Kucing Toyger

Kucing Toyger

Kucing Toyger – Guys, pernah kepikiran tidak sih, untuk peliharaan harimau?? Pasti pernah ya? Tapi sangat kecil kemungkinannya untuk memelihara seekor harimau. Selain binatang buas, ada banyak sekali persyaratan yang harus kamu miliki untuk dapat memelihara seekor harimau.

Serta yang pasti, memelihara harimau butuh banyak sekali biaya, guys. Tenang guys, jangan kecewa gitu, dong! Aku ada solusi untuk kamu yang ingin pelihara harimau. Jadi kamu bisa peliharaan kucing.

Eittss tapi bukan sembarang kucing, guys. Yups, kamu bisa pelihara jenis Toyger.

Kucing Toyger ini bukan sembarang kucing, lho guys. Kucing ini memiliki corak bulu loreng yang mirip dengan harimau. Waah, pasti kalian makin penasaran saja sama kucing Toyger ini? Tenang guys, aku emang mau bahas tentang kucing Toyger ini, guys.

Aku sudah siapkan informasi mengenai sejarah kucing Toyger, ciri-ciri kucing Toyger, lalu ada juga harga kucing Toyger, serta aku mau bahas tentang cara merawat kucing Toyger, guys. Jadi, untuk kamu semuanya yang penasaran dan tertarik dengan kucing ini, maka bisa simak artikel kali ini.

Oke, yuk, bahas tentang sejarah kucing ini dulu yuk, guys!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Toyger

Sejarah Kucing Toyger
Sejarah Kucing Toyger

Guys, sebelum ke sejarah kucing ini, aku mau bilang kalau Toyger adalah singkatan dari Toy Tiger. Yups, kucing ini diciptakan agar orang-orang bisa merasakan memelihara seekor harimau dan bisa diajak untuk bermain, guys.

Nah, sejarah kucing ini dimulai ketika seorang peternak kucing bernama Judy Sudgen yang berasal dari Amerika Serikat.

Jadi, Judy ini memiliki rencana dan tujuan untuk menciptakan kucing yang memiliki tampilan seperti seekor harimau.

Agar tujuannya tercapai, maka Judy mencoba menyilangkan ras kucing domestik corak belang taby yang berbulu pendek  dengan kucing Bengal taby.

Nah, dari kawin silang inilah, Judy dapat menghasilkan kucing yang memiliki corak bulu mirip harimau. Anakan kucing ini pun dinamakan dengan Toyger, guys.

Nah, pada tahun 1993, kucing Toyger mulai didaftarkan ke TICA. Nah, di tahun 2002, Toyger pun diakui dengan status ‘Preliminary New Breed’. Kemudian ras Toyger berubah status menjadi “Champions” di tahun 2007, guys.

Karena telah berstatus ‘Champions’ ras Toyger pun dapat mengikuti kejuaraan. Nah, itu dia sejarah dari ras kucing Toyger yang aku dapatkan dari Toyger wiki. Sejarahnya cukup jelas, ya guys. Oh iya, katanya sampai sekarang si kucing Toyger masih dalam masa perkembangan.

Keunikan yang paling menonjol dari kucing ini adalah di corak belangnya yang mirip dengan Harimau. Jadi jangan heran, jika mulai banyak pecinta kucing yang mulai tertarik dengan ras kucing Toyger ini, guys.

Kalau kamu tertarik tidak dengan ras kucing yang mirip harimau ini, guys?? Nah, kalau tertarik, mari ke pembahasan berikutnya agar kamu dapat lebih mengenal ras kucing Toyger ini.

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Toyger

Ciri ciri Kucing Toyger
Ciri ciri Kucing Toyger

Nah, kucing Toyger tentunya memiliki ciri-ciri lain selain corak bulunya yang mirip dengan Harimau.

Kira-kira apakah si Toyger ini buas seperti seekor Harimau? Atau malah jinak banget seperti kebanyakan kucing pada umumnya? Yuk deh, daripada makin penasaran, lebih baik aku kasih informasi mengenai ciri kucing Toyger ini, guys.

1. Bentuk Muka

Toyger adalah kucing dengan muka berbentuk seperti segitiga dengan dagu yang tampak gagah. Telinganya kecil dan mungil. Selain itu bentuk mata mereka pun cukup lebar, yang dapat membuat kamu akan sangat gemas. Hidung Toyger cukup lebar, guys.

2. Postur Tubuh

Toyger adalah kucing dengan postur tubuh sedang, terlihat memiliki tulang yang kokoh dan kuat. Tubuh dan ekornya panjang.

Untuk Toyger jantan bisa mencapai berat 6kg, sedangkan si betinanya bisa mencapai berat 4kg saja. Memang kalau dilihat sekilas, si Toyger hampir mirip dengan kucing Bengal tapi memiliki tubuh yang lebih kecil.

3.Bulu

Nah, seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa Toyger adalah ras kucing yang memiliki corak bulu hampir sama seperti Harimau. Yups, coraknya garis-garis panjang horizontal dan tanpa ada tutul atau bintik, guys.

Toyger memiliki warna dasar yaitu coklat keemasan. Bulu Toyger halus, mengkilap, dan berukuran pendek. Oh iya, warna yang paling diminati adalah warna jingga tua dengan corak belang hitam. Bagian dagu dan bawah badan, biasanya memiliki warna bulu putih.

4. Mata

Toyger memiliki mata yang terlihat liar dan tajam layaknya kucing hutan. Mata Toyger berwarna abu-abu kehijauan. Warna mata ini menambah kesan liar pada diri Toyger. Ya, meski begitu Toyger tetap saja terlihat begitu imut dan menggemaskan.

5. Sifat dan Kepribadian

Pasti kamu bertanya, apakah Toyger adalah kucing dengan sifat ganas layaknya seekor harimau?? Tenang guys, Toyger bukan kucing yang agresif, mereka adalah kucing yang ramah dan senang berada di samping orang-orang.

Bisanya mereka adalah kucing yang tenang, dan penuh stamina atau energik. Selain itu, si Toyger merupakan kucing yang sangat cerdas, guys. Coba saja ajarkan trik-trik permainan kepada Toyger, pasti kucing ini mampu dengan mudah memecahkan Trik permainan yang kamu ajarkan.

Oh iya, si Toyger ini tidak takut air, malah mereka suka sekali bermain dengan air. Si kucing santai ini juga mudah beradaptasi atau menyesuaikan diri di lingkungan.

Intinya si Toyger ini bukan kucing galak ataupun agresif, ya guys. Yang jelas kamu bisa bermain dengan si harimau kecil ini tanpa takut dimangsa, guys. Sama seperti kebanyakan kucing pada umumnya, si Toyger akan sangat senang jika kamu perhatikan dia dengan baik, guys.

Oke deh, itu dia sedikit ciri ciri  kucing Toyger. Si Toyger ini cocok sekali untuk kamu yang ingin pelihara Harimau tapi enggak kesampaian. Hehehe. Nah, kalau kamu tertarik dengan si Toyger, maka kamu harus tahu juga nilai jual kucing Toyger ini, guys.

Karena kucing keturunan dari ras Bengal, apakah harga kucing Toyger juga malah seperti kucing ras Bengal? Atau malah lebih murah dari kucing Bengal?? Daripada makin penasaran dengan harga kucing ini, mari simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:

Harga Kucing Toyger

Harga Kucing Toyger
Harga Kucing Toyger

Guys, kamu tahu kan kalau harga jual kucing Bengal bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta. Nah, bagaimana untuk kucing Toyger?? Untuk itu, kamu bisa cari tahu tentang harga dari kucing ini melalui mesin internet, guys.

Tapi kalau di daerah kamu ada tempat jual kucing Toyger, maka tak ada salahnya mendatangi tempat jual beli kucing Toyger tersebut, guys.

Nah, tadi aku juga udah sempet cari tahu tentang harga jual kucing Toyger di Indonesia, guys. Jadi, tadi aku sempat menemukan harga kucing Toyger 2016 dijual dengan harga Rp25.000.000,00, guys.

Wahh, termasuk mahal, ya guys. Aku juga menemukan data harga jual kucing Toyger tahun 2017. Nah, pada data tersebut menyatakan jika untuk anak Toyger dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp6.000.000,00 – Rp26.000.000,00.

Sedangkan untuk yang dewasa, dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp19.000.000,00 – Rp65.000.000,00.

Kalau untuk data harga kucing Toyger 2020, aku belum menemukan data yang pasti, guys.

Jika dibandingkan dengan Bengal, kucing Toyger memiliki harga lebih murah dari kucing Bengal, ya guys. Tapi tetap saja harga kucing Toyger masih tergolong mahal.

Jadi gimana masih mau beli kucing Toyger ini atau mundur saja?? Kalau emang saat ini belum memiliki uang yang cukup, kamu bisa nabung dulu, guys.

Kalau udah ada uangnya, langsung saja deh, beli kucing ini, guys. Jika sudah beli, kamu perlu merawat kucing dengan baik dan benar, guys. Nah, aku mau kasih tahu cara merawat kucing Toyger nih, guys. Simak yuk, ulasannya.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Toyger

Cara Merawat Kucing Toyger
Cara Merawat Kucing Toyger

mu harus bisa merawat kucing Toyger kamu dengan baik dan benar, agar sang kucing dapat tumbuh sehat dan dapat bertahan hidup lebih lama lagi. Oke, aku akan memberikan informasi mengenai cara merawat kucing Toyger.

1. Menjaga Kebersihan Kucing

Kamu harus bisa untuk selalu menjaga kebersihan kucing Toyger kamu. Jadi bersihkanlah tubuh Toyger dengan rutin, agar mantelnya selalu sehat dan bersih. Gunakanlah shampo khusus kucing untuk keramas si Toyger, guys.

Lalu jangan lupa untuk bersihkan telinga kucing dengan rutin, agar tak terjadi penumpukan kotoran pada telinga kucing. Nah, sesekali kamu juga perlu memberikan mulut kucing kamu dengan cara menggosok giginya.

Perawatan lainnya adalah memotong kuku kucing Toyger jika dirasa sudah panjang, guys. Tak ketinggalan juga bersihkan area mata dengan air hangat. Kalau kucing kamu bersih, maka kucing akan lebih happy dan tak mudah sakit

2. Menjaga Keindahan Bulu

Nah, agar bulunya tetap terlihat cantik dan selalu terjaga, maka kamu harus bisa merawat keindahan bulu kucing. Caranya mudah kok, jadi kamu bisa menyisir bulu Toyger seminggu sekali untuk menjaga agar bulu tetap halus dan berkilau.

Menyisir juga dapat digunakan untuk mengangkat bulu rontok yang terjebak. Selain itu, dengan menyisir bulu dengan rajin, maka bulu yang rontok tidak akan jatuh ke lantai dan berceceran.

3. Memberikan Makanan yang Tepat

Agar kucing makin sehat dan memiliki berat badan yang ideal, kamu bisa memberikan makanan kucing Toyger dengan porsi yang pas. Selain itu, pastikan kamu memberikan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kucing.

Ada banyak sekali merk pakan kucing yang beredar di pasaran. Kamu tinggal pilih saja merk yang sekiranya pas untuk kucing kamu.

Makanan kering lebih dianjurkan untuk pemberian jangka panjang. Sedang makanan basah, mungkin lebih baik memberikannya sesekali saja. Pastika juga air minum yang kamu berikan ke kucing adalah air yang bersih, segar, dan matang.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Nah, agar sang kucing tak gampang sakit, maka kamu juga perlu membersihkan kandang atau tempat tidur kucing dengan benar. Selain itu bersihkan juga peralatan yang biasa digunakan kucing. Seperti alat makan, minum, mainan kucing, dan alas tidur kucing.

Oh iya, jangan lupa untuk bersihkan box pasir kucing. Segeralah buang kotoran kucing dari box pasirnya, agar kucing kamu dapat buang kotoran dengan tenang di box pasirnya.

5. Ajak Bermain

Nah, kamu juga jangan lupa untuk memberikan perhatian kepada kucing kamu, dengan cara mengajaknya bermain. Seperti yang aku bilang sebelumnya, kamu bisa ajarkan permainan atau trik yang dapat mengasah otak sang kucing.

Selalu berinteraksi dengan kucing kamu, maka itu akan bagus untuk mempererat hubungan kamu dan kucing kamu. Selain bermain, kamu bisa sesekali mengelus bulu kucing kamu, atau ajak jalan-jalan ke luar rumah.

6. Berikan Vitamin

Agar daya tahan tubuh kucing kuat, dan tak mudah sakit maka kamu bisa memberikan vitamin kepada kucing kamu. Pemberian vitamin bisa kamu lakukan dengan cara mencampurkan vitamin pada makanan atau minuman kucing.

7. Cek Kesehatan

Selain pemberian vitamin, kamu juga perlu untuk cek kesehatan kucing kamu. Nah, dengan mengecek kesehatan kucing, maka kamu dapat memantau kesehatan sang kucing.

Selain itu, kamu juga bisa mendeteksi penyakit secepatnya mungkin, sehingga penanganannya akan lebih mudah dan cepat pula. Oh iya, kamu pun dapat memberikan vaksin agar kucing kamu terhindar dari virus berbahaya yang dapat menyerang kucing.

Guys, itu dia beberapa cara merawat kucing Toyger. Memang tak jauh beda dengan perawatan kucing pada umumnya. Yang paling penting adalah komitmen kamu dalam merawat kucing.

Jangan jadikan kucing sebagai hewan peliharaan saja, tapi jadikan kucing sebagai teman dan keluarga kamu. Perlakuan kucing dengan penuh kasih sayang, dan kelembutan. Jangan berbuat kasar ke kucing kamu.

Oh iya, kamu juga perlu tahu jika biaya perawatan kucing juga bisa sangat mahal, guys. Jadi pastikan kamu memiliki keuangan yang baik dan stabil agar dapat memenuhi segala kebutuhan sang kucing, ya!

Sebelum aku pamit, aku mau kasih tahu kamu tentang masalah kesehatan yang bisa dialami oleh kucing Toyger. Yuk, langsung saja disimak ulasan berikutnya.

Baca Juga:

Masalah Kesehatan Kucing Toyger

Masalah Kesehatan Kucing Toyger
Masalah Kesehatan Kucing Toyger

Guys, kamu juga perlu tahu mengenai masalah kesehatan yang bisa saja terjadi pada kucing Toyger milik kamu. Nah, sebenarnya kucing Toyger adalah trah kucing yang sehat.

Bahkan terbilang memiliki kondisi kesehatan yang paling prima, jika dibandingkan dengan trah kucing pada umumnya. Tapi tetap saja ada suatu penyakit tertentu yang biasanya bisa menyerang kucing Toyger.

Penyakit yang bisa terjadi pada kucing Toyger adalah penyakit murmur jantung. Murmur jantung sering sekali dikaitkan dengan hypertrophic cardiomyophathy.

Sama dengan kebanyakan kucing lainnya, si Toyger termasuk kucing yang sering mengalami masalah kegemukan yang menyebabkan obesitas.

Untuk itu penting sekali mengatur pola makan Toyger. Jangan berikan makanan berlebihan pada kucing, sekali pun sang kucing mengeong kepada kamu. Agar Toyger selalu sehat dan fit, kamu bisa untuk mengajak si Toyger untuk aktif bergerak.

Selain itu, umumnya kucing bisa terkena virus tertentu yang sering menyerang kucing. Tapi kalau kamu bisa merawat dengan baik, maka penularan virus bisa kamu hindari. Maka dari itu, selalu pastika kucing Toyger kamu untuk divaksin dan jika perlu beri vitamin kucing juga, guys.

Oh iya, si Toyger ini dapat bertahan hidup sampai 15 tahun, lho. Asal dijaga dan dirawat dengan baik, ya guys. Nah, itu dia beberapa masalah kesehatan yang bisa saja menyerang sang kucing Harimau bernama Toyger.

Jadi masih tertarik untuk memelihara kucing Toyger?? Dijamin deh, rasanya hampir mirip seperti kamu memelihara Harimau, tapi si Toyger lebih jinak dan bersahabat.

Oke, sekian dulu pembahasan dari aku tentang kucing Toyger yang mirip dengan Harimau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *