Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue, Kucing dengan Warna Bulu Unik yang Elegan – Guys, sebagai pecinta kucing atau istilah kerennya cat lovers, pasti udah paham betul bahwa ada banyak sekali ras kucing di dunia ini. Nah, salah satunya adalah ras kucing Russian Blue.

Yups, bisa dibilang kalau Russian Blue ini menjadi salah satu kucing hias atau kucing peliharaan yang cukup populer, guys.

Di Indonesia juga udah lumayan banyak yang jual kucing Russian Blue. Ngomong-ngomong soal Russian Blue, kamu tahu tidak tentang asal usul atau sejarah kucing ini? Mungkin banyak yang enggak tahu, nih.

Oke deh, di pembahasan kali ini aku mau bahas tentang kucing Russian Blue. Mulai dari sejarah, harga kucing Russian Blue, ciri ciri kucing Russian Blue, cara merawat kucing Russian Blue, dan hal menarik lain.

Jadi untuk kamu yang kepo tentang kucing ini, dan emang berniat adopsi kucing Russian Blue, wajib banget untuk pantengin artikel ini sampai akhir.

Mari, kita bahas dulu tentang sejarah kucing Russian Blue ini.

Baca Juga:

Sejarah Kucing Russian Blue

Russian Blue11
Russian Blue11

Seperti namanya, kucing ini memang diyakini berasal dari pelabuhan Arkhangelsk, Rusia. Hal inilah yang menjadikan kucing ini memiliki julukan lain sebagian kucing biru Arkhangelsk.

Selain itu, banyak juga yang meyakini bahwa sekitar tahun 1860-an, kucing ini mulai diadopsi oleh para pelaut dari Arkhangelsk ke Eropa Utara dan Inggris.

Sebagai kucing dari Rusia, sampai setelah perang dunia II kucing ini dikembangkan terutama di negara asalnya yaitu Rusia dan di negara-negara Skandinavia, guys.

Tapi sebelum perang, para peternak kucing di Amerika sudah mulai menciptakan kucing Russian Blue modern, guys. Oh iya, untuk informasi bagi kamu, bahwa pada tahun 1970-an, ada peternakan di Australia yang berhasil membuat kucing Rusia ini memiliki warna putih solid.

Nah, kucing putih Rusia ini telah diakui juga di Australia, Afrika, dan Inggris sebagai kucing dengan ras berbeda dengan ras kucing Russian Blue. Namun, CFA ( Amerika Serikat) tidak mengakui ras kucing putih Rusia ini.

Kucing satu ini pun pernah hampir mengalami kepunahan saat perang dunia II berlangsung. Tapi untungnya Russian Blue berhasil diselamatkan, guys. Untung saja tidak jadi punah.

Coba kalau punah, pasti kamu udah enggak dapat melihat pesona elegan dari kucing Russian Blue ini.

Oke, itu dia penjelasan singkat dari aku mengenai kucing Russian Blue ini. Gimana udah ada rasa tertarik tidak untuk memelihara kucing ini?? Agar makin tertarik dengan kucing ini, aku mau kasih penjelasan tentang ciri ciri kucing Russian Blue asli.

Oke, yuk dimulai pembahasan selanjutnya, guys.

Baca Juga:

Ciri-ciri kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue
Kucing Russian Blue

Guys, untuk kamu yang suka kucing sepertinya harus banget mengetahui setiap ciri-ciri khusus dari berbagai ras kucing yang ada. Nah, seperti pembahasan kita, maka aku akan membahas tentang ciri atau karakteristik dari kucing Russian Blue.

Eh, tapi sebelum ku kasih tahu tentang ciri kucing Russian Blue ini, kamu perlu tahu bahwa Russian Blue adalah kucing yang memiliki tampilan hampir sama atau mirip dengan kucing British Shorthair.

Nanti akan aku akan kasih tahu juga tentang perbedaan dari kucing Russian Blue dengan British Shorthair.

Oke, ke pembahasan kita kali ini dulu tentang ciri atau karakteristik Russian Blue

1.     Bentuk Muka

Untuk bentuk muka atau wajah dari kucing ini memiliki struktur wajah dengan bentuk segitiga, dan tulang pipi kucing ini pun tegas, guys.

Selain itu, moncong kucing juga mancung, sehingga membuat sang kucing tampak sedang tersenyum. Sehingga menjadikan kucing satu ini sangat menawan, lho. Untuk matanya, biasanya Kucing ini memiliki mata berwarna hijau yang indah dengan bentuk mata bulat.

2.     Bentuk Badan

Russian Blue memiliki leher yang pendek, dengan badan yang panjang, dan ramping yang membuat dia tambah terlihat begitu elegan. Tinggi bahu kucing satu ini hanya sekitar 25,4 cm saja.

Russian Blue juga biasanya memiliki berat badan hanya sekitar 3-7kg, saja. Untuk tubuh Russian Blue jantan lebih besar dari betinanya.

3.     Bulu

Russian Blue adalah kucing yang memiliki bulu pendek atau ras kucing dengan bulu pendek, guys. Meskipun, bulunya pendek, tapi bulu kucing ini sangat tebal dan halus.

Oleh sebab itu, terkadang Russian Blue memang terlihat lebih besar dari aslinya. Yups, benar banget bulu kucing Russian Blue membuat kucing ini seolah-olah memiliki badan yang besar.

4.     Warna Bulu

Salah satu daya tarik Russian Blue adalah warna bulunya yang menakjubkan. Warna bulu Russian Blue emang indah banget dan membuat kucing ini menjadi Kucing yang mewah dan elegan.

Jadi warna bulu kucing ini adalah abu-abu kebiruan, guys. Jelas menjadi warna yang cukup unik, ya guys. Jadi engga heran deh, banyak yang minat dengan kucing Russian Blue asli ini.

5.     Sifat Kucing Russian Blue

Russian Blue emang memiliki rasa penasaran yang bisa dibilang lumayan tinggi, tapi di lain sisi kucing ini juga memiliki sifat yang pemalu terhadap orang asing nih, guys.

Meski begitu, kucing ini tetap memiliki sifat yang ramah, tenang, dan cerdas, mudah beradaptasi, serta lebih sensitif terhadap emosi dari manusia.

Oh iya, kucing ini pun sangat rajin menjaga kebersihan tubuh. Yups, mereka suka menjilat sekujur tubuhnya untuk membersihkan diri dari kotoran. Russian Blue juga suka sekali berjemur, lho guys.

Nah, itu dia beberapa ciri atau karakteristik dari Russian Blue. Kamu juga perlu tahu, Russian Blue dapat hidup sampai 20 tahun. Bahkan katanya bisa juga hidup sampai 25 tahun lamanya.

Asal kamu bisa menjaga kucing ini dengan baik, maka kemungkinan besar kucing ini bisa bertahan hidup lebih lama juga, guys. Namun, Russian Blue ini agak rentang terhadap penyakit, guys. Jadi selalu jaga kucing Russian Blue kamu dengan baik, ya guys.

Seperti yang udah aku sampaikan sebelumnya, bahwa kucing ini memiliki tampilan fisik yang hampir serupa dengan British Shorthair.

Agar kamu tidak kesusahan mengenali kedua kucing tersebut, maka aku akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan kedua kucing tersebut. Yuk, disimak, guys.

Baca Juga:

Perbedaan Kucing Russian Blue dan British Shorthair

Russian Blue21
Russian Blue21

Meskipun tampilannya mirip, tapi kedua kucing tersebut memiliki ciri khusus yang dapat memudahkan kamu untuk membedakan keduanya.

Dengan ciri dari keduanya ini, kamu akan mudah mengenali dan membedakan antara Russian Blue dan British Shorthair. Oke deh, aku jelasin aja langsung tentang perbedaan kedua kucing tersebut.

1. Tampilan

Sebenarnya jika kamu amati dengan seksama, maka kamu akan menemukan beberapa perbedaan dari kedua kucing ini, terutama dari segi penampilan. Jadi untuk Russian Blue ini memiliki tubuh yang lebih ramping jika dibandingkan dengan British Shorthair yang lebih besar dan berotot.

Selain badan, wajah ke dua kucing ini juga beda, lho. Seperti kata aku Russian Blue memiliki wajah kecil dengan bentuk segitiga, serta tirus.

sedangkan British Shorthair memiliki wajah bulat yang tembem. Warna matanya pun beda, untuk British Shorthair dewasa memiliki mata berwarna kuning, sedangkan Russian Blue memiliki warna mata hijau.

Oh iya, sebenarnya British Shorthair warna keabu-abuan saja yang sering dikatakan mirip dengan Russian Blue.

2. Sifat

Untuk sifatnya juga beda kok, guys. British Shorthair lebih aktif dibandingkan dengan Russian Blue. Russian Blue juga lebih pendiam  alias enggak suka terlalu mengeong kepada pemiliknya. British Shorthair bisa dibilang lebih suka bermanja-manja dengan pemiliknya.

Tapi kedua Kucing tersebut tetap suka bermain bersama pemiliknya kok, guys. Jadi selalu luangkan waktu kamu untuk bermain bersama kucing kamu, ya guys.

3. Masalah Kesehatan

Sebenernya, baik British Shorthair ataupun Russian Blue memiliki angka harapan hidup yang hampir sama. Yups, mereka sanggup hidup selama dua dekade atau 20 tahun lamanya. Sayangnya, British Shorthair lebih rentan terkena penyakit.

Bisa dibilang ada beberapa penyakit turunan yang dapat terjadi kepada kucing British Shorthair. Salah satunya adalah Hypertrophic cardiomyopathy (HCM). Namun, keduanya bisa gampang terkena obesitas.

Itu dia beberapa perbedaan dari Russian Blue dan British Shorthair, guys. Udah bisa ‘kan membedakan mana Russian Blue dan British Shorthair? Semoga udah bisa ya, guys. Jadi jangan salah sagi mengenali antara British Shorthair dan Russian Blue.

Selanjutnya aku mau bahas harga kucing Russian Blue di Indonesia, guys.

Baca Juga:

Harga Kucing Russian Blue

Russian Blue56
Russian Blue56

Kamu bisa kok, cari tempat jual kucing Russian Blue di Indonesia. Kamu bisa nih, cari informasi terkait tempat jual Russian Blue di internet, dengan mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan Russian Blue di Browser yang kamu gunakan.

Misal,  jual kucing Russian Blue Bandung, jual kucing Russian Blue Surabaya, Jual Kucing Russian Blue Jakarta.

Nah, agar menemukan harga yang tepat juga, sebaiknya kamu jangan menggunakan kata kunci harga Kucing Russian Blue 2018 atau harga kucing Russian Blue 2017. Sebab bisa saja setiap tahunya, harga kucing ini naik, guys.

Oh iya, kalau emang di kota kamu tidak ada tempat jual kucing Russian Blue, maka kamu bisa mencari di tempat jual beli online, dengan mengetikan kata kunci seperti kucing Russian Blue olx atau jual kucing Russian Blue kaskus.

Biasanya ada kok, yang jual kucing Russian Blue secara online, bahkan enggak jarang juga kamu menemukan penjual yang menjual kucing Russian Blue yang masih kecil atau kitten. Jadi jangan bingung untuk mendapatkan kucing Russian Blue untuk dijual.

Sebenarnya aku tadi juga sempat cari tahu harga Russian Blue atau kucing Russian Blue harga, khusus di Indonesia. Jangan kaget ya, untuk harganya, guys. Jadi harga kucing Russian Blue asli sangat mahal, yaitu sekitar Rp38.000.000,00 untuk usia 6 bulan.

Untuk harga jual anak kucing Russian Blue usia 3 bulan bisa mencapai Rp19.000.000,00 dan usia 2 bulan sekitar Rp10.000.000,00.

Kalau kamu mencari kucing Russian Blue murah, maka kamu bisa membeli Russian Blue mix. Sebab ada juga kucing Russian Blue mix Anggora atau kucing Russian Blue mix Perisai.

Untuk harga kucing Russian Blue mix Anggora adalah sekitar Rp900.000,00 usia 6 bulan, sedangkan harga kucing Russian Blue x Persian adalah Rp550.000,00 untuk usia 3,5 bulan. Tapi harga ini bergantung dengan kualitas kucing juga, guys.

Yups, banyak juga yang menjual kucing belum divaksin. Harga jual kucing belum divaksin memang bisa lebih murah dari yang sudah divaksin, guys.

Oke itu dia harga kucing Russian Blue Indonesia. Harga tersebut bisa dijadikan patokan juga untuk harga kucing Russian Blue di Bandung, guys. Emang agak sulit seperti mencari tempat jual Kucing Russian Blue murah. Jadi masih tertarik untuk memelihara kucing Russian Blue cat ini??

Nah, mungkin ada nih yang bertanya-tanya juga tentang harga kucing Russian Blue Malaysia atau harga kucing Russian Blue di Malaysia.

Sebenarnya aku tadi udah sempet cari tahu harga kucing ini di pasaran Malaysia, tapi informasi terkait hal tersebut sangat minim nih, guys. Mungkin saja harganya tidak jauh beda dengan harganya di Indonesia, guys.

Kalau emang memiliki uang dan pecinta kucing sih, pasti kamu tidak masalah dengan harga kucing Russian Blue cat ini yang cukup mahal. Nah, jika ada yang benar-benar tertarik dengan kucing ini, maka simak dulu pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Russian Blue

Russian Blue78
Russian Blue78

Hewan juga perlu kamu rawat dengan baik, guys. Untuk itu, aku akan kasih tahu cara merawat si Russian Blue yang menggemaskan ini.

1.     Jaga kebersihan Kucing

Kamu perlu menjaga kebersihan kucing Russian Blue yang kamu miliki. Mulai dari memandikan sang kucing dengan shampo khusus Kucing agar bulu tetap terjaga dan tidak mudah rontok, membersihkan telinga, kuku, dan mulut kucing.

Jangan lupa untuk ajak Russian Blue berjemur sehabis mandi, agar bulu kucing cepat kering, guys.

2.     Merawat Bulu Kucing

Selanjutnya kamu juga perlu merawat keindahan bulu kucing. Meskipun Russian Blue memiliki bulu pendek, tapi kamu juga harus menyisir bulu Kucing ini. Dengan menyisir kamu pun akan mengangkat bulu mati sang kucing. Kamu bisa menyisirnya 2 kali dalam sehari.

3.     Memberikan Makanan yang Tepat

Kamu harus memberikan makanan yang tepat untuk sang kucing. Berikan makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi.

Pastikan kamu memberikan takaran makanan yang pas untuk kucing kamu. Untuk makanan kucing Russian Blue, kamu dapat memberikan ikan tuna arau pun pakan yang dijual di pet shop.

4.     Sering Diajak untuk Berinteraksi

Nah, kamu juga perlu untuk selalu berinteraksi dengan kucing kamu. Kamu bisa mengajaknya bermain, atau sekadar untuk mengelus sang kucing. Dengan selalu berinteraksi dengan kucing, maka akan terjalin juga jalinan hubungan yang erat antara kamu dan kucing kamu, guys.

Yang terpenting jangan bentak kucing Russian Blue kamu, sebab suara kasar atau kekerasan yang kamu lakukan terhadap kucing, bisa membuat dia stres. Serta bisa juga membuat kucing menjadi takut dengan kamu.

5.     Jaga Kebersihan Kandang

Selain kebersihan diri kucing, kamu juga perlu rajin membuat kandang sang kucing selalu bersih. Hal ini agar kucing kamu selalu sehat dan nyaman saat berada di kandang. Kadang bersih akan membuat kucing memiliki mood yang bagus.

Itu dia beberapa cara merawat kucing Russian Blue yang menawan. Jika kucing kamu sakit, segera bawa ke dokter ya, guys.

Sekian dulu pembahasan dari aku tentang Russian Blue. Bagi kamu yang minat beli kucing Russian Blue, maka silakan dibeli saja, guys. Tapi pastiakn juga kamu memiliki uang ekstra untuk memenuhi kebutuhan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *