Kucing Savannah Cat

Savannah Cat

Kucing Savannah Cat – Kucing merupakan salah satu hewan berbulu yang menggemaskan ya guys? Gak perlu dibantah lagi pernyataan ini, karena memang, kucing itu merupakan salah satu hewan lucu berbulu yang ada di dunia.

Jadi, tidak heran ya guys kalau kucing ini menjadi hewan favorite manusia di negara manapun, tak terkecuali Indonesia.

Tapi, sebagai penyuka kucing, sejauh ini, kamu tahu ras kucing apa saja sih guys? Anggora? Persia, Munchkin, Siam? Hanya itu? atau ada lagi? Perlu kamu ketahui ya guys.

kalau ras kucing itu banyak banget, beberapa sudah aku sebutkan tadi, lalu kamu tahu gak, kalau ada ras kucing bernama Savannah Cat?

Baru dengar ya? Kalau baru dengar, aku bakal buat kamu paham nih dengan ras Savannah Cats ini. Aku bakal jelasin semua tantang si Savannah ini.

Tentang sejarah Savannah Cat, Ciri-ciri Savannah Cat, Cara merawat Savannah Cat, dan  masih banyak lagi yang bakalan aku bahas di artikel ini. Jadi kalau kamu ingin tahu banyak tentang Savannah Cat jangan kamu skip ya artikel aku ini.

Buat kamu yang ingin mengadopsinya, aku bakal kasih tahu kamu daftar Savannah Cat harga terbaru juga di artikel ini. Biar kamu punya patokkan guys, berapa budget yang harus kamu keluarkan untuk mengadopsi ras kucing yang satu ini.

So, gak usah lama-lama lagi ya guys, kalau kamu ingin benar-benar tahu tentang ras kucing yang satu ini, kamu simak sampai habis pembahasan aku tantang Savannah Cat Indonesia di bawah ini! Cekidot!

Baca Juga:

Sejarah Savannah Cat

Savannah Cat
Savannah Cat

Oke guys di sini pertama aku bakal kenalin kamu dengan Savannah Cat melalui sejarahnya nih guys.

Sejarah kucing ini, wajib kamu ketahui, biar kamu paham asal usulnya, dari mana dia, siapa yang pertama kali menemukan dan mengembangbiakan ras ini, lalu kenapa diberi nama Savanna, dan masih banyak lagi.

Terlebih buat kamu yang ingin adopsi, masa kamu gak tahu seluk beluk peliharaan kamu sendiri? Nah, untuk itu, biar kamu tambah ilmu juga, kamu simak penuturan aku di bawah ini.

Jadi guys, Savannah Cat itu adalah salah satu ras kucing  hibrida alias kucing hasil persilangan dari kucing liar dari Afrika yakni kucing liar serval dengan 3 kucing domestik, yakni siam, bengal, dan satu lagi mau mesir.

Kucing ini termasuk kucing paling populer lho guys di negara Amerika Serikat sana.

Di dalam bahasa Indonesia, kucing ini disebut dengan kucing Sabana guys. Jadi, kalau ada yang menyebut kucing ini sebagai ras kucing sabana, itu sama saja ya. Nah, karena kucing ini merupakan kucing hibrida alias buatan, maka ada sejarahnya awal mulanya guys. Begini ni.

Dulunya itu pencipta kucing savanna ini adalah seorang peternak kucing dari America Serikat yang awalnya adalah peternak kucing ras bengal. Peternak itu bernama Judee Frank, yang mempunyai keinginan untuk menciptakan ras kucing baru guys.

Karena ambisinya itu, dia pun melakukan perkawinan silang antara kucing Siam betina dengan kucing Serval jantan yang diketahui milik seseorang yang bernama Suzi Woods.

Perkawinan silang itu akhirnya menghasilkan ras kucing baru pada tahun 1986, tepatnya pada tanggal 7 April. Nah, kucing ras baru ini akhirnya diberi nama Savanna atau Sabana. Kenapa diberi nama Savanna, seperti padang rumput ya guys.

Jadi, begini, Sabana atau Savanna memang artinya padang rumput. Nama ini diberikan karena menurut si pencipta ras kucing ini, karena Savanna merupakan habitat asli kucing Ras Several di Afrika.

Kelahiran ras kucing baru ini ternyata telah menarik perhatian seorang bernama Patrick Kelley.

Hingga akhirnya pada tahun 1989, Patrick pun membeli salah satu anak Savanna ini. Ketertarikan seorang Patrick Kelley terhadap ras kucing baru ini hingga membeli salah satu anakannya, menjadikan dia orang pertama yang dinobatkan menjadi penggemar si ras Savanna ini guys.

Gak Cuma sampai situ, Patrick ini juga cukup banyak membantu dalam pengembangbiakkan pada ras baru ini.

Usaha Patrick untuk memperkenalkan ras kucing Savanna ini gak main-main guys. Saking cintanya terhadap ras kucing ini, dia meminta bantuan kepada Joyce Sroufe agar mau bekerja sama untuk berjuang agar si Savanna cat ini diakui oleh organisasi pendaftaran kucing.

Usahanya tidak sia-sia guys, pada tahun 1996, mereka berhasil menuliskan versi asli beberapa ketentuan dan standar untuk pengembangbiakan si Ras Savanna ini.

Tulisan tersebut, kemudian digunakan untuk dipresentasikan kepada TICA (The International Cat Association). Dan pada akhirnya, pada tahun 2001, usaha keras Joyce Sroufe dan Patrick Kelley membuahkan hasil guys.

TICA menerima pendaftran Savanna sebagai ras kucing perkembangbiakan era baru. Dan akhirnya Savanna menjadi sangat populer di kalangan para pecinta kucing dan peternak pada tahun 1990-an.

Nah, itu ya guys sejarah mengenai Savanna Cat ini. Selanjutnya setelah kamu paham akan sejarahnya, saatnya kamu ketahui ciri-cirinya nih guys. Cekidot!

Baca Juga:

Ciri-Ciri Savanna Cat

Savannah Cat1
Savannah Cat1

Setiap ras kucing nih guys, selalu punya ciri khasnya masing-masing, begitupun dengan Savanna Cat ini. Mereka juga memiliki ciri-ciri khusus yang tak dimiliki oleh kucing ras lain. Apa saja ciri-cirinya? Berikut aku uraikan.

1. Tubuhnya Besar

Ciri yang pertama yakni tubuhnya besar guys. Ukuran tubuh mereka tidak seperti kucing-kucing pada umumnya. Bahkan mereka tercatat sebagai kucing terbesar di Guinness wolrd record karena tubuhnya yang besar.

Panjang kucing Savanna ini, bisa mencapai 44 cm atau lebih lho guy. Kucing inipun memilki perawakan yang seperti serigala atau harimau saking besarnya, membuat beberapa orang takut mendekati kucing yang satu ini.

Selain itu, kucing savanna juga memiliki tubuh yang ramping. Hal inilah yang membuatnya sangat lincah dan aktif.

2. Ciri Giginya

Kucing Savanna, memilki gigi taring yang tajam seperti harimau. Mereka merupakan kucing yang pandai berburu. Tidak heran, kucing ini memang seperti kucing liar yang hidup di padang Savanna.

3. Ciri Kakinya

Tadi aku katakan ya kalau tubuh kucing ini ramping, nah, meskipun tubuhnya kecil ramping, tapi dia memiliki kaki panjang yang kokoh dan berotot.

4. Ciri Bulunya

Jika biasanya kucing peliharaan yang memilki bulu tebal itu pasti panjang, berbeda dengan Savanna cat ini. Mereka memiliki bulu lebat namun pendek. Kalau kamu perhatikan, cirinya hampir sama seperti kucing bengal.

5. Ciri Kepalanya

Nah, untuk kepalanya, kucing savana ini memilki bentuk kepala yang hampir mirip dengan serigala, agak berbentuk segitiga dengan moncong yang sedikit menonjol. Wajahnya pun terlihat menakutkan, karena memang Savanna ini keturunan kucing liar.

Pada bagian telinganya, kucing savanna, memiliki telinga yang tak terlalu besar yang mana, bentuknya hampir menyerupai segitiga. Jarak antara kuping kanan dan kiripun tidak terlalu berjauhan.

6. Corak Warnanya

Seperti kucing-kucing lainnya yang punya beberapa macam warna yang bisa kamu temui, termasuk di Savanna cat ini, kamu bisa menemui kucing ini dalam berbagai corak, seperti speckled black, spotted silver tabby, spotted tabby chocolate, dan juga black spackled smoke.

Ada corak seperti ini warna dasar kucing savanna merupakan perpaduan warna gelap dan bintik-bintik kecil.

7. Ciri Bola Matanya

Untuk bola matanya sendiri kucing yang satu ini memiliki bentuk mata oval medium dengan warna mata kekuningan. Warna mata ini membuat tatapan mata Savanna cat tajam dan menakutkan.

Nah guys, itu merupakan ciri-ciri umum dari si kucing savanna ya. Tahu gak? ternyata mereka ini memiliki beberapa generasi yang cirinya-cirinya agak berbeda. Apa saja? Yuk langsung di cek aja di bawah ini ya guys!

Baca Juga:

Ciri-Ciri Spesifik Savanna Cat

Savannah Cat2
Savannah Cat2

Karena kucing savanna ini merupakan kucing hibrida, mereka memiliki beberapa generasi yang ciri-cirinya agak berbeda nih guys. Apa saja generasinya? Berikut aku jelaskan.

1. Generasi F1

Generasi savanna cat ini disebut dengan generasi F1. Generasi ini memiliki genetik 50% dari kucing liar serval. Mereka memiliki berat badan 7,5 sampai 11 kilogram, untuk pejantannya. Sedangkan untuk sang betina, beratnya sekitar 6 sampai 8,5 kilogram.

2. Generasi F2

Gerasi yang selanjutnya disebut generasi F2. Generasi ini beda dengan generasi pertamA guys, mereka memilki 25% genetik si kucing Serval. Berat badannya pun lebih kecil dari pada generasi F1, yakni 7 sampai 11 kilogram untuk pejantannya dan 5,5 sampai 7 kilogram untuk betinanya.

3. Generasi F3

Selanjutnya, yakni generasi F3. Generasi ini memiliki genetik 12,5% dari kucing serval. Untuk berat, gernerasi F3 ini sekitar 6 sampai 9 kilogram. Sedangnkan untuk betinanya, generasi F3 ini cukup ringan guys, mereka hanya memiliki berat tubuh sekitar 4,5 sampai 5,8 kilogram.

4. Generasi F4 dan F5

Untuk generasi F4, mereka ini mewarisi 6,25% genetik kucing serval. Sedangkan F5 mewarisi 3,12% genetik si kucing serval.

Berat badan generasi F4 dan F5 biasanya sekitar 6,3 sampai 9 kilogram untuk pejantannya dan betinanya sekitar 4,5 sampai 5,8 kilogram. Di antara generasi yang ada, generasi ini terlihat lebih tinggi dan kurus.

Baca Juga:

Sifat Savanna Cat

Savannah Cat3
Savannah Cat3

Setiap kucing, memiliki sifat yang beda-beda ya guys. Kalau kamu ingin memelihara si Savanna cat ini, kamu harus tahu sifat-sifat mereka nih guys. Apa saja sifat si Kucing Savanna ini? berikut aku jelaskan.

1. Cerdas

Sifat yang peratama yakni cerdas. Kucing Savanna ini memiliki otak yang cerdas guys. Mereka memiliki rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang besar. Hal inilah yang membuat kucing savanna bisa dengan cepat mempelajari gerakan saat sedang dilatih.

Gak Cuma itu guys, mereka juga suka hal-hal baru yang cukup menantang, seperti menutup dan membuka pintu atau jendela, sampai melompat dari atap ke atap.

2. Gesit

Memilki tubuh fleksibel dan ramping, membuat kucing ini sangat gesit dalam pergerakkannya guys. Mereka juga bisa memperhitungkan jarak dengan baik, sehingga mereka bisa melompat dengan sempurna menuju target.

3. Tidak Takut Air

Tidak seperti kucing pada umumnya yang takut air. Savanna Cat ini justru menyukai air guys. Jadi jangan heran kalau mereka suka bermain di genangan air. Kamu juga jangan kaget ya, jika suatu saat nanti si Kucing Savanna yang kamu pelihara menyalakan kran air.

4. Penurut

Meski terkesan seram dan liar, tapi ternyata kucing ini memiliki sifat yang penurut loh guys. Mereka suka sekali mengikuti sang majikan.

Mereka juga bisa berubah jadi pemalu dan kemudian hiperaktif. Saran saja ya guys, kamu baiknya memberikan tali khusus untuk kucing ini agar dia tidak hilang saat kamu ajak bermain atau jalan jalan.

Baca Juga:

Sifat Savanna Cat Setiap Generasi

Savannah Cat4
Savannah Cat4

Nah guys, tadikan si Savanna cat ini memiliki generasi, nah setiap generasi ini memiliki sifatnya masing-masing. Apa saja? Berikut.

1. Sifat Generasi F1

Untuk sifat si F1 ini, mereka tidak agresif, terlihat pemalu dan tidak suka dengan orang asing pun anak-anak. Bahkan guys, kalau ada orang baru datang, mereka menghindar dan menjauh tapi mereka diam-diam mengamati.

2. Sifat Generasi F2

Generasi F2 ini lebih supel guys dibanding generasi F1nya. Mereka cukup menyukai anak-anak dan suka mendekati orang yang sudah mereka kenal. Generasi F2 ini tidak suka dipangku, mereka lebih suka dibelai. Mereka juga suka bermain guys seolah memiliki energi yang sangat besar.

3. Generasi F3

Selanjutnya Generasi F3, mereka punya kedekatan dengan keluarga yang memelihara dirinya. Bahkan mereka bisa begitu dekat dengan anggota keluarga tersebut. Generasi yang satu ini mudah bersosialisasi. Mereka juga suka suka dipangku dan dibelai.

4. Generasi F4 dan F5

Kalau untuk generasi yang ini, mereka sangat manja guys. Mereka suka diperhatikan, senang diajak main. Senang dibelai oleh orang-orang sekitar. Dibanding tiga generasi sebelumnya generasi yang satu ini memang tidak terlalu gesit.

Baca Juga:

Harga Savanna Cat

Savannah Cat5
Savannah Cat5

Nah setelah kamu tahu ciri dan sifat kucing savanna, apa kamu semakin tertarik dengan kucing yang satu ini? kalau iya, kamu wajib tahu nih guys berapa dana yang harus kamu keluarkan untuk meminang si savanna ini.

Di sini aku bakal kasih tahu kamu rekapitulasi harga savanna cat di pasaran ya. Jadi, biar kamu tahu, kucing savanna mana yang cocok dengan kantung kamu. Langsung saja ya, ini perkiraan harganya.

Untuk harga kucing gesit dan cerdas ini, bisa dikatakan fantastis guy. Di luar negeri kucing ini bisa dibandrol hingga ratusan juta rupiah.

Untuk di Indonesia sendiri, harganya agak miring. Tapi tetap saja guys, mahal kalau dibandingkan dengan kucing domestik lain.

Harga kucing savanna di Indonesia itu sekitar 30 sampai 60 juta! Waw. Bahkan harga motor saja kalahya guys. Tapi, harga tersebut tidak menghalangi beberapa orang untuk tetap memelihara si kucing savanna ini guys. Banyak kok yang membelinya.

Namun, sebenarnya harga kucing ini juga bergantung dengan kondisi si kucing, jenis kelamin, jenis savanna, umur, dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi harga si savanna ini.

Misalnya saja, harga untuk generasi F1-nya. Generasi yang memilki banyak genetik nenek moyangnya ini, harganya bisa mencapai 300 juta per ekornya.

Baca Juga:

Cara Merawat Savanna Cat

Savannah Cat6
Savannah Cat6

Kalau kamu berniat memelihara si Savanna ini, kamu juga harus memperhatikan cara merawatnya dengan benar ya guys. Untuk cara merawat kucing savanna ini sebagai berikut guys:

  • Memandikannya
  • Menyikat giginya secara rutin
  • Memperhatikan makannya
  • Menjaga kesehatan si kucing seperti memberinya vaksin

Nah, itu dia informasi mengenai Savanna Cat ini. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.