Kucing Siam

Sejarah Kucing Siam

Kucing Siam – Guys, apakah kamu tahu tentang kucing Siam? Mungkin kebanyakan dari kamu hanya mengenal kucing Anggora atau kucing Persia sebagian kucing hias.

Tapi, guys ternyata ada banyak sekali ras kucing di dunia ini yang dapat kamu jadikan kucing hias yang cantik. Salah satunya adalah kucing Siam. Nah, kucing Siam ini enggak kalah lucu dan cantik juga,lho untuk dijadikan hewan peliharaan.

Mau tahu lebih dalam tentang jenis Kucing Siam enggak, guys?? Seperti biasanya aku akan memberitahu berbagai informasi mengenai kucing Siam ini. Mulai dari sejarah, ciri-ciri, harga kucing Siam, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kucing Siam.

Okee kita mulai pembahasan kita mengenai kucing Siam yang lincah!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Siam

Sejarah Kucing Siam
Sejarah Kucing Siam

Guys, kamu tahu enggak kenapa kucing ini bernama kucing Siam?? Nah, jadi ada alasan kenapa kucing ini bernama kucing Siam.

Yups, seperti namanya kucing ini memang berasal dari negeri Siam. Iya, Siam itu Thailand, guys. Jadi kucing Siam adalah kucing yang berasal dari Thailand (Thai cat).

Baca Juga: Dogs Are Even More Like Us Than We Thought

Karena hal itulah, kamu akan mudah sekali menemukan kucing ini di negara asalnya, yaitu Thailand, guys. Kamu perlu tahu juga bahwa kucing ini adalah kucing oriental pertama yang diakui.

Nah, sekitar abad ke 18, si Siam ini mulai populer dijadikan hewan peliharaan, bahkan sampai ke Eropa. Dari situlah kucing ini juga memiliki julukan Meezer, guys.

Gimana, guys udah sedikit paham kan tentang kucing ini? Jadi itu dia sedikit sejarah singkat dari kucing Siam Thailand, guys. Di Indonesia sendiri kucing ini pun mulai populer dijadikan hewan peliharaan, lho.

Kamu tertarik enggak untuk memelihara hewan ini? Pasti kamu mulai bertanya-tanya kucing siam harga berapa?? Tenang, nanti aku akan beri sedikit bocoran tentang harga kucing siam. Tapi sebelum itu, kita ke pembahasan berikutnya dulu yuk, guys!

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Siam

Kucing Siam
Kucing Siam

Guys, kamu bisa mengenali kucing Siam dengan berbagai karakteristik yang ada pada diri kucing Siam berikut aku jelaskan tentang ciri atau karakteristik dari kucing siam

1.     Sifat

Untuk sifatnya, si Kucing Siam ini memang terkenal lincah alias sangat aktif, guys. Meskipun lincah, kucing ini pun termasuk kucing yang sangat ramah kepada siapa saja, dan tentunya mudah beradaptasi.

Tapi kamu juga perlu tahu, bahwa kucing Siam ini tidak suka sendiri dan ingin selalu diperhatikan, dan cukup keras kepala juga sebenarnya, guys. Nah, jika si Siam meminta sesuatu, maka dia akan mengeong kepada pemiliknya dengan suara yang keras.

2.     Kesehatan

Ada beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi kepada Siam ini. Beberapa masalah kesehatan tersebut mulai dari masalah pada ginjalnya, jantung, ekornya bisa saja tertekuk, hernia, dan bisa saja mata kucing menjadi juling.

Tapi jika kamu bisa memelihara kucing ini dengan baik, maka sang kucing bisa saja hidup sampai 13 tahun.

3.     Bentuk Fisik

Jadi kucing Siam ini memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang atau tinggi, ekor panjang, dan bulunya pendek. Yups, meski bulunya pendek, tapi kucing ini tetap menjadi kucing peliharaan yang populer, guys.

Oh iya, kucing Siam memiliki corak bulu Color Point. Jadi, kucing ini memiliki corak bulu gelap di titik tertentu. Pola bulu kucing ini meliputi, titik warna cokelat, titik warna merah, titik warna biru, titik abu-abu dan titik ungu, guys.

Yang unik dari kucing ini adalah memiliki warna mata biru yang indah dan mempesona. Gimana cantik banget kan kedengarannya. Oh iya kucing ini emang memiliki corak bulu yang hampir mirip dengan kucing Himalaya.

Yups, sebenarnya kucing Himalaya merupakan kucing hasil keturunan dari kucing Siam. Jadi jangan heran jika kedua kucing ini tampak mirip.

Tapi tetap ada perbedaan dari kedua kucing tersebut. Agar lebih jelas mengenai perbedaan kucing Siam dan Himalaya, maka kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Baca Juga:

Perbedaan Kucing Siam dan Himalaya

HARGA SIAM
HARGA SIAM

Guys, jangan bingung untuk membedakan kedua jenis kucing ini. Sebab ada perbedaan yang cukup mencolok dari kucing Siam dan kucing Himalaya. Oke, aku akan jelaskan perbedaan kedua kucing tersebut.

1.     Bentuk Muka

Nah, dari bentuk muka kedua kucing ini sudah berbeda, guys. Jadi untuk. kucing Siam ini memiliki bentuk muka dengan kontur segitiga dan mancung atau tidak datar.

Yups, bisa dibilang kucing Himalaya ini memiliki muka bulat yang datar. Sebab, kucing Himalaya juga masih keturunan dari kucing Persia.

2.     Bulu

Siam adalah kucing yang bulunya pendek. Sedangkan kucing Himalaya memiliki bulu panjang dan lebat mirip dengan kucing Persia. Tapi ke dua kucing ini, memang memiliki corak bulu yang mirip.

Yups, ke duanya memiliki corak color point, guys. Dan inilah yang sering membuat orang kesusahan dalam membedakan kedua kucing ini

3.     Sifat

Untuk sifatnya, kucing Siam lebih lincah dan aktif, guys. Sedangkan kucing Himalaya cenderung lebih tenang.

Guys, kamu perlu tahu juga bahwa kucing himalaya adalah jenis kucing keturunan dari Siam dan Persia atau kucing Siam mix Persia.

Nah, gimana guys udah pahamkan sama kucing Siam dan Himalaya. Kalau kamu masih kepo dengan gambaran fisik kucing Siam, maka kamu bisa saja cari gambar kucing Siam di internet, agar makin tahu tentang kucing Siam.

Langsung deh, ke pembahasan berikutnya

Baca Juga:

Jenis-Jenis Kucing Siam

Screenshot 2
Screenshot 2

Nah, guys kucing Siam juga memiliki beberapa jenis. Penasaran enggak sama jenis kucing Siam?? Oke aku akan bahas jenis dari kucing Siam ini.

1.     Siam Tradisional

SIAM
SIAM

Nah, pertama ada kucing siam Tradisional, guys. Jenis Siam ini adalah jenis yang memiliki ukuran tubuh paling besar jika dibanding dengan Siam lainnya. Oh iya, katanya siam Tradisional ini memiliki bentuk kepala yang mirip buah apel .

2.     Siam Klasik

Siam Klasik
Siam Klasik

Selain Tradisional, ada juga Siam Klasik nih, guys. Nah, untuk yang jenis satu ini sebenarnya hampir mirip dengan Siam Tradisional, tapi memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan Siam Tradisional.

Siam Klasik pun memiliki ekor, kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan Siam Tradisional. Wajahnya pun lebih kecil dengan bentuk segitiga.

3.     Siam Modern

Siam Modern
Siam Modern

Selanjutnya ada Siam Modern, guys. Untuk Siam yang ini adalah hasil dari perkawinan Siam Tradisional dengan Siam Klasik, guys. Siam yang ini memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan kedua Siam yang tadi.

Selain itu, bentuk kepalanya juga mirip baji. Nah, kepalanya inilah yang menjadi ciri utama dari Siam Modern ini. Siam ini pun memiliki tubuh sangat ramping, hidung sangat mancung,  telinga runcing dan besar.

Oke, itu dia beberapa jenis Siam, guys. Gimana tertarik tidak untuk memilih si lincah Siam ini?? Nah, kalau kamu minat dengan siam ini, maka kamu juga perlu tahu harga Siam di pasaran. Oke, deh aku kasih tahu bocoran harga dari kucing Siam ini.

Baca Juga:

Harga Kucing Siam

HARGA SIAM
HARGA SIAM

Harga kucing siam ini beragam ya, guys. Harga ini jelas dipengaruhi oleh kualitas, jenis, umur, dan sebagainya. Bisa saja ada kucing Siam harga 500 ribu kebawah. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak saja ulasan aku mengenai harga kucing Siam berikut ini, guys.

1.     Harga Kucing Siam Tradisional

Nah, Untuk kamu yang mencari kucing Siam harga 500 ribu ke bawah, maka aku sarankan untuk memelihara anak kucing Siam ini, guys. Yups, sebab harga kucing Siam Tradisional ini cukup murah.

Harganya dibandrol mulai dari Rp300.000,00 – Rp Rp800.000,00 saja. Tapi ini bergantung sudah divaksi atau belum ya, guys. Kalau sudah diberikan vaksi harga anak Siam Tradisional bisa mencapai Rp900.000,00. Untuk yang sudah usia 4-6 Bulan bisa mencapai jutaan juga, guys.

2.     Harga Kucing Siam Klasik

Selanjutnya untuk Siam Klasik pun dibandrol mulai dari harga yang cukup murah, guys. Untuk anak Siam atau umur 3 bulan bisa dihargai mulai dari Rp250.000, 00 – Rp500.000,00 saja. Tapi kalau udah divaksi harganya akan naik menjadi sekitar Rp350.000,00 – Rp650.000,00.

Nah, kalau umurnya sudah semakin besar pun akan naik juga harganya, guys. Untuk umur yang 6 bulan saja bisa mencapai Rp1.300.000,00.

3.     Harga Siam Modern

Nah, ini yang paling mahal di antara jenis kucing Siam lainnya, guys. Yups, harga anak Siam Modern saja bisa dibandrol dari harga Rp800.000,00 – Rp Rp1.250.000,00 dan ini pun belum vaksi.

Jika sudah divaksi, untuk anak Siam umur 3 bulan biasanya harga kucing Siam Himalaya mulai dari Rp1.000.000,00 – RP1.400.000,00. Nah, kalau sudah umur 6 bulanan bisa dibandrol dari harga Rp1.600.000,00 – Rp2.300.000,00.

4.      Harga Kucing Siam x Persia

Nah, seperti yang aku bilang sebelumnya, bahwa hasil perkawinan antara kucing Siam dengan Persia maka akan menghasilkan kucing Himalaya.

Untuk harga kucing Himalaya pun beda-beda ya, guys. Kucing Himalaya ini bisa dibandrol dari harga Rp800.000,00 – Rp25.000.000,00. Tapi ini bergantung dengan kualitas dari kucing itu sendiri juga ya, guys.

5.     kucing Siam Mix Kampung

untuk kucing siam campuran kucing kampung atau kucing Siam kampung ini, aku belum menemukan harga yang pasti, guys.

Sebab di pasaran memang kebanyakan menjual Siam asli saja. Jika kamu penasaran dengan harganya, kamu bisa coba mendatangi Pet Shop atau tempat jual kucing yang ada di kota kamu. Tanyakan saja apakah mereka menjual kucing Siam Mix Kampung.

Oke itu dia daftar harga dari kucing Siam, guys. Gimana, apakah jadi makin tertarik untuk memelihara kucing otentik ini?

Kalau kamu tak memiliki banyak uang, maka bisa beli saja kucing Siam dengan harga yang paling murah, asal kamu juga dapat bisa memenuhi kebutuhan si kucing. Nah, aku mau sedikit membahas tentang cara merawat kucing Siam, nih guys.

Langsung saja deh, kalau kamu berencana memelihara kucing ini, maka wajib banget simak pembahasan selanjutnya.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Siam

Siam 7
Siam 7

Sebenarnya perawatan kucing Siam pun enggak jauh beda dengan perawatan kucing lainnya, guys. Jadi jangan bingung untuk merawat kucing Siam.

Tapi mungkin saja ada di antara kamu yang baru akan memelihara kucing, jadi agak sedikit kesusahan dalam merawat kucing, terutama kucing Siam. Oke, deh aku jelaskan saja ya cara merawat dari kucing Siam ini.

1.     Perhatikan Kebersihan kucing

Enggak hanya manusia saja yang harus mandi agar bersih. Kucing pun perlu mandi agar tubunya bersih dan sehat. Untuk itu, kamu juga perlu memandikan kucing Siam kamu. Kamu bisa memandikannya sekali dalam seminggu.

Perlu kamu perhatikan bahwa kamu perlu memandikan kucing kamu dengan sampo khusus kucing. Agar makin bersih, kamu juga perlu membersihkan kuping, kuku, dan gigi kucing.

2.     Perhatikan Kebersihan Kandang

Selain kebersihan kucing, kamu juga perlu rajin dalam membersihkan kandang kucing kamu. Hal ini agar kucing bisa nyaman saat di kandang, dan tidak stres. Kandang yang bersih pun akan mempengaruhi mood dari sang kucing.

3.     Beri Makanan yang Tepat

Kamu bisa memberi makanan kucing Siam berupa pakanan kering atau basah. Agar kucing kamu sehat, kamu perlu memberikan pakanan yang seimbang dan penuh protein untuk  kucing Siam kamu.

Untuk kucing Siam dewasa harus makan makanan yang mengadung 25% Protein, 40% lemak, vitamin, omega 3&6, dan beberapa persen serat. Sebaiknya, juga untuk tidak terlalu sering memberikan pakan basah pada kucing Siam kamu, guys.

Kamu perlu tahu juga, bahwa ada makanan kesukaan kucing Siam. Jadi kucing Siam sangat suka dengan daging ham dan kalkun, guys. Jadi, sesekali kamu bisa memberikan kedua jenis makanan tersebut ke pada kucing Siam kamu.

4.      Sisir Bulu Kucing

Nah, agar kucing Siam kamu memiliki bulu yang bagus, maka kamu perlu rajin juga untuk menyisir bulu kucing siam.

Dengan menyisir bulu kucing, maka akan mengangkat bulu-bulu rontok, dan pertumbuhan bulu baru pun akan cepat, guys. Oh iya, jangan lupa juga untuk memberikan obat kutu agar bulu kucing Siam kamu terhindar dari kutu nakal.

5.     Rutin ke Dokter

Nah, guys kamu juga perlu rutin membawa kucing Siam kamu untuk cek kesahatan ke dokter hewan. Yups, kucing juga butuh perawatan dokter, guys agar selalu sehat. Jadi kamu perlu membawa kucing kamu ke dokter sesuai jadwal kujungannya.

Terlebih kalau kucing kamu sakit, maka jelas kamu harus membawanya ke dokter dengan segera, agar bisa sembuh dari penyakitnya.

Enggak jauh beda dengan cara merawat kucing lainnya, ya guys? Eh, tapi kamu tahu tidak bahwa ada jenis kelinci yang memiliki bulu seperti kucing siam? Penasaran? Langsung deh, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:

Jenis Kelinci yang Memiliki Bulu Seperti Kucing Siam

Jenis Kelinci yang Memiliki Bulu Seperti Kucing Siam
Jenis Kelinci yang Memiliki Bulu Seperti Kucing Siam

Nah, enggak hanya kucing Siam saja yang memiliki corak bulu yang unik, tapi ada juga kelinci, guys. Kira-kira jenis kelinci apa ya yang mirip dengan kucing Siam? Jadi jenis kelinci yang memiliki bulu seperti kucing siam adalah kelinci dengan jenis Siamese Sable.

Yups, kelinci ini memiliki corak bulu yang mirip dengan kucing Siam, guys. Namanya ada udah mirip ya, guys. Sama seperti kucing Siam, kelinci jenis ini pun memiliki tiga corak warna dalam tubunya, yaitu cokelat muda, cokelat tua, dan agak cokelat.

Jadi gimana, mau tetap memelihara kucing Siam atau kelinci Siamese Sable saja? Atau malah mau memelihara keduanya? Yang mana saja, asal kamu bisa tanggung jawab dengan hewan peliharaan kamu.

Selain memberikan makanan, menjaga kerbersihan kucing dan kandang, membawa ke dokter, kamu juga perlu untuk selalu memperhatikan kucing kamu.

Yups, kamu perlu sesekali mengaja kucing kesayangan kamu untuk bermain-main dengan kamu. Hal ini agar kucing kamu tidak bosan dan kamu bisa lebih akrab dengan kucing kamu, guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *