Kucing Thai Cat

Thai Cat3

Kucing Thai Cat – Hai para cat lover! Sudah melakukan apa hari ini bersama kucing-kucing kecintaan kalian? Atau buat kalian yang belum memiliki kucing peliharaan, sudah berapa kali menonton video atau foto kucing yang menggemaskan? Banyak ya tentunnya.

Gak heran sih ya, karena memang, hewan berbulu yang satu ini sangat lucu dan menggemaskan. Kamu tentu tahu dong, jenis atau ras kucing yang ada di dunia ini tuh banyak banget.

Kamu tahu apa aja? Anggora? Persia? Himalaya? Kalau Thai cat sudah tahu belum? Kalau belum, aku bakal kasih tahu nih guys tentang Thai cat.

Jadi, Thai cat itu salah satu dari banyaknya ras kucing yang bisa kamu pelihara guys. Asing gak sama nama rasnya? Kalau asing, kamu perah dengar gak sih kucing siam? Nah, sama saja guys, sama-sama kucing oriental yang berasal dari Thailand atau dulu dikenal dengan Siam

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui tentang Thai cat ini atau bahkan ingin mengadopsinya kamu simak dulu artikel aku yang ini ya guys.

Karena aku bakal deskripsiin si Thai cat ini secara lengkap! Mulai dari Sejarah, jenis thai cat, ciri-ciri thai cat, sifat dari thai cat, cara merawat, dan juga harga thai cat guys.

So, buat kamu yang ingin tahu banyak tentang thai cat ini sebelum mengadopsinya, kamu bisa baca artikel aku ini sampai habisnya! Jangan skip-skip, biar gak ada info yang terlewat.

Gak usah lama-lama, yuk disimak uraian aku tentang thai cat di bawah ini!

Baca Juga:

Sejarah Thai Cat

Thai Cat1
Thai Cat1

Nah guys, biar makin tahu dan makin kenal dengan si Thai Cat ini, kamu perlu tahu sejarahnya dulu nih guys.

Biar kamu tahu asal usul si Thai cat, dan bagai mana si kucing siam kampung ini bisa diakui rasnya dan sekarang begitu terkenal. Ya udah yuk langsung aja disimak sejarahnya di bawah ini!

Thai Cat sudah jelas ya guys dari namanya kalau kucing ini berasal dari Thailand. Kucing ini sering dikenal dengan kucing Siam oleh khalayak banyak. Karena dulunya negara Thailand itu dikenal dengan nama negara Siam guys, jadi kucing ras asal sana dinamakan kucing siam.

Kucing ini memiliki bulu terang dengan pattern hitam pada bagian mukanya yang terlihat seperti topeng. Tidak hanya mukanya guys yang punya pola warna hitam, tapi telinga, cakar, dan ekornya juga berwarna hitam. Kucing ini telah dikenal di Thailand sejak lama.

Pada manuskrip kuno mereka, kucing siam atau thai cat ini sudah ada penggambaran mengenai ras kucing ini. Akan tetapi, ras kucing ini baru muncul di belahan bumi bagian barat pada akhir abad ke-19. Saat itu, mereka tengah dipamerkan di ajang Crystal Palace Cat Show di London.

Mungkin memang tidak semua yang di sana menyukai penampilan kucing yang tidak biasa ini, tapi perlu kamu tahu guys, kucing Thailand ini dengan cepat bisa menjadi peliharaan yang sangat modis.

Kemudian, kucing thailand ini menjadi populer di Amerika setelah presiden AS, Rutherford B Hayes dan istrinya saat itu mendapatkan kucing Thai atau kucing Siam, yang dikirim oleh Diplomat AS yang ditempatkan di konsulat Thailand, David B Sickels pada tahun 1878.

Sepucuk surat yang dikirim oleh David B yang merinci pemberian kucing tersebut kini telah disimpan di Rutherford B. Hayes Presidential Center di Fremont, Ohio, Amerika Serikat.

Dulu, pada saat pertama kali dipamerkan, Thai cat ini hanya memilki motif bulu seal point guys atau cokelat gelap hampir ke hitam.

Seiring perkembangbiakannya, kini, banyak warna yang bisa kamu temui, seperti biru, cokelat, lilact point, yang dengan mudah diterima oleh orang-orang yang ada di arena pemeran.

Dan saat ini, kucing Thailand ini telah memiliki banyak warna yang berbeda dan pola yang berbeda juga, seperti pola tabby dan smoke. Kucing Thailand ini merupakan kucing trah alami, maksudnya pola pointed aslinya adalah hasil dari mutasi genetik.

Perlu kamu ketahui nih guys, kalau Thai kucing ini memiliki kontribusi besar terhadap terciptanya trah-trah kucing yang lain, seperti kucing Bali, Oriental, Himalaya Persia, Tonkinese, juga Havana Brown.

Ras Thai Cat ini telah diakui oleh semua asosiasi kucing. The International Cat Association juga mengakui ras kucing satu ini guys. Karena Thai Cat ini digambarkan sebagai bentuk asli kucing pointed asli dari Thailand.

Di negara gajah putih itu, thai cat disebutnya Wichienmaat atau sebagian orang menyebutnya sebagai kucing tipe lama. Mereka memilki pola bulu pointed dan kepribadian yang dominan khas, hanya saja tubuh mereka lebih moderat.

Baca Juga:

Jenis Thai Cat

Thai Cat2
Thai Cat2

Nah guys, setelah kamu tahu tentang sejarah si Thai Cat ini, sekarang aku bakal kasih tahu kamu nih mengenai jenis Thai cat atau Jenis kucing siam kali ini.

Beberapa ras kucing memang memiliki sub jenisnya masing-masing. Biasanya pengelompokan itu, berdasar dari beberapa perbedaan, misalnya pola bulunya, bentuk hidungnya, panjang pendek bulunya, bentuk kupingnya, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk Thai cat ini, ada tiga sub jenisnya nih guys. Apa saja? Yuk langsung dicek di bawah ini!

1. Thai Cat Tradisional (Siam Tradisional)

Yang pertama ada Thai Cat Tradisional. Kucing Thailand jenis ini sering disebut juga siam kepala apel guys. Nama kepala apel ini diusulkan oleh Asosiasi Kucing Tradisional atau The Traditional Cat Association, Inc.

Pemberian nama ini karena kepala si kucing persis buah apel. Kucing Thailand yang satu ini merupakan jenis Thai Cat yang memiliki ukuran paling besar di antara yang lainnya.

Adapun ciri-ciri Thai Cat Tradisional sebagai berikut:

  • Tubuhnya bulat
  • Wajahnya lebar dengan pipi besar tapi terkesan kempot
  • Tulangnya berat
  • Kepala bulat persis Apel

2. Thai Cat Klasik

Thai cat classic atau biasa disebut siam kuno. Jenis Kucing Thailand yang satu ini, hampir sama dengan jenis Thai Cat Tradisional, hanya saja ukuran badannya lebih kecil.

Perlu kamu ketahui juga nih guys, Thai cat klasik ini memiliki ekor dan kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis thai cat yang tradisional. Tubuhnya pun lebih terlihat memanjang dari pada yang tradisional.

Thai cat yang satu ini memilki bentuk wajah yang hampir sama dengan bentuk segitiga dnegan disertai cekungan kecil pada hidungnya.

Sayangnya guys, jenis thai cat yang satu ini, terkenal mempunyai sedikit masalah kesehatan. Karenanya, harapan hidup kucing ini hanya sekitar 5 tahun saja.

3. Thai Cat Modern

Satu lagi nih guys jenis kucing Thailandnya, yakni kucing thailand modern. Jenis yang satu ini merupakan jenis kucing Thailand yang telah mengalami rekayasa genetik.

Thai cat modern ini merupakan hasil persilangan antara Thai cat tradisional dengan Thai cat klasik. Untuk jenis yang ini, cirinya sangat mudah dikenali nih guys. Mereka memilki bentuk kepala yang seperti baji. Thai cat Modern ini memilki ciri sebagai berikut:

  • Telinga besar dan meruncing
  • Hidungnya panjang
  • Tubuhnya ramping
  • Harapan Hidupnya juga pendek guys, hanya sekitar 2 sampai 5 tahun saja.

Nah, itu ya guys tiga jenis Thai cat yang ada. Sekarang, aku bakal kasih tahu ciri-ciri umum dari ras kucing yang satu ini. Berikut uraiannya.

Baca Juga:

Ciri Umum Thai Cat

Thai Cat3
Thai Cat3

Setiap kucing pasti memilki ciri-cirinya masing-masing guys. Termasuk Thai cat ini. Meskipun mereka memiliki jenis yang berbeda-beda, tapi mereka tetap memiliki ciri-ciri umum yang bisa kamu gunakan sebagai tanda pengenal mereka. Apa saja ciri-cirinya? Berikut aku jelaskan ya guys.

1. Ciri Tubuhnya

Thai cat ini memiliki bentuh tubuh yang cukup besar guys. Terlebih thai cat tradisional. Tubuh mereka juga panjang dan tinggi.

Tinggi mereka bekisar antara 50 samapi 60 cm meter guys. Sedangkan untuk berat tubuhnya, Thai cat ini bisa mencapai 7 kilogram untuk pejantannya dan 5 kilogram untuk Betinanya.

2. Ciri Kepalanya

Nah, untuk bagian kepalanya, thai cat ini memiliki bentuk kepala yang kecil agar sedikit tirus. Memiliki pattern seperti topeng pada wajahnya.

Mereka juga memilki moncong bibir seperti Anjing. Gak Cuma itu guys, kucing Thailand ini  juga memiliki hidung yang cukup mancung, gak pesek-pesek banget.

Telinganya berbentuk segitiga, agak kaku, meruncing ke atas, mirip telinga serigala.

3. Bulunya

Mungkin banyak yang mencari Kucing siam putih ya. Tapi agak susah guys, karena warna bulu si kucing Thailand ini kebanyakan perpaduan antara putih pucat dengan cokelat agak kehitaman. Warna bulunya hampir mirip seperti domba.

Mereka ini seperti kucing kampung guys, bulunya pendek. Jadi, gak heran kalau ada persilangan antara Kucing siam mix kucing kampung.

Untuk ekornya, biasanya berwarna cokelat agak hitam, panjang, kecil dengan dilapisi oleh bulu-bulu tipis. Tapi ada juga guys, kucing siam ekor pendek.

Perlu kamu ketahui juga, kalau si kucing Thailand ini warna bulunya akan semakin menggelap seiring bertambahnya usia si kucing.

4. Ciri Mata

Untuk ciri-ciri matanya, kucing Thailand ini memiliki warna mata yang beragam, ada yang berwarna biru, putih, ada juga yang berwarna kekuningan dengan pupil hitam yang cukup besar. Sorot mata Thai cat ini juga tajam guys, jadi terkesan agak menakutkan.

5. Harapan Hidup

Harapan hidup kucing ini gak terlalu panjang guys, untuk jenis klasik dan modern saja, mereka hanya memiliki harapan hidup sekitar 2 sampai 5 tahun.

Tapi jika kamu merawat thai cat ini dengan benar, diberi makanan dan perawatan yang tepat, harpan hidup thai cat ini bisa mencapai umur hingga 20 tahun lho guys.

6. Aktif

Meski terlihat menakutkan dari sisi mata dan terlihat agak cuek, tapi sebenarnya kucing ras yang satu ini sangat aktif lho guys, Mereka senang bergaul dengan hewan lain. Gak heran kalau kucing ini, sering sekali ditemukan sedang bermain dengan ayam atau bebek.

7. Masalah Kesehatan

Kucing Thailand ini, konon katanya, memang agak rawan untuk terkena penyakit nih guys. Mereka bisa mengalami mata juling, ginjal polikistik, hernia, gagal ginjal, serta gagaj jantung seiring kucing ini semakin tua.

Itu ya guys beberapa ciri-ciri Thai kucing yang bisa aku uraikan. Sekarang aku bakal kasih tahu kamu sifat-sifat si Thai cat ini guys. Yuk disimak!

Baca Juga:

Sifat Thi Cat

Thai Cat4
Thai Cat4

Semisal kamu mau adopsi kucing ras ini, kamu perlu tahu nih guys sifat-sifatnya. Biar kamu bisa merawatnya dengan tepat. Apa aja ya sifat-sifatnya? Berikut aku jelaskan.

1. Penyayang

Sepertinya memang penyayang itu merupakan sifat alami kucing ya guys. Thai cat ini juga punya sifat itu. Selain penyayang, mereka juga terkenal sangat lembut dan loyal terhadap majikannya.

2. Protektif

Selain penyayang, thai cat ini dianggap sebagai salah satu kucing yang paling protektif lho guys. Kenapa bisa begini? Karena mereka memiliki ikatan batin yang begitu kuat dengan pemiliknya guys.

Mereka juga gak bakal ragu-ragu buat nunjukin tingkah protektifnya ke si majikan. Merka bakal menunjukkan perilaku protektifnya secara terang-terangan kala majikannya sedang terancam.

3. Cerewet

Guys kalau kamu gak terlalu suka kucing yang cerewet, baiknya jangan deh kamu adopsi si thai cat ini, karena mereka itu merupakan kucing yang sering banget bersuara, dan suaranya pun tidak halus. Mereka seringnya mengeong dengan keras guys.

Jadi, gak usah heran misal kamu melihat kucing siam yang terus mengikuti majikannya sambil mengeong seolah sedang mengajak berbicara.

4. Supel

Yap guys, sifat selanjutnya yakni supel. Mereka bisa bergaul dengan siapapun dan dengan hewan apapun. Mereka akan baik-baik saja jika mereka kamu tinggalkan bermain dengan anak-anak, kucing lain, bahkan binatang lain, karena mereka bersahabat dengan siapapun guys.

Saking supelnya, kucing ini tidak bisa kamu tinggal sendirian, jadi, kalau kamu ingin pelihara Thai cat ini, baiknya kamu carikan teman untuk dia, biar dia gak kesepian saat kamu tinggal pergi.

Baca Juga:

Cara Merawat Thai Cat

Thai Cat5
Thai Cat5

Sebagai majikan yang baik, kamu tentunya harus merawat Thai cat ini secara telaten guys. Kamu perlu memperhatikan mereka, agar mereka bisa tumbuh dengan baik dan layak. Maka dari itu, kamu harus perhatikan cara merawatnya. Nah, berikut beberapa cara untuk merawat Thai cat.

1. Berikan Vaksin

Karena Thai Cat ini merupakan kucing yang rentan akan penyakin, kamu harus raajin untuk memvaksinnya ya guys, biar mereka sehat terus dan bisa bertahan hidup lebih lama. Kamu harus menjadwalkan pemeriksaat secara rutin ke dokter hewan, agar mereka sehat terus.

2. Mandikan Rutin

Meski Thai cat ini memiliki bulu yang pendek, tapi kamu harus tetap memperhatikan kebersihan bulu mereka ya guys. Kamu bisa memandikannya seminggu sekali. Ini bertujuan agar bulunya tetap sehat dan terhindar dari kutu. Baikny akamu menggunakan sham[o kucing ya guys.

3. Perhatikan Asupan

Kamu harus memperhatikan asupan si manis Thai cat ini ya guys. Biar kucing Thailand ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca Juga:

Harga Thai Cat

Thai Cat6
Thai Cat6

Adakah yang jual kucing siam atau thai cat ini? Ada guys, kalau kamu ingin mengadopsinya kamu lihat dulu ya daftar harga Thai Cat di bawah ini.

1. Harga Thai Cat Tradisional

  • Untuk umur kucing 3 bulan, belum divaksin, dihargai 300-800 ribu rupiah
  • Untuk umur kucing 3 bulan, sudah divaksin, dihargai 400-900 ribu rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, belum divaksin, dihargai 1-1,8 juta rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, sudah divaksin, dihargai 1,3-2 juta rupiah

2. Harga Thai Cat Klasik (Harga Kucing Siam Klasik)

  • Untuk umur kucing 3 bulan, belum divaksin, dihargai 250-500 ribu rupiah
  • Untuk umur kucing 3 bulan, sudah divaksin, dihargai 350-650 ribu rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, belum divaksin, dihargai 500 ribu-1 juta rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, sudah divaksin, dihargai 800 ribu-1,3 juta rupiah

3.  Harga Thai Cat Modern

  • Untuk umur kucing 3 bulan, belum divaksin, dihargai 800 ribu-1,3 juta rupiah
  • Untuk umur kucing 3 bulan, sudah divaksin, dihargai 1-1,5 juta rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, belum divaksin, dihargai 1,6-2,1 juta rupiah
  • Untuk umur kucing 6 bulan, sudah divaksin, dihargai 1,8-2,3 juta rupiah

Demikian ya guys ulasan aku tentang Thai Cat kali ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *