Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold – Kamu pecinta kucing? Gimana menurut kamu tentang hewan berbulu yang satu ini? Lucu ya? Terlebih, polah mereka yang begitu menggemaskan. Jadi tidak heran jika kucing menjadi salah satu hewan yang sering kali dipelihara oleh manusia di berbagai penjuru dunia.

Ada banyak banget nih guys ras kucing yang bisa kamu pelihara, salah satunya Kucing Scottish Fold. Sudah tahu belum ini ras kucing yang seperti apa?

Kalau belum tahu, aku bakal jelasin ke kamu tentang Kucing Scottish Fold. Tentang sejarah Kucing Scottish Fold, tentang jenis kucing scottish fold, juga bagaimana cara merawat kucing scottish fold.

Di artikel ini nanti, aku bakal uraikan lengkap buat kamu. So, gak boleh skip-skip bacanya ya!

Bagi kamu yang mungkin memang sudah pengen baget adopsi kucing yang satu ini, pasti sudah sering sekali ya cari harga kucing scottish fold murah, harga kucing scottish fold di indonesia,

harga anak kucing scottish fold, jual beli kucing scottish fold murah, kucing scottish fold murah, juga tak jarang pasti kamu cari kucing penjual kucing fold di kota kamu.

Kalau kamu tertarik dengan kucing dan ingin serius adopsi kucing sebagai peliharaan kamu, terutama Kucing Scottish Fold, kamu bisa dapatkan info harga kucing scottish fold Indonesia di sini nanti.

Sebelum kamu beli kucing scottish fold tentunya lihat dulu kan harganya, biar kamu bisa siapkan budgetnya.

Oke guys gak usah lama-lama lagi, langsung saja ya, kamu simak uraian aku tentang Kucing Scottish Fold di bawah ini! Yuk dicek, cekidot!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold
Kucing Scottish Fold

Guys, kalau kamu ingin mengadopsi atau membeli Kucing Scottish Fold ini, baiknya kamu tahu dulu ya tentang sejarah si kucing menggemaskan yang satu ini. Biar kamu paham dengan asal-usul peliharaan kamu nantinya.

Untuk itu, sebelum masuk membahas harga Kucing Scottish Folddan lain-lainnya, kamu baca dulu nih sejarah Kucing Scottish Fold berikut ini.

Kucing Scottish Fold adalah ras kucing domestik yang bisa dipelihara oleh manusia. Artinya dia tidak sedang dilindungi negara dan terancam punah ya guys, jadi kamu bisa bebas memeliharanya tanpa takut terjerat undang-undang.

Kucing ini unik banget lho guys, biasanyakan telinga kucing itu meruncing ke atas, nah untuk telinga si Kucing Scottish Fold ini tidak guys, dia memilki telinga yang terlipat ke dalam, yang menjadikannya ciri khas dari kucing jenis ini.

Dulu, kucing ini pertama kali ditemukan di Skotlandia oleh seorang petani di area pertanian di kota Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961. Sebelum bernama Scottish Fold, kucing ini diberi nama Susie. Susie ini merupakan kucing telinga lipat dengan bulu berwarna putih.

Pada saat hamil dan kemudian melahirkan, anak-anak si kucing Susie ini ternyata memiliki bentuk telinga yang sama guys, yakni telinga yang terlipat.

Dari beberapa anak kucing yang lahir, salah satunya diadopsi oleh tetangga petani tersebut, William Ross dan istrinya Mary yang merupakan pecinta kucing.

Dari sana, kucing ini diberi nama ras “Flops” atau singkatan dari floppy ears atau telinga terlipat. Dan barulah pada tahun 1966 kucing ini diberi nama ras Scottish Fold.

DI tahun yang sama, di Inggris, William Ross si pengadopsi kucing tadi, mendaftarkan ras kucing telinga lipat ini ke GCCF (Governing Council of the Cat Fancy).

Setelah mendaftarkan ras itu ke GCCF, dia memulai mengembangbiakan ras ini dengan meminta bantuan dari seorang yang bernama Pat Turner, ahli genetik.

Pengembangbiakannya berhasil guys, hingga pada tahun 1969, usahanya itu menghasilkan 76 ekor anak Kucing Scottish Fold.

Dengan hasil, 34 anak kucing dengan telinga runcing dan 42 anak kucing dengan telinga yang melipat. Ini memberikan bukti, bahwa gen yang dibawa oleh telihat lipat lebih dominan.

Tapi guys, pada tahun 1971 GCCF menghapus ras ini dari daftar ras kucing dengan alasan gennya yang belum stabil.

Pada akhirnya Kucing Scottish Fold ini dikirim ke Amerika untuk dikembangbiakan di sana. Hasil persilangan kucing ini dengan ras bulu pendek britania dan American Shorthair membuat gen ras ini akhirnya stabil.

Hingga pada akhirnya, sampai sekarang ini, kucing ras Scoottish Fold ini sudah diakui oleh TICA (The International Cat Association) dan juga CFA (Cat Fanciers’ Association).

Baca Juga:

Jenis Kucing Scottish Fold

Scottish Fold11
Scottish Fold11

Perlu kamu ketahui, untuk beberapa ras kucing, mereka memilki jenis-jenisnya juga nih guys. Jenis-jenis itu biasanya dikelompokkan berdasar corak pada bulu, berdasar panjang pendeknya bulu, bentuk hidung dan yang lainnya.

Nah, si Scottish Fold ini pun punya jenisnya juga guys. Dia memiliki dua jenis berdasarkan bentuk telinganya. Apa saja jenisnya? Berikut aku uraikan ya guys.

1. Folded Ear

Folded Ear3
Folded Ear3

Untuk jenis yang pertama ada folded ear nih guys. Sesuai namanya ya, jenis yang satu ini memilki telinga yang terlipat ke dalam. Jenis folded ear ini memiliki bentuk telinga pada umumnya ras Scottish Fold.

Perlu kamu ketahui nih guys, telinga di Folded ear ini akan terlipat dengan sendirinya ke dalam saat dia beranjak dewasa. Tahu gak kenapa? Ini dikarenakan adanya mutasi gen yang spontan dari jenis kucing tersebut.

2. Straight Ear

Straight Ear222
Straight Ear222

Jenis yang kedua yakni straight ear. Kucing Scottish Fold ini memilki telinga yang beda dari Scottish Fold pada umumnya nih guys.

Jika pada umumnya mereka memiliki telinga yang terlipat ke dalam, untuk jenis ini, mereka memiliki telinga yang sama seperti kucing-kucing pada umumnya, yakni meruncing ke atas.

Meski begitu, kucing ini masih menggemaskan kok guys, masih memilki ciri-ciri yang sama seperti Scottish Fold pada umumnya.

Baca Juga:

Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold

Straight Ear123
Straight Ear123

Selanjutnya, aku bakal kasih tahu kamu ciri-ciri si Kucing Scottish Fold ini, biar kamu gak keliru jika suatu saat nanti ingin mengadopsinya dari peternak atau penjual kucing lainnya. Apa saja ciri-ciri Kucing Scottish Fold ini? Yuk dicek di bawah ini.

1. Bentuk Kepala Unik

Nah guys, kalau kamu ingin memastikan bahwa kucing itu merupakan Kucing Scottish Fold, kamu bisa lihat dari bentuk kepalanya yang unik.

Kucing Scottish Fold ini memilki bentuk kepala yang bulat guys, semakin terlihat bulat karena telinganya yang terlipat.

Untuk matanya nih ya guys, si Kucing Scottish Fold ini memiliki mata yang bulat dan terlihat lebar. Bentuk mata seperti ini membuat si kucing semakin terlihat menggemaskan.

2. Leher Pendek

Ciri kedua yang bisa kamu gunakan sebagai tanda untuk mengenali Kucing Scottish Fold ini adalah, lehernya yang pendek. Leher pendek ini merupakan salah satu ciri-ciri Kucing Scottish Fold yang asli ya guys.

3. Karakteristik Bulu Kucing Scottish Fold

Untuk bulu kucing ini, sebenarnya bergantung pada jenisnya juga guys. Ada Kucing Scottish Fold yang memilki bulu yang tidak terlalu lebat, tapi tetap menutupi semua tubuhnya. Ada pula Kucing Scottish Fold yang mempunyai bulu panjang.

Warna Kucing Scottish Fold ini cukup beragam guys, kamu bisa menemukan beberapa Kucing Scottish Fold dengan warna bulu, hitam, putih, cokelat, Cameo, Krem, dan biru.

Gak Cuma itu, Kucing Scottish Fold ini juga memilki corak bulu yang berbeda-beda ya guys. Ada beberapa corak yang bisa kamu temui, di antaranya Tabby, Tricolor, Bicolor, Shaded, Solid, san juga spots.

4. Ciri Pada Ekornya

Kucing Scottish Fold ini memilki ekor yang gak panjang-panjang banget guys. Ekornya juga dilapisi oleh bulu yang akan menyesuaikan dengan lebat bulu yang ada di tubuhnya. Kalau bulu pada tubuhnya lebat, ekornya juga lebat guys, pun sebaliknya.

5. Postur Tubuh

Postur tubuh Kucing Scottish Fold ini gak besar kok guys, mereka memiliki ukuran tubuh yang sedang. Bobotnya pun hanya sekitar 4-6 kilogram untuk yang pejantannya. Sedangkan, untuk betinanya, memilki berat badan sekitar 2,7 kg sampai 4 kg guys.

Mereka juga bisa dikatakan pendek, karena kaki mereka yang berukuran sedang bahkan nyaris pendek.

6. Bentuk Mata

Tadi sudah disinggung di atas ya guys, kalau Kucing Scottish Fold ini memilki bentuk mata yang bulat dan lebar. Warna bola matanya pun indah guys, ada yang biru, juga ada yang kucing keemasan.

7. Hidung Kucing Scottish Fold

Kucing memang memilki bentuk hidung yang macam-macam ya guys, ada yang mancung, pesek, bahkan flat. Nah, untuk Kucing Scottish Fold ini, mereka memilki bentuk hidung yang kecil, mancung, dan berbentuk oval.

Baca Juga:

Sifat Kucing Scottish Fold

Straight Ear76
Straight Ear76

Gak Cuma manusia ya guys, kucing juga punya sifat-sifatnya sendiri-sendiri, nah begitupun Kucing Scottish Fold ini, mereka memilki karakteristik atau sifat-sifatnya juga. Apa saja sifat Kucing Scottish Fold ini? Berikut uraiannya.

1. Penyayang

Sifat pertama yang dimiliki oleh si Kucing Scottish Fold ini adalah penyayang guys. Selain penyayang, mereka juga ramah guys.

Mereka sangat bersahabat dan begitu menyayangi pemiliknya. Kalau kamu kasih dia perhatian nih guys, kamu bakal diberi feedback yang sama, bahkan dua kali lipatnya.

2. Mudah Adaptasi

Masih ada sangkup pautnya dengan sifat sebelumnya ya guys yakni ramah. Saking ramahnya, kucing ini masuk ke dalam kategori kucing yang mudah beradaptasi.

Selain ramah dengan manusia, mereka juga ramah dengan kucing lainnya, sehingga misal kamu memelihara kucing dengan ras beda, mereka akan cepat beradaptasi dengan lingkungannya dan tidak akan cemburu dengan ras kucing yang lain.

3. Banyak Tingkah

Kucing ini sangat Aktif dan banyak tingkah guys, jadi kamu harus sering-sering ajak main dia keluar ya guys, kalau tidak dia akan stress jika kamu kurung terus di dalam ruangan.

Dengan mengajaknya bermain di luar, akan membuat mood kucing jenis ini baik. So, jangan lupa ajak jalan-jalan si Kucing Scottish Fold ini ya guys.

4. Cerdas

Setiap kucing sepertinya memang cerdas ya guys, termasuk kucing yang satu ini. Bahkan Kucing Scottish Fold ini dianggap sebagai kucing yang memilki kecerdasan yang lebih dibanding dengan ras kucing yang lainnya.

Baca Juga:

Harga Kucing Scottish Fold 2020

Straight Ear31
Straight Ear31

Oke guys buat kamu yang ingin membeli Kucing Scottish Fold ini sampai mencari info tentang penjualan kucing scottish fold olx, di mana beli kucing scottish fold murah, ada gak yang jual kucing scottish fold murah?

Terus bayak juga yang sering mencari, ada gak yang jual beli kucing scottish fold, jual kucing scottish fold bandung, ada gak yang jual kucing scottish fold jakarta, jual kucing scottish fold jogja, jual kucing scottish fold surabaya,

jual kucing scottish fold bandung 2020, jual kucing scottish fold semarang,  jual kucing scottish fold di jakarta, jual anak kucing scottish fold, jual kucing scottish fold 2020, dan masih banyak lagi pertanyaan seputar itu di google.

Jawabnya ada guys, Kucing Scottish ini sudah banyak yang jual kok.

Jadi, kalau kamu mau adopsi kucing scottish fold itu mudah. Cuma ya harga kucing ini bisa terbilang cukup mahal. Kamu harus sedia budget yang cukup besar ini untuk meminang kucing telinga lipat ini.

Karena dalam mengadopsinya dibutuhkan sertifikat Pedigree. Nah, biar kamu punya perkiran budget, aku kasih daftar harga langsung saja ya di bawah ini.

1. Kucing Scottish Fold Ukarine Asli

Untuk Kucing Scottish Fold Ukarine ini dihargai 25 juta untuk umuran 1 tahun 3 bulan.

2. Kucing Scottish Fold Kaskus Murah

Untuk harga Kucing Scottish Fold Kaskus ini cukup murah guys, kamu bisa mengadopsinya dengan harga 2,5 juta untuk umuran kucing sekitar 3 bulan.

3. Kucing Scottish Fold Asli Betina Bulu Pendek Ped CFA

Kucing Scottish Fold Asli dengan sertifikat Pedigree CFA ini bisa kamu beli dengan harga 16,5 juta untuk umuran kucing 3 bulan.

4. Kucing Scottish Fold Kitten di Indonesia

Kitten ini anakan si Kucing Scottish Fold ya guys. Jenis ini dihargai sekitar 7,5 juta untuk umuran 2 bulannya.

5. Kucing Scottish Fold Asli

Kucing Scottish Fold Asli bisa kamu miliki dengan membayar ongkos sekitar 6 juta untuk anakan 2,5 bulan.

6. Kucing Scottish Fold Anakan

Untuk anakkan yang berumur 2,5 bulan, dihargai sebesar 6,5 juta.

7. Kucing Scottish Fold Mix Exotic

Kucing Scottish Fold Mix Exotic bisa diadopsi dengan harga 2,5 juta dengan umur kucing sekitar 5 bulan.

8. Kucing Scottish Fold Jantan Non-Ped

Untuk kucing Scottish Fold Jantan tanpa sertifikat, dihargai sebesar 8 juta dengan umur kucing sekitar 3 bulan.

9. Kucing Scottish Fold Dewasa PED CFA

Kamu bisa meminang Kucing Scottish Fold Dewasa Pedigree ini seharga 13 juta dengan umur kucing 6 bulan.

10. Kucing Scottish Fold Kitten Shorthair Jantan Pedigree CFA

Jenis yang satu ini, dengan umur kucing 3 Bulan, kamu bisa mengadopsinya dengan harga 16,5 juta.

Gimana guys? Cukup mahal ya harganya. Setelah tahu harganya dan kamu fix memeliharanya, kamu juga harus tahu cara merawatnya nih guys.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Scottish Fold

Straight Ear67
Straight Ear67

Setiap kucing peliharaan, memang harus mendapatkan perawatan yang baik nih guys, biar si kucing tidak terkena penyakit atau jamur. Nah, berikut ini aku bakal kasih tahu kamu cara merawat kucing Scottish Fold.

1. Memberinya vaksin

Memberi vaksin bertujuan agar si kucing selalu sehat ya guys.

2. Merawat Bulunya

Kamu harus selalu memperhatikan kesehatan bulunya juga nih guys, biar si kucing lucu terus.

3. Memberikan Makanan yang Tepat

Kamu harus memperhatikan nutrisi si kucing ini ya, biar dia tumbuh dengan sehat.

4. Memandikannya

Kendati kucing takut dengan air, kamu tetap harus memandikannya paling tidak seminggu sekali ya, agar si kucing sehat dan terhindar dari kutu, jamur dan penyakit yang lain.

Nah, itu ya guys ulasan aku tentang Kucing Scottish Fold kali ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *