Kucing Sphynx

Sejarah Kucing Sphynx

Kucing Sphynx – Guys, kamu pasti udah tahu kalau enggak semua Kucing itu memiliki bulu yang tebal, serta bisa menutupi kulit sang kucing dengan sempurna. Yups, ada juga kucing yang memiliki bulu super tipis dan bahkan kelihatan enggak memiliki bulu sama sekali. Nah, Kucing yang aku maksud adalah kucing Sphynx.

Meski memiliki bulu yang super tipis, sehingga terlihat seperti tak memiliki bulu, tapi banyak juga para pecinta kucing yang tertarik untuk memelihara kucing satu ini. Termasuk aktor sekaligus komedian Raditya Dika. Iya, guys si Raditya Dika ini memiliki kucing Sphynx, lho.

Pasti kamu penasaran berapa harga kucing Sphynx Raditya Dika atau berapa sih harga kucing Sphynx ini?? Penasaran enggak dengan harga dari kucing Sphynx yang tak berbulu? Jadi seperti biasa, aku akan memberikan berbagai informasi mengenai kucing Sphynx ini.

Mulai dari kucing Sphynx harga atau harga kucing Sphynx mulai dari kucing Sphynx tipe kitten hingga dewasa, asal kucing Sphynx atau sejarah dari sang kucing, ciri-ciri kucing Sphynx, cara merawat kucing Sphynx, dan hal lain yang masih berhubungan dengan kucing Sphynx.

So, buat kamu yang emang ada niatan untuk adopsi kucing Sphynx, maka wajib banget untuk baca ulasan dari aku kali ini, guys!

Ke ulasan pertama kita dulu, yuk guys.

Sejarah Kucing Sphynx

Sejarah Kucing Sphynx
Sejarah Kucing Sphynx

Nah, sejarah kucing juga wajib kamu ketahui sebagai pecinta kucing, guys. Kira-kira  kucing Sphynx berasal dari Negara mana?

Untuk menjawab pertanyaan mu itu, kamu bisa baca sejarah kucing Sphynx yang akan aku uraikan. Jadi, kucing ini telah ditetapkan sebagai kucing yang berasal dari negara Kanada. Yups, meski namanya emang diambil dari patung Sphynx di Mesir, tapi kucing satu ini bukan dari negara Mesir, ya guys.

Nah, awal mula kucing ini berasal dari sepasang kucing lokal di Kanada yang melahirkan kucing tanpa bulu (yang terjadi karena mutasi genetik). Itulah cikal bakal dari pengembangbiakan kucing tanpa bulu.

Tapi eksperimen atau pengambangbiakan kucing tanpa bulu ini sempat dihentikan. Sebab CFA mengklaim bahwa jika kucing tidak memiliki bulu, maka akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup sang kucing.

Baca juga:

Meskipun, begitu selang beberapa waktu tiba-tiba datang keajaiban. Yups, Kucing tanpa bulu lahir kembali dari ras kucing domestik.

Tapi kali ini kelahiran kucing tanpa bulu ini ada di Amerika. Lalu ada seorang peternak kucing yang memulai lagi untuk mengembangbiakan ras kucing tanpa bulu, dengan cara mengawinkan anak kucing tanpa bulu tersebut dengan ras kucing Devon Rex.

Hasil dari kawin silang inilah yang menghasilkan Kucing tanpa bulu yang jauh lebih sehat dan bugar dari kucing tanpa bulu sebelumnya.

Dari proses kawin silang itulah menghasilkan kucing bernama Sphynx, guys. Untuk saat ini, jenis kucing Sphynx ini sudah terdaftar di berbagai organisasi pendaftran kucing di dunia, lho.

Jadi itulah sejarah singkat atau asal kucing Sphynx, guys. Meskipun tanpa bulu kucing ini tetap bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Terbukti dengan Kucing Sphynx Raditya Dika yang masih sehat aja sampai sekarang. Kalau kamu minat tidak untuk merawat kucing Sphynx?? Sebelum merawat atau memelihara sang kucing Sphynx, lebih baik kenali  dulu ciri-ciri atau karakteristik kucing Sphynx ini. Langsung deh, disimak ulasannya berikut ini, guys.

Ciri-ciri Kucing Sphynx

Agar lebih mengenal kucing unik satu ini, maka kamu bisa menggali berbagai informasi mengenai ciri-ciri dan tentunya karakteristik sang kucing Sphynx ini. Mau tahu tidak tentang ciri dan karakteristik kucing ini? Yuk, disimak saja ulasannya berikut ini.

1. Bulu

Pasti kamu bertanya-tanya, emang kucing Sphynx memiliki bulu? Bahkan kucing ini memiliki julukan kucing gundul, sebb enggak memiliki bulu seperti kucing pada umumnya. Tapi seperti yang udah aku katakan di awal, bahwa sebenarnya kucing ini memiliki bulu.

Ya, bulunya emang tipis banget jadi enggak kelihatan deh, kalau ada bulunya. Sehingga kucing Sphynx emang terlihat enggak memiliki bulu, guys.

Baca juga:

2. Tubuh

Meskipun tidak memiliki bulu, ada hal lain yang menjadikan kucing ini menarik. Yups, biasa si Sphynx ini memiliki kerutan pada tubuhnya. Kerutan inilah yang membuat dia terlihat menarik dan juga eksotis, guys.

3. Postur atau Bentuk Tubuh

Kucing satu ini, biasanya hanya memiliki berat tubuh sekitar 3-6kg saja, guys. Emang bukan jenis kucing yang memiliki tubuh besar, guys. Badan kucing ini tegap, kaki ramping dan panjang. Serta dengan ekornya yang  panjang tanpa bulu.

4. Bentuk Muka

Kucing Sphynx memiliki bentuk muka yang kecil dengan kontur muka bentuk segitiga. Sehingga mocong dia memang agak maju, dan hidungnya pun tidak pesek. Mata kucing satu ini besar dan bulat. Kalau dilihat-lihat kucing ini terlihat sangar dan galak gituu dan seperti enggak ada kesan imut yang menempel pada kucing ini.

5. Warna

Guys, kamu perlu tahu meskipun bulunya dikit banget dan bahkan nyari enggak ada bulu, si Sphynx tetap memiliki beragam warna kulit yang menarik, lho. Beberapa warna yang dimiliki jenis kucing ini antara lain merah muda, putih, biru, hitam, coklat, dan juga lavender. Dari warna-warna itulah menciptakan berbagai efek warna, seprti tabby, solid, bicolor, tricolor, dan tortioseshell.

6. Sifat atau karakteristik Sphynx

Ingat ya, jangan menilai buku dari covernya. Ini juga berlaku untuk kucing Sphynx. Meski pawakan Kucing ini sangar, tapi kucing satu ini sangat lembut, ramah, dan bahkan dia suka cari perhatian, guys.

Selain itu, kuncing Sphynx juga mudah akrab dengan orang asing dan bahkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Sphynx juga sangat lincah, aktif, dan tentunya suka sekali jika kamu ajak bermain. Maka dari itu, jika kamu memelihara Sphynx wajib banget untuk selalu memberikan perhatian lebih untuk si kucing Sphynx ini. Wahh, sifat kucing Sphynx bertolak belakang dengan mukanya yang galak ya, guys.

Itu dia ciri dan sifat Kucing Sphynx, guys. Ternyata kucing satu ini memiliki sifat atau karakteristik yang menarik, ya guys. Oke, deh ke pembahasan berikutnya dulu, biar kamu lebih tahu tentang kucing Sphynx ini.

Baca juga:

Jenis Kucing Sphynx

Nah, ada juga beberapa jenis kucing Sphynx. Kita mulai deh, pembahasan mengenai jenis kucing Sphynx ini. yuk, langsung ke pembahasan kita kali ini.

1. Jenis kucing Sphynx

Nah, ini jenis asli dari kucing Sphynx, guys. Nah, si Sphynx ini mucul pada tahun 1960 an. Ini merupakan ras asli kucing Sphynx.

2. Jenis kucing Dob Sphynx

Don Sphynx atau yang lebih dikenal dengan nama Donskoy ini muncul pada sekitar tahun 1987.

3. Jenis Kucing Paterbald

Kucing ini muncul dari hasil persilangan antara Donskoy dengan kucing Siam dan juga kucing Oriental.

4. Kucing Elf

Dari kucing Sphynx kawin dengan American Curl ini diharapkan dapat menghasilkan kucing tanpa bulu seperti Sphynx dan memiliki telinga seperti American Curl. Nah, hasil dari kucing Sphynx mix dengan American Curl inilah menghasilkan kucing Elf.

5. Jenis Kucing Dwelf

Ada juga kucing Dewlf yang dihasilkan dari perkawinan silang antara Sphynx dengan American Curl dan juga kucing Munchkin.

6. Jenis Kucing Bambino

Kucing yang baru ada sekitar tahun 2000-an ini adalah hasil kawin silang antara si Sphynx dengan keturunan dari Munchkin.

7. Jenis Kucing Ukraina Levkoy

Tak hanya Scottish Fold saja yang memiliki telinga menekuk ke depan, ada juga kucing tanpa bulu Barnama Ukraina Levkoy yang memiliki telinga menekuk ke depan. Nah, kucing ini dihasilkan dari perkawinan antara Donskoy dengan Scottish Fold.

8. Jenis Kucing Kohana

Nah, Kohana baru dikembangkan di tahun 2002-an. Kucing satu ini benar-benar enggak ada bulunya, guys.

Itu dia beberapa jenis kucing Sphynx. Tertarik memelihara yang mana, guys?? Simak informasi berikut ini dulu yuk, sebelum beli kucing Sphynx.

Harga Kucing Sphynx

Guys, kalau mau beli kucing Sphynx, kamu perlu melakukan survei kecil-kecilan dulu, nih. Sebab ada nih, yang pernah ketipu dan membeli kucing Sphynx palsu.

Jadi hati-hati deh, terlebih jika kamu beli kucing Sphynx olx atau yang dijual online.

Sebenernya udah banyak juga tempat jual kucing Sphynx di Indonesia, bahkan bisa juga kamu menemukan tempat jual kucing Sphynx murah.

Seperti kata aku sebelumnya, kamu perlu survie berbagai hal tentang kucing Sphynx. Kamu bisa mencari informasi mengenai kucing di internet dengan mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan kucing Sphynx.

Mulai dari kata kunci Harga kucing Sphynx 2020, tempat jual kucing Sphynx murah, jual kucing Sphynx Bandung, jual kucing Sphynx di Jakarta, jual kucing Sphynx Surabaya, jual kucing Sphynx kitten, harga kucing Sphynx ras asli, harga kucing Sphynx tipe kitten dan sebagainya.

Jika perlu kamu cari tahu alamat peternak Kucing Sphynx atau datang langsung ke tempat jual kucing Sphynx di Indonesia, guys. Agar kamu tidak ketipu.

Nah, sebenarnya harga kucing Sphynx beda-beda juga, bisa bergantung umur kucing, dan tentunya harga kucing Sphynx bergantung kualitas si kucing itu sendiri.

Sebenernya, tadi aku juga udah sempet cari tahu tentang harga kucing di Indonesia. Jadi harga kucing Sphynx dijual dikisaran harga yang lumayan mahal.

Untuk kucing Sphynx kitten atau harga kucing Sphynx kitten adalah sekitar Rp1.800.000,00. Itu adalah harga kucing Sphynx tipe kitten dengan usia 2 bulan.

Harga ini cocok untuk kamu yang cari harga kucing Sphynx murah.

Ada juga harga Rp3.000.000,00 untuk tipe kucing Sphynx tipe anakan murah dengan usia 3 bulan. Lalu tipe jantan nonped adalah sekitar Rp6.000.000,00 usia 3 tahun, dan tipe jantan ped usia 6 bulan dibandrol harga Rp4.000.000,00.

Nah, ini yang mahal adalah tipe kucing Sphynx ras asli dibandrol dengan harga Rp20.000.000,00 untuk usia 2 tahun. Lalu usia 3 tahun harganya bisa mancapai Rp25.000.000,00, dan untuk usia 1 tahun harganya Rp10.000.000,00.

Itulah harga kucing Sphynx di Indonesia. Nah, kucing Sphynx tidak hanya dijual di Indonesia, tapi kucing Sphynx dijual di negara lain seperti Malaysia.

Kucing Sphynx untuk dijual di Malaysia bisa saja harganya hampir sama di Indonesia  dengan di Indonesia. Sebab tadi aku udah cari informasi harga kucing Sphynx di Malaysia, tapi tidak menemukan data yang cukup valid.

Sphynx memang termasuk kucing mahal, guys. Jadi enggak heran jika yang memiliki kucing ini adalah golongan orang kaya alias sultan.

Tapi aku yakin, di antara kamu ada yang merupakan sultan, dan emang berkehendak untuk memelihara kucing ini. Pas banget nih, aku juga mau bahas cara peliharaan Kucing Sphynx atau cara perawatan kucing Sphynx.

Cara Merawat Kucing Sphynx

Meskipun, tanpa bulu tapi perawatan kucing Sphynx tidak semudah kelihatannya. Oke deh aku langsung saja jelaskan cara merawat kucing tanpa bulu ini

1. Rutin Memandikan Kucing

Meski tanpa bulu, bukan berarti kucing ini bebas dari kotoran yang menempel. Malah si Sphynx ini termausk kucing yang cepat kotor. Hal ini karena tidak adanya bulu yang menyerap keringat kucing, jadi keringat akan menempel pada kulit kucing.

Jadi mandikanlah kucing Sphynx kamu seminggu sekali untuk menghindari kuncing Sphynx bau atau menjadi bau. gunakanlah shampo yang diformulasikan khusus untuk kucing Sphynx.

Kamu bisa menggunakan shampo bayi atau shampo yang mengandung pelembab. Gosok saja badan Sphynx dengan perlahan.

Oh iya, setelah mandi kamu perlu untuk menjemur kucing kamu ya, guys. Agar kucing kamu sehat dan merasa hangat setelah mandi. Bersihkan juga kuping, gigi dan kuku kucing, ya.

2. Berikan Makanan yang Seimbang

Kamu perlu memberikan makanan kucing Sphynx dengan tepat. Di pasaran ada banyak juga makanan kucing dari berbagai merk yang memang dikhususkan untuk kucing Sphynx.

Kamu bisa menggunakan makanan tersebut. Sesekali kamu juga bisa membuat makanan buatan sendiri untuk kucing Sphynx kamu. Tapi pastikan kamu memberikan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang diperlukan kucing.

3. Sediakan Kandang yang Layak

Kamu juga perlu menyediakan kandang yang layak untuk kucing Sphynx kamu. Bersihkan kandang kucing dengan teratur agar kucing nyaman saat berada di kandang.

4. Ajak Bermain

Kamu juga perlu banget untuk memberikan waktu ekstra untuk kucing kamu. Ajaklah kucing Sphynx kamu bermain-main, sebab kuncing ini memang suka bermain dan suka jika diberikan perhatian pemiliknya. Ajarkan trik permainan yang dapat mengasah otak kucing kamu.

Selain itu, dengan rutin berinteraksi dengan kucing kamu, maka jalinan atau hubungan kamu dengan kucing juga akan semakin kuat, guys.

Selain itu, perlakukan kucing kamu selayaknya dan sayangi kucing seperti kamu menyangi teman dan keluarga kamu. Sebab kucing  pun bisa menjadi teman dan keluarga kamu.

5. Rutin ke Dokter

Guys, sebagi pemilik yang baik kamu perlu juga mengajak kucing kamu ke dokter untuk cek kesehatan. Dan yang penting berikan vaksin atau vitamin juga untuk kucing kamu.

Sebab meski Kucing Sphynx adalah kucing yang lincah, tapi kucing ini masih bisa terkena berbagai penyakit, seperti Diare, infeksi Saluran Pernpasan, Hypertrophic Cardiomyopathy, dan Urticaria Pigmentosa. Pastinya kamu enggak mua ‘kan jika kucing kesayangan kamu sakit?

Oh iya, kucing Sphynx biasanya bisa bertahan hidup 8-12 tahun saja.

Itu dia cara merawat kucing Sphynx. Selain harganya yang mahal, kamu juga perlu uang ekstra untuk dapat memenuhi kebutuhan si Kucing.

Jadi apakah kamu berniat memelihara kucing Sphynx hitam seperti milik Raditya Dika? Yuk, deh langsung saja cari Pet Shop dan adopsi kucing Sphynx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *