Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail2

Kucing Japanese Bobtai – Guys, ada yang tahu tidak nih, sama ras kucing Japanese Bobtail? Nah, tahu enggak si, bahwa di Jepang sana, kucing ini dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai perwujudan asli dari Manekineko.

Nah, Manekineko ini adalah patung kucing pembawa keberuntungan yang sering sekali dipajang di toko-toko, pemajangan sang patung bertujuan agar toko selalu laris, dan dapat membawa keberuntungan untuk sang pemilik toko.

Kamu mau tahu tidak mengenai ulasan lebih lanjut dari kucing Japanese Bobtail? Pasti mau tahu banget kan?? Oke, deh aku akan membahas kucing ini.

Seperti biasa, aku akan bahas mulai dari sejarah, ciri ciri kucing Japanese bobtail, kemudian aku juga akan memberikan informasi mengenai cara merawat kucing, dan pastinya aku akan memberi informasi mengenai harga kucing Japanese Bobtail.

Nah, cat lovers ayo kita bahas mengenai kucing pembawa keberuntungan ini.

Baca Juga:

 Sejarah Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail

Jadi kucing yang memiliki ekor bundel ini merupakan kucing yang asalnya dari Jepang, guys. Japanese Bobtail adalah ras kucing alami yang udah ada ribuan tahun yang lalu. Bahkan katanya udah ada sejak abad ke-6. Wahh, ternyata udah lama sekali ya, guys.

Nah, selain disebut sebagai perwujudan dari manekineko, Japanese Bobtail juga banyak dituliskan di dokumen-dokumen kuno Jepang. Awalnya kucing satu ini digunakan atau dimanfaatkan para petani untuk mengusir tikus atau membasmi tikus, guys.

Tapi enggak jarang juga orang kebangsaan Amerika yang tinggal di Jepang, menjadikan kucing satu ini sebagai hewan peliharaan.

Pada tahun 1971, kucing ras ekor bundel dari Jepang ini telah resmi diakui oleh CFA. Kamu juga perlu tahu, kalau ada dua jenis kucing Japanese Bobtail. Pertama ada yang bulunya pendek dan ke dua ada juga yang bulunya panjang, guys.

Nah, itu sejarah singkat dari kucing Japanese Bobtail, guys. Jadi seperti namanya emang ekor kucing ini bundel, guys. Hahaha, lucu ya ekornya bundel.

Kamu tertarik tidak untuk memelihara kucing unik yang satu ini? Kalau tertarik, aku akan membahas mengenai ciri-ciri dari kucing ekor bundel Jepang ini. Yuk, disimak biar makin tahu tentang si unik Japanese Bobtail.

Baca Juga:

Ciri-ciri Japanese Bobtail

Japanese Bobtail2
Japanese Bobtail2

Setiap kucing jelas memiliki ciri khusus dari ras kucing lainnya. Dengan ciri inilah kucing dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. Tak terkecuali Japanese Bobtail. Yups, kucing ini juga memiliki beberapa ciri khusus kok. Yuk, disimak beberapa ciri dari Japanese Bobtail berikut ini.

1.      Postur Tubuh

Kucing Japanese Bobtail ini adalah kucing yang memiliki ukuran tubuh sedang, dengan tubuh yang berotot. Tubuh dari kucing ini terlihat begitu proporsional, alias tidak terlihat gempal atau gemuk, meskipun memiliki otot yang cukup banyak.

Kaki Japanese Bobtail juga panjang dan ramping, guys. Oh iya, ada hal unik dari postur tubuh kucing Japanese Bobtail. Jadi si Japanese Bobtail ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kaki depannya.

Hal ini juga yang membuat seolah-olah, kucing Japanese Bobtail terlihat memiliki bentuk tubuh bagian belakang yang besar.

2.      Bentuk Muka

Bentuk muka dari kucing ini juga cukup unik. Bisa dibilang kalau muka sang kucing terlihat sangat asia dengan mata sipit dan dengan tulang pipi yang tinggi.

Tapi tatap Japanese Bobtail memiliki muka yang imut dan menggemaskan. Kuping kucing juga tidak terlalu besar, guys. Jadi seimbang dengan wajahnya yang kecil.

3.      Bulu

Seperti yang aku bilang sebelumnya, bahwa ras kucing ini ada yang memiliki bulu yang pendek dan ada juga yang memiliki bulu yang panjang, guys. Kalau yang bulunya pendek emang keliatan seperti kucing kampung biasa dengan ekor bundel.

4.      Corak Bulu

Nah, ini menjadi salah satu ciri dari Japanese Bobtail. Yups, biasanya si kucing Japanese Bobtail hanya memiliki tiga corak bulu dalam tubuhnya. Tapi enggal menutup kemungkinan juga ada kucing Japanese Bobtail yang memiliki dua atau bahkan satu warna corak bulu pada tubuhnya.

5.      Ekor

Selain bulunya, yang paling menonjol dari kucing Japanese Bobtail tentunya ekor bundelnya. Ini menjadi ciri utama dari si ekor bundel ini, guys. Nah, kamu juga perlu tahu, bahwa tiap ekor dari kucing ini memiliki keunikannya sendiri.

Jadi ada ciri berbeda pada setiap ekor dari kucing Japanese Bobtail. Tapi yang paling penting untuk kamu ketahui adalah bahwa ada sendi yang menyatu dengan lekukan penegangan ekornya. Jadi kamu harus hati-hati ketika memegang ekor dari kucing ini.

Sebab jika kamu salah pegang, bisa saja si Japanese Bobtail malah mengalami cedera pada ekornya, guys. Atau sebisa mungkin jangan pegang ekor dari kucing ini deh, guys.

6.      Sifat atau Kepribadian Kucing Japanese Bobtail

Kepribadian atau karakteristik dari sang kucing juga sangat menyenangkan, guys. Japanese Bobtail dikenal sebagai kucing yang penuh kasih sayang, pemberani, senang berpetualang, dan mereka selalu ingin diperhatikan oleh pemiliknya.

Kucing ini juga pintar dalam menghibur diri sendiri. Jadi, semisal pemilik kucing tak memberi perhatian kepada sang kucing, maka Japanese Bobtail akan mencari cara untuk menghibur dirinya sendiri.

Nah, sebaiknya jika kamu ingin pelihara kucing ini, maka kamu bisa memelihara dua Japanese Bobtail. Sebab, kedua kucing tersebut akan saling bersahabat, guys. Games banget ya, sama pola tingkah sang kucing ini.

Tapi Japanese Bobtail betina biasanya mudah bertengkar juga untuk merebutkan dominan mereka, guys. Ternyata agak susah juga merawat Japanese Bobtail. Eh, satu lagi nih, kucing ini termasuk Kucing yang cukup cerewet, guys. Ngeongan kucing Japanese Bobtail ini juga sangat khas.

7.      Kesehatan Kucing

Seperti ras kucing alami pada umumnya, Japanese Bobtail adalah kucing yang sangat sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan turunan. Yups, bisa dibilang kalau Kucing Japanese Bobtail memang kuat terhadap berbagai penyakit, guys. Benar-benar kucing yang tangguh, ya.

itulah ciri-ciri khusus dari Japanese Bobtail, guys. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk memelihara kucing unik yang aktif dan lincah ini? Eh, kamu tahu tidak, ada cerita mitos lain yang menyelimuti si kucing bundel ini.

Penasaran tidak dengan cerita tersebut?? Yuk, langsung ke pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Legenda atau Mitos Dari Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail6
Japanese Bobtail6

Legenda yang paling terkenal dari kucing ini merupakan perwujudan dari Manekineko. Sebab hal ini dikarenakan kucing bundel Jepang ini dapat duduk dengan salah satu kaki depan diangkat.

Nah,  pose duduk atau sikap duduk kucing inilah yang dikaitkan dengan Manekineko yang membawa keberuntungan, guys. Tapi ada cerita lain dari kucing Japanese Bobtail.

Jadi, diceritakan juga bahwa ada beberapa pemilik dari kucing ini yang mendengar si Japanese Bobtail ini bernyanyi, guys. Kira-kira benar tidak ya, bahwa kucing pintar satu ini dapat bernyanyi? Kamu penasaran tidak, guys.

Atau jangan-jangan itu hanya suara meongan merdu dari sang kucing saja. Kalau kamu ingin membuktikannya maka kamu bisa nih, mencoba memelihara kucing yang satu ini, guys.

Kira-kira ada minat tidak untuk mengadopsi kucing yang penuh keberuntungan ini? Kalau ada dan ada niatan membeli kucing ini, maka simak dulu pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Fakta Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail7
Japanese Bobtail7

Pada pembahasan kali ini, aku mau bahas tentang fakta-fakta dari Japanese Bobtail. Meski ada beberapa mitos atau legenda yang berkembang di sekitar Japanese Bobtail, tapi ada juga fakta yang dapat dipercaya dari kucing ini. Yuk, simak beberapa fakta menarik dari Japanese Bobtail

  1. Beda dari Kucing Jepang Lainnya

Nah, fakta pertama adalah bahwa sebuah penelitian yang mempelajari genetic dari kucing, menyebutkan bawah kucing Japanese Bobtai memiliki perbedaan genetic dari kebanyakan kucing yang ada di Jepang.

Dari fakta inilah, diyakini bawa bisa saja ras kucing Japanese Bobtail beraSal dari tempat lain atau bisa juga menunjukan bahwa ras kucing ini kehilangan sebagian besar struktur genetika asli mereka.

  1. Anak Japanese Bobtail Tidak selalu Berekor Pendek atau Bundel

Ekor pendek atau bundel dari japanese Bobtai memang didapatkan dari mutasi genetic alami. Karena hal inilah, terkadang anak dari Japanese Bobtail tidak selalu memiliki ekor bundel. Sehingga, CFA mengkalim bahwa bisa sjaa Japanese Bobtail bisa punah sewaktu-waktu.

  1. Sangat Cerdas

Kecerdasan dari Japanese Bobtail memang tidak diragukan lagi, guys. Bahkan katanya, Japanese Bobtail ini mampu mengenali nama mereka sendiri, dan akan menjawab jika dipanggil dengan nama mereka.

Jadi, kalau kamu berniat untuk memelihara Japanese Bobtail, sepertinya wajib memberikan nama untuk sang kucing, dan sebisa mungkin berikan nama yang pas untuk kucing kamu, ya guys.

Oke itu dia beberapa fakta dari Japanese Bobtail ini, guys. Selain diselimuti dengan legenda yang terkenal, ternyata ada juga fakta unik dari Japanese Bobtail.

Setelah membahas fakta, aku mau bahas tentang harga kucing ini, mungkin ada di antara kamu yang memang berniat memelihara kucing ini. Yuk, ke pembahasan berikutnya, guys!

Baca Juga:

Harga Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail8
Japanese Bobtail8

Nah, sebelum mencari pet Shop atau peternak kucing Japanese Bobtail, maka ada baiknya kamu cari tahu dulu tentang harga jual kucing Japanese Bobtail di pasaran Indonesia, guys.

Terlebih kalau kamu berniat membeli kucing secara online. Harus pastikan dulu tempat beli kucing yang kamu pilih itu aman dan tidak menipu.

Kamu perlu tahu juga, harga dari kucing itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kualitas kucing, umur kucing, jenis kucing, dan berbagai hal lainnya.

Seperti biasa, aku tadi udah sempet cari tahu tentang harga kucing Japanese Bobtail ini. Tapi sayangnya memang agak susah mencari informasi mengenai harga kucing Japanese Bobtail terbaru 2020.

Aku tadi sempat menemukan data-data mengenai harga kucing Japanese Bobtail untuk tahun 2016 dan 2017. Nah, dari data ini, aku mendapat bahwa harga kucing ini ada yang sekitar Rp1.200.000,00 – Rp1.500.000,00.

Tapi ada juga data yang menunjukkan bahwa harga kucing Japanese Bobtail bisa mencapai Rp6.000.000,00 – Rp7.000.000,00. Wahh, lumayan mahal, ya. Sepertinya masih jarang juga peternak atau breeder di Indonesia yang mengembangkan ras kucing ini, guys.

Jadi agak susah untuk cari harga kucing satu ini di pasaran. Semoga untuk kamu yang berniat memelihara kucing ini, bisa menemukan pet shop atau penjual kucing ini yang tepat dan tentunya aman, ya guys.

Kemungkinan besar bahwa harga kucing Japanese Bobtail di tahun 2020 ini sudah naik, guys. Kalau mau beli, mungkin ada baiknya kamu menyiapkan uang lebih, guys.

Informasi penting lainnya untuk kamu yang akan merawat atau adopsi kucing ini, maka aku akan kasih tahu cara merawat kucing Japanese Bobtail. Yuk, disimak caranya, agar kamu bisa merawat kucing penuh keberuntungan ini dengan benar, guys.

Baca Juga:

 Cara Merawat Kucing Japanese Bobtail

Japanese Bobtail9
Japanese Bobtail9

Kalau kamu udah pernah merawat kucing, tentunya merawat si Japanese Bobtail bukanlah hal yang sulit. Sebab, merawat kucing ini enggak jauh beda dengan perawatan kucing lainnya. Nah, agar makin jelas, aku akan uraikan cara merawatnya berikut ini.

1.      Jaga kebersihan Kucing

Guys, sebagai pemilik yang baik, kamu perlu memandikan kucing Japanese Bobtail. Kamu bisa memandikannya seminggu sekali atau bisa juga dua Minggu sekali.

Selain kebersihan badan, bersihkan juga kuping kucing dan gosok gigi sang kucing. Nah, kalau kucing kamu bersih dan wangi, pasti akan makin cantik dan terlihat sehat, guys.

2.      Menyisir Bulu

Japanese Bobtail memiliki bulu yang sangat halus. Jadi kamu tak usah selalu sering menyisir bulu kucing ini.

3.      Memberikan Makanan yang Tepat

Nah, Kucing juga butuh makanan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang, guys. Jadi berikanlah makanan yang tepat untuk kucing Japanese Bobtail. Kamu bisa memberikan makanan kering atau sesekali memberikan makanan basah pada kucing.

Nah, jika sempat bisa juga memberikan makanan buatan sendiri untuk kucing kamu. Berikan juga takaran makanan yang pas untuk kucing kamu, agar kucing kamu tidak mudah gendut atau obesitas.

4.      Ajak Kucing Bermain

Guys, kucing ini sangat aktif dan suka sekali untuk diajak bermain, selain itu, Japanese Bobtail juga bisa dibilang kucing manja yang harus selalu kamu perhatikan. Jadi sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktu ekstra untuk kucing ini.

Katanya juga kucing ini suka sekali bermain lempar tangkap. Oh iya, kucing ini pun sangat pintar dan pandai sekali membawakan barang belanjaan di mulutnya. Selain itu, ajarkanlah trik-trik permainan untuk kucing kamu ini, ya guys.

5.      Beri Vaksin dan Vitamin

Meski kucing ini adalah kucing tangguh, tapi kamu juga perlu memberikan kucing ini vaksin dan vitamin. Agar sang kucing bisa tetap sehat dan berumur panjang.

Sebab ada juga beberapa penyakit yang bisa saja terjadi pada Japanese Bobtail, seperti penyakit gangguan pada saluran kemih, penyakit ginjal, dan kanker, guys. Jadi jaga kesehatan kucing kamu dengan baik, ya guys.

6.      Bersihkan Kandang

Kandang kucing juga hal yang harus selalu rutin untuk kamu bersihkan, guys. Kucing akan nyaman berada di kandang ketika kandangnya bersih dan nyaman untuk dihuni.

Nah, itu dia berapa cara merawat atau perawatan untuk kucing Japanese Bobtail. Oh iya, sebisa mungkin perlakukan kucing kamu sebagaimana seorang keluarga kamu. Sebab dengan perlakuan baik dari kamu, maka kucing pun akan membalas semua perlakuan baik kamu dengan setimpal.

Ingat jangan berbuat kasar, seperti membentak atau bahkan memukul kucing kamu, ya guys. Oke deh, itu sedikit tips dari aku untuk merawat si Japanese bobtail atau kucing ekor bundel dari Jepang ini.

Jika tertarik untuk memeliharanya, maka kamu bisa langsung saja mengadopsi kucing pintar yang katanya membawa keberuntungan ini, guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *