Kucing Selkirk Rex

Selkirk Rex

Selkirk Rex, kucing Berbulu Domba yang Unik – Haloo, guys! Kembali lagi dengan aku. Seperti biasanya, aku sudah menyiapkan berbagai informasi mengenai ras kucing tertentu nih, guys.

Penasaran enggak sama ras kucing yang akan aku bahas kali ini?? Nah, aku akan membahas ras kucing Selkirk Rex, guys. Cukup susah juga namanya, ya guys.

Kira-kira jenis kucing Selkirk Rex itu seperti apa, ya? Tenang guys, aku akan membagikan informasi mengenai kucing ini, mulai dari sejarah kucing Selkirk Rex, kemudian ada juga ciri-ciri kucing Selkirk Rex.

lalu aku juga akan bahas tentang harga, dan tak ketinggalan juga tentang cara merawat kucing Selkirk Rex, serta hal menarik lainnya tentang kucing ini.

So, buat para cat lovers mari merapat ke sini dulu! Nah, udah siap belum ke pembahasan pertama kita? Kalau udah siap, langsung saja deh ke pembahasan pertama kali ini, guys!

Baca Juga:

Sejarah Kucing Selkirk Rex

Masalah Kesehatan Kucing Selkirk Rex
Masalah Kesehatan Kucing Selkirk Rex

Jadi, sejarah kucing Selkirk Rex dimulai dari kucing bernama Miss DePesto. Miss DePesto ini adalah kucing yang bisa dibilang unik. Sebab kucing tersebut memiliki bulu yang keriting.

Iya, bulu Miss DePesto keriting dan tentunya ini berbeda dari kebanyakan kucing pada umumnya. Miss DePesto adalah hasil anakan kucing yang berasal dari perkawinan antara kucing domestik berbulu pendek dengan kucing Persia, guys.

Awal mulanya, Miss DePesto ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang peternak kucing asal Monata, yang bernama  Jeri Newman. Jeri Newman menyadari adanya keunikan dari kucing berbulu keriting tersebut.

Kemudian, si Miss DePesto ini dikawin silang dengan kucing Persia berwarna hitam. Nah, dari kawin silang inilah menghasilkan 3 anakan kucing yang memiliki bulu persis seperti kucing Miss DePesto yang keriting, dan 3 kucing lainnya memiliki bulu lurus seperti kucing pada umumnya.

Sehingga para peternak kucing sangat tertarik dengan kucing berbulu keriting yang membawa gen dominan bulu keriting tersebut.

Selkirk Rex akhirnya diakui oleh beberapa organisasi pecinta kucing di dunia, mulai dari TICA, FiFe, lalu tak ketinggalan pula CFA yang juga mengakui keberadaan ras kucing berbulu keriting ini.

So, itulah sejarah singkat dari kucing Selkirk Rex, guys. Oh iya, kucing ini ditetapkan sebagai kucing yang berasal dari Amerika Serikat, guys.

Gimana, jadi tertarik tidak untuk memelihara kucing yang memiliki bulu keriting yang unik ini?? Pasti banyak nih, di antara kamu yang mulai tertarik dengan kucing ini, sebab bulunys emang unik banget.

Oke deh, sebelum mencari tempat jual kucing Selkirk Rex, mungkin ada baiknya kamu ketahui dulu ciri-ciri dari kucing ini, guys. Nah, aku udah menyiapkan informasi mengenai ciri ciri kucing Selkirk Rex. Yuk, disimak sana ulasannya berikut ini.

Baca Juga:

Ciri-ciri Kucing Selkirk Rex

Cara Merawat Kucing Selkirk Rex
Cara Merawat Kucing Selkirk Rex

Enggak hanya bulu uniknya saja yang menjadi ciri dari kucing ini. Tapi ada beberapa ciri lain yang melekat pada sang kucing. Untuk itu, agak makin mengenal kucing ini, kamu juga perlu tahu ciri lain dari kucing ini. Langsung deh, disimak saja ulasannya, guys.

1.      Bentuk Muka

Untuk bentuk muka dari kucing ini adalah bulat dan lebar. Dengan mata yang bulat dan besar. Selain itu, si Selkirk Rex adalah kucing Selkirk Rex

Kucing lucu ini memiliki telinga yang sedang dan sangat pas untuk ukuran mukanya, guys.

2.      Postur Tubuh

Si Selkirk Rex termasuk ke golongan kucing yang memiliki berada badan besar. Biasanya untuk yang jantan bisa berukuran 7,5kg atau lebih, sedangkan untuk betina sekitar 6kg saja. Bisa dibilang si Selkirk Rex adalah kucing yang memiliki tubuh padat dan juga kekar, guys.

Kalau dilihat, kucing Selkirk Rex memiliki postur tubuh yang mirip dengan kucing British Shorthair, guys.

3.      Bulu

Nah, ini dia yang unik dari si kucing Selkirk Rex. Yups, bulu kucing ini keriting dan terlihat berantakan. Bulunya persis seperti bulu domba. Tapi meskipun terlihat berantakan dan terkesan kusut, ternyata kucing Selkirk Rex memiliki bulu yang halus, lho guys.

Selain halus, bulu dari kucing Selkirk Rex termasuk padat atau tebal, guys. Oh iya, kucing ini ada yang memiliki bulu yang pendek, medium, dan bahkan panjang, serta tentunya memiliki banyak corak dan warna bulu.

Rasanya ingin sekali mengelus bulu keriting dari kucing ini, ya guys?? Selain Selkirk Rex, ada juga kucing Devon Rex, kucing LaPerm, Cornish Rex yang merupakan kucing berbulu keriting lainnya, guys.

Tapi ras kucing Selkirk Rex adalah ras kucing yang memiliki gen bulu keriting yang lebih dominan jika dibandingkan dengan ketiga kucing  dengan bulu keriting lainnya.

4.      Mata

Kucing Selkirk Rex memiliki mata bulat yang besar. Nah, untuk warna mata sang kucing, Selkirk Rex memiliki beragam warna mata, guys. Mulai dari warna hijau, kucing, dan sebagainya, guys.

5.      Sifat atau Kepribadian

Guys, kalau kamu suka sekali untuk menggendong kucing, maka si Selkirk Rex adalah kucing yang cocok untuk kamu. Yups, kucing imut ini senang sekali jika digendong oleh pemiliknya, guys. Iya, bisa dibilang kucing ini cukup manja, jadi kamu perlu memperhatikan kucing ini dengan baik.

Selain itu, si Selkirk Rex juga termasuk kucing yang tenang, santai, dan ramah, lho guys. Ya, meski kalau dilihat sekilas, emang si Selkirk Rex terlihat seperti kucing yang jutek.

Namun, Selkirk Rex tetap bisa ramah terhadap orang asing. Seperti kebanyakan kucing lainnya, ras kucing Selkirk Rex merupakan kucing yang suka bermain, mereka bahkan bisa dibilang cukup aktif dan energik.

Guys, itu dia beberapa ciri dari kucing berbulu domba, si Selkirk Rex. Gimana udah ada sedikit gambaran tentang kucing Selkirk Rex belum, guys?? Untuk lebih jelasnya mengenai bentuk fisik dari kucing ini, maka tak ada salahnya sesekali coba browsing gambar kucing Selkirk Rex.

Banyak gambar lucu dari kucing Selkirk Rex di internet, lho guys. Dijamin deh, kamu makin tertarik untuk peliharaan kucing Selkirk Rex ini, guys. Sebab bulu keriting kucing ini super gemes, guys! Nah, kamu mau tahu tidak berapa harga kucing Selkirk Rex??

Baca Juga:

Harga Kucing Selkirk Rex

Harga Kucing Selkirk Rex
Harga Kucing Selkirk Rex

Guys, kalau kamu tertarik dengan kucing ini, pasti kamu juga akan penasaran dengan harga kucing Selkirk Rex.

Nah, agar enggak penasaran dengan harga jual kucing Selkirk Rex, maka kamu bisa nih, cari tahu harga dari kucing ini di internet. Bahkan bisa saja kamu menemukan penjual kucing Selkirk Rex secara online.

Nah, tadi aku juga udah sempat cari tahu harga jual kucing ini, tapi memang agak susah mencari informasi mengenai harga kucing ini.

Bisa saja meskipun unik, tapi pamor sang kucing Selkirk Rex masih kalah dengan kucing hias lainnya, seperti Anggora, Himalaya, Persia, Bengal, dan kucing lainnya, yang menjadikan susah untuk cari tahu harga sang kucing.

tapi, akhirnya aku menemukan salah satu artikel yang juga bahas harga dari kucing Selkirk Rex ini, guys. Jadi dari artikel yang aku baca, terbaca bahwa harga kucing ini sekitar Rp10.000.000,00. Jelas ini bukan harga yang murah, guys.

Tapi sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan nantinya dari kucing ini. Namun, artikel tersebut adalah artikel tentang harga kucing Selkirk Rex 2016, guys.

Iya, jadi aku agak kesusahan mencari tahu harga kucing Selkirk Rex 2020 nih, guys. Maaf nih, tidak bisa memberikan informasi pasti mengenai harga kucing Selkirk Rex di Indonesia.

Kalau di daerah kamu ada peternakan kucing atau ada tempat jual beli kucing, maka ada baiknya kamu langsung saja datangi tempat tersebut, dan tanya deh berbagai informasi mengenai kucing Selkirk Rex ini, guys.

Meski, aku tidak dapat mencari tahu harga pasti dari kucing Selkirk Rex, tapi aku mau kasih informasi dan ilmu untuk merawat kucing Selkirk Rex, guys. Oke, langsung deh ke pembahasan berikutnya mengenai perawatan kucing Selkirk Rex ini, guys.

Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Selkirk Rex

Ciri ciri Kucing Selkirk Rex
Ciri ciri Kucing Selkirk Rex

Pasti kamu bertanya-tanya, apakah sulit untuk merawat kucing berbulu keriting ini?? Atau mungkin saja, ada di antara kamu yang udah berprasangka bahwa perawatan kucing Selkirk Rex itu sulit, sebab bulunya yang keriting.

Nah, daripada menduga-duga saja, lebih baik kita simak ulasan selanjutnya aja deh, guys.

1.      Menjaga Kebersihan Tubuh

Sebenarnya kucing adalah hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri, dengan cara menjilati tubuhnya. Tapi tetap saja ini tidak akan membersihkan badan kucing secara sempurna. Untuk itu, kamu perlu juga untuk memandikan kucing peliharaan yang kamu miliki.

Nah, si Selkirk Rex dapat kamu mandikan minimal sekali dalam seminggu, guys. Jika memang ada, kamu bisa menggunakan shampo khusus kucing Selkirk Rex agar menjaga bulu keritingnya yang unik.

Bersihkan juga bagian telinga, area mata, kuku, dan jika memungkinkan, kamu bisa menggosok gigi kucing Selkirk Rex.

2.      Menjaga Keindahan Bulu

Sebagai kucing berbulu keriting, kucing ini tetap saja memiliki bulu yang halus. Untuk itu, jaga kehalusan bulu kucing dengan cara rajin merawat bulu sang kucing. Kamu bisa menyisir bulu kucing sesekali untuk mengangkat bulu yang rontok.

Kamu perlu menggunakan sisir yang memiliki gigi renggang, agar bulu keriting kucing tetap terjaga. Nah, jika ada kutu pada bulu atau tubuh kucing, maka kamu bisa saja menggunakan obat anti kutu khusus untuk kucing.

3.      Memberikan Makanan yang Tepat

Guys, Selkirk Rex adalah kucing yang sudah memiliki tubuh yang bongsor atau besar. Untuk itu, kamu perlu sekali untuk menjaga tubuh sang kucing agar tetap ideal.

Jangan sampai kamu memberikan makanan kucing Selkirk Rex dengan berlebihan.Guys, tubuh kucing yang melebihi batas normal dapat mengganggu kesehatan sang kucing.

Agar tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, gizi, vitamin,  dan sebagainya untuk kucing, maka kamu bisa konsultasi dulu dengan dokter hewan mengenai asupan makanan yang pas untuk si Selkirk Rex ini, guys.

Porsi makanan yang pas jelas dapat menjaga berat ideal sang kucing. Sebab kucing ini cenderung mudah untuk bertambah berat badan yang dapat mengakibatkan obesitas pada sang kucing. Selain itu, pastikan kamu memberikan minuman yang segar dan matang kepada kucing ini.

4.      Beri Perhatian Lebih

Sebelumnya, aku sudah bilang jika si kucing imut ini memiliki sifat yang sangat manja terhadap pemiliknya, bahkan mereka suka sekali untuk digendong. Makanya, sebagai pemilik dari kucing ini, kamu perlu memberikan perhatian ekstra kepada sang kucing.

Jangan sampai kamu mengabaikan sang kucing, sebab bisa saja kucing kamu stres karena kamu abaikan. Selain dengan menggendong, kamu juga bisa mengajak kucing ini untuk bermain, sebab Selkirk Rex adalah kucing aktif yang suka dengan permainan.

Tingkah lucu kucing yang bikin gemas, juga dapat membuat pikiran kamu lebih fresh, lho guys.

5.      Menjaga Kebersihan Kandang

Oh iya, selain menjaga kebersihan tubuh kucing, kamu juga perlu membersihkan kendang sang kucing. Nah, kucing pun akan semakin betah jika kandang atau tempat tidur dia bersih.

Tak hanya kandang saja yang harus kamu bersihkan, tapi semua peralatan kucing, seperti tempat makan, minum, dan mainan kucing juga perlu kamu bersihkan.

6.      Rutin Cek Kesehatan

Guys, meski kucing kamu enggak sakit dan bahkan sehat sekali, tapi kamu tetap harus ke dokter untuk cek kesehatan sang kucing, guys. Rutin ke dokter hewan juga dapat mengontrol kesehatan kucing kamu, dan kucing kamu pun tidak akan mudah sakit juga, guys.

Selain cek kesehatan, kamu juga bisa memberikan vaksin untuk kucing kamu. Dokter hewan pun biasanya akan menyarankan pemberian vaksin kepada kucing.

7.      Berikan vitamin

Agar daya tahan tubuh kucing kuat dan tidak mudah sakit, kamu bisa juga sesekali memberikan kucing kamu vitamin nih, guys. Pemberian vitamin untuk kucing, bisa kamu lakukan dengan cara mencampurkan vitamin ke makanan atau minuman kucing, guys.

8.      Perlakukan Dengan Penuh Kasih Sayang

Kucing juga makhluk hidup. Sejatinya makhluk hidup, kucing juga dapat sakit hati jika kamu perlakukan dengan kasar, guys.

Untuk itu, perlakukan Selkirk Rex dengan penuh kasih sayang dan lembut. Jangan pernah membentak kucing kamu, apalagi sampai menendang atau memukul, dan melakukan perbuatan kasar kepada kucing kamu, guys.

Nah, gimana enggak sulit kan merawat kucing Selkirk Rex ini?? Kalau dipikir-pikir, hampir sama saja dengan perawatan kucing pada umumnya, guys.

Jadi tertarik tidak untuk memelihara kucing berbulu domba ini, guys. Pasti deh, kamu akan selalu bahagia setiap saat ketika melihat tingkah laku Selkirk Rex yang imut dan manja ini.

Eh, sebelum mengadopsi kucing berbulu keriting ini, maka ada baiknya kamu ketahui juga tentang masalah kesehatan yang sering terjadi kepada ras kucing Selkirk Rex ini, guys. Yuk, ke pembahasan berikutnya, guys.

Baca Juga:

Masalah Kesehatan Kucing Selkirk Rex

Sejarah Kucing Selkirk Rex
Sejarah Kucing Selkirk Rex

Sebenarnya, si Selkirk Rex adalah kucing yang sehat. Tapi tetap saja ada beberapa masalah kesehatan atau penyakit turunan yang dapat mengancam keberlangsungan hidup sang kucing.

Seperti penyakit Penyakit ginjal polikistik atau yang lebih dikenal dengan Polysyctic Kidney Disease (PKD), PKD ini dapat membuat kista pada ginjal yang dapat mengakibatkan masalah pada ginjal, sehingga bisa terjadi gagal ginjal.

Selain PKD, ada juga masalah kesehatan atau penyakit Kardiomiopati Hipertrofi yang dapat menyebabkan penebalan otot jantung, dan penyakit Displasia pinggul.

Itu dia sedikit pembahasan tentang kucing Selkirk Rex dari aku, guys. Semoga bermanfaat bagi kamu, khususnya bagi kamu yang merupakan pecinta kucing yang ada niatan untuk memelihara si lucu Selkirk Rex ini. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, guys! See you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *