Himalaya perbulannya.

Baca Juga:

Perkiraan Biaya

Perkiraan Biaya
Perkiraan Biaya

Nah, guys sebagai pemelihara kucing, tentunya kamu harus memiliki biaya yang cukup untuk merawat kucing kamu, ya. manusia dan hewan pun memiliki kebutuhan pokok dan harus dipenuhi. Nah, ini dia kira-kira perkiraan biaya untuk kucing Himalaya dalam sebulan.

Kamu bisa menggunakan merk pakan kucing apa saja.  Untuk makanan merk Royal Canin harganya adalah sekitar Rp240.000,00 per 2Kg. Untuk shampo kucing bisa mencapai Rp40.000,00.

Jadwal ke dokter tiap minggu adalah sekitar Rp20.000,00 untuk sekali bertemu, jika kucing sakit, kamu jelas butuh ke dokter.

Nah, biayanya bisa sampai Rp200.000,00 tapi jelas bergantung dengan sakit sang kucing juga. Jika kamu ingin sterilisasi kucing, maka bisa mencapai Rp900.000,00, guys.

Jadi bisa dibilang dalam sebulan bisa lebih dari 200rb, ya guys. Jadi pastikan kamu selalu memperhatikan kebutuhan pokok kucing kamu, guys.

Gimana masih tertarik tidak untuk memelihara kucing Himalaya, guys? Kalau kamu pecinta kucing pasti tak akan masalah mengeluarkan uang banyak untuk kucing.

Oke,  udah dulu, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *