Kucing Siberian

Gambar Kucing Siberian Lucu Bulu Lebat

Kucing Siberian – Guys, kamu tahu tentang kucing Siberian, tidak?? Eh, enggak tahu?? Masa sih tidak tahu?? Oke deh, kalau gitu di kesempatan kali ini, aku mau bahas tentang kucing Siberian.

Pasti udah mulai bertanya-tanya Siberian itu kucing yang seperti apa sih? Tenang, semua rasa penasaran yang ada pada dirimu sebentar lagi akan sirna.

Sebab aku udah mengumpulkan berbagai informasi mengenai kucing Siberian ini, guys. Nah, aku akan memberikan informasi mulai dari sejarah kucing Siberian, lalu ciri-ciri kucing Siberian, lalu tentang harga kucing Siberian, dan ada juga cara perawatan kucing Siberian, guys.

Pokoknya semua yang menyangkut tentang kucing Siberian akan aku sampaikan semua, guys. So, untuk kamu yang cat lovers atau pecinta kucing wajib sekali untuk membaca semua informasi yang telah aku siapkan.

Oke, yuk langsung ke pembahasan pertama kali ini!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Siberian

Siberian Cat
Siberian Cat

Untuk mengenal lebih dalam tentang kucing cantik ini, kamu juga harus tahu sejarah atau asal usul sang kucing. Nah, kucing Siberian berasal dari Siberia, Rusia, guys.

Ini adalah ras kucing domestic alami. Yups, proses terciptanya kucing ini tidak ada campur tangan dari seorang manusia. Disebutkan bahwa jika si Siberian Cat adalah kucing keturunan resmi dari Taiga, Siberian.

Nah, kamu juga perlu tahu bahwa di Taiga, Siberian memiliki iklim yang subarctic dingin. Hal inilah yang menyebabkan si kucing Siberian memiliki mantel bulu yang panjang dan tentunya tebal.

Yups, emang si si Siberian merupakan kucing dengan bulu panjang yang terlihat indah dan bahkan glamor. Bulunya inilah yang membuat kucing asal Rusia ini menjadi sangat populer.

Nah, ketika tahun 1990 si Siberian mulai dijual atau diimport ke Amerika, guys. Setelah itu mulailah TICA salah satu organisasi pendaftran kucing mengakui ras kucing Siberian. Oh iya, itu terjadi sekitar tahun 1996.

Kemudian CFA pun mengakui kucing ini pad tahun 2006, guys. Eh, katanya juga kucing Siberian adalah kucing hypoallergenic. Jadi, Kucing ini tidak akan membuat alergi, guys.

Oh iya, beberapa sumber juga mengatakan jika si Siberian ini sudah ada sejak 1000 tahun sebelum Masehi, guys. Udah  lama sekali,  ya guys.

Itulah sejarah dari kucing Siberian, guys. Jadi enggak cuma Anggora atau Persia saja yang menjadi ras kucing alami dengan bulu panjang, tapi ada juga kucing jenis Siberian yang memiliki bulu yang panjang, meskipun enggak sepanjang Persia.

Mau tahu lebih lanjut tentang si Siberian yang cantik ini?? Langsung saja deh, ke pembahasan selanjutnya!

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Siberian

Siberian1
Siberian1

Antara ras kucing satu dengan yang lainnya, jelas memiliki ciri khusus, ya guys. Itu juga berlaku untuk kucing Siberian. Yups, si cantik ini memiliki ciri khusus yang melekat pada dirinya. Nah, berikut aku mau menjelaskan ciri ciri kucing Siberian. Disimak baik-baik, ya guys!

1.      Bentuk Muka

Kucing ini memiliki bentuk kepala seperti baji yang menyatu dengan moncong pendeknya. Telinga sang kucing memiliki ujung yang meruncing, dengan mata yang kucing tak begitu besar.

2.      Postur Tubuh

Si Siberian adalah kucing dengan ukuran sedang. Bobot mereka biasanya sekitar 4,5-9kg dengan tinggi badan hanya sekitar 33 cm. Tapi kucing Siberian terlihat sangat kuat dan tangguh.

3.      Bulu

Siberian adalah kucing yang terkenal dengan mantel bulunya yang memiliki tiga lapisan. Tentunya bulu kucing ini ada yang berukuran sedang dan panjang, dengan karakteristik bulu halus dan terlihat sedikit keriting.

Siberian terkenal juga dengan ruff yang ada di bagian leher, dada, dan pada bahunya, guys.

4.      Mata

Nah, si Siberian pun memiliki warna mata yang indah, mulai dari warna hijau, emas, dan bahkan perpaduan antara hijau dan emas yang akan terlihat sangat cantik.

5.      Warna Bulu

Si Siberian terkenal dengan warna bulu putih, dan juga coklat hijau, guys. Bulu putihnya bahkan katanya lebih terlihat bagus jika dibandingkan dengan kucing Anggora, guys. Dari perpaduan warna bulu si Siberian inilah menciptakan beragam corak pada bulu mereka.

6.      Sifat atau Kepribadian

Sifat kucing Siberian ini sangat terkenal dengan keramahan, dan penuh kasih sayang. Selain itu, mereka juga terkenal dengan kelincahannya, guys.

Oh iya, mereka bisa sangat menyayangi kamu sebagai pemiliknya, jika kamu juga memperhatikan Siberian dengan benar. Bahkan, Siberian dapat mengikuti kemana pun kamu pergi.

Selain itu yang akan membuat kamu senang adalah kucing Siberian dapat menyambut kamu di depan pintu ketika kamu pulang.

Nah, Siberian pun sangat suka sekali tidur dengan pemiliknya, lho guys. Satu lagi yang perlu kamu tahu, Siberian cat termasuk kucing yang pendiam, tapi sesekali mereka bisa mengeluarkan suara yang sangat manis dan khas. Waahh, menyenangkan sekali, ya Kucing Siberian ini.

itu dia ciri ciri dan tentunya kepribadian atau sifat dari kucing Siberian, guys. Gimana, tertarik tidak untuk peliharaan kucing Siberian, guys??

Dengan pesona fisiknya yang cantik, serta kepribadian yang sangat menyenangkan, tentunya kucing Siberian dapat memikat siapa saja untuk memeliharanya.

Mungkin termasuk kamu udah mulai terpikat dengan Siberian ini?? Tapi kira-kira berapa harga kucing Siberian?? Penasaran tidak dengan harga kucing Siberian? Apakah harga kucing Siberian murah atau malah mahal??

Baca Juga:

Harga Kucing Siberian

Siberian2
Siberian2

Nah, sebelum mendatangi tempat jual kucing Siberian, kamu perlu cari-cari tentang harga kucing ini di pasaran Indonesia, guys.

Kamu bisa mencari harga jual kucing Siberian di internet, dengan mengetikan kata kunci seperti jual kucing Siberian, Kucing Siberian harga, atau kata kunci harga kucing Siberian, dan kata kunci lainnya. Nanti akan muncul deh, berbagai harga dari kucing ini.

Bahkan banyak juga yang jual kucing ini secara online, seperti di olx atau Kucing Siberian olx, dan kucing Siberian Kaskus.

Nah, tadi aku iseng-iseng cari harga jual kucing Siberian, nih. Aku menemukan harga kucing ini dijual dengan harga yang beragam. Di Olx, kucing Siberian dijual dengan harga mulai dari Rp1.500.000,00 – Rp4.000.000,00, guys.

Harga yang cukup mahal ya, guys. Tapi biasanya harga jual bergantung dengan kualitas si kucing, guys. Kalau udah divaksin ya harganya lebih mahal dibandingkan yang belum divaksin, guys. Oke, deh itu dia harga kucing Siberian di Indonesia, guys.

Gimana tertarik untuk beli tidak, guys?? Kalau kamu tertarik dengan kucing ini, ada baiknya kamu juga perlu tahu cara perawatan kucing Siberian, guys. Pada ulasan selanjutnya, aku mau bahas cara merawat kucing Siberian. Langsung saja deh, ke pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Siberian

Siberian3
Siberian3

Nah, bulu Siberian memang ada tiga lapis. Hal inilah yang membuat kamu harus ekstra juga dalam merawat keindahan bulu Siberian yang tebal. Untuk lebih jelasnya, langsung saja deh, simak cara merawat kucing Siberian berikut ini.

1.      Menjaga Kebersihan Kucing

Guys, layaknya kucing lainnya, Siberian pun harus kamu mandikanlah demi menjaga kebersihan kucing.

Memang tidak usah terlalu sering memandikannya, mandikan si manis ini sesekali saja. lalu gunakan shampo khusus kucing, dan setelah mandi, keringkan lah bulu sang kucing dengan benar. Kemudian, jangan lupa untuk bersihkan kuku, telinga dan gigi mereka juga, ya guys.

2.      Memberikan Makanan yang Sesuai

Agar kucing kamu sehat, maka sebaiknya kamu berikan makanan kucing Siberian yang mengandung banyak nutrisi serat gizi untuk kebutuhan sang kucing.

Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui asupan makanan yang pas untuk si Siberian. Berikan makanan dua atau tiga kali sehari, dengan jumlah yang pas (jangan kebanyakan atau kurang).

3.      Menjaga Keindahan Bulu

Guys, memang kucing Siberian memiliki mantel bulu yang panjang, tebal, padat, dan terdiri dari tiga lapis, tapi bulu sang kucing tidak mudah menggumpal atau kusut. Jadi, kamu tidak perlu terlalu sering menyisir bulunya.

Oh iya, biasanya di musim yang lebih hangat, bulu Siberian akan rontok, dan akan menebal lagi ketika musim dingin tiba. Nah, kamu pun dapat memberikan obat anti kutu, agar kucing kamu terhindar dari kutu.

4.      Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang kucing juga perlu kamu bersihkan, guys. Kucing sangat suka dengan kebersihan, sehingga dia akan sangat nyaman saat berada di kandang yang bersih. Lalu, bersihkan juga peralatan sang kucing, seperti alat makan, minum dan lainnya.

5.      Ajak Bermain

Sama seperti kebanyakan kucing, Siberian juga sangat suka bermain, guys. Untuk itu kamu perlu sesekali mengajak kucing bermain. Sediakan juga beberapa mainan untuk kucing kamu.

Oh iya, Siberian pun senang sekali jika dipangku, bahkan mereka bisa tiba-tiba saja sudah ada di pangkuan kamu. Kamu bisa memangku dan mengelusnya dengan lembut.

6.      Rutin Cek Kesehatan

Meskipun kucing ini tergolong kucing yang sehat, tapi tetap saja kamu harus rutin mengajak kucing untuk cek kesehatan ke dokter. Cek kesehatan tentunya diperlukan untuk membuat kucing sehat dan dapat bertahan hidup lebih lama.

Selain itu, kamu perlu tahu bahwa kucing ini rentan terhadap penyakit Hypertrophic cardiomyopathy (HCM). HCM adalah suatu penyakit yang dapat membuat penebalan otot jantung, guys.

Oh iya, cek kesehatan ke dokter juga diperlukan untuk mendapatkan vaksin kepada kucing kamu. Yups, kucing memang butuh vaksin agar terhindar dari masalah kesehatan. Satu lagi nih, si Siberian adalah kucing yang juga  rentan terkena obesitas, guys.

7.      Berikan Vitamin

Selain rutin cek kesehatan, kamu pun harus memberikan vitamin kepada kucing kamu. Kamu bisa saja mencampurkan vitamin pada makanan atau pun minuman untuk kucing.

Vitamin untuk kucing jelas mudah sekali untuk kamu dapatkan, jadi kamu bisa membelinya di pet shop yang ada di daerah kamu tinggal.

8.      Pelihara Dalam Ruangan

Sebagai kucing rumahan, jelas jika kucing Siberian harus kamu jaga agar tidak mudah keluar rumah.

Ini adalah untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan, seperti gangguan kesehatan, lalu agar kucing tidak kawin sembarangan dengan kucing lain atau menghindari perkawinan yang tidak terkontrol, dan hal buruk lainnya.

Untuk itu, sebaiknya jika ingin memelihara kucing, kamu perlu rumah yang cukup luas untuk kucing bermain-main. Tapi kucing ini tetap bisa hidup di rumah yang tak terlalu besar.

Guys, merawat kucing tentunya tidak bisa dibilang mudah. Untuk itu, sebagai pemilik kucing, kamu perlu sekali untuk tanggungjawab terhadap keputusan kamu dalam memelihara kucing.

Yang jelas memelihara kucing membutuhkan uang yang tak sedikit, serta kamu harus rela meluangkan waktu untuk kucing kamu, guys.

Jadi, masih tertarik untuk peliharaan si Siberian cat ini atau tidak, guys? Kalau tertarik bisa saja siapkan uang untuk biaya adopsi kucing Siberian ini, guys.

Eh, guys ada juga ternyata fakta-fakta unik dari kucing Siberian, lho. Penasaran ada fakta unik apa saja?? Oke deh, ke pembahasan berikutnya yuk, guys!

Baca Juga:

Fakta-fakta Unik Kucing Siberian

Siberian4
Siberian4

Selain kepribadiannya yang sangat menyenangkan, Kucing Siberian juga memiliki fakta unik, lho. Dijamin deh, dengan fakta unik dari kucing ini, akan membuat kamu makin tertarik dengan kucing Siberian ini. Yuk, yuk, disimak ulasannya.

1.      Tidak Takut Air

Kebanyakan kucing emang takut sekali dengan air. Bahkan enggak jarang juga ada kucing yang memberontak saat dimandikan. Nah, beda halnya dengan Siberian cat. Yups, kucing ini malah suka sekali dengan air, guys. bahkan kadang, Siberian sengaja menjatuhkan mainannya ke air, lho.

2.      Bulu yang Unik

Nah, bulu Siberian pun bisa dibilang unik nih, guys. Sebab bulu bisa tahan air, sangat tebal, padat, dan akan rontok di musim panas, serta akan menebal kembali di musim dingin, guys.

3.      Kaki Belakang Lebih Panjang

Berbeda dari kebanyakan kucing, Siberian adalah kucing yang memiliki kaki belakang yang lebih panjang. Dengan postur tubuhnya itu, si Siberian adalah kucing yang jago dalam meloncat, guys.

4.      Masa Dewasa yang Lambat

Guys, kamu perlu tahu jika Siberian adalah kucing yang masa matangnya lebih lambat dibandingkan dengan kucing pada umumnya.

Yups, untuk mencapai masa matang, Siberian butuh waktu 4 – 5 tahun, guys. Jadi enggak heran deh, kalau kucing ini masih suka bermain-main, meski usianya udah tua.

5.      Ajingnya Dunia Kucing

Ha, maksudnya gimana tuh? Jadi nih, dengan berbagai kepribadian Siberian yang sangat menyenangkan, maka kucing ini dikenal sebagai kucing yang memiliki sifat-sifat seperti anjing, guys. Mereka juga dikenal dengan kesetiaannya seperti anjing, lho guys.

6.      Pandai Berburu

Kucing Siberian pun sangat pandai dalam hal berburu tikus, guys. Bahkan dulu kucing ini dipelihara untuk mengusir hama tikus yang ada si rumah-rumah penduduk. Jika rumah kamu banyak tikus, mungkin cocok sekali untuk memelihara kucing ini.

7.      Suka Memanjat

Nah, Siberian pun menjadi kucing yang suka memanjat nih, guys. Kemampuan memanjatnya tidak diragukan lagi deh. Untuk itu, jika berniat memelihara kucing Siberian, kamu perlu menyiapkan tempat agar dia bisa memanjat dengan bebas.

8.      Hypoallergenic

Seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa kucing ini adalah kucing hypoallergenic. Tapi apakah anggapan itu adalah fakta yang benar atau cuma mitos?? Guys, sebenarnya tidak ada penelitian resmi terkait hal tersebut.

Tapi beberapa penderita alergi menyebutkan, bahwa mereka bisa hidup berdampingan secara baik dengan kucing Siberian. Jadi, bisa saja jika anggapan tersebut adalah fakta yang benar, guys. Untuk membuktikan kebenaran, coba saja buktikan sendiri, guys. Semoga sih, emang benar.

Guys, itu dia beberapa ulasan tentang kucing cantik asal Rusia, yaitu ras kucing Siberian. Gimana unik bangat kan kucing yang satu ini, guys? Kalau  tertarik bisa deh, langsung saja pelihara kucing ini. Sekian dari aku, daahhh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *