Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon – Siapa di sini pecinta kucing? Kamu ya pasti? Hewan berbulu yang satu ini memang sangat menggemaskan ya. Banyak tingkah, kadang mengesalkan, tapi banyak yang membuat senang juga. Memelihara kucing mungkin sudah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia pun dunia ya.

Tapi, kamu tahu gak sih kalau ras hewan ini itu sangat banyak, salah satunya adalah kucing Maine Coon. Sudah pernah dengar belum ras kucing ini?

Nah, kalau belum kamu bisa simak nih artikel aku kali ini, karena aku bakal bahas tentang kucing mainecoon ini secara lengkap!

Hewan ini juga ada jenis-jenisnya lho guys. Mau tahu? Aku bakal uraikan jenis kucing maine coon nih guys di artikel ini nanti.

Buat kamu yang ingin paham apa itu kucing mix maine coon, aku bakal jelasin juga nih guys ciri ciri kucing asli maine coon tuh bagaimana sih. Aku juga bakal kasih tahu makanan maine coon.

Gak Cuma itu, buat kamu yang mau beli kucing maine coon, kamu bisa lihat harga kucing maine coon 2020 di sini juga. Harga kucing asli main coon ini bergantung kamu beli jenis apa ya guys.

Lalu di mana beli kucing ras ini? Tenang guys sekarang sudah banyak yang jual maine coon asli, di internetpun sudah banyak.

Kalau kamu ketikan kata kunci jual kucing maine coon pasti muncul banyak penjual hewan ini, contohnya, jual kucing maine coon jakarta, jual kucing maine coon surabaya, jual kucing maine coon bandung, jual kucing maine coon bekasi, dan masih banyak lagi, bisa kamu sesuaikan dengan lokasi kamu.

So, buat kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang pelihaaraan sejuta umat maine coon, kamu simak sampai habis ya artikel aku ini!

Sejarah Kucing Maine Coon

 

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Nah kali ini, aku bakal bahas dulu nih guys, sejarah kucing maine coon, biar kamu yang ingin memelihara kucing jenis ini paham asal usul kucing tersebut.

Untuk pembahasannya, kamu bisa cek berikut ini.

Kucing Maine Coon merupakan ras kucing yang dianggap ras kucing terbesar dari ras kucing domestik. Karena berat kucing ini, bisa sampai 15 kilogram lho guys, wow!

Di antara banyaknya ras kucing, ras Maine coon ini dianggap sebagai salah satu ras tertua dari ras-ras kucing yang berasal Maine, Amerika Serikat.

Banyak yang menganggap, bahwa ras Maine coon ini merupakan ras kucing dipercayai oleh orang-orang yang berasal dari nenek moyang persilangan antara ras Anggora dan ras kucing hutan norwegia.

Tapi ada yang menganggap kalau ras kucing ini merupakan ras kucing yang berasal dari persilangan kucing setengah liar dengan hewan rakun.

Kenapa dianggap begitu? Yap, mitos itu tercetus karena ekor kucing ini, menyerupai hewan rakun guys, mulai dari bentuk dan warna ekornya.

Bahkan, orang-orang yang mempercayai mitos satu ini beranggapan bahwa nama “Coon” itu berasal dari kata “Racoon” dan nama Maine diambil dari nama kota ras kucing ini berasal, yakni Maine, Amerika Serikat.

Dibanding dengan mitos tersebut guys, banyak peternak kucing yang menganggap bahwa kucing asli maine coon ini, adalah hasil persilangan dari kucing ras domestik dengan kucing berbulu panjang.

Dan mereka mempercayai bahwa nenek moyang ras kucing ini adalah ras anggora turki dan ras kucing hutan norwegia.

Untuk kepopulerannya sendiri, kucing ini telah eksis sejak tahun 1861 karena mengikuti kontes kucing. Dan pada tahun 1950, mulai enam peternak yang mengembangbiakkan ras kucing maine coon ini.

Hingga pada tahun 1968 enam peternak itu membuat organisasi MCBFA ( Maine Coon Breeders and Fanciers Association) guna untuk mempertahankan ras ini guys dan pada tahun 1980 sudah banyak yang mengakui organisasi ini, khususnya organisasi pendaftaran kucing.

Nah setelah mengetahui tentang sejarah dan asal usul maine cone, sekarang kamu perlu tahu nih guys, jenis kucing main coon dan karakteristiknya. Berikut aku jelaskan.

Jenis dan Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Meskipun sama-sama kucing, ternyata mereka itu memilki jenis dan karakternya masing-masing lho guys. Seperti manusi yang punya ciri-ciri berbeda-beda, kucingpun juga memilikinya.

Kalau kamu menganggap semua kucing sama, itu salah guys, karena nyatanya ciri-ciri antara satu kucing dengan kucing lainnya berbeda.

Nah, berikut ini aku bakal jelasin jenis kucing maine coon dan juga ciri-cirinyanya. Di simak ya!

Jenis Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon ini merupakan jenis kucing raksasa yang manis. Kucing ini sebenarnya tidak memiliki jenis-jenis aslinya, tapi dia memilki beberapa jenis hasil persilangan.

Seperti jenis kucing asli maine coon mix persia atau kucing maine coon mix kampung. Persilangan ini tidak lain tidak bukan, sering dimaksudkan untuk memberikan anakan kucing betina atau jantan maine coon yang berbeda dari indukannya.

Bahkan, jika wujud anak kucing maine coon ini lebih menarik dari indukannya, harga anak kucing maine coon hasil persilangan ini biasanya akan lebih mahal dibanding dengan harga kucing asli maine coon asli atau kalau persilangannya tidak menghasilkan ras yang bagus, harganya bisa lebih murah dibanding kucing maine coon asli.

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon 1
Kucing Maine Coon 1

Jangan anggap sama ya guys ciri-ciri kucing satu dengan yang lainnya, karena mereka memiliki karakter bahkan sifat yang berbeda-beda. Lalu apa karakter dari Kucing Maine coon ini? berikut aku jelaskan.

1. Memiliki Badan Besar

Kucing ras Maine Coon ini memiliki perawakan tubuh yang besar guys dibanding dengan ras lainnya. Tidak heran, karena kucing ini bisa memiliki berat badan sekitar 6 sampai 12 kilogram bahkan 15 kilogram.

Untuk jenis pejantan, panjang badan kucing maine coon ini bisa mencapai 1 meter lho guys. Sedangkan, untuk betinanya ukurannya akan lebih pendek.

2.  Memilki yang Indah

Mata kucing memang sering kali terlihat bagus ya guys, karena memilki warna mata yang berbeda-beda antar yang satu dengan yang lain.

Nah, Maine Coon ini, memiliki bentuk mata yang bagus banget lho guys. Mereka memilki bentuk mata oval dan juga besar. Seperti mempertegas kalau mereka merupakan ras kucing yang perkasa dengan tatapan mata yang cukup tajam.

3. Mudah Berdaptasi

Kucing ras ini merupakan kucing ras asli dari Amerika. Di amerika sana sudah tidak mengherankan lagi kalau negara itu memilki cuaca yang ekstrim.

Cuaca ini lah yang membuat ras kucing ini sanggup beradaptasi dengan perubahan iklim yang ekstrim. Ciri inilah yang membuat kucing ras Maine coon ini disebut sebagai kucing yang kuat dan perkasa karena mampu bertahan di iklim yang ekstrim sekalipun.

4. Bulu Halus dan Tebal

Kucing ini juga memiliki bulu yang halus dan tebal guys. Ciri yang satu ini, masih ada kaitannya dengan ras kucing ini yang mudah beradaptasi ya.

Dengan bulu yang tebal pada seluruh tubuhnya, mengkilap, bahkan anti air ini, berfungsi sebagai pelindung diri dari salju atau cuaca dingin ya guys. Tidak hanya bagian tubuh, ekor kucing ras ini pun juga memiliki bulu yang sangat tebal.

Tentu kamu tahu, kalau kucing sering kali tidur dengan melingkarkan ekornya, nah, ekor tebal ini, juga membantu kucing maine coon terlindung dari suhu yang ekstrim.

Pada pejantan, biasanya bulunya akan terlihat lebih tebal dari pada bulu betinanya.

5. Memilki Warna yang Beragam

Setiap jenis kucing memiliki warna-warna yang unik yang bisa menarik perhatian manusia. Tak terkecuali Maine Coon ini yang juga memilki warna bulu yang lumayan banyak. Tidak hanya banyak, warna-warna ini, juga terlihat sangat menawan.

Seperti yang aku kutip dari wikipedia, maine coon ini memiliki beberapa pola warna untuk bulunya. Apa saja? Berikut aku uraikan ya guys!

  • Pertama ada warna Tabby Klasik, warna ini lebih sering disebut warna makarel yakni percampuran warna cokelat dan abu-abu.
  • Merah, maksudnya bukan merah menyala ya guys, merah pada warna bulu kucing ini merupakan perpaduan warna Cokelat agak kejinggan dan warna Krem.
  • Warna solid, yakni warna yang hanya satu jenis, yakni warna putih, hitam, biru, atau merah.
  • Tortoiseshell, adalah warna bulu kucing maine coon percampuran antara warna hitam dengan biru.
  • Silver, silver di sini beragam guys, bisa perpaduan antara warna perak dan hitam, perak dengan biru, perak dengan merah, ataupun perak dengan krem.

Harga Kucing Maine Coon

Nah guys, gimana setelah tahu sejarah, jenis dan ciri-ciri kucing maine coon? Semakin tertarik untuk adopsi kucing ras yang satu ini? Kalau iya aku bakal kasih tau nih harga Maine Coon asli. Siapkan budgetnya ya!

Sebagai kucing populer dengan berbagai macam ciri-ciri yang maine coon punya, tak heran jika harga hewan ini bisa dibilang mahal guys. Harga ini bervariasi bergantung anakan atau dewasa dan statusnya. Berikut daftar Harganya:

1. Maine Coon Kitten Pedigree (Anakan Kucing Maine Coon)

Kitten maine coon pedigree atau anakan kucing maine coon biasanya dihargai bekisar 5 jutaan guys. Harga ini dipengaruhi juga dengan status kucing yang telah memilki embel-embel Ped/Pedigree.

Jadi Pedigree ini merupakan sertifikat untuk mengenali keturunan dari kucing tersebut. Kucing yang memiliki lisensi Ped ini biasanya memilki kualitas asal muasal yang bermutu dan juga memilki kemampuan untuk show.

2. Maine Coon Dewasa Pedigree

Untuk Maine Coon dewasa, harganya lebih mahal ya guys, berkisar antara 10 juta rupiah hingga 18 juta rupiah.

3. Maine Coon Kitten Non-Pedigree

Kitten Maine Coon Non-Pedigree ini ongkos adopsinya lebih murah guys, yakni hanya sekitar 3 jutaan saja. Non-Pedigree ini maksudnya kucing tersebut tidak memiliki sertifikat keturunan alias tidak diketahui asal-usulnya dari mana.

Tapi, itu tak berarti mutlak ya guys, bisa saja peternak sengaja tidak membuatkannya sertifikat Ped karena kucing tersebut tidak memiliki kemampuan untuk show.

4. Maine Coon Dewasa Non-Pedigree

Ongkos adopsi untuk Maine Coon Dewasa non-ped ini juga lebih murah dibanding dengan dewasa dengan Ped. Harganya yakni berkisar 5 juta sampai 7 jutaan rupiah.

5. Maine Coon Mix Persia

Untuk kucing maine coon persilangan, harganya beragam guys. Kalau menilik Harga Maine Coon Mix Persia di toko-toko online, penjual membandrol harganya mulai dari 900 ribu rupiah ke atas.

Untuk statusnya, kurang tahu nih guys, karena penjual jarang ada yang memasukan keterangan perihal ini.

Makanan Kucing Maine Coon

Makanan Kucing Maine Coon
Makanan Kucing Maine Coon

Nah guys, kalau kamu sudah punya rencana untuk adopsi kucing maine coon, kamu harus bertanggung jawab ya, perhatikan makanan si manis ini.

Sebenarnya, makanan kucing jenis apapun sama guys, sama-sama harus kamu perhatikan asupan gizinya seperti protein, karbohidrat, lemak, asam amino, asam lemak, vitamin, dan tak ketinggalan mineral.

Semakin populernya kucing Maine Coon ini, membuat beberapa perusahaan makanan meracik makanan khusus maine coon ini guys. Jadi, nutrisi yang ada di dalamnya itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi si manis.

Kalau kamu baru pertama kali adopsi kucing ras ini, aku bakal kasih beberapa rekomendasi makanan kucing maine coon untuk kamu nih. Berikut beberapa daftar makanan kucing maine coon.

1. Royal Canin Maine Coon

Royal Canin ini merupakan salah satu makanan kucing maine coon yang sangat populer di antara pemelihara Maine Coon. Royal Canin ini juga sering banget loh guys direkomendasikan oleh dokter hewan untuk makanan si Maine Coon ini.

Royal Canin ini memiliki beberapa jenisnya, tidak hanya untuk Maine coon saja ya guys, harganya juga beragam, mulai dari Rp60.000 hingga Rp1.100.000.

2. Proplan Adult

Rekomendasi selanjutnya adalah proplan Adult. Makanan kucing yang satu ini cocok untuk kucing Maine Coon kamu nantinya nih guys.

Proplan adult ini mengandung protein dan omega 3&6 yang bisa membuat bulu kucing Maine Coon kamu tetap terlihat sehat dan berkilau. Untuk harganya, Proplan adult ini dibanderol harga mulai Rp320.00 sampai Rp588.00.

3. Purina One Indoor Adult Premium

Purina one Indoor Adult Premium ini merupakan makanan kucing yang sering juga direkomendasikan oleh dokter-dokter hewan guys.

Makanan indoor ini cocok untuk hewan yang selalu ada di dalam ruangan seperti jenis maine coon ini.

Purina ini mengandung 42gr protein di setiap 1000 kalorinya, antioksidan, vitamin, dan mineral juga ada di dalamnya.

Harga makanan kucing yang satu ini dibandrol sekitar Rp20000 per 7,26 kg. Murah kan guys?

3. Hill’s Science Diet Indoor Dry

Sama seperti Purina Indoor, Hill’s ini juga merupakan makanan kucing untuk kucing yang selalu ada di dalam ruangan. Makanan kucing yang satu ini bisa kamu gunakan untuk kucing kitten, dewasa 7-11 bulan, dan lebih dari 11 bulan.

Harga yang dibanderol Rp. 215.000 / 2 KG nya.

Nah itu ya guys rekomendasi makanan untuk ras Maine Coon, selain makanan kering, Maine Coon bisa juga kamu kasih makanan basah.

Fakta Kucing Maine Coon

Tau gak guys, ada fakta unik lho tentang Kucing Maine Coon ini, apa saja fakta uniknya? Berikut aku uraikan.

1. Tidak Takut Air

Kalau kebanyakan hewan jenis ini sangat takut dengan air, Maine Coon tidak guys, mereka malah bisa berenang lho. Bakal gampang dimandikan nih.

2. Takut Ketinggian

Ini juga merupakan fakta unik, di saat kucing yang lain hobi manjat dan tidak takut ketinggian, hewan ini kebalikanannya guys, mereka sangat takut akan ketinggian. So, jangan macam-macam menaruhnya di tempat tinggi ya, nanti kucingmu bisa stress.

Demikian ya guys, ulasan aku mengenai Kucing Maine Coon kali ini, semoga informatif dan bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *