Kucing Ocicat

Ocicat

Kucing Ocicat – Guys, coba sebutkan ras kucing yang kamu ketahui! Pasti banyak yang menyebutkan ras kucing Persia, Anggora, siam, Himalaya, Abyssinian, Sphynx, dan sebagainya.

Tapi kamu tahu tidak, bahwa ada ras kucing Ocicat?? Mungkin saja sedikit yang tahu tentang ras kucing Ocicat.

Namanya lucu banget, ya guys. Kira-kira kucing Ocicat memiliki penampilan yang lucu juga enggak, ya? Pasti kamu penasaran ya, dengan ras kucing Ocicat? Seperti biasanya, aku sudah menyiapkan berbagai informasi mengenai kucing Ocicat.

Mulai dari sejarah kucing Ocicat, kemudian ciri-ciri kucing Ocicat, cara merawat kucing Ocicat dan tentunya tidak ketinggalan tentang harga kucing Ocicat. So, bagi kamu yang merupakan pecinta kucing atau tertarik dengan kucing Ocicat, maka wajib baca artikel ini sampai selesai, guys.

Baca Juga:

Sejarah Kucing Ocicat

Cara Merawat Kucing Ocicat
Cara Merawat Kucing Ocicat

Untuk mengenal kucing ocicat lebih dalam lagi, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang sejarah kucing ini, guys. Nah, tadi aku uda sempat cari tahu tentang sejarah dari kucing Ocicat ini, guys.

Menurut beberapa sumber yang aku baca, Ocicat adalah kucing hasil perkawinan silang antara kucing Abyssinian dengan kucing Siam. Nah, dari keturunan mereka, disilangkan atau dikawinkan lagi dengan kucing American Curl (kucing ikal Amerika).

Nah, dari perkawinan tersebut lah kemudian lahirlah kucing ras baru bernama Ocicat, guys. Oh iya, kejadian tersebut terjadi pada tahun 1964, tepatnya di peternakan kucing yang ada di Virginia, Amerika Serikat.

Kucing lucu ini udah terintegrasi di beberapa organisasi pendaftran kucing, seperti  CFA, FIFe, TICA, AACE, ACFA, dan CCA, guys. Guys, kalau dipikir-pikir, kucing Abyssinian, siam, dan juga American Curl tidak memiliki corak tutul seperti layaknya kucing hutan.

namun Ocicat adalah kucing dengan corak unik yaitu tutul seperti kucing hutan. Cukup unik memang mantel bulu dari kucing Ocicat ini. Meskipun tidak memiliki garis keturunan kucing hutan, tapi Ocicat tampil dan terlihat seperti kucing hutan.

Oke, itu dia sejarah singkat dari kucing Ocicat ini, guys. Gimana, tertarik tidak untuk memelihara Ocicat yang memiliki tampilan seperti kucing hutan?? Eitss, sebelum membeli atau mengadopsi

kucing Ocicat ini, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu tentang ciri ciri kucing Ocicat, guys. Simak dulu deh, ulasan selanjutnya, guys.

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Ocicat

Harga Kucing Ocicat
Harga Kucing Ocicat

Nah, selain memiliki corak tutul yang menjadi ciri khas dai si Ocicat ini, tentunya ada ciri lain yang dimiliki oleh kucing Ocicat, guys.

Yups, setiap jenis kucing jelas memiliki ciri khasnya tersendiri, ya guys. Kamu penasaran tidak dengan ciri kucing Ocicat ini, guys?? Langsung saja deh, simak ulasan selanjutnya.

1.      Bentuk Wajah

Bentuk muka Ocicat termasuk cukup besar dan bundar, kemudian bentuk mata mereka bisa dibilang mirip Almond. Mereka pun memiliki telinga yang cukup besar.

2.      Postur Tubuh

Ocicat adalah jenis kucing sedang dengan berat badan mulai dari 6-8 kg saja. Bagian dada, perut, punggung atas, serta ke empat kaki si Ocicat terlihat tampak begitu berisi dan dipenuhi dengan otot.

Struktur tulang kucing ini pun kuat, guys. Kamu mungkin tak akan tahu jika Ocicat tak memiliki darah kucing hutan.

3.      Warna Mata

Mata bentuk almond yang dimiliki oleh Ocicat memiliki dua jenis warna. Yups, sejatinya si Ocicat ini memiliki warna mata hijau dan kuning saja, guys.

4.      Bulu

Ocicat memiliki bulu yang pendek, dan padat, serta tentunya sangat halusnya. Seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa bulu Ocicat memiliki corak tutul yang mirip dengan corak tutul pada macan tutul. Kira-kira ada 12 warna yang dimiliki oleh jenis kucing Ocicat ini.

Tapi yang paling diminati adalah warna merah keemasan yang tampak seperti warna dari kucing Abyssinian.

5.      Sifat Kucing Ocicat

Guys, meski terlihat sangat liar dengan corak tutulnya, tapi Ocicat adalah kucing rumahan yang sangat ramah. Mereka bahkan senang sekali melakukan penyambutan tamu yang berkunjung ke rumah. Mereka juga muda untuk beradaptasi dengan orang baru, guys.

Ocicat termasuk kucing yang sangat aktif dan cukup berisik, mereka pun tidak suka jika tidak diperhatikan oleh pemiliknya.

Sehingga mereka tidak suka jika ditinggalkan sendirian. Oh iya, Ocicat adalah kucing yang suka sekali menandai wilayah kekuasaannya dengan cara dikencingi. Mungkin ini akan menjadi hal yang cukup menyebalkan, guys.

Itu dia ciri fisik dan sifat kucing Ocicat, guys. Selain tampilannya yang unik, kucing ini juga memiliki kepribadian yang menyenangkan, sehingga akan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

Gimana jadi makin tertarik tidak untuk memelihara kucing Ocicat yang super unik ini, guys? Nah, sebelum beli kucing Ocicat, kamu perlu juga cari tahu harga kucing Ocicat, guys. Langsung saja deh, ke pembahasan berikutnya, guys!

Baca Juga:

Harga Kucing Ocicat

Ciri ciri Kucing Ocicat
Ciri ciri Kucing Ocicat

Guys, kamu penasaran tidak dengan berapa harga kucing Ocicat? Terlebih kucing Ocicat ini adalah kucing yang memiliki keturunan dari ras kucing yang bisa dibilang memiliki harga jual yang cukup mahal.

Yups, bisa dibilang si kucing Abyssinian adalah kucing yang memiliki harga mahal, guys. Jadi apakah harga jual kucing Ocicat juga mahal? Atau harga jual kucing Ocicat murah??

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa cari tahu tentang harga dari kucing ini. Jika memang memungkinkan, tak ada salahnya berkunjung langsung ke peternakan kucing Ocicat yang ada di kota kamu.

Tapi kalau di kota kamu tak ada peternakan kucing ini, maka kamu bisa cari tahu harga kucing Ocicat lewat internet, guys.

Tadi aku udah sempat cari tahu tentang harga kucing Ocicat ini, guys. Tapi emang agak susah sih, cari tentang daftar harga dari kucing ini, guys. Namun,  aku menemukan salah satu artikel daftar harga kucing Ocicat 2017, guys.

Nah, pada artikel yang aku baca itu, memberikan informasi bahwa harga kucing Ocicat bisa mencapai Rp10.000.000,00.

Memang harga yang lumayan mahal, guys. Tapi ini akan sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya dari kucing Ocicat yang memiliki corak tutul uniknya.

Mungkin memang agak susah mencari kucing Ocicat di Indonesia, sehingga susah juga dalam mencari tahu harga dari kucing ini, guys.

Oke deh, itu dia sekilas harga kucing Ocicat. Sekarang yuk, ke pembahasan berikutnya tentang cara merawat kucing Ocicat ini, guys.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Ocicat

Sejarah Kucing Ocicat
Sejarah Kucing Ocicat

Merawat kucing unik Ocicat ini tidaklah sulit. Yang terpenting jelas kamu harus tanggung jawab saja dengan kucing kamu ini, guys. Yuk, simak saja ulasannya berikut ini tentang perawatan kucing Ocicat.

1.      Jaga Kebersihan Kucing

Guys, kucing memang perlu untuk kamu mandikan. Tapi untuk kucing Ocicat ini, tidak perlu untuk sering dimandikan, guys. Sebab, Ocicat tidak memiliki bulu lapisan dalam yang kuat terhadap air. Jadi, jika sering memandikan Ocicat, maka sang kucing akan gampang sakit, guys.

Bersihkan juga kuping, lalu sikat gigi kucing Ocicat jika memang kamu memiliki kemampuan itu. Selain itu, bersihkan area mata kucing dengan air hangat.

2.      Jaga Keindahan Bulu

Kamu pun harus bisa merawat keindahan bulu dari kucing Ocicat ini, guys. Untuk itu, kamu bisa menyisir bulu kucing ini seminggu sekali saja, untuk mengangkat bulu mati yang ada di tubuh sang kucing.

3.      Berikan Makanan yang Tepat

Sebagai mahluk hidup, jelas kucing butuh makan untuk sumber energi sang kucing. Maka dari itu, berikan makanan kucing Ocicat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tubuh sang kucing, guys.

Kamu bisa menggunakan pakan kucing kering ataupun basah yang banyak dijual di pasaran.

4.      Mengajak Kucing Bermain

Ocicat cat adalah kucing yang senang bermain. Mereka sangat suka jika kamu ajak bermain. Selain itu permainan kesukaan mereka adalah lempar tangkap.

Yups, kamu bisa ajarkan trik permainan lempar tangkap kepada kucing Ocicat mu ini, guys. Kamu pun bisa ajak mereka jalan-jalan santai, sebab kucing ini pun dapat kamu ajak jalan-jalan dengan rantai kucing.

5.      Jaga Kebersihan Kandang

Selain kebersihan tubuh kucing, kandang kucing pun perlu kamu bersihkan, guys. Yups, agar kucing nyaman saat berada di kandang, maka kamu harus menyediakan kandang yang bersih dan cukup luas. Selain itu, rajinlah membersihkan peralatan kucing, seperti peralatan makan dan minum.

6.      Memberikan Teman

Guys, kucing ini mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lainnya. Untuk itu, kamu bisa juga memelihara hewan lain, seperti anjing atau kucing untuk menjadi teman bermain dari kucing Ocicat ini.

7.      Berikan Vitamin

Nah, agar makin sehat, kamu pun perlu memberikan vitamin kepada kucing kamu. Yups, pemberian vitamin dapat membantu kucing kamu kebal dengan berbagai penyakit.

8.      Cek Kesehatan

Kamu juga perlu cek kesehatan sang kucing dengan rajin ke dokter hewan. Meskipun, kucing kamu tidak sakit, tapi pengecekan kesehatan sangat penting untuk kucing agar memperpanjang umur kucing. Oh iya, kucing ini dapat bertahan hidup selama 10-15 tahun lamanya, guys.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat kucing Ocicat, guys. Udah siap merawat kucing ini belum, guys?? Yang paling penting jangan berbuat kasar terhadap kucing kamu.

Perbuatan seperti membentak, atau bahkan kekerasan fisik pada kucing, tentunya dapat membuat mental kucing sakit, serta bisa membuat kucing stres dan menjadi takut kepada kamu, guys. Pastinya kamu tidak mau jika dijauhi kucing kamu kan, guys?

Selain kucing Ocicat, masih ada beberapa kucing yang memiliki corak tutul juga, lho guys. Nah, berikut ini aku mau kasih daftar jenis kucing tutul atau kucing yang memiliki corak tutul yang tak kalah menarik dari kucing Ocicat. Langsung disimak saja yuk, guys.

Baca Juga:

Kucing  yang memiliki Corak Tutul

Ocicat
Ocicat

Nah, bagi kamu yang sedang mencari kucing dengan corak tutul, maka berikut ini aku mau kasih daftar kucing bercorak tutul yang cantik dan tak kalah dengan pesona kucing Ocicat. Langsung deh, disimak saja ulasannya berikut ini.

1.       Bengal

Kucing Bengal
Kucing Bengal

Pertama ada si populer Bengal. Yups, bisa dibilang kucing Bengal adalah kucing dengan corak tutul yang sangat populer. Meskipun memiliki darah kucing liar, tapi Bengal adalah kucing yang ramah dan pas sekali untuk kamu pelihara.

Tapi harga kucing Bengal cukup mahal, guys. Kucing ini juga cukup aktif, sehingga sebagai pemilik dari kucing ini kamu perlu sekali untuk selalu berinteraksi dengan sang kucing.

2.      Cheetoh

Cheetoh
Cheetoh

Memelihara seekor cita atau Cheetah jelas tak mungkin, ya guys. Tapi ada solusi nih, buat kamu yang tertarik dengan cheetah. Nah, kamu bisa memelihara kucing jenis Cheetoh. Yups, kucing ini memiliki tampilan yang keren layaknya seekor Cheetah, guys.

Tapi dengan ukuran yang mini. Oh iya, besar kucing ini bisa sampai 10kg, lho. Selain itu Cheetoh adalah kucing yang aktif dan penuh energi. Jadi ada baiknya sebagai pemilik kucing ini, kamu selalu berinteraksi dengan si Cheetoh ini, guys.

3.      Mau Mesir

Egyptian Mau
Egyptian Mau

Selanjutnya ada Mau Mesir atau yang sering disebut dengan Egyptian Mau. Yups, kucing satu ini juga memiliki corak tutul yang cantik, guys. Warna bulu mereka yang cantik cantik pun akan membuat kamu tak bisa lepas memandang mereka.

Yups, Mau Mesir biasanya memiliki warna bulu perak dan perunggu. Kucing ini pun terlihat manis dengan ukuran badan  yang cenderung kecil. Meskipun kecil, tapi Mau Mesir memiliki tubuh yang sangat atletis dan lentur.

4.      Savannah

Savannah Cat
Savannah Cat

Dibanding dengan Cheetoh, kucing Savannah adalah kucing yang benar-benar terlihat seperti seekor Cheetah. Yups, selain tutulnya, Savannah pun memiliki tubuh yang besar dan tinggi. Berat kucing ini bisa sampai 11 kg, guys.

Tubuh Savannah juga dipenuhi dengan otot. Meskipun tampilannya terlihat gahar, tapi Savannah tergolong ras kucing rumahan yang jinak dan ramah. Savannah pun merupakan kucing yang sangat cerdas dan senang beraktivitas.

5.      Ashera

Ashera
Ashera

Selanjutnya ada kucing dengan harga yang sangat fantastis, guys. Yups, kucing satu ini bisa dihargai sampai 1,4 milyar rupiah, guys. Dengan harga tersebut, menjadikan kucing ini hanya dapat dimiliki oleh orang kaya atau sultan, guys.

Kucing ini adalah kucing yang diciptakan oleh manusia dari beberapa ras kucing unggulan. Pantas saja harganya sangat mahal, ya guys. Kalau dilihat kucing ini memang agak mirip dengan kucing Savannah yang menjadi indukan dari kucing Ashera ini, guys.

Selain itu, Ashera adala kucing yang tidak menimbulkan alergi, lho guys. Jadi akan cocok dipelihara oleh penderita alergi bulu kucing. Ashera pun memiliki kepribadian yang hampir mirip dengan anjing. Serta kucing ini tidak takut dengan air, guys.

6.      Serval

Serval
Serval

Selanjutnya ada kucing Serval yang memiliki tutul pada tubuhnya. Tapi sejatinya kucing Serval adalah kucing liar yang berasal dari Afrika, guys. Namun ada nih salah satu publik figur Indonesia yang memelihara kucing Serval ini.

Yups, benar sekali Rachel Vennya adalah publik figur Indonesia yang memelihara kucing ras Serval ini, guys. Kucing Serval tampil dengan pesonanya yang terlihat begitu eksotis. Sama seperti kucing liar pada umumnya, Serval memiliki tampilan tubuh yang tinggi serta ramping.

Mereka pun terlihat sangat kuat. Jika kamu berniat memelihara kucing ini seperti Rachel Vennya, maka kamu butuh kandang kucing yang luas, dan kucing ini juga membutuhkan makanan daging segar, guys. Harga kucing ini tidak murah, sebab harganya bisa mencapai 200 juta rupiah.

Itu dia beberapa kucing dengan corak tutul yang eksotis dan cantik, selain kucing Ocicat. Gimana, adakah kucing yang menarik hati kamu?? Tapi kucing dengan corak tutul yang eksotis tergolong kucing yang mahal, ya guys.

Tapi kalau kamu miliki uang sih, jelas bukan masalah jika ingin memelihara kucing dengan harga mahal. Oke deh, itu dulu pembahasan kali ini tentang kucing Ocicat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *