Kucing Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair

Kucing Oriental Shorthair – Guys, tahu tahu tidak ternyata ada ras kucing oriental shorthair. kira-kira kucing oriental short hair itu seperti apa ya? Kamu penasaran tidak dengan ras kucing ini? Nah, seperti biasanya aku akan membagikan informasi mengenai kucing Oriental Shorthair nih, guys.

Aku telah mengumpulkan berbagai informasi mengenai kucing ini mulai dari sejarah kucing Oriental Shorthair, ciri-ciri kucing Oriental Shorthair, kemudian aku pun akan memberitahukan harga harga dari kucing ini, tak ketinggalan pula aku akan memberikan informasi cara merawat kucing Oriental Shorthair ini, guys.

Jadi, untuk kamu yang penasaran ataupun tertarik dengan kucing Oriental Shorthair, maka wajib sekali untuk membaca ulasan kali ini sampai selesai, guys. Oke deh, langsung ke pembahasan pertama kali ini, guys.

Sejarah Kucing Oriental Shorthair

Mengenal kucing jangan tanggung-tanggung, guys. Kamu harus tahu juga asal usul atau sejarah dari kucing tersebut. untuk itu, aku akan memberitahu tentang sejarah kucing Oriental Shorthair.

Jadi awal mula terciptanya kucing ini adalah ketika peternak kucing di Inggris mencoba untuk melakukan perkawinan silang antara kucing Siam dengan ras kucing British Shorthair, dan juga dengan kucing ras Russian Blue.

Tapi para peternak kucing di Amerika, juga melakukan persilangan Kucing yang sedikit berbeda. Nah, mereka menyilangkan ras kucing siam dengan American Shorthair, dan juga dengan kucing Abyssinian. TICA telah mengakui ras kucing Oriental Shorthair pada tahun 1985.

Kemudian disusul oleh CFA yang mengakui ras ini pada tahun 1988. Selain TICA dan CFA, oriental Shorthair pun telah terintegrasi di ACFA, dan FIFe. Oh iya, kucing oriental tak hanya memiliki bulu pendek, tapi ada juga yang memilki bulu panjang atau lebih dikenal dengan Oriental Longhair.

Oh iya, kucing ini telah ditetapkan sebagai kucing yang berasal dari Inggris, guys.

Nah, itu dia sejarah dari Oriental Shorthair, guys. Gimana, setidaknya udah sedikit sedikit kenal dan paham mengenai kucing oriental short hair.

Baca juga: Kucing Somali

Nah, agar makin kenal dengan kucing satu ini, mari kita simak ulasan berikut nya. Yups, di ulasan berikutnya aku akan membahas tentang ciri-ciri kucing kucing oriental shorthair. Langsung cuss dehh ke ulasannya, guys!

Ciri-ciri Kucing Oriental Shorthair

Kucing satu ini memiliki ciri-ciri yang begitu tampak jelas untuk tampilan fisiknya. Dari pada kamu makin penasaran dengan ciri khas dari kucing ini, maka langsung saja deh, simak ulasannya berikut ini, guys.

1. Bentuk Wajah

Bisa dibilang, kucing ini memiliki bentuk wajah yang cukup ekstrem. jadi, bentuk wajah kucing ini sangat kecil dan tirus dengan bentuk wajah seperti baji segitiga.

Selesai itu, kucing ini memiliki moncong yang begitu mancung, guys. Lalu telinga atau kuping kucing ini berukuran besar dan panjang. Bahkan besar telinganya hampir sama dengan besar kepalanya, guys. Bisa bayangin dong, seberapa besar telinga kucing ini, guys.

2. postur Tubuh

Guys, kucing kucing ini tampil dengan tubuh yang begitu anggun, sebab tubuh kucing sangat sangat ramping. Yups, bisa dibilang dari ujung kepala sampai ujung kakinya, Oriental Shorthair memiliki kaki, badan, ekor, dan leher yang ramping serta panjang.

Ketika berjalan, mereka terlihat seperti sendang berjinjit. Meskipun bertubuh sangat ramping dan tak terlihat seperti kucing yang kuat, namun ternyata kucing ini adalah kucing yang tangguh dan kuat. Sebab tubuh mereka dipenuhi dengan otot, guys.

Bisa disimpulkan, bahwa Oriental Shorthair adalah kucing kurus dengan kepala yang kecil serta sangat maju. Berat mereka kurang lebih sekitar 5-7 kg saja, guys.

3. Bulu

Nah, untuk Oriental Shorthair, tentunya memiliki bulu yang cenderung pendek, guys. Meskipun pendek, jika kamu bisa merawat dengan baik, maka kucing ini akan memiliki bulu yang indah dan mengkilap. Kucing ini memiliki banyak sekali corak dan warna bulu, guys.

4. Mata

Nah, Kucing Oriental Shorthair memiliki mata yang berbentuk seperti almond. Untuk warna mata dari kucing ini adalah warna biru, hijau, kombinasi hijau cerah dengan warna  putih dan biru.

Selesai itu ada juga warna Odd eyed yang tampak seperti kombinasi waran hijau dan biru, guys. Wahh, kedengarannya mata si Oriental Shorthair memiliki warna yang sangat indah, ya guys.

5. Sifat atau Kepribadian

Selanjutnya aku mau kasih tahu ke kamu tentang ciri yang tidak nampak atau sifat kucing Oriental Shorthair. Nah, Oriental Shorthair adalah kucing yang aktif, lincah, atletis, dan sangat suka bermain. Mereka sangat tidak suka diabaikan, jika kamu mengabaikan mereka maka kucing ini akan gelisah dan bisa saja mengeong dengan berisiknya.

Yups, bisa dibilang si Oriental Shorthair adalah kucing yang cukup berisik, bahkan mereka bisa mengeong tanpa alasan, bahkan tak jarang mereka ngambek gara-gara keinginannya tak tercapai. Jelas ini akan tidak cocok untuk kamu yang lebih suka ketenangan, guys. Mereka juga menjadi kucing yang sangat percaya diri.

Oh iya, meskipun cenderung berisik, tapi si Oriental Shorthair adalah kucing yang setia dan penuh dengan kasih sayang. Mereka pun bisa sangat manja dengan pemiliknya. Kadang mereka senang sekali jika kamu pangku dan mengelus dengan lembut bulu mereka.

Oke itu dia ciri dan karakteristik dari kucing Oriental Shorthair, guys. Jadi, tertarik tidak untuk merawat atau adopsi kucing ini, guys?? Untuk kamu yang ingin memiliki kucing dengan tampilan yang unik, maka Oriental Shorthair bisa menjadi pilihan kamu, guys.

Tapi kira-kira berapa harga kucing Oriental Shorthair, ya?? Apakah mahal atau murah?? Nah, ke pembahasan berikutnya dulu yuk, guys.

Harga Kucing Oriental Shorthair

Guys, sebenarnya mamang lebih enak mencari tahu harga kucing langsung di tempat jual kucing Oriental Shorthair. Sebab kamu akan tahu kepastian harga kucing tersebut.

Tapi emang engga semua tempat menyediakan kucing ini sih, guys. Mungkin karena minimnya ketertarikan pecinta kucing di Indonesia terhadap kucing ini, menjadikan mencari tahu harga sang kucing lewat internet juga cukup sulit, guys.

Baca juga: Kucing Pixie-bob

Yups, tadi aku udah sempat cari tahu harga kucing Oriental Shorthair di Indonesia, tapi ternyata aku tidak menemukan data tentang harga kucing ini di Indonesia. Bahkan aku membaca beberapa artikel dari luar negeri, tapi tetap saja tidak ada daftar harga kucing ini, guys.

Sayang sekali, ya guys. Mungkin karena pamornya yang kurang menarik, jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya seperti Anggora, Persia, Siam, Himalaya, Abyssinian, Bengal, Sphynx, dan ras kucing lainnya, menjadikan agak susah juga mencari tahu harga dari si Oriental Shorthair ini, guys.

Jika kamu beruntung, maka kamu bisa saja menemukan peternakan kucing Oriental di kota kamu. Kalau memang ada, mungkin mendatangi peternakan tersebut adalah hal yang bagus.

Maaf, guys aku tidak bisa menemukan informasi mengenai harga kucing ini. Nah, sebagai gantinya, aku mau kasih tahu cara merawat kucing Oriental Shorthair. Siapa tahi di antara kamu udah ada yang memiliki kucing yang satu ini. Yuk, disimak saja ulasannya berikut ini, guys.

Cara merawat kucing Oriental Shorthair

Perawatan kucing Oriental Shorthair, tentunya tidak jauh berbeda dari perawatan kucing pada umumnya.  Langsung saja, simak ulasannya berikut ini tentang cara merawat kucing Oriental Shorthair.

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Yang pertama jelas mengharuskan kamu untuk bisa menjaga kebersihan dari sang kucing. Untuk itu, kamu bisa saja memandikan kucing ini dua minggu sekali saja, guys. Kamu bisa menggunakan shampo khusus kucing untuk memandikan kucing ini.

Nah, dengan shampo khusus kucing, tentunya bulu si Oriental Shorthair akan terjaga dan tidak mudah rontok. Selain itu, bersihkan juga kuping, area mata, gigi kucing, dan tentunya bersihkan kuku kucing dengan rajin memotong kukunya. Untuk membersihkan area mata kucing, maka kamu bisa menggunakan air hangat.

2. Menjaga Keindahan Bulu

Karena ras kucing berbulu pendek, jadi kamu tak perlu waktu ekstra hanya untuk merawat bulu sang kucing. Kamu bisa melakukan penyisiran bulu kucing ini sebanyak 2 minggu sekali, agar tetap terlihat rapi, dan tidak menggumpal.

Gunakan sisir yang nyaman dan tidak akan menyakitkan untuk sang kucing. Jika kucing kamu terkena kutu, maka ada baiknya kamu memberikan dia obat kutu, guys. Sebab kutu akan sangat mengganggu kucing kamu.

3. Berikan Makanan yang tepat

Kamu sebagai pemilik kucing Oriental Shorthair, tentunya harus bisa memilihkan jenis ataupun merk makanan yang tepat untuk kucing kamu ini, guys.

Berikan takaran makanan yang pas untuk kucing kamu ini, guys. Ingat, jangan sampai kamu terbujuk dengan ngeongan mereka untuk memberikan makanan yang lebih banyak lagi.

Sebab si Oriental Shorthair tak boleh menjadi kucing dengan berat badan yang melebihi rata-rata. Mereka tak boleh menjadi kucing besar yang lembek, guys.

Sebab bisa saja kelebihan berat badan dapat mengganggu kesehatan tubuh mereka. Jangan lupa juga untuk memberikan minuman yang segar dan tentunya sudah matang.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Agar kucing kamu tak mudah sakit, maka tentunya kamu juga harus menjaga kebersihan kandang dari sang kucing. Kandang yang bersih, pastinya akan membuat kucing kamu memiliki mood yang lebih baik.

Kamu juga perlu membersihkan peralatan sang kucing, mulai dari alat makan, minum, mainan, dan tentunya alas yang digunakan kucing untuk tidur.

5. Ajak bermain

Nah, agar kucing kamu tak bosan dan tak menjadi rewel, maka kamu perlu untuk mengajak sang kucing bermain, guys. si Oriental Shorthair adalah kucing yang cerdas, coba saja ajarkan trik kepada kucing ini, maka kucing Oriental Shorthair akan dengan mudah menyelesaikannya.

Selain itu, kucing ini sangat suka bermain lempar tangkap, guys. Jadi pastikan kamu memiliki waktu lebih untuk kucing ini, ya guys. Kamu bahkan bisa mengajak jalan-jalan kucing ini dengan rantai leher, guys. Dengan demikian, kamu dapat mengajak kucing kamu jalan-jalan dengan mudah.

6. Berikan teman bermain

Kucing ini juga senang sekali bermain dengan hewan peliharaan lainnya. Untuk itu, kamu bisa memberikan teman berbulu untuk kucing ini. Kamu bisa saja merawat atau memelihara dua atau lebih kucing Oriental Shorthair, guys.

7. Berikan Vitamin

Nah, kamu juga perlu sesekali memberikan vitamin kepada kucing kamu, guys. Vitamin kucing, tentunya dapat membuat kucing tidak mudah terkena penyakit. Vitamin kucing dapat kamu temukan dengan mudah di pet shop yang ada di wilayah kamu.

Baca juga: Kucing Peterbald

8. Cek kesehatan

Kamu juga perlu cek kesehatan untuk kucing kamu. Untuk itu, rajinlah datang ke dokter hewan untuk mengecek kesehatan sang kucing. Selain itu, berikan vaksin juga untuk kucing kamu. Jika ingin sterilisasi, maka kamu bisa konsultasi dulu dengan dokter hewan, guys.

Oke itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat kucing Oriental Shorthair yang kamu miliki, guys. Kucing juga mahluk hidup, maka dari itu perlakuan mereka selayaknya mahluk hidup. Jangan bentak ataupun melakukan kekerasan pada kucing kamu.

Sekali lagi aku ingatkan, jika Oriental Shorthair adalah kucing yang cukup berisik, jadi kamu harus sabar menghadapi segala tingkah laku dari kucing ini. Mungkin jika kamu lebih suka ketenangan, dan termasuk orang yang mudah marah, mungkin lebih baik jangan peliharaan kucing ini, ya guys.

Tapi meskipun agak berisik, si Oriental Shorthair adalah kucing yang menyenangkan. Mereka bahkan bisa menyambut kamu di depan pintu ketika kamu pulang ke rumah. Waahh, lucu sekali ya, tingkah dari Oriental Shorthair ini, guys.

Rasa capek pun akan hilang ketika disambut kucing kesayangan kamu tepat di depan pintu. Oh iya guys, memelihara kucing juga membutuhkan biaya yang cukup banyak, jadi pastikan kamu memiliki uang ekstra untuk perawatan kucing Oriental Shorthair kamu, ya guys.

Sebab biaya sebulan untuk kucing saja bisa mencapai 500 ribu rupiah, guys. Tentunya bukan biaya yang murah, ya guys. Belum lagi jika kucing kamu sakit, jelas kamu membutuhkan biaya ekstra, ya guys.

Guys, aku juga mau memberikan informasi mengenai masalah kesehatan dari kucing ini. Dengan mengetahui masalah kesehatan yang bisa saja terjadi kepada kucing Oriental Shorthair, maka kamu akan bisa mengatasi atau bahkan mencegah agar penyakit tersebut tidak menyerang kucing kamu.

Masalah Kesehatan Kucing Oriental Shorthair

Sebagai kucing yang memiliki garis keturunan dari kucing Siam, kucing Oriental Shorthair memiliki masalah kesehatan yang tak jauh beda dengan kucing Siam.

Nah, berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa saja terjadi kepada kucing Oriental Shorthair.

1. Masalah Kesehatan Pada Kandung Kemihnya

Kucing ini bisa saja terkena penyakit batu kandung kemih

2. Masalah Pada Hati

Selain penyakit pada kandung kemih sang kucing, kucing Oriental Shorthair pun dapat terkena masalah penyakit yang menyerang bagian hatinya. Seperti penyakit Amiloidosis hati

3. Kanker

Selanjutnya, kucing Oriental Shorthair pun dapat terserang sel kanker.

4. Mata Juling

Terakhir, ada masalah kesehatan yang dapat menyerang matanya. Yups, bisa saja mata kucing Oriental Shorthair menjadi juling.

Itu dia beberapa masalah kesehatan yang bisa saja terjadi kepada kucing Oriental Shorthair. Sejati, kucing Oriental Shorthair adalah kucing yang sehat.

Untuk itu, kamu pun perlu merawat kucing ini agar tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit. Oh iya, kucing ini dapat bertahan hidup kurang lebih sekitar 8 – 12 tahun, jika dapat kamu rawat dengan benar, guys.

Itu dia penjelasan singkat dari aku tentang kucing Oriental Shorthair yang bertubuh anggun dan elegan, guys. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memelihara kucing ramping berbulu pendek ini, guys?? Kucing ini bisa saja menjadi pilihan tepat untuk kamu yang tak suka dengan kucing bulu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *