Kucing Somali

Somali cat

Kucing Somali – Guys, tahu tidak bahwa ada ras kucing bernama Somali? Iya, Somali. Namanya mirip ya, dengan salah satu negara yang ada di Afrika Timur. Tapi apakah kucing Somali berasal dari Afrika?? Penasaran tidak dengan Somali cat?? Kalau penasaran, kamu wajib banget baca artikel ini sampai selesai, sebab aku akan bahas tuntas tentang kucing Somali. Mulai dari sejara kucing Somali, ciri kucing Somali, harga kucing Somali, dan tentunya cara merawat kucing Somali. So, stay di artikel ini sampai pembahasan terakhir, ya guys.

Yuk, kita mulai pembahasan pertama kita tentang sejarah kucing Somali

Sejarah Kucing Somali

Sejarah Kucing Somali
Sejarah Kucing Somali

Sejarah kucing satu ini sebenarnya cukup panjang, guys. Jadi aku akan coba jelaskan sepaham ku ya, guys. Sebenarnya tidak ada kebenaran yang pasti mengenai asal usul mengenai kucing ini, guys. Tapi di Wikipedia menyebutkan jika kucing ini berasal dari Somalia.

Namun, dari salah satu artikel yang aku baca, melangsir dari laman thehillspet.com, menyebutkan bahwa saat ini sudah ada bukti genetik tentang asal usul dari kucing Somali. Nah, disebut jika kucing Somali adalah kucing yang berada dari daerah pantai Samudra Hindia dan Asia Tenggara. Disebut juga bahwa kucing ini adalah kucing hasil perkawinan silang antara ras kucing Abyssinian dengan ras kucing bulu panjang.

Guys, awalnya keberadaan kucing ini dianggap gagal dan tidak bisa dimasukan ke dalam ras Abyssinian. Sehingga, keberadaan sang kucing pun disembuhkan, guys.

Sampai akhirnya pada tahun 1960-an, kucing ini mulai dikembangkan oleh sebuah peternakan kucing asal Amerika. Peternakan tersebut ingin mengembangbiakan ras kucing Somali ini, dan ingin memisahkan ras kucing Somali dengan ras kucing Abyssinian.

Akhirnya di tahun 1978, CFA mengakui ras kucing ini sebagai ras kucing terpisah dari ras kucing Abyssinian. Serta memiliki kelas sendiri dalam kontes kejuaraan ras kucing di CFA. Selain CFA, kucing ini telah terintegrasi di berbagai pendaftaran ras kucing lainnya, seperti TICA, FIFe, CCA, ACF, AACE, dan juga ACFA.

Kamu juga perlu tahu bahwa banyak yang menyebutkan jika si Somali cat adalah kucing versi bulu panjang dari Abyssinian, guys. Emang kalau dilihat sekilas, si Somali ini terlihat mirip dengan kucing Abyssinian tapi memiliki bulu yang lebih panjang.

Ya, meski kucing ini digolongkan sebagai kucing dengan bulu semi panjang. Mau tahu tidak ciri-ciri lain dari kucing Somali ini?? Nah, kalau mau tahu, aku akan jelaskan tentang ciri ciri kucing Somali ini, guys. Yuk, deh disimak saja agar kamu makin kenal dengan Somali cat ini.

Ciri-ciri Kucing Somali

Ciri Ciri kucing somalia cat
Ciri Ciri kucing somalia cat

Jika emang ada niatan untuk memelihara kucing ini, maka ada baiknya kamu kenali ciri kucing Somali ini, guys. Nah, kira-kira selain bulunya yang cukup panjang dan sekilas mirip dengan Abyssinian, ada ciri lain apa lagi dari kucing Somali ini, ya guys? Yuk, intip beberapa ciri dari kucing Somali berikut ini, guys.

1. Bentuk Muka

Kepala kucing ini berbentuk segitiga, dengan ukuran kepala yang cukup besar. Telinga kucing ini panjang dan runcing ke atas dengan ditumbuhi oleh bulu-bulu halus pada bagian dalamnya.

2. Postur Tubuh

Kucing ini memiliki julukan kucing rubah. Yups, hal ini disebabkan karena postur tubuhnya hampir mirip dengan rubah. Si Somali ini termasuk kucing berukuran sedang dan tubuhnya dipenuhi otot, sebenarnya postur tubuh si Somali tidak jauh beda dengan kucing Abyssinian.

Baca juga: Kucing Pixie-bob

Somali dapat berjalan dengan anggun dan tampak sedikit berjinjit. Ekor Somali yang dipenuhi oleh bulu yang lebat dan terkesan mengembang, menjadi sang kucing bertambah mirip dengan rubah.

3. Bulu

Somali adalah kucing dengan bulu semi panjang yang halus dan tidak mudah rontok. Kucing ini hadir dengan beberapa warna bulu, mulai dari warna kebiruan, coklat kekuningan, merah serta ada juga coklat keemasan yang tampak persis seperti kucing Abyssinian.

Pada bagian di garis tulang mereka, warna bulu kucing ini terkesan lebih gelap. Ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kucing Somali. Selain itu, bulu ekor dan leher cenderung lebih panjang dibandingkan bulu di bagian tubuh lainnya.

4. Mata

Somali cat merupakan kucing dengan mata yang berbentuk seperti kacang almond. Mereka dianugerahi dengan warna mata hijau dan emas yang indah, guys.

5. Sifat atau Kepribadian

Guys, bisa dibilang kalau kucing ini adalah kucing yang sangat mandiri. Yups, mereka tidak akan terlalu menuntut kamu untuk selalu bermain dan berada di samping mereka. Kucing Somali bisa bermain dengan mainannya sendiri atau pun dengan hal menarik selama berjam-jam.

Selain itu, Somali tergolong kucing aktif, dan sangat suka melompat. Jadi siap-siap saja barang yang ada di rumahmu bisa berantakan karena ulas Somali ini, guys. Meskipun demikian, Somali adalah kucing yang memiliki tingkat sosial yang tinggi.

Mereka sangat mencintai hewan peliharaan lainnya dan dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan ataupun dengan hewan peliharaan lainnya.

Sama seperti si Abyssinian, mereka akan melompat ke tempat yang lebih tinggi, jadi bisa saja kamu menemukan si Somali di atas lemari pakaian kamu. Guys, kamu perlu tahu juga, jika cakar somali sangat kuat, selain itu mereka juga memiliki jari-jari yang kuat.

Nah, dengan jari yang kuat ini, si kucing Somali dapat menggenggam barang layaknya manusia. Jadi jangan heran, jika si kucing Somali bisa buka tutup lemari dan akan sangat mungkin untuk membuka keran air di rumah kamu, guys. Tingkah Somali benar-benar unik, ya guys.

Baca juga: Kucing Sphynx

Oke itu dia sedikit tentang ciri kucing Somali, guys. Gimana udah mulai tertarik dengan kucing ini?? Kalau kamu masih penasaran dengan gambaran kucing Somali ini, maka kamu bisa saja cari foto kucing Somali di internet, guys. Dijamin deh, kamu akan terpesona dengan kucing Somali yang terkesan gagah serta anggun ini.

Terlebih lagi jika si kucing mengembangkan ekornya, duhhh, bakalan makin jatuh cinta deh, dengan kucing ini, guys. Sebagai kerabat dekat kucing Abyssinian, apakah harga kucing Somali juga semahal kucing Abyssinian? Hayo, kira-kira harga kucing Somali mahal atau malah harga kucing Somali murah, ya guys?

Penasaran tidak, guys? Oke, deh ke pembahasan berikutnya, guys.

Harga Kucing Somali

Harga Kucing Somali
Harga Kucing Somali

Guys, sebenarnya kucing Somali termasuk kucing yang cukup langka di Indonesia. Sehingga kamu akan susah mencari ras kucing Somali ini. Bahkan dari salah satu artikel yang aku baca, tertulis jika kucing Somali baru datang di Indonesia pada tahun 2015.

Artikel ini bisa dijadikan patokan, sebab penulis artikel tersebut mewawancarai langsung seorang pemilik kucing Somali pertama di Indonesia.

Jangan kaget, tentang harga kucing ini. Sebab pemilik kucing Somali tersebut mengatakan, bahwa dia membeli kucing Somali di  Rusia dengan harga Rp100.000.000,00, guys.

Iya guys seratus juta, kamu tidak salah baca kok. Kucing Somali yang dibeli memiliki warna coklat keemasan yang menjadikan sang kucing terkesan mewah, elegan, dan tentunya menawan, guys.

Namun, ada juga beberapa artikel yang menyebutkan jika harga kucing Somali sekitar Rp5.000.000,00 – Rp7.000.000,00. Lalu dilansir dari artikel IDM times, terbaca jika harga jual kucing Somali untuk kitten berada di kisaran Rp14.000.000,00 – Rp12.000.000,00.

Memang tidak ada harga pasti yang dapat aku temukan, guys. Tapi bisa saja harga kucing Somali ini bergantung dengan kualitas kucing tersebut.

Sebab semakin bagus kualitas kucing, maka semakin mahal juga harga jual kucing Somali, guys.

Nah, dari data harga kucing Somali di Indonesia yang udah aku dapatkan, maka bisa disimpulkan jika harga kucing Somali tak jauh beda dengan harga kucing Abyssinian.

Yups, bisa dibilang sama-sama mahal, ya guys. Tapi ini berbanding lurus dengan apa yang nantinya akan kamu dapatkan, guys. Jadi masih tetap tertarik tidak untuk mengadopsi kucing Somali?

Kalau tertarik tapi belum ada cukup uang, maka kamu bisa menabung dulu, guys. Sambil menabung, kamu perlu juga mengetahui cara merawat kucing Somali.

Seperti biasanya, aku sudah menyiapkan informasi mengenai perawatan kucing Somali. Yuk, disimak infonya berikut ini, guys!

Cara Merawat Kucing Somali

Cara Merawat Kucing Somali
Cara Merawat Kucing Somali

Sebagai pemilik kucing yang baik hati, maka kamu harus bisa merawat kucing kamu dengan baik. Hal ini bertujuan agar kucing kamu bisa hidup lebih lama, dan tampilan sang kucing tetap terlihat cantik. Untuk itu, aku akan memberikan sedikit tips merawat kucing Somali.

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Sama seperti kucing yang lainnya, kucing Somali juga perlu untuk kamu mandikan, guys. Kamu harus memandikan kucing kamu dengan shampo khusus kucing, agar keindahan bulu kucing tetap terjaga, dan agar kulit sang kucing tetap sehat. Kamu bisa memandikan kucing kamu dua minggu sekali.

Selain mandi, kamu bisa juga untuk membersihkan gigi kucing. Yups, membersihkan gigi atau gosok gigi juga penting untuk kucing, agar kucing terhindar dari masalah mulut, seperti peradangan gusi. Nah, kamu pun harus rutin membersihkan telinga kucing, guys.

Baca juga: Kucing Peterbald

Karena bagian telinga kucing ditumbuhi bulu-bulu halus, maka bisa saja ada bulu rontok yang terjebak di saluran telinga kucing.

Jadi cek secara rutin bagian telinga kucing. Memotong kuku juga diperlukan, sebab seperti kata aku sebelum, kucing Somali memiliki cakar yang kuat. Jika cakar dibiarkan panjang, jelas dapat beresiko seperti kucing dapat merusak perabot rumah, lalu bisa juga melukai kamu, guys.

Satu lagi, bersihkan juga area mata kucing dengan air hangat. Bersihkan saja secara hati-hati, guys agar tidak terjadi iritasi pada area matanya.

2. Menjaga Keindahan Bulu

Somali adalah kucing dengan panjang bulu medium. Jadi kamu tak membutuhkan banyak waktu hanya untuk merawat bulu kucing ini.

Kamu bisa sisir bulu kucing dua minggu sekali, untuk mengangkat bulu rontok yang terjebak di tubuh kucing.

Sisir bulu kucing secara perlahan agar kucing kamu nyaman dan tidak merasa kesakitan. Jika ada kutu, maka kamu perlu memberikan obat kutu untuk kucing kamu, guys.

Nah, jika bulu kucing terawat dengan baik, maka tampilan kucing pun akan semakin anggun dan mempesona.

3. Berikan Makanan yang Tepat

Selanjutnya, kamu pun harus bisa memberikan makanan kucing Somali dengan tepat. Yups, si kucing juga butuh asupan makanan yang mengandung nutrisi untuk tubuhnya. Kamu bisa menggunakan merk pakan kucing yang beredar di pasar.

Untuk makanan jangka panjang, lebih baik pilih makanan kering. Ya, sesekali kamu bisa memberikan makanan basah juga untuk kucing kamu.

Pemberian makanan kucing bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari, guys. Selain itu, pastikan kamu memberikan minuman kucing yang bersih, segar, dan matang, ya guys. Sebab minuman mentah dapat menggangu pencernaan kucing, dan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare. Kasian sekali kan kalau si Somali sampai sakit?

4. Ajak Bermain

Meskipun bisa bermain sendiri, tapi tetap saja sesekali kamu harus mengajak kucing Somali kamu bermain, guys. Sebab kucing tetap butuh perhatian dari sang pemiliknya. Kamu bisa mengajari permainan yang dapat mengasah otak kucing.

Yups, kucing Somali termasuk ras kucing yang cerdas, lho guys. Jadi dia akan dengan mudah belajar trik permainan yang kamu ajarkan, guys. Jangan lupa juga, sesekali ajak kucing ini ke luar rumah untuk jalan-jalan santai dan agar tidak bosan di rumah.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Nah, kamu juga perlu nih untuk menjaga kebersihan kandang, dan peralatan kucing, guys. Bersihkan alas tidur kucing, kemudian bersihkan juga peralatan makan kucing, lalu mainan kucing pun harus kamu bersihkan, guys.

Nah, kamu juga harus rajin mengganti pasir pada box pasir kucing kamu, guys. Sebab bagaimanapun juga, si kucing akan lebih nyaman ketika menggunakan box pasir yang bersih.

6. Berikan Vitamin

Guys, pasti akan sedih ya jika melihat kucing kesayangan kamu ini menjadi sakit. Untuk itu, kamu bisa memberikan vitamin kepada kucing kamu. Pemberian vitamin ini bertujuan agar daya tahan kucing kuat. Sehingga, kucing tidak mudah sakit. .

7. Cek kesehatan

Nah, selain pemberian vitamin, agar kucing makin sehat, maka kamu perlu juga untuk rajin cek kesehatan kucing ke dokter hewan. Kamu bisa juga konsultasi kepada dokter mengenai pemberian vaksin ke kucing kamu ini, guys.

Mudah sekali kan memelihara si cantik kucing Somali ini, guys? Selain cara merawat kucing yang sudah aku jelaskan tadi, kamu juga harus bisa merawat kucing Somali kamu dengan kelembutan dan penuh kasih sayang. Kucing juga dapat sakit hati, jika kamu perlakukan dengan kasar, guys.

Oh iya, biaya merawat kucing juga tidak sedikit, maka dari itu, kamu harus memiliki uang yang banyak untuk memenuhi kebutuhan sang kucing, guys. Kamu bahkan bisa mengeluarkan uang lebih dari sejuta dalam sebulan hanya untuk perawatan kucing saja, guys.

Baca juga: Kucing Cymric

Tapi sih, untuk yang beneran cat lovers tidak akan masalah jika harus mengeluarkan uang banyak untuk memenuhi kebutuhan kucing kesayangannya. Kalau kamu rela juga enggak untuk mengeluarkan uang banyak untuk memenuhi kebutuhan kucing, guys??

Nah, Somali cat adalah kucing yang sehat dan dapat bertahan hidup sampai 11-16 tahun jika kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar, guys. Kalau kucing kamu bisa hidup lebih lama, jelas kucing pun dapat menemani kamu lebih lama lagi, guys.

Guys, kira-kira itu saja penjelasan mengenai kucing cantik dan anggun bernama Somali. Jadi kamu tertarik tidak untuk memelihara atau adopsi kucing Somali?

Jika terjadi kamu bisa nabung dulu agar dapat memilih uang untuk biaya adopsi kucing ini. Oke deh, aku pamit ya. Sampai jumpa, see you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *